News
Batal
KATEGORI
link has been copied
159
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6004069e8d9b17384f313b2c/ribka-tjiptaning-sebut-vaksin-sinovac-rongsokan-pakar-jawab-dengan-surat-terbuka
JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ir. KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc., Lic.Eng., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menanggapi pernyataan politis PDIP Ribka Tjiptaning yang mengatakan Vaksin Sinovac rongsokan. Melalui sosial medianya, ia membagian tulisan dan menulis secara terbuka. Menurut Bagas, kritik itu bukan hanya mengungkap hal yang dikritisi, namun juga mengusulkan altern
Lapor Hansip
17-01-2021 16:42

Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka

Quote:
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ir. KPH. Bagas Pujilaksono Widyakanigara, M.Sc., Lic.Eng., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menanggapi pernyataan politis PDIP Ribka Tjiptaning yang mengatakan Vaksin Sinovac rongsokan.

Melalui sosial medianya, ia membagian tulisan dan menulis secara terbuka. Menurut Bagas, kritik itu bukan hanya mengungkap hal yang dikritisi, namun juga mengusulkan alternatif solusi. Di rapat kerja itu, sama sekali bu Ribka tidak mengusulkan alternatif solusi bagi bangsa ini dalam upayanya keluar dari cengkeraman pandemi covid-19.



Berikut isi suratnya:

Di surat saya kali ini, saya hanya mengomentari ucapan-ucapan bu Ribka yang disampaikan di rapat kerja dengan Pemerintah, tanpa saya harus memahami pesan utuh yang ingin bu Ribka sampaikan.

Bu Ribka mengatakan kalau vaksin Sinovac adalah vaksin Rongsokan. Bu Ribka, anda bukan ahli Biology Molecular, bagaimana bisa anda mengatakan vaksin Sinovac rongsokan? Apakah anda punya data akademiknya? Kalau ada, mohon dishared ke publik. Anda hanya berdasar omongan orang. Ilmu pengetahuan berdasar bukti, bukan ngrumpi.

Perlu bu Ribka ketahui, vaksin hasil penelitian Oxford University, UK, tahapan uji klinis pada binatang, dilompati, karena kedaruratan,  langsung uji klinis ke manusia. Vaksin ini kira-kira menurut bu Ribka vaksin jenis apa ya? Vaksin comberan? Vaksin Oxford University, UK ini diproduksi oleh Astra Zenneca.

Kalau vaksin Sinovac adalah vaksin rongsokan, maka sama artinya anda mengatakan BPOM dan MUI adalah lembaga rongsokan, karena BPOM telah mengeluarkan ijin edar dan MUI telah mengeluarkan Sertifikat Suci dan Halal bagi vaksin Sinovac.


Sepertinya anda terjebak dalam istilah efikasi, yang ternyata setelah saya mendengarkan penjelasan anda di youtube, anda salah memahaminya. Ini link youtubenya:



BPOM menjelaskan efikasi dari vaksin Sinovac adalah 65.3%. Itu artinya, jika 100 orang divaksin, maka secara random yang akan kebal adalah 65 orang dan yang 35 orang masih bisa terinfeksi. Anda di youtube di atas bilang, yang 35 orang itu dikorbankan. Dari sini jelas, anda tidak memahi arti efikasi sama sekali. Tidak ada yang dikorbankan. Vaksinasi bukan ditujukan untuk mengorbankan orang.

Saya lihat di channel youtube lainnya, ini linknya:



judul yang tertulis di situ adalah Ribka: bisa saja yang diberikan ke Jokowi bukan Sinovac. Ucapan anda sangat tendensius.  Sebaiknya bu Ribka buktikan kebenaran ucapan itu, agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Jangan sampai ada pendapat di masyarakat, yang divaksinkan ke rakyat jelata adalah vaksin rongsokan Sinovac dan yang untuk pejabat negara merk lain yang dibenak bu Ribka adalah vaksin mahal. Saya faham, kemana ibu menggiring opini.

Nilai efikasi vaksin Sinovac itu berbeda antara di Indonesia dan di Turki, karena obyek ujinya beda. Di Indonesia, vaksin Sinovac oleh BPOM diuji ke publik awam, sedang di Turki diuji ke nakes dimana mereka dilengkapi dengan APD. Logis, nilai efikasi vaksin Sinovac di Turki lebih tinggi, yaitu di angka 90%, sangat logis. Perbedaan tersebut jangan diartikan kualitas vaksinnya berbeda.

Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka


Bu Ribka dalam banyak kesempatan selalu menyebutkan bahwa anda seorang dokter. So what? Namun, saya yakin dengan seyakin-yakinnya, masih susah bagi anda untuk memahami fakta emperik perbedaan nilai efikasi diatas.

Presiden Jokowi tidak pernah mengatakan, bahwa vaksinasi covid-19 di tanah air ditujukan untuk memutus rantai infeksi virus covid-19. Beliau mengatakan vaksinasi covid-19 ditujukan untuk membangun Herd Immumity. Itu benar.

Apakah bu Ribka faham pengertian fisis Herd Immunity? Kalau tidak faham, saya jelaskan. Herd Immunity adalah imunitas skala sosial, yang makna fisisnya adalah virus covid-19 sudah kesulitan menemukan korban baru, dengan mekanisme penularan hamburan stokastik dalam jarak efektif penularannya. Itu arti Herd Immunity. Menurut WHO, jika 70% warga bangsa sudah divaksin covid-19, maka Herd Immunity terbentuk. Penduduk Indonesia sekitar 260 juta, maka merujuk ke WHO, ada sekitar 182 juta warga bangsa yang akan divaksin. Pemerintah sudah benar.

Presiden Jokowi selalu bilang, sekalipun sudah divaksin, harus tetap mentaati protokol kesehatan, itu benar. Dan itu, karena faktor efikasi tadi.

Jika Herd Immunity sudah terbentuk, maka laju infeksi virus covid-19 akan mereda by the time.


Saya tidak berani mengatakan bu Ribka kadrun, karena saya tidak punya bukti. Maki-makian bu Ribka yang kontroversial kemarin menjadi amunisi bagi kelompok-kelompok anti Pemerintahan Presiden Jokowi untuk menyerang pemerintah.

Bagi saya pribadi, bu Ribka sosok yang sangat ekstrim, melebihi partai oposisi. Padahal Ideologi Pancasila tidak pernah bisa mengakomodir cara berfikir ekstrim. Pancasila adalah ideologi equilibrium: seimbang antara urusan pribadi dan sosial. Di rapat kerja DPR RI kala itu, tampak jelas, bu Ribka sangat egois, dimana manfaat vaksin untuk kepentingan nasional anda abaikan demi kepentingan pribadi. Saya nggak yakin kalau bu Ribka faham Pancasila dengan baik dan benar. Perilaku politik bu Ribka bukan perilaku Marhenis Sejati.

Apakah bu Ribka selalu mengupdate perkembangan pademi covid-19 di tanah air? Datanya naik terus secara signifikan. Apakah bu Ribka punya ide cemerlang untuk meredakan pandemi covid-19 di tanah air diluar cara vaksinasi? Kalau ada, mohon disampaikan ke rakyat Indonesia, baik dalam bahasa akademik atau politis. Keduanya saya bisa faham.



Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani

Sumber :
https://www.netralnews.com/ribka-tji...ngsokan-p2o0az


Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka





Sementara itu, di negara tetangga,

Harga vaksin sinovac
Diubah oleh CDrama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 16:55
ciduk aja nih si ribka....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 16:55
Beuh, cape deh, cuap dulu br cari fakta, trnyt penyebar hoax jg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 16:56
Bubarkan Ribkaaaa....
Seraaaaang

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:01
Ilmu kimia : zonk
Ilmu biologi : zonk

Tapi sudah berani bilang vaksin rongsokan....
Pejabat publik lagi , goblok nya jadi keliatan banget...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:01
Dia berani ngomong begitu karena nggak cuma dia yang ngomong..emoticon-Ngakak (S)
Gile dah semboyan Barang China barang sampah nype bergema di sini..emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:02
Yg anti vaksin , anak pki

Dah gitu aja
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:04
cebong war emoticon-Ngakak (S).


jangan dipisah, biarin aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
WibHLT dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:05
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka


Sepertinya ngambek

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:11
Ribka ini meskipun dr tapi dengan pernyataannya di gedung dewan udah membuktikan dia goblok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:12
Lebih Banyak yg berharap pandemi ini cepet selesai, jalan keluarnya cuma vaksin.

Ga cukup dengan doa aja toh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:15
Quote:Original Posted By lontongpecell
Bubarkan Ribkaaaa....
Seraaaaang

emoticon-Belgia


Quote:Original Posted By TOYIB
Yg anti vaksin , anak pki

Dah gitu aja


Ehm... Auto kadrun nggak nih? emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elbe94 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:18
kalau sudah ada stigma negatif mengenai produk buatan china
biar produknya bagus juga tetap akan dibilang tidak bagus

tuhan saja tak ada masalah dengan produk buatan china
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka[/[/[
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:19
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Parah ini dokter
harus segera diamankan

dia ngasih opini ngaco
bawa2 lumpuh layu karena vaksin polio di sukabumi tahun 2005

ane cek justru kebalikannya
terjadi KLB polio akibat coverage vaksinasinya masih rendah
plus itu polio impor dari arab via tki.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:31
Lha emang BPOM & MUI indonesia rongsokan kan ? emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 17:37
Partai pemerintah tp congornya nyaingin oposisi

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 18:00
Suntik dia dengan air kobokan emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 18:01
buat yang masih bingung, analoginya gini.

ada 200 orang, 100 orang sudah punya immune yg kuat terhadap covid 19.

100 orang tersebut akan divaksin dengan tingkat efikasi 65%. atau artinya sekitar 65 orang akan kebal dan bergabung menjadi 165 orang dari 200 orang tersebut.

lalu gunanya apa?

1. perekonomian akan kembali berjalan, karena yang terdampak hanya 35 orang.
2. Tingkat okupansi rumah sakit akan berkurang 65% nya.

lalu bagaimana nasib 35 orang tersebut?

mereka sangat mungkin terpapar corona, tp diharapkan mereka bisa sembuh dan membangun kekebalan sensiri. klo yang ga selamat? ya itu namanya seleksi alam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 18:05
Rongsokan ya kaga, wong Agya Ayla kan masih bisa jalan juga toh

Tapi ya jangan ngarep performance Innova jugalah keleusemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 18:07
itu anggota de pe er yg milih sapa sich?? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ribka Tjiptaning Sebut Vaksin Sinovac Rongsokan, Pakar Jawab dengan Surat Terbuka
17-01-2021 18:08
hari ini nolak karena blm ada bukti nyata hasilnya nanti kalo sdh terbukti juga di cari²
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia