Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6003092b337f9310976d8bce/kesalahan-berpikir-psu-tier-list
Disclaimer: Thread ini dibuat berdasarkan tier list psucultist, yg mungkin akan tetap relevan atau tidak relevan seiring dengan (mudah-mudahan tidak terjadi) munculnya tier list baru. PSU merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah PC. Bahkan ada yang menyebut PSU merupakan jantungnya PC.. :ngakaks:ngakaksIRONIC Maaf merusak imajinasi anda. Saking pentingnya PSU, banyak orang awam yang mel
Lapor Hansip
16-01-2021 22:41

Kesalahan Berpikir PSU Tier List

Disclaimer:
Thread ini dibuat berdasarkan tier list psucultist, yg mungkin akan tetap relevan atau tidak relevan seiring dengan (mudah-mudahan tidak terjadi) munculnya tier list baru.




PSU merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah PC. Bahkan ada yang menyebut PSU merupakan jantungnya PC..

contoh


Maaf merusak imajinasi anda.

Saking pentingnya PSU, banyak orang awam yang melontarkan pertanyaan ke forum-forum PSU, bahkan hingga berulang kali pertanyaan yang sama. Mungkin beberapa kuncen thread PSU merasa pertanyaan terlalu banyak yang diulang sampai mereka berpikir bahwa user tidak mengikuti etiket berforum yaitu baca page one dan page-page terbaru.

Sehingga terpikirlah sebuah solusi sesat...

Apa itu?

YA, tier list! Layaknya karakter genshin impact, PSU terdiri dari beragam jenis, merk dan harga sehingga membingungkan masyarakat banyak untuk memilih PSU mana yang terbaik untuk sistem mereka. Dengan tier list, diharapkan masyarakat dapat memilih PSU yang terbaik tanpa harus banyak tanya di forum.

Benarkah demikian?

TIDAK!

Alasannya berikut ini:


Quote:
1. Tier List mana yang harus saya percaya?


Kesalahan Berpikir PSU Tier List


Coba saja searching dengan kata kunci "psu tier list", maka akan muncul beberapa website yang menawarkan tier list andalan mereka, baik tier list internasional maupun interlokal, baik tahun 2020, 2021, atau 2077. Dengan informasi yang terfragmentasi layaknya broadcast whatsapp dan tanpa disertai sumber yang kredibel --penulisnya saja bersembunyi di balik ID anonim, bagaimana kita tahu latar belakang penulis apakah dia layak dipercaya atau tidak untuk mengurusi part yang menentukan hidup-mati PC kita?

Saking banyaknya tier list yang ada di internet, jangan heran kalau ada yang posting gif DJ khaled "another one" karena gif itu sangat menggambarkan PSU tier list yang terus bertumbuh bak cendawan di musim hujan!





Quote:
2. Mengapa tier list ada yang berwujud angka dan huruf seperti IPK?

Kesalahan Berpikir PSU Tier List


Kesulitan lainnya dalam menentukan tier list yang kredibel adalah tidak adanya cara yang standar dalam mengurutkan dan mengelompokkan PSU berdasarkan kualitasnya. Web sini menggunakan angka, web situ menggunakan huruf. Jumlah dan urutannya pun tidak standar. Ada yang menggunakan sistem ala kampus (A-E) untuk menentukan tier. Ada yang menggunakan sistem seperti tier karakter game (S+, S aja, A+, A aja, A-, B aja dst.). Ada yang ga bisa ngitung sampai 10 hanya demi menentukan tingkatan PSU yang cocok menurutnya.

Pokoknya tidak ada paduan yang baku disini, sehingga semua terserah penulisnya. Padahal, seperti yang sudah kita singgung di no.1, kita tidak punya cara untuk menentukan kredibilitas sang penulis.



Quote:

3. Elitism - Perfeksionis bedanya tipis

Kesalahan Berpikir PSU Tier List


Dengan tier list yang diatur sedemikian rupa sehingga kita hanya melirik tier teratas, tidak jarang kita melupakan unit lain yang ada di bawah. Padahal kadang budget tidak sampai atau ada rintangan lain yang menghalangi.

Seperti ada penanya di thread PSU yang dikasih tahu kalau PSUnya tier 'bawah', dan direkomendasikan PSU tier 'atas'. Padahal penanya tidak punya budget yang cukup untuk membeli PSU yang direkomendasikan.

Ini kadang juga mempengaruhi pemikiran enthusiast di forum, yang hanya merekomendasikan PSU tier 'atas' atau yang menurutnya 'bagus', dan menganggap remeh PSU yang berada di 'bawah'. Padahal belum tentu itu benar, seperti yang akan kita singgung di dua nomor selanjutnya.



Quote:
4. Mengapa ada dua unit yang bagai langit-bumi, tapi masuk tier yang sama?

Kesalahan Berpikir PSU Tier List


Di psucultist, Corsair Vengeance Silver dan Corsair AX1600i masuk tier yang sama. Ga ngerti lagi dah...



Quote:
5. Kebalikannya, mengapa ada dua unit yang isinya sama, tapi masuk tier yang berbeda?

Kesalahan Berpikir PSU Tier List


Di psucultist juga, Corsair Vengeance Silver masuk tier A, sedangkan Corsair CX-F RGB masuk tier B.

Menurut Jon Gerow, manajer R&D Corsair sekaligus eks pemilik website Jonnyguru.com, menyebutkan bahwa Corsair CX-F berbasiskan Corsair Vengeance Silver. Basically, kedua PSU tersebut bermesin sama!

Ga ngerti lagi dah...



Quote:

6. Tier list bukan solusi


Seperti yang sudah saya singgung di pramuka, tier list dibuat salah satunya karena terlalu banyak user yang mengulang pertanyaan yang sama berkali-kali di forum. Dan tujuan utama dibuatnya tier list adalah mengurangi pertanyaan demikian.

Apakah tier list menjadi suatu solusi?

Tidak!

Pertama, pertanyaan tentang PSU memang berkurang, namun pertanyaan repetitif tidak hilang sama sekali. Jenis pertanyaan justru bertambah dengan adanya user yang meminta meyakinkan dirinya setelah membaca tier list sebelumnya

Kedua, tier list tidak membeberkan dengan jelas metodologi pembuat menyusun tier list berdasarkan poin-poin kualitas tertentu. Pembaca diminta menelan informasi mentah-mentah dan akhirnya memilih bertanya di tempat lain jika ada pertanyaan yang lebih teknis. Padahal dengan metodologi yang jelas, user dapat menelaah tier list yang ada dan memberi masukan apabila ada cacat di tier list itu. Dengan demikian, poin 4 dan poin 5 di atas seharusnya tidak terjadi.

Ketiga, cara menertibkan user yang mempertanyakan sesuatu yang telah ditanyakan sebelumnya berulang-ulang bukan dengan tier list, tapi dengan moderasi forum dan thread yang baik. User juga sebaiknya belajar etiket berforum yang baik dan benar seperti membaca halaman 1 dan beberapa halaman terakhir. Agak repot memang, tapi itu demi menentukan pilihan terbaik. Daripada celaka (membuang-buang waktu adalah celaka!) dengan membaca tier list.


Sekian thread dari ane, klo ada yg tersinggung silakan komen dibawah...
Terima kasih.
Diubah oleh pesekcuy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Hiraa dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kesalahan Berpikir PSU Tier List
18-01-2021 01:31
Intinya sih banyak review (nggak cuma psu saja) yang lebih ke gimmick ketimbang yang beneran pure review secara obyektif.

Review daya output PSU dengan dummy load pun bisa dibilang nggak 100% tepat. Berhubung dummy load itu hanya akan akurat untuk beban resistif.

Komputer sih nggak perlu disamakan dengan peralatan medis dan instrumentasi yang butuh psu dengan output dc mendekati ideal 99.9% beserta segala macam proteksinya.

Bahkan baterai yang pure DC tanpa menghasilkan ripple pun kesempurnaannya mungkin hanya 99.999%

Dan kebanyakan review tentang PSU pun jarang sekali yang membahas soal hubungan ripple yang dihasilkan oleh PSU terhadap beban listrik yang dialirkan ke motherboard. Beda motherboard bisa berbeda ripple tegangna yang diukur pada beba yang sama.

Sebab sirkuit buck di motherboard itu sendiri itu juga bisa menghasilkan/membangkitkan ripple, dan bagaimana ripple yang dihasilkan bisa berosilasi dengan ripple yang dihasilkan oleh PSU.

cmiiw
Diubah oleh venantius
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kesalahan Berpikir PSU Tier List
18-01-2021 12:06
setuju banget nih.. ane juga dari dulu daripada pusing2, kalo butuh pc ya beli branded aja sekalian, ketawan awetnya (hp, dell, lenovo), pake > 5 taun masih tokcer aja emoticon-Malu

thanks artikelnya gan.. jarang yg bahas ini nih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kesalahan Berpikir PSU Tier List
18-01-2021 19:20
Ya itu lah seninya merakit..wkwkwkwkwk..kalo ane beli yang merk terkenal, trus harganya rada mahalan, mahalan dikit aja, kalo banyak ndak kuat kantongnya...haha
0 0
0
Kesalahan Berpikir PSU Tier List
18-01-2021 20:43
di tier list itu sendiri jg ga di kasi tau itu tier list di tujukan ke siapa ?
apakah enthusiast ? gamer kah ? casual ato cuman pc admin aja ? ato workstation gitu ?

emg baru2 ini ane jg mempertanyakan fungsi dari tier list ini untuk apa. seakan2 psu ini jd salah 1 part yg paling ribet.
temen2 ane rela rogoh kocek yg lbh tinggi cmn buat psu tier atas pdhl build nya sendiri ane rasa ga perlu ampe pake psu tersebut. se akan2 jd ketakutan yg berlebihan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kesalahan Berpikir PSU Tier List
21-01-2021 13:26
Untuk PSU, ane mendingan ngikutin om JonnyGuru ajaemoticon-Embarrassment

Tapi kyknya om Joni udh semedi di gunung, jarang review lagi
0 0
0
Kesalahan Berpikir PSU Tier List
23-01-2021 11:49
tahapan milih PSU menurut ane sendiri :

1. budget
2. spek PC
3. daya listrik rumah
4. kalo masih bingung, balik ke nomor 1 emoticon-Big Grin
0 0
0
Kesalahan Berpikir PSU Tier List
24-01-2021 07:47
Selamat datang di trid kentang
Menyelesaikan masalah tanpa solusi
emoticon-Ultah
profile-picture
b4breakk memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kesalahan Berpikir PSU Tier List
03-02-2021 13:52
Ane ga dibikin pusing.
Suka atau lagi nyari psu, tinggal cari review-nya. Kalo jelek tinggalin, kalo bagus ya dibeli.
Ngapain ngurusin tier list.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Hardware Computer
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia