Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
56
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fffda54c82084209a1821c4/mahsi-lontong-berkulit-sayuran-asli-timur-tengah
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah. Lain halnya dengan di Timur Tengah. Mereka menggunakan sayur mayur sebagai pembungkus. Kreatif dan unik. Sekali dayung dua pulau terlampaui.
Lapor Hansip
14-01-2021 12:44

Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
Mahsi


Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah



Selalu ada alasan untuk menyantap sepiring nasi, meski sebelumnya sudah mengisi perut dengan makanan yang lain. Serasa ada yang kurang jika sehari saja tidak makan nasi. Hal demikian sudah biasa dirasakan oleh sebagian netizen +62. Itulah mengapa beras menjadi bahan pokok terbesar di Indonesia.

Selain sebagai bahan baku dari nasi. Beras kerap juga diolah menjadi cemilan atau menjadi penganan sebagai pelengkap hidangan. Lontong, ketupat, burasa, dan sebagainya adalah nama-nama dari makanan tersebut.

Namun, tahukah Gansist jika ternyata penganan serupa juga terdapat di negara Timur Tengah? Ya, namanya Mahsi.

Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
Mahsi



Jika Lontong dsb yang ada di Indonesia cenderung menggunakan kulit yang tidak bisa dimakan. Contoh yang biasa dipakai adalah daun janur, dan daun pisang. Maka lain halnya dengan di Timur Tengah. Mereka menggunakan sayur mayur sebagai pembungkus. Kreatif dan unik. Sekali dayung dua pulau terlampaui. Selain berfungsi sebagai pembungkus, sayuran tersebut juga sudah pasti bisa dikonsumsi. Jadi no sampah ya? Patut ditiru nih Gansist!

Adapun sayuran yang biasa digunakan sebagai pembungkus adalah Terung, Kentang, Paprika, Kol, Labu, serta daun Anggur.

Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
Sayuran bakal Mahsi



Untuk cara penggunaan daun Anggur sudah pernah ane buat di thread sebelumnya ya. Sedangkan proses dengan menggunakan daun Kol pun tidak jauh beda dengan proses menggunakan daun Anggur. Jika merasa penasaran silakan klik aja di sini.

Namun, jika Gansist lebih tertarik menggunakan cangkang dari sayuran lain maka, diperlukan sebuah alat untuk mengeluarkan isi bawaan dari sayuran tersebut. Nantinya sayuran yang telah kopong diisi oleh beras yang telah diolah.

Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
Alat untuk mengeluarkan isi sayuran



Baiklah, lebih baik ane mulai menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Mahsi tersebut.

Pertama;

Pilah sayuran terbaik untuk kulit Mahsi.

-Paprika (agar semakin menarik gunakan Paprika aneka warna)

- Kentang dengan ukuran sedang. Untuk pemula, pilih dengan ukuran bulat agar lebih mudah saat proses mengeluarkan isian atau melubangi.

-Terung panjang dengan ukuran sedang dan warna-warni agar terlihat semakin menarik.

-Labu panjang yang besarnya seukuran Terung.

-Daun Kol

Kalo ane lebih suka memakai yang putih ketimbang ungu. Sebab teksturnya sedikit lebih alot.

-Daun Anggur

Biasanya sudah ready daun Anggur siap pakai di supermarket.

Bahan isian ;

Beras putih
Daging cincang
Bawang bombay
Daun Mint
Daun ketumbar
Daun Dill
Air perasan Jeruk lemon
Cuka Apel
Kaldu penyedap
Minyak untuk menumis

Bahan lain ;

Kentang
Tomat
Bawang bombay

Berfungsi sebagai tatakan Mahsi yang diletakan didasar panci.

Cara membuat ;

Pertama-tama cuci sayuran yang digunakan untuk kulit. Lalu, keruk bagian dalam sampai bersih. Letakkan sayuran yang telah kosong tadi di dalam baskom berair. Hal ini bertujuan agar sayuran tidak berubah kehitaman. Sisihkan.

Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
Labu yang sudah kopong



Cara membuat isian ;

Iris halus bawang bombay, daun mint, daun dill, serta daun ketumbar.


Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah




Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga harum. Lalu masukkan daging cincang, aduk-aduk hingga daging berubah warna. Setelah itu, masukkan beras, cuka apel, kaldu penyedap dan aduk rata. Matikan kompor, lalu masukkan irisan daun mint serta daun ketumbar. Aduk lagi. Biarkan dingin.

Setelah isian dingin, masukkan kedalam sayuran yang telah kopong. Isi semua hingga isian habis.

Potong bulat kentang, bawang bombay, jeruk lemon, serta tomat, tebalnya kira-kira satu centi meter. Pisahkan menjadi dua bagian. Satu bagian untuk tatakan, sebagian lagi untuk penutup.

Langkah selanjutnya adalah menata kentang di bagian dasar, di susul bawang bombay, tomat dan jeruk lemon. Kemudian diikuti oleh bakal Mahsi. Setelah itu ditutup dengan irisan bawang bombay, jeruk lemon, tomat, serta kentang.

Masukkan air kaldu mendidih serta air perasan jeruk lemon. Tutup dan rebus hingga matang. Lalu sajikan.

Gampang banget, kan Gansist? Selamat mencoba!

Beritahu ane kalo kalian sudah berhasil membuat Mahsi tersebut, okeyy?

Senangnya berbagi. See you next thread Insya Allah and papay!




Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah


Sumber ; Opri & Dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
14-01-2021 12:46
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah

Mahsi Daun Kol
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
14-01-2021 12:50
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah

Warak enab
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
15-01-2021 23:33
Baru tau akuemoticon-Matabelo
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
16-01-2021 22:01
Wihhh keren banget nih informasi mengenai mahsi. Jujur aja ane baru tau nih mengenai makanan yang satu ini hehehe
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
17-01-2021 19:24
Wahh enak nih sepertinya
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
18-01-2021 23:40
jaman kuliah ane ada tugas presentasi soal budaya timur tengah, bahas mahsi ini salah satunya. ampe sekarang mau cobain blm kesampean emoticon-Ngakak
Diubah oleh japarina
profile-picture
profile-picture
UriNami dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
21-01-2021 20:02
oalah namanya mahsi tho.. ane sering liat nih di IG nya cznburak, chef dari turki kalo gak salah..
profile-picture
profile-picture
UriNami dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
22-01-2021 09:11
Bisa ditiru nih .. klo lontong disini kan emang jadi temen makan kare ato opor ayam gitu ya. Daun pembungkusnya juga dibuang, klo gini kan enak jadi bisa langsung dimakan juga. Cuma agak nambahin budget juga ya karna harus siap sayur2an
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
22-01-2021 10:37
dari gambar nya keliatan enakk😋
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
22-01-2021 10:37
bisa dicoba nih masak dirumah🤔
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
22-01-2021 10:38
Makasih gan/sis informasi nyaaa...
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
22-01-2021 15:22
mantaaap nih menunya, kayaknya kalau yang jualan kaya gini jarang ya gan atau malah ga ada?
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
22-01-2021 20:47
wiiihh ane baru tau ada makanan ini. beda kali ya sama spring roll bentukannya
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
23-01-2021 22:35
mau coba pake daun kol, yang paling simpel luarannya kayaknya itu wkwkw
profile-picture
profile-picture
UriNami dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
24-01-2021 18:55
Baru tahu ane kalau ada alat kayak gitu,btw makasih infonya

Ditunggu kunjungan baliknya di
Resep Masakan Dari Bakso
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
27-01-2021 16:52
Baru tau ada makanan namanya mahsi, nice info. Resepnya kayanya jg lumayan gampang
profile-picture
profile-picture
UriNami dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
28-01-2021 18:25
belum pernah coba, boleh sih ini ane buat acara acara keluarga gitu. nice thread!
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
30-01-2021 12:02
Wahhh resep baru nihh menggoda banget tampilan nya boleh bgt di coba
profile-picture
profile-picture
UriNami dan ceuhetty memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mahsi, Lontong Berkulit Sayuran Asli Timur Tengah
31-01-2021 14:43
wah menarik banget nih
jadi pengen nyoba buat
kebetulan ane lagi nyari-nyari ide masakan yang belom pernah ane praktekin emoticon-Matabelo
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia