Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
26
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fff734465b24d1f1d35223e/help-ane-ragu-dengan-agama-dan-condong-ke-ateis
Tadi baru aja mimpi dimana ane akan dieksekusi mati. Ane teringat akankah ane masuk neraka karena nggak beragama atau salah agama atau kehampaan seperti tidak dilahirkan. Disini ane mulai takut dan khawatir, ane merasakan krisis eksistensi yang kuat dan dalam di diri ane. Mungkin bagi agan begitu konyol nggak beragama, tapi dari sudut pandang ane ini masalah yang pelik. Ane nolep yg suka baca buku
Lapor Hansip
14-01-2021 05:25

Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis

Tadi baru aja mimpi dimana ane akan dieksekusi mati. Ane teringat akankah ane masuk neraka karena nggak beragama atau salah agama atau kehampaan seperti tidak dilahirkan.

Disini ane mulai takut dan khawatir, ane merasakan krisis eksistensi yang kuat dan dalam di diri ane. Mungkin bagi agan begitu konyol nggak beragama, tapi dari sudut pandang ane ini masalah yang pelik.

Ane nolep yg suka baca buku, ane baca buku tentang banyak agama dan buku barat yang ateis. Ane jadi condong ke ateis. Awalnya sangat menyiksa batin karena menyadari tuhan nggak ada. Namun jadi terbiasa. Setelah bertahun2 ateis mimpi itu ane itu mengingatkan ane lagi.

Kalau ane bisa kembali ke masa lalu ane mungkin nggak akan bertanya tentang eksistensi tuhan dan belajar agama lain aggar nggak mengalami krisis spt sekarang ini.

Ane minta nasihat & sarannya ya.
Terimakasih
emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
meganand dan tien212700 memberi reputasi
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 07:14
Rajinkan ibadah aja gan. Ke gereja/masjid/tempat ibadah lain, lalu yakinlah bahwa "agama itu ada". Pokoknya ibadah rajinkan aja. Kalo muslim, jangan ampe sekali-sekali tertinggal solat 5 waktu.

Pelajari agama sampai ke dalam. Agan akan menemukan alasan untuk tidak menjadi atheis.
profile-picture
forsining memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 08:58
Agan udah banyak baca ttg agama dan ttg sekularisme. Sekarang pandangan agan ttg agama gimana? Apakah Tuhan ada ato nggak?
Kalo ragu ga ada salahnya buat ngikat diri ke satu keyakinan yg menurut agan cocok. Amalkan apa yg udah diajarkan agama, karena untuk ketentraman batin juga nantinya. Kalopun nanti ada surga dan neraka seenggaknya agan udah ada asuransi gitu buat afterlife. Ga masalah kalo masih agnostik, mungkin nanti bakal ada pencerahan spiritual buat agan.
profile-picture
forsining memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 10:31

jangan cuma baca

mengamati lebih penting,
gk usah dibikin ribet,
hidup dibumi ikuti peraturan bumi,
peraturannya simple,
cuma disuruh punya uang.
itu hasil pengamatan gw, gk tau klo orang lain, beda orang beda cara pandang, tinggal belajar cara cuek.
emoticon-Cool
profile-picture
shaggson memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 11:41
Saya agnostik mengarah ke atheis. Kalo di hati agan masih ada rasa takut akan neraka, ya ada baiknya agan kembali lagi ke agama. Lagipula, atheis itu bukan kayak hidayah yg datang secara tiba2. Atheis itu datangnya dari proses berpikir atau nalar.

Mau beragama ataupun tidak beragama, yg paling penting adalah menjaga hubungan baik dengan sesama manusia dan alam. Beragama tapi selalu memaki, fitnah, adu domba, juga gak ada gunanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terpukulcermin dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 13:58
semoga segera di beri hidayah
profile-picture
forsining memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 15:47
jalanin & nikmatin aja apa yg mjd keyakinan elu,...
klo elu yakin TUHAN itu gak ada/gak eksis ydah jgn ambil pusing yg nama'a mimpi,...
klo suatu saat elu kembali percaya pd eksistensi TUHAN jg gak jd persoalan buat TUHAN itu sendiri,...

elu percaya/gak percaya eksistensi TUHAN, gak ada untung/ruginya jg buat TUHAN,...
profile-picture
forsining memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 18:00
Maksudnya gimana gan? Pas agan mau di penggal agan takut masuk neraka gitu?
0 0
0
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 19:26
untuk benar benar memutuskan beragama atau menyatakan Tuhan tidak ada tidak cukup hanya dengan membaca buku. Lalu meyakini apa yang kita baca dan menganggap itu sudah cukup sebagai pemandu yang tetap bagi hidup kita.

Membaca buku bukan sesuatu yang buruk, malah baik, karena membuka wawasan, tapi itu berlaku bila kita membaca dua sisi yang berlawanan dan menyimpulkannya dalam perjalanan hidup keseharian kita.

mungkin dengan mimpi itu mampu membuka kesadaran baru buat agan, tentang cara memandang hidup lebih baik.

tak ada yang benar 100%. saya bisa saja salah
dari saya yang tak beragama.
tapi tetap yakin Tuhan itu ada.
0 0
0
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 19:45
Ngeri gan,mending punya agama,,bayanginnya simpel,,,jika ente sendirian d tengah laut pd mlm hari katakan kapal ente tenggelem dan lainnya dah tewas,gk ada siapapun,siapa yg bs nyelamatin ente dan bs d harapkan pd waktu itu.
Ateis d dunia emang enak dan d mudahkan,,tp inget dunia hanya sementara,akhirat selama lamanya,jgn gadaikan kenikmatan sementara buat akhirat ataupun apalah sebutannya buat ente
profile-picture
forsining memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 19:55
harus mempunyai agama masbro ada asap pasti ada api,ada telur pasti ada betina, ada manusia pasti ada penciptanya
profile-picture
forsining memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
14-01-2021 23:34
Udah Ateis aja.... gampang kan?
0 0
0
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
15-01-2021 05:10
ane rasa wajar gan kalo orang yang suka membaca terbuka terhadap nalar dan pengetahuan berpikir seperti agan
tapi di sisi lain adat istiadat dan norma sosial mengatakan sebaliknya

soalnya agama pada dasarnya simpel tapi lama2 jadi rumit
hal yg berlaku dalam keadaan tertentu di paksakan ke dalam semua hal , hal yang biasa2 saja di besar2kan , hal yg terjadi pada 1 2 org di tekan kan pada orang2 pd umumnya

dan ada hal2 yg bikin orang alergi ama ama agama
contoh org2 alim ahli ibadah , rajin kegiatan keagamaan tp ternyata munafik
logikanya orang klo buat salah melulu pasti malu dan takut ama tuhan tapi buat orang munafik ini terbalik uda kg beres kek kg ada rasa takut ama malunya ama tuhan
uda buat salah melulu sok ngajarin sok bawa2 label tuhan
uda salah di ulang2 kg tobat tapi sok suci merasa di ampuni gara2 rajin ibadah ato rajin kegiatan agama
ini yg penyakit
memang ini kg sepenuhnya salah orang munafik itu
tapi sebgagian besar salah pribadi menilai org2 dengan tampilan , perkataan atau pun yg pembawaannya agamis di nilai lebih bagus pdhal nyatanya tidak rata2 orang2 yg suka memamerkan sifat agamisnya itu munafik
ada kegiatan agama dikit2 di pamer di unjukin ada masalah dikit bawa2 tuhan dalam segala hal pun dikit2 bawa tuhan tapi tindakan dia gak nyontohin anjuran tuhan

kebanyakan orang bukan takut tidak beragama tapi takut di anggap beda takut di musuhin
takut sendirian
pd saat sakit sekarat atau ajal memjemput juga orang bukan takut dosa tapi takut sendirian setelah kematian kg ngumpul ama keluarga teman takut jg kg ada nabi malaikat yg jemput

intinya kalo masih ada sedikit saja rasa percaya tuhan yah pertahankan jgn coba2 menggambarkan tuhan dalam agama karena belom tentu pemahaman agan sampai
bisa jadi hal yg sebenernya sederhana jadi rumit gara2 coba menerka2 mengambarkan tuhan dalam agama atau dalam kitab suci apa lagi dalam omgan orang2 yg jelas belom tentu tau tuhan bagaimana

kalo pun punya agama yah jalanin aja dengan niat mencari kebeneran
jalan kan secukupnya di barengin dengan logika dan nalar
kalo pun belom ada tau kg pgn ikutin agama yah sudah jalan kan saja kepercayaan agan ama tuhan terlepas nanti dapet pencerahan atau kg yg ptng jalan dulu
Diubah oleh mbahqbul
profile-picture
profile-picture
cadelistomark2 dan krx48 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
15-01-2021 08:19
kalo ane boleh saran, coba ente cara guru agama misal pak ustad ditempat ente
dalam agama, jelas orang yang gak percaya tuhan masuk neraka
maka bertuhan lah emoticon-Big Grin

buat gambaran, orang yang percaya tuhan aja masih bisa masuk neraka kalo salah
apalagi yang enggak percaya
dan kalo boleh saran, tuhan itu cuman 1

emoticon-afro
profile-picture
forsining memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
15-01-2021 10:02
Sayangnya atheist hanya untuk smart people gan
0 0
0
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
15-01-2021 16:59
saran dari saya yang alhamdulillah beragama...
agan ingat diri agan,kenapa agan bisa lahir ke dunia ini?
Padahak agan nggak punya keinginan ,tau tau agan lahir,orang tua nya dah ditentukan agan nggak bisa milih
rupa dan jenis kelamin agan tidak bisa milih.
Pokoknya semua sudah diplihkan untuk agan,agan tinggal terima jadi...
nah yang memilihkan apa yg ada di agan adalah sesuatu(dzat) yg punya kekuatan absulot dan tidak bisa terbantahkan..
nah sesuatu yg absolut(dzat) ini mengenalkan diri kepada manusia dengan sebutan TUHAN...
profile-picture
forsining memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
15-01-2021 19:30
Gan, agama (dalam hal ini ane muslim) memang untuk orang yang berakal.
Agan coba baca dan dalemin Al Quran, atau coba datengin majelis ilmu, brtemu ulama. InsyaAllah pertanyaan agan akan terjawab kok, bahkan eksistensi mengenai Tuhan.
Ane doain agan segera diberikan hidayah melalui pencarian dan kinerja nalar agan, aamiin.
profile-picture
waycurup memberi reputasi
1 0
1
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
15-01-2021 19:56
Kalo saran ane, beragamalah dengan ikhlas, tanpa pamrih surga ato neraka.
Karna ente sudah banyak membaca tentang "cara"
0 0
0
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
15-01-2021 20:05
Hai gan. Salam kenal.
Aku jg atheis. Dan apapun yg terjadi di hidupku, tidak mengubahku menjadi beragama.
Gak tau harus gmn. Tapi tanyakan hati kecilmu. Inginmu seperti apa. Meditasi untuk menenangkan pikiran. Lalu pilihlah jalan yg sesuai dengan pilihan hatimu
0 0
0
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
16-01-2021 02:08
Klo ane sih kasih saran, dunia ini ada karena proses penciptaan, begitupun semua makhluk hidup baik yang dapat kita lihat langsung maupun tidak, itu semua ada karena ciptaan dari Sang Maha Pencipta, walaupun banyak buku" Yang menentang proses penciptaan tsb dengan beragam bukti" Ilmiah yang tertulis di sana, tetapi tidak pernah ada penjelasan yang mengerucut pada satu akar pokok proses penciptaan tsb, maka kalo ane itu meyakini akar pokok proses penciptaan adalah Sang Maha Esa yang mempunyai beragam nama di setiap agama yang ada di dunia ini.
0 0
0
Help, ane ragu dengan agama dan condong ke ateis
16-01-2021 12:16
jadi ini masalahnya krn banyak baca buku ateis jd condong ke ateis? lah klo banyak baca buku agama jd condong ke beragama dong? knapa dibuat repot kecuali ada hal di hidup agan yg mengguncang jiwa sehingga milih ateis
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Kaskus Hot Wheels Lovers (KHWL)
coc-tips--trick-modifikasi-hot-wheels
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia