Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
49
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffe855ddbf76429f553e8a2/william-cropper-pemain-sepakbola-pertama-yang-meninggal-saat-bertanding
Pada 13 Januari 1889, pesepakbola klub Staveley FC, William Cropper, meninggal karena kecelakaan yang mengakibatkan cedera parah di lapangan saat bertanding melawan Grimsby Town FC di Clee Park, Lincolnshire.
Lapor Hansip
13-01-2021 12:30

WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING

Past Hot Thread
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING


Dalam karya tulisnya yang dibuat pada tahun 1890 berjudul The Triumphs of the Football Field, pemain sepakbola dan kapten Aston Villa FC, Archie Hunter, menuturkan tentang cobaan dan kesengsaraan yang dihadapi para pesepakbola pada masa itu.


Archie Hunter yang termasuk dalam daftar "100 Legenda Liga Sepakbola Inggris" itu menjelaskan kekhawatirannya pada jumlah pemain yang jatuh sakit setelah bermain sepakbola, “Mereka bermain dalam segala cuaca selama bagian paling buruk dalam sepanjang tahun. Perjuangan mereka menjadi sangat berat, dan jika tidak ada ketentuan yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh, mereka menghadapi resiko yang paling menakutkan.” jelas Archie Hunter di dalam karya tulisnya itu.


Menurut pendapatnya, Archie Hunter menilai perhatian pertama klub harus diarahkan pada masalah tersebut. Kesehatan serta keselamatan harus dianggap sebagai bagian tak terpisahkan dari aturan sepakbola. Sebab di masa itu banyak pemain yang terserang berbagai penyakit dan bahkan hingga kehilangan nyawa setelah memainkan pertandingan saat musim dingin karena tidak memperhatikan tindakan pencegahan ini.


Apa yang dicurahkan Archie Hunter dalam karya tulisnya itu adalah hal nyata yang dialaminya sendiri, karena dia pensiun sebagai pemain akibat terkena serangan jantung saat bermain untuk Aston Villa FC melawan Everton FC.


Di masa itu, saat musim dingin, olahraga sepakbola yang masih pada tahap awal sering dimainkan saat tanah lapangan berada dalam kondisi yang buruk setelah hujan lebat. Genangan air dan lumpur juga membuat permainan hampir tidak mungkin dilakukan. Masalah lain adalah hembusan angin yang rasanya seperti pisau yang menusuk tubuh. Atas persoalan itulah yang bikin setiap pemain sering menghadapi ancaman penyakit setelah bertanding.


Tak terlepas dari apa yang dialami Archie Hunter, satu tahun sebelumnya terjadi kecelakaan yang mengakibatkan seorang pesepakbola meninggal dunia karena cedera yang dideritanya dari pertandingan sepakbola.


Pada 13 Januari 1889, pesepakbola klub Staveley FC, William Cropper, meninggal karena kecelakaan yang mengakibatkan cedera parah di lapangan saat bertanding melawan Grimsby Town FC di Clee Park, Lincolnshire.


Sedikit diketahui tentang William Cropper, dirinya adalah olahragawan Inggris yang berkarier dengan berbagai klub sepakbola, termasuk satu penampilan untuk klub pertamanya yakni Derby County FC dalam ajang Piala FA tahun 1886. Selain sepakbola, dia juga seorang pemain kriket yang berkarier untuk klub Derbyshire CCC.


William Cropper menjadikan sepakbola sebagai rutinitas ketika olahraga itu sedang menjadi permainan yang hampir setiap hari dimainkan oleh masyarakat Inggris pada masa tersebut.


Staveley FC sendiri adalah tim amatir yang berambisi menjadi tim profesional. Klub itu aktif di antara tahun 1880 hingga 1890-an. Di jamannya, Staveley FC pernah berada pada musim kejayaannya saat melakoni 22 pertandingan tanpa kekalahan medio 1888–1889. William Cropper ikut berperan penting dengan berkontribusi atas pencapaian itu.


Saat bermain untuk Staveley FC dalam pertandingan melawan Grimsby Town FC itulah William Cropper mengalami cedera yang mengakhiri hidupnya. Dalam pertandingan, dia bertabrakan dengan pemain Grimsby Town FC, Daniel Doyle, yang kakinya membentur perut William Cropper dengan sangat keras.


Seperti yang dijelaskan Archie Hunter dalam karya tulisnya tentang kesehatan dan keselamatan sepakbola pada saat itu, kondisi William Cropper memburuk sedemikian rupa sehingga dia meninggal di hadapan beberapa rekan setimnya di Derbyshire CCC dan Staveley FC.


Dalam proses bedah mayat ditemukan bahwa William Cropper mengalami robekan satu setengah inci di ususnya dan peritonitis yang dihasilkan ususnya itulah yang telah merenggut nyawanya.


WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING


Beberapa surat kabar memberitakan bahwa makanan berat yang dinikmati William Cropper sebelum pertandingan turut ditemukan pada lukanya. Itu kemudian memunculkan spekulasi jika makanan-makanan itu juga menjadi sebab kematiannya karena racun yang keluar dari ususnya yang pecah akibat cedera. Sejak kasus itu, medis pun memperingatkan setiap pemain lain untuk tidak makan terlalu banyak sebelum pertandingan.


Kematian William Cropper mempengaruhi seluruh komunitas olahraga di Derbyshire dan Yorkshire yang merupakan salah satu wilayah tempat di mana sepakbola yang sedang berkembang kuat.


Tragedi yang dialami William Cropper membuatnya dinyatakan sebagai orang pertama yang meninggal karena bermain sepakbola dalam sebuah pertandingan resmi dan mengawali segala kisah kelam tentang nasib tragis para pesepakbola yang sedang bertanding.


Surat kabar The Derbyshire Courier melaporkan, dari peristiwa itu setelahnya mencuat berbagai kecaman terhadap Daniel Doyle dan Grimsby Town FC. Dalam laporannya, The Derbyshire Courier bertanya-tanya mengenai proses hukum atas tindakan Daniel Doyle yang telah menghilangkan nyawa William Cropper karena dia dibebaskan dari tuduhan kesalahan apa pun dalam insiden dengan William Cropper saat pemeriksaan.


Dalam pengadilan, dipersidangkan bagaimana meskipun William Cropper mengalami kritis di lapangan, namun para saksi yang menyaksikan pertandingan itu membuktikan fakta bahwa mereka tidak melihat permainan curang atau niat untuk melukai korban dalam tindakan yang dilakukan oleh Daniel Doyle.


Daniel Doyle menerangkan dalam pemeriksaan bagaimana dia melompat untuk berusaha menghalau umpan panjang yang mengarah ke pertahanan timnya. Dalam sebuah peluang, William Cropper berusaha merebut bola yang pada waktu bersamaan Daniel Doyle berinisiatif memblok bola dengan kakinya, namun karena terjadi kemelut tabrakan antara keduanya tidak terhindarkan dengan kaki Daniel Doyle secara tidak sengaja menghajar perut William Cropper.


WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING


William Cropper dikebumikan di halaman gereja di kampung asalnya di Brimington, sebuah desa tambang batu bara dekat Chesterfield, yang mana di makamnya didirikan sebuah tugu peringatan atas peristiwa kematiannya. Hingga kini, tugu dan makam itu masih dapat dilihat sampai sekarang.


Daniel Doyle, pemain yang memberikan pukulan mematikan kepada William Cropper melanjutkan karier bagi Bolton Wanderers FC, dan kemudian ke Everton FC dan membantu mempersembahkan gelar liga pertama mereka pada tahun 1891. Dia kemudian bergabung dengan Celtic FC, membawa mereka memenangi Piala Skotlandia pertama mereka dan kemudian gelar Liga Skotlandia pertama mereka pada tahun 1893.


Dia juga tercatat 8 kali memperkuat Tim Nasional Skotlandia dan menjadi kapten dalam pertandingan melawan Tim Nasional Inggris pada tahun 1894.


Daniel Doyle adalah pemain Celtic FC antara tahun 1891 dan 1899. Dia masih diingat dalam sebuah buku tentang dia yang berjudul The Life and Death of a Wild Rover karya Marie Rowan yang diterbitkan pada tahun 2007.


Dalam kata pengantar buku itu, dia dipuji oleh manajer Celtic FC, Neil Lennon, sebagai, “Salah satu kapten pertama dan paling inspirasional yang pernah dimiliki klub kami.”


WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING


Daniel Doyle meninggal dalam kemiskinan pada 8 April 1918 di usia 53 tahun di Rumah Sakit Kanker Glasgow karena kanker tenggorokan.


Tidak seperti William Cropper yang memiliki penghormatan di makamnya hampir tiga puluh tahun sebelumnya, dalam nasib Daniel Doyle, dia ditempatkan di pemakaman orang miskin di Saint- Peter di Glasgow. Sebuah kuburan itu tetap tidak bernisan sampai di tahun 2010 ketika Celtic Graves Society, sebuah kelompok suporter Celtic FC yang ada untuk menghormati para pahlawan masa lalu Celtic FC, mereka meletakkan sebuah batu di situs pemakamannya.


Meskipun dianggap pemain sukses Skotlandia, kontroversi tidak pernah jauh dari Daniel Doyle. Dia memiliki reputasi kepribadian buruk karena kebiasaan menenggak alkohol, bermain wanita, dan sikap temperamentalnya. Terlebih dia adalah orang yang menyebabkan William Cropper menjadi orang pertama yang meninggal saat bertanding sepakbola sebagai pemain dalam pertandingan resmi menurut catatan Asosiasi Sepakbola (FA).


Namun begitu, dia juga karakter yang sangat kharismatik, sehingga ketika Weekly News menjalankan polling untuk menemukan pesepakbola favorit Skotlandia, dia menang dengan perolehan 900 suara, lebih banyak dari William Lambie yang ada di urutan kedua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dxstarz dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
14-01-2021 17:02
Dan kalau bisa sih ke depannya jangan ada lagi ya gan, makanya ini tim medis itu sangat oenting artinya di lapangan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
14-01-2021 20:30
Gk nyangka kalo pemain pertama yg meninggal dlm sepak bola itu terjadi di inggris padahal sepak bola disana lg naik daun ya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
14-01-2021 21:12
waah sedih banget.. risiko paling gede emang kematian emoticon-Sorry
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
14-01-2021 21:41
Wahhh sedih juga ya, semoga aja sih kedepannya gaada lagi pemain yang meninggal saat pertandingan berlangsung
profile-picture
vnmncr memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:07
Harus ada "tumbal" biar kedepannya lebih baik
0 0
0
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:08
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang pemain sepak bola pertama yang meninggal saat bertanding.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
0 0
0
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:10
Sedih banget
0 0
0
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:13
Jadi ingat, waktu SMA main bola tarkam di sekolah sama teman ane, habis body contact, teman ane jatuh, patah tulang tangannya.
Ane merasa bersalah banget waktu itu emoticon-Frown
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:15
Innalillahi emoticon-Sorry
0 0
0
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:17
jadi inget sama moment torres pas pingsan di lapangan. syukur masih bisa diselamatkan.

intip gan, animasi lucu dan kocak
0 0
0
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:25
Peraturannya dulu belum seketat sekarang soalnya ya, bahkan dengan peraturan di dunia modern saja ada juga yg terjadi kecelakaan begini

teknologi brainwave


Jangan Lupa untuk di rumah saja ya emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:26
Fatal kalo tendangan ngarah ke perut. Jaman segitu sepatu bola udah ada pullnya belum ya? Makin ngeri itu dampaknya emoticon-Matabelo
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:28
Mirip kaya kejadian alm Jumadi Abdi nya PKT Bontang.
0 0
0
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:32
Namanya mirip Liam Cooper bek Leeds United saat ini.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:34
Bener kata temen2 ane kalau mau main bola jangan kebanyakan makan, gak enak ntar pas main, ternyata dampaknya buruk juga kalo cidera yaa hmm
0 0
0
WILLIAM CROPPER, PEMAIN SEPAKBOLA PERTAMA YANG MENINGGAL SAAT BERTANDING
16-01-2021 12:40
Untung Neymar ga hidup dijaman itu...bisa guling2an mulu
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia