News
Batal
KATEGORI
link has been copied
584
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffdfb600577a949d34cd961/tolak-ikuti-jokowi-suntik-vaksin-ribka-pdip-mending-gue-bayar-denda
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP Ribka Tjiptaning secara tegas menolak untuk divaksin Covid-19. Pernyataan itu sangat bertolak belakang dengan sikap Presiden Joko Widodo yang menjadi orang yang disuntik vaksin Sinovac, Rabu (13/1/2021) besok.
Lapor Hansip
13-01-2021 02:41

Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!

Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!

Suara.com - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP Ribka Tjiptaning secara tegas menolak untuk divaksin Covid-19. Pernyataan itu sangat bertolak belakang dengan sikap Presiden Joko Widodo yang menjadi orang yang disuntik vaksin Sinovac, Rabu (13/1/2021) besok.

Daripada divaksin, ia lebih memilih untuk membayar denda bagi penolak vaksin.

Ribka mengatakan kalau ia tidak mau divaksin apapun itu jenisnya. Bahkan ia lebih memilih untuk membayar sanksi dengan keluarganya ketimbang harus menerima vaksin. Hal tersebut disampaikan Ribka di depan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pihak BPOM dan PT Bio Farma.

"Saya tetep tidak mau divaksin maupun sampai yang 63 tahun bisa divaksin, saya sudah 63 tahun nih, mau semua usia boleh tetap, misalnya pun hidup di DKI semua anak cucu saya dapat sanksi lima juta mending gue bayar, mau jual mobil kek," kata Ribka dalam Raker dan RDP di Komisi IX, Kompleks Parlemen, Selasa (12/1/2021).

Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!

Alasan Ribka menolaknya ialah karena mendengar pernyataan dari PT Bio Farma yang menyebut belum melakukan uji klinis tahap ketiga. Selain itu, ia juga memiliki pengalaman melihat sejumlah vaksin yang pernah masuk ke Indonesia namun malah memperburuk keadaan.

"Saya ngomong lagi nih di rapat ini ya, vaksin untuk anti polio malah lumpuh layu di Sukabumi terus anti kaki gajah di Majalaya mati 12 (orang). Karena di India ditolak, di Afrika ditolak, masuk di Indonesia dengan (anggaran) Rp 1,3 triliun waktu saya ketua komisi. Saya ingat betul itu jangan main-main vaksin ini, jangan main-main," tuturnya.

Ribka pun kembali menegaskan kalau ia bakal menolak untuk menerima vaksin. Kalau misalkan ia dipaksa maka menurutnya hal tersebut sudah masuk ke dalam pelanggaran HAM.

"Saya pertama yang bilang saya menolak vaksin, kalau dipaksa pelanggaran HAM. Enggak boleh maksa begitu," ungkapnya.
sumber

******

Entah, anggota DPR yang selalu jadi sasaran kemarahan mereka yang selalu mengusung isu komunis di PDIP ini benar-benar tidak tahu atau memang pada dasarnya menolak divaksin karena trauma.

Ataukah memang sebenarnya hasil uji tahap III memang belum keluar? Rasanya mustahil, sebab berdasarkan berita, Tim Riset Uji Klinis Vaksin Virus Corona (SARS-CoV-2) Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) telah menyerahkan laporan interim uji klinis tahap III vaksin Sinovac kepada PT Bio Farma (Persero) pada hari Kamis, 7 Januari 2021. Dan berdasarkan uji klinis tahap III itulah BPOM mengeluarkan Ijin Darurat Vaksin Sinovac untuk segera dipakai bagi rakyat Indonesia. Berdasar masukan dari Tim Riset itu juga didapat efikasi Vaksin Sinovac sebesar 65,3%, diatas batas minimal efikasi yang ditetapkan WHO sebesar 50%.

Ribka bisa saja menolak, dan dia tak mungkin takut dengan ancaman hukuman 1 tahun, sebab anggota DPR punya hak imunitas yang dulu digagas oleh oleh fraksi-fraksi oposan pemerintah yang menggagas UU MD3. Apalagi dia berbicara didalam ruang gedung DPR. Andaipun dia dikenakan sangsi denda 5 juta rupiah, diapun pasti bisa membayarnya, termasuk membayar denda seluruh keluarga besarnya.

Yang jadi masalah, hal ini dia ungkapkan setelah MUI mengeluarkan Fatwa Halal dan Suci bagi Vaksin Sinovac, yang sejak awal dicurigai oleh mereka yang terlalu anti pati dengan segala sesuatunya yang berbau negara China. Segala macam isu hoax telah lebih dulu beredar di masyarakat. Dari isu genosida, bahwa Vaksin Sinovac sebenarnya racun untuk membunuh rakyat Indonesia, lalu isu haram karena mengandung darah babi, tidak dipakai oleh negara panutan UAS yaitu Arab Saudi dan Mesir, dan lain-lain. Dan ketika Presiden Jokowi bersedia disuntik pertama kali dan disiarkan secara langsungpun dianggap sebagai kebohongan, karena mereka menganggap bahwa yang akan disuntikan adalah Vaksin Pfizer, atau bahkan Vaksin kosong.

Ketika Ribka berbicara mengenai HAM, maka lengkaplah sudah kebodohan massal yang akan terjadi. Nampaknya dr Tifauzia Tyassuma, orang yang pernah berteriak keras meminta lockdown tapi justru kabur dari rumahnya, mendapat pembelaan penuh dari Ribka. Apalagi ada oknum dokter di Rumah Sakit Purwakarta yang juga menolak Vaksin Sinovac, padahal IDI, induk organisasi profesi dokter, mendukung penuh vaksinasi dengan segera dan siap untuk menjadi sukarelawan pertama divaksin dengan Vaksin Sinovac.

Mengenai besaran denda bagi mereka yang menolak vaksinasipun simpang siur. Berdasarkan Pasal 30 Perda Nomor 2 Tahun 2020 yakni setiap orang yang dengan sengaja menolak untuk dilakukan pengobatan dan/atau vaksinasi Covid-19, dipidana dengan denda paling banyak sebesar Rp5.000.000. Ini untuk DKI Jakarta. Sementara Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Prof Edward OS Hiariej menegaskan, mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan atau menghalangi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan bisa dipidana.
"Yakni penjara paling lama satu tahun atau denda maksimal Rp 100 juta," katanya.

Lalu, denda mana yang akan dikenakan kepada mereka para penolak vaksinasi ini? 5 juta? Atau 100 juta?

Jika benar UU Nomor 6 tahun 2018 yang akan dipakai, maka kenakanlah UU tersebut bagi DR Ribka Ciptaning dan dr Tifauzia Tyassuma,serta mereka-mereka yang sebenarnya dari segi intelektualitas sangat disayangkan sekali jika menolak tanpa dasar yang pasti.

Sia-sia kampanye pemerintah selama ini ingin mempercepat penanganan wabah Covid-19 ini jika mereka yang pintar justru memberi dampak buruk bagi sebagian masyarakat yang sejak awal sudah dijejali isu-isu hoax.

Kalau pihak sana yang katanya patuh benar dengan ucapan Ulama sekelas UAS bersinergi dengan Ribka Ciptaning yang selalu dianggap komunis oleh mereka yang selalu membawa-bawa agama dalam setiap urusan, klop sudah. Meskipun alasannya berbeda, namun dampaknya tetap sama.

Ya sudah, kenakan saja denda tertinggi 100 juta per orang.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
indra.69 dan 69 lainnya memberi reputasi
66
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 03:49
ga dihardik ratu itu makhluk ? emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 04:02
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ini mah antivaxxer


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 04:10
Nyari panggung aja...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 05:31
wait what?
bio farma belum uji klinis tahap 3?
ini beneran?
Kalo beneran semakin memperketat alasan ga vaksin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ninipara dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 27 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 05:31
Masalahnya si ribka ini senior pdip, anggota dpr partai pemerintahan. Kalau doi sendiri ga teryakinkan vaksin Aman, lu mau nyalahin masyarakat umum buat percaya vaksin juga susah. Klo oposan Kan tinggal di cap kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 05:35
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!


Tuh bu ribka aja ogah... Dia lulusan kedokteran UKI..
Dia yg dulu berdebat soal dokter kan...

KADRUN BUKAN NIH???

Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!

AGAMANYA COBA DI TENGOK NTAR DI KADRUNIN NIH SAMA KASKUSER BP AHLI KUBUR...

๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข

Ada yg gugat ke MA perda DKI NO 2 tahun 2020

Seorang warga yang berdomisili di DKI Jakarta bernama Happy Hayati Helmi melayangkan gugatan judicial review atau uji materi terhadap Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19.

Pendaftaran permohonan uji materi tersebut dilakukan pada Rabu (16/12/2020) ke Mahkamah Agung. Adapun yang digugat adalah Pasal 30 tentang pidana bagi orang yang menolak vaksinasi Covid-19.

Pasal 30 berbunyi: Setiap orang yang dengan sengaja menolak untuk dilakukan pengobatan dan/atau vaksinasi Covid-19, dipidana dengan pidana denda paling banyak sebesar Rp 5.000.000.

Victor Santoso Tandasia sebagai kuasa hukum Happy mengatakan, pemohon tidak memiliki pilihan lantaran isi pasal tersebut bersifat memaksa.

"Paksaan vaksinasi Covid-19 bagi pemohon tentunya tidak memberikan pilihan bagi pemohon untuk dapat menolak vaksinasi Covid-19, karena bermuatan sanksi denda Rp 5 juta," ujar Victor dalam keterangan tertulis, Jumat (18/12/2020).

Victor menjelaskan, besaran denda tersebut di luar kemampuan pemohon mengingat denda bisa juga dikenakan oleh keluarga pemohon.

Selain itu, ketentuan norma Pasal 30 tersebut tidak menjelaskan bahwa setelah membayar denda, seseorang tidak akan kembali dipaksa melakukan vaksin di kemudian hari.

"Artinya, bisa saja jika pemohon menolak vaksinasi dengan membayar denda, di kemudian hari datang kembali petugas untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada pemohon dan keluarganya," ucap Victor.

Itulah sebabnya, menurut Victor, pasal denda tersebut bertentangan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, dan UU Nomor 12 Tahun 2011 yang telah diubah dengan UU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.


๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข

Bekasi pake perda Bekasi Nomor 8 Tahun 2020

Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!

๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข๐Ÿ’ข

Soal UU NO 6 tahun 2018 soal kekarantinaan kesehatan..

Lah si rizieq di kenain pasal dalam UU NO 6 tahun 2018 soal kekarantinaan kesehatan karna kasus KERUMUNAN MASSA.

Trus sekarang persoalan warga yg menolak vaksin di kenakan pasal yg sama..

Ya JAKA SEMBUNG donk seharusnya.
Itu kan pasal soal KARANTINA bukan pasal soal VAKSINASI...!!!!
Diubah oleh bang.0don
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 28 lainnya memberi reputasi
29 0
29
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 05:48
Gua mau bahas personalnya aja ya soal ribka ..

Setau gua ini salah satu anggota DPR yang ada kerjanya ...

Walaupun dia dari partai merah dan berkuasa ...
Sering banget ngeritik kementrian yang menterinya dari pkb buat memperjuangkan hak-hak buruh ...

Kalau ribka bilang gitu aku percaya sihhhh

Btw soal vaksin kong ...
Ada kaskuser yang idnya nama salah satu wapres kuliah di sg ...

Disana kita vaksin bisa milih diantara 3 jenis vaksin dan yang dipake indo itu sangat tidak dianjurkan di negara lain walaupun tersedia ...

Rasionya 6.5 dari 10 yang berhasil normal ketika di vaksin

Dan rasio vaksin2 yang lain diatas itu ..
Bahkan ada yang 9:10 loh kong ...

Jadi wajar ribka bilang gitu ...

Dan (lagi) karena terburu-burunya pemerintah bikin kebijakan akhirnya blunder ...

Yang mereka bisa cuma kasi angin surga dan bakar duit ...

Orang khususnya golongan menengah kebawah mana mikir covid om, mikir bisa makan aja syukur mangkanya bakar duit laris dari prakerja, umkm, bantuan desa dan sampe bantuan lansia. Dan juga bakar duit itu rawan isu korupsi dan bagi-bagi jatah ...
Jadi jangan heran kalau nanti ada hambalang jilid dua dengan merek subsidi covid ...
Udah ada kemensos yang kena, tinggal tunggu ada menteri-menteri lain dan kepentingan apa yang ada di kpk toh banyak hal yang sekarang nyata bisa diusut tinggal kpknya sendiri mau apa ga ? Wkwkwk ...

Dan balik lagi demi citra pemerintahan jokowi beli vaksin yang memiliki resiko paling tinggi ...

Misal nih ya seluruh orang indo di vaksin ..
Dengan presentase kayak gitu ..
Sama aja kita membuat sakit sepertiga orang indo dong ?
Wajar ribka nolak ...
Nurani jokowi mana ....
Diubah oleh dewakere
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 37 lainnya memberi reputasi
38 0
38
Lihat 37 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 37 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:00
Ga ada salahnya percaya obat dokter daripada obat tradisonal pun sebaliknya.
Ga udah pamer harta juga kaleee emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:02
Sah sah aja sih dia menolak keputusan dia lagian siap juga denda, cuman ya itu deh semoga vaksinnya joss aja.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan kenjiyboy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:03
Cebong civil war emoticon-Leh Uga
Diubah oleh drainama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:09
Dijadiin contoh aja buat masyarakat, nolak vaksin = penjara
0 0
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:31
Pertanyaan nya.. jadi kadrun sepakat/setuju ma omongan keturunan PKI ga nih ?.. emoticon-Malu (S)

Quote:"Saya ngomong lagi nih di rapat ini ya, vaksin untuk anti polio malah lumpuh layu di Sukabumi terus anti kaki gajah di Majalaya mati 12 (orang). Karena di India ditolak, di Afrika ditolak, masuk di Indonesia dengan (anggaran) Rp 1,3 triliun waktu saya ketua komisi. Saya ingat betul itu jangan main-main vaksin ini, jangan main-main," tuturnya.


Pake logika aja.. rasio 12 (meninggal) : berapa juta yg d vaksin ?.. trus elo nolak d vaksin ??.. emoticon-Ngakak (S)

Elo ga sekalian nolak masuk RS krn banyak warga yg masuk RS malah meninggal ato bahkan nolak jadi anggota DPR ?.. karena ada yg setelah d lantik jadi anggota DPR dan dia meninggal.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 13 lainnya memberi reputasi
12 2
10
Lihat 57 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 57 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:43
baca di kontan, katanya hasil uji fase 3 di indonesia masih sementara, smentara di china sendiri blm ada kabar mengenai hasil uji fase 3.
Mungkin ini penyebab dia ga mau divaksin
Diubah oleh botolchivas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Comrade.DJTrump dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:47
Kalo ga mau ya udah jangan, ribet banget
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:49
Musti hati2 kita itu kayak org putus asa, kotoran kucing katanya obat aja bakal dipercaya dimasa seperti ini

Vaksin bukan mainan dan bukan obat ajaib punya kemampuan magus, slow down, klo gara2 vaksin lebih tinggi yg tewas dari kena covid nya?
Diubah oleh nyengatanlebah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:56
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!

Ini pernyataan Prof. Iris Rengganis, dokter ahli alergi imunologi, yg udah puluhan tahun menangani masalah imunologi, yang sudah disumpah utk berbuat baik demi kemanusiaan, yang punya track record bagus sebagai dokter, yang kebetulan saya tau adalah seoranf muslim yg taat. Nah kalo beliau aja sudah berani dan mau bilang vaksin aman, masa kita yg ga ngerti apa2 ttg ilmu vaksin trs sok2an mau bilang vaksin tidak aman?
Heran saya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 10 lainnya memberi reputasi
10 1
9
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 27 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:56
anti vax itu wajar, yang nggak wajar itu menyikapi anti vax secara berlebihan.
negara lain isi anti vax banyak tuh tapi nggak pake ribut-ribut karena nggak pake seremoni saat kirim vaksin dan nggak pake bikin drakor seleb dan pemuka sampul suntik vax di depan umum.
tapi gue agak susah sih bandingin negara yang manusianya mikir harus andelin ulema dengan negara lain yang isi manusia yang dari sd sudah belajar basic science.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 06:59
kenapa harus dipaksa, toh yang divaksin udah anti corona kan,
ya udah yang ga divaksin aja yang sakit (herd immunity)
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan bang.0don memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 07:06
Ane kalau laginsakit dan disuruh di vaksin oke2 ajaz tp kalau sehat walafiat well ane skip dulu. Pkoknya jaga kesehatan aja itu aja.


EDIT : Ternyata sakot malah tambah parah di kasih vaksin emoticon-Hammer (S), yois dah kalau di suruh vkasiname ikut aka asal jangan malah tambah parah emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh wolfzmus
profile-picture
profile-picture
Comrade.DJTrump dan areszzjay memberi reputasi
1 1
0
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Tolak Ikuti Jokowi Suntik Vaksin, Ribka PDIP: Mending Gue Bayar Denda!
13-01-2021 07:10
Akhirnya ada hal yg bikin Kadrun Goblok jd dukung PDIP, hahahahaha
profile-picture
profile-picture
didit.d dan areszzjay memberi reputasi
1 1
0
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia