Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
113
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffc683082d49577aa2312bd/cara-membuat-sate-kere-khas-cembengan-jogja
Sekedar informasi, ya, Gansist, sate kere ini enaknya disantap saat sate masih panas atau hangat-hangat kuku. Karena jika sudah dingin lemaknya bakal nempel di lidah dan langit-langit mulut.
Lapor Hansip
11-01-2021 22:01

Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Assalamualaikum

Hai, agan sista, apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya? Aamiin.

Agan sista, musim dingin gini enaknya makan apa ya? Kalau ane sih lagi pengen banget makan makanan khas Jogja yang banyak dijumpai di acara-acara tertentu. Semisal cembengan atau yang kita kenal dengan nama pasar malam. Hayo, agan sista ada yang tahu?
Quote:Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja

Yes! Sate kere.

Ada yang belum tahu apa itu sate kere?

Gini, Gansiat, sate kere sebenarnya ada banyak macamnya. Ada sate kere yang berbahan dasar gembus. Agan tahu gembus, kan? Gembus itu terbuat dari ampas tahu. Nah, kalau yang dari Jogja dan khas Cembengan adalah sate kere yang berbahan dasar gajih (lemak sapi). Wew, lemak sapi dijadikan sate? Emang bisa? Bisa dong, Gansist.

Biasanya lemak sapi digunakan untuk campuran kuah bakso ya kan? Nah, di Jogja lemak sapi bisa dijadikan sate, loh. Kreatif banget, kan?

Sate kere ini favorit ane, Gansist. Teksturnya yang kenyal dan manis gurih, bikin lidah bergoyang. Tapi, Gansist, tidak semua orang menyukai sate ini. Di keluarga ane saja, cuma ane yang suka, lainnya nggak ada yang suka.

Nah kali ini ane mau ngebagiin resep cara membuat sate kere. Kali aja, agan sista ada yang penasaran bagaimana rasa dari sate kere ini. Sekuy, simak baik-baik ya.

Bahan-bahan
250 lemak sapi
2sdm gula jawa

Bumbu halus.
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari
1 sdt tumbar
1 sdt gula jawa
Garam dan penyedap rasa

Langkah-langkahnya
1. Rebus lemak
Quote:Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja

2. Tumis bumbu halua sampai wangi, tambahkan air tunggu hingga mendidih, lalu masukkan lwmak dan gula merah. Masak sampai air menyusut
3. Angkat dan potong-potong lwmak, lalu tusuk
4. Bakar di atas bara
Quote:Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja

5. Sate siap dimakan.

Gimana, mudah, kan Gansist cara membuat sate kere ini. Bahan mudah didapat dan murah meriah, udah gitu cara membuatnya juga gak ribet.

Sekedar informasi, ya, Gansist, sate kere ini enaknya disantap saat sate masih panas atau hangat-hangat kuku. Karena jika sudah dingin lemaknya bakal nempel di lidah dan langit-langit mulut. Selain itu, setelah memakan sate kere lemak khas Jogja ini, agan sista jangan langsung meminum minuman es, karena lemaknya akan menempel di mulut. Minum yang anget-anget.

Selamat mencoba!

Tulisan : opini pribadi
Sumber gambar : google
Diubah oleh lintangayudy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
11-01-2021 22:05
Kayane enak ya. Tapi kolestrol mengancam🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
b4perman dan lintangayudy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
11-01-2021 22:36
Daging apa aja?
profile-picture
profile-picture
b4perman dan lintangayudy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
12-01-2021 05:00
Wah, bisa bikin gemuk ini. Ayo, yg tubuhnya kerempeng silakan merapat. 🤭
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
12-01-2021 19:41
Wahhh baru tau nih ane tentang sate kere. Kapan kapan pengen nyobain deh penasaran banget rasanya kaya apa hehehe
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
12-01-2021 21:24
makan sate kere yang lemak sate itu 1-2 tusuk aja udah cukup kenyang dan eneg emoticon-Ngakak lebih dari itu dah gak nikmat
profile-picture
profile-picture
antokoplak dan b4perman memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 09:24
Wow enak banget ya......jadi pingin makan sate nih....dikasih nasi hangat ...mantap.
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 13:05
Lemak aja, kyak enak tp takut ntar bikin gendut
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 14:10
Apa ini kere kere
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 16:28
bikin laper ae nih emoticon-Cape d...
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 17:08
Gajih enak si tapi jangan kebanyakan emoticon-Big Grin
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 17:26
Wahhh bikin laper nih thread hehe, bisa nih dicoba resepnya, biasanya kalo nyate sendiri sih pake bumbu asal-asalan yang penting ada rasa wkwk
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan b4perman memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 18:31
Pilih yg campur aja gan, jadinya satu porsi cuma beberapa tusuknya aja yg lemak selebihnya yg tempe gembusnya. Ane pernah nyobain sih cuma serem jg lemaknya bikin kolesterol wkwk. Lagian klo dimakan udah dingin lemaknya susah dimakan
Diubah oleh siangpenat
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 20:54
wahhh ane suka banget deh beli sate kereeeeee
dipojokan pasar beringharjooo ituu
dan NIKMAT banget dehh
btwww, thanks yaaa sharing infonyaaaaa menarikkk
profile-picture
turkusuma memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 21:24
bener, makannya enak pas anget2 atau baru mateng. rasanya meleleh di mulut emoticon-Big Grin
profile-picture
turkusuma memberi reputasi
1 0
1
Lihat 27 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 27 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 22:49
iniiiiii sama gk siiiiyy sama sate jando yang ada di kota bandung ituuu?? apa bedaaa??
0 0
0
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
13-01-2021 23:12
Wuis......mantabs bnget gan. Jd pengen makan sate nih. Nikmatny euy.....
0 0
0
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
14-01-2021 05:59
Wahh sepertinya enak nihh, kalau ane emang demen sate kere yang dari tahu gembus itu sihh
0 0
0
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
14-01-2021 10:27
Sate kere memang makanan tradisional dari jaman dulu sampai sekarang masih aja dikenal namun dengan berkembangnya jaman maka sate kere sekarang sedikit peminatnya..namun kalau rasa sudah pastii jooosss mantaafff dehh
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
14-01-2021 16:58
Ane kira sate kere tuh khasnya cuma di soloraya aja gan, ternyata daerah di jogja juga ada ya
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
18-01-2021 10:08
Caranya biar gak bau gimana gan
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
mento-khas-sunda-kuliner-jadul-yang-masih-eksis
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia