News
Batal
KATEGORI
link has been copied
123
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffb1c6b10d2950ff87ada6d/textron-airland-scorpion---meski-dijual-murah-pesawat-ini-tetap-tidak-laku
Di era modern ini rasanya cukup susah mencari pesawat tempur dengan harga murah, tidak banyak perusahaan yang mau membuat pesawat dengan biaya murah. Biasanya pesawat berbiaya murah harus mengurangi sistem senjata maupun avioniknya, hal ini tentu membuatnya terkesan menjadi pesawat yang ketinggalan zaman.
Lapor Hansip
10-01-2021 22:25

Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Di era modern ini rasanya cukup susah mencari pesawat tempur dengan harga murah, tidak banyak perusahaan yang mau membuat pesawat dengan biaya murah. Biasanya pesawat berbiaya murah harus mengurangi sistem senjata maupun avioniknya, hal ini tentu membuatnya terkesan menjadi pesawat yang ketinggalan zaman.

Namun, meski tidak banyak pesawat berbiaya murah yang diproduksi bukan berarti tidak ada perusahaan yang membuatnya. Pada pembahasan kali ini TS akan membahas pesawat murah yang bernama Textron Airland Scorpion, seperti biasa kita mulai dari sejarahnya.




SEJARAH

Pada bulan Oktober 2011, Air Land Enterprises LLC yang biasa membuat pesawat komersil kelas bisnis mendekati Textron untuk menawarkan konsep "pesawat jet taktis paling terjangkau di dunia". Kedua perusahaan tersebut kemudian membuat usaha patungan bersama yang disebut Textron AirLand dan pengembangan pesawat dimulai pada bulan Januari tahun 2012.

Baik Textron maupun anak perusahaannya sama sekali tidak memiliki banyak pengalaman merancang pesawat tempur sayap tetap. Biasanya pesawat tempur dibanderol dengan harga yang mahal, begitu juga biaya operasionalnya juga akan lebih mahal. Textron melihat pasar untuk jenis pesawat murah yang potensial jika dipasarkan kepada negara dengan anggaran militer terbatas.

Pada awal tahun 2012, para insinyur meninjau 12 model rancangan yang akan memenuhi tujuan mereka. Awalnya pesawat akan dirancang dengan mesin tunggal dengan konfigurasi kursi tandem. Namun, pada akhirnya tim insinyur tersebut lebih memilih mesin ganda dengan konfigurasinya tetap kursi tandem.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Foto: Official Textron AirLand Marketing.


Proses pembuatan pesawat ini sebelumnya juga sudah mendapatkan izin dari pejabat AS, pihak Textron mengembangkan pesawat dengan dana mereka sendiri karena pesawat bukanlah pesanan dari pihak pemerintah. Proses pembuatan pesawat ini pun dirahasiakan, proyek ini diberi nama kode SCV12-1. Tapi para insinyur menyebut program ini sebagai "The Project".

Tim produksi pesawat ini tidak terlalu banyak, dalam proses pembuatannya hanya melibatkan 200 orang. Sekitar 120 orang teknisi dari Textron, Bell Helicopter dan Cessna dilibatkan dalam pembuatan pesawat ini. Sementara itu pihak AirLand bertugas memasarkan pesawat. Pada bulan April tahun 2012 pesawat tersebut kemudian mulai dibuat oleh Cessna di fasilitas Wichita, Kansas.

Proses pembuatan pesawat ini terbilang cepat, pesawat ini sudah mulai diluncurkan pada tanggal 16 September 2013. Pihak perancang menamainya Textron AirLand Scorpion, biar lebih akrab kita panggil saja Scorpion. Uji coba pra-penerbangan dimulai pada 25 November 2013 sebagai persiapan untuk penerbangan pertamanya.

Scorpion sendiri pertama kali terbang secara resmi pada 12 Desember 2013 selama 1,4 jam. Pesawat ini memiliki kode registrasi sipil N531TA atau biasa disebut sebagai Cessna E530. Menurut pilot pengujinya pesawat mampu bermanuver serta terbang di kecepatan tinggi dengan cukup baik.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Foto: Official Textron AirLand Marketing.


Pada tanggal 9 April 2014, Textron AirLand mengumumkan bahwa Scorpion telah mencapai 50 jam terbang dalam 26 penerbangan. Pesawat diterbangkan setinggi 30.000 kaki (9.100 m), dengan kecepatan hingga 310 knot (570 km/jam). Total 76,4 jam terbang dalam 41 penerbangan uji coba berhasil diselesaikan pada tanggal 19 Mei 2014. Dua bulan kemudian pesawat pun tampil pertama kali dalam ajang Farnborough International Air Show, dengan beberapa perubahan pada avioniknya.

Kemudian pihak Textron membuat satu lagi purwarupa pesawat untuk varian standard produksi pertama, purwarupa ini terbang pertama kali pada tanggal 22 Desember 2016. Pesawat memiliki roda pendaratan yang disederhanakan, peningkatan sapuan sayap dan avionik baru, termasuk kontrol hands-on-throttle-and-stick.

Diskusi sekaligus promosi Scorpion diadakan dengan militer dari Malaysia, Brunei, Filipina, Indonesia, Bahrain, Qatar, dan Arab Saudi. Namun, hasil diskusi ini membuahkan hasil yang kurang memuaskan karena tidak adanya ketertarikan dari para negara tersebut.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Foto: United States Department of Defense.


Bulan November 2014, Uni Emirat Arab telah menunjukkan ketertarikan kepada Scorpion untuk digunakan di skuadron aerobatik Al Fursan. Textron percaya hal ini bisa membuat pesawatnya dilirik negara lain. Namun, UEA tidak mau menjadi pelanggan pertama untuk pesawat baru ini dan ingin negara lain yang jadi pelanggan pertamanya. Ketertarikan ini pun pada akhirnya tak pernah terwujud.

Pada November 2014, Angkatan Udara Nigeria menyatakan minatnya untuk memborong Scorpion sebanyak satu skuadron guna melawan pemberontakan Boko Haram. Namun, entah atas dasar apa pihak petinggi AS tidak merestui penjualan ini. Scorpion pun belum berhasil terjual waktu itu.

Tanggal 27 April 2015, Scorpion membuat serangkaian uji coba penerbangan untuk Angkatan Udara Kolombia. Kebetulan waktu itu Kolombia sedang mencari pesawat untuk mengganti Cessna A-37 Dragonfly mereka, tapi pada akhirnya Kolombia tidak pernah membeli pesawat ini.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Foto: Official Textron AirLand Marketing


Menteri Pertahanan AS Ashton Carter yang menjabat waktu itu diminta menawarkan Scorpion kepada Angkatan Udara India selama kunjungannya pada bulan Juni 2015. Namun, lagi-lagi pesawat ini gagal terjual.

Tanggal 12 Juli 2016, QinetiQ, Thales dan Textron AirLand mengumumkan kolaborasi untuk mengajukan tawaran kepada Kementerian Pertahanan Inggris, rencananya pesawat digunakan untuk Pelatihan Operasional Pertahanan. Namun, Inggris pun pada akhirnya tidak tertarik untuk membeli pesawat tersebut.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Foto: wikipedia.org


Pada bulan Februari 2018, Scorpion harus tersingkir dari kompetisi pesawat Light Attack/Armed Reconnaissance dari USAF (Angkatan Udara Amerika). Pihak USAF sendiri lebih memilih pesawat Embraer A-29 Super Tucano buatan Brazil, dimana varian Super Tucano ini juga digunakan oleh Filipina dan Indonesia.

Kalau membahas Scorpion, TS jadi sedih gan sist. Karena pesawat ini sudah ditolak oleh banyak negara, bahkan oleh negara asalnya sendiri. Mungkin hanya para pejuang cinta berhati baja yang sudah pernah ditolak berkali-kali, yang bisa memahami sekaligus mengerti perasaan para insinyur Textron. Pesawat ini pada akhirnya hanya berakhir sebagai sebuah prototype (purwarupa) saja, tanpa pernah diproduksi secara massal.



Sekilas Tentang Scorpion

Pesawat ini sebenarnya punya harga jual yang cukup murah yakni US$ 20 juta saja dengan biaya US$ 3000 setiap jam terbangnya. Dibuat sebagai pesawat yang murah, Scorpion harus rela tidak dibekali sistem fly by wire untuk menekan biaya produksinya. Mungkin absennya sistem fly by wire ini yang membuatnya tidak laku dipasaran, selain itu untuk menghemat biaya produksi, perangkat lunak maupun keras banyak diambil dari pesawat sipil Cessna.

Pesawat ini memiliki bentuk sayap tetap yang dipasang dibelakang kokpitnya, secara umum rancangannya tidak jauh berbeda dengan pesawat tempur konvensional khas Amerika. Kemudian pada bagian samping dibuatkan dua buah intake berbentuk persegi panjang, badan pesawat sebagian besar dibuat dari komposit yang bisa membuatnya bertahan sampai 20 ribu jam terbang. Meski berkonfigurasi dua kursi, pesawat tetap mampu diterbangkan oleh satu orang kru saja.

Pada sektor mesin, pesawat dibekali dua buah mesin Honeywell TFE731 turbofan, masing-masing memiliki daya dorong 18 kN. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 830 km/jam dengan daya jelajah maksimal 4.100 km dengan menggunakan tangki bahan bakar eksternal.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Foto: Official Textron AirLand Marketing.
 

Pesawat memiliki panjang 13.87 m, tinggi 4.06 m, rentang sayap 14.58 m, serta luas area sayap 16.29 m2. Berat kosongnya mencapai 5.761 kg serta berat maksimal lepas landasnya mencapai 9.979 kg.

Untuk urusan persenjataan, pesawat dibekali 6 hardpoint (cantelan) yang bisa dipasangi berbagai roket, rudal dan bom. Cantelan ini juga bisa dipasangi tangki bahan bakar eksternal untuk menambah daya jelajahnya. Pada cantelan eksternalnya pesawat mampu membawa beban sampai 2.800 kg dan pada bagian internalnya mampu membawa beban sampai 1.400 kg.

Karena pesawat ini baru berupa prototype, masih belum diketahui jenis rudal serta roket apa saja yang bisa dibawa. Namun, disebutkan bahwa pesawat sudah kompatibel dengan berbagai persenjataan milik Paman Sam seperti rudal Griffin Raytheon, Enhanced Paveway 4, JDAM, SDB Boeing, serta Lockheed DAGR.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Ilustrasi: airrecognition.com


Pada bagian avioniknya pesawat dilengkapi Flight Management System (FMS), Hands on Throttle and Stick (HOTAS), Class-B Terrain Awareness and Warning System (TAWS), engine indication and crew alerting system (EICAS), dual Air Data, Attitude and Heading Reference Systems (ADAHRS), dual GPS/Satellite Based Augmentation Systems (SBAS) dan peta bergerak yang terintegrasi.

Kokpitnya sendiri sudah kompatibel dengan night-vision untuk melakukan misi di malam hari yang menawarkan instrumentasi untuk kontrol radar cuaca, tampilan video eksternal, dan perekaman data penerbangan digital. Untuk pesawat dengan harga jual murah, kokpitnya sendiri sudah cukup modern.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Kokpit Scorpion.

Foto: Issan Valunzuela/jetphotos.com


Pesawat ini rencananya akan menggantikan peran A-10 Thunderbolt II (Warthog) yang sudah menua, namun Paman Sam terlalu sayang dengan pesawat tersebut sehingga posisinya sulit digantikan. Scorpion bisa digunakan untuk menjalankan misi Close Air Support alias dukungan udara dekat seperti yang biasa dilakukan Warthog. Selain itu Scorpion juga bisa digunakan untuk misi pengintaian, serangan darat, Counter-Insurgency serta pelatihan.

Sebenarnya Scorpion sangat cocok digunakan oleh para negara dengan dana militer pas-pasan untuk menambah inventaris pesawat mereka. Namun, kebijakan politik Amerika terkadang menghalangi pesawat murah yang sebenarnya bisa mendatangkan keuntungan jika berhasil masuk jalur produksi.

Ada hukum tak tertulis di Amerika Serikat yang berbunyi seperti ini: "Jika produk alutsista buatan Amerika tidak dipakai oleh pihak militernya sendiri, sudah dipastikan produk alutsista tersebut tidak akan laku di pasaran."

Dan pada akhirnya Scorpion harus bernasib sama dengan F-20 Tigershark yang tidak pernah masuk jalur produksi, kebijakan politik serta persaingan yang tidak sehat antar produsen alutsista membuat pesawat dengan biaya murah harus berakhir sebagai prototype saja tanpa pernah diproduksi.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku

Foto: wikipedia.org


Textron Airland Scorpion

Negara Asal: Amerika Serikat
Perancang: Textron, Bell Helicopter dan Cessna
Pabrikan Pembuat: Textron AirLand
Kru: 2 orang
Panjang: 13.87 m
Tinggi: 4.06 m
Rentang Sayap: 14.58 m
Luas Area Sayap: 16,29 m2
Berat Kosong: 5.761 kg
Mesin: 2 x Honeywell TFE731 turbofan
Kecepatan Maks.: 830 km/jam
Persenjataan: Rudal Griffin Raytheon, Enhanced Paveway 4, JDAM, SDB Boeing, Lockheed DAGR
Avionik: Flight Management System (FMS), Hands on Throttle and Stick (HOTAS), Class-B Terrain Awareness and Warning System (TAWS), engine indication and crew alerting system (EICAS), dual Air Data, Attitude and Heading Reference Systems (ADAHRS), dual GPS/Satellite Based Augmentation Systems (SBAS)
Berat Lepas Landas Maks.: 9.979 kg
Daya Jelajah: 4.100 km (dengan tangki bahan bakar eksternal)
Harga: US$ 20 juta (2013)



Sekilas aksi Scorpion




Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: airrecognition.com, wikipedia.org, Textron AirLand, google image
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 50 lainnya memberi reputasi
51
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
10-01-2021 22:25
Padahal menurut pilot pengujinya pesawat ini cukup baik dalam manuver serta kecepatannya, sayangnya tidak laku.


Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku



Bonus



Best komen emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Original Posted By supremacist
Kebetulan di hitech gan. Ane cukup familiar dengan cara berbisnis hitech terutama yang B2G dan B2B.

Kesalahan utama Textron adalah dia salah strategy Go to market. Ini kesalahan FATAL.

Target market Textron adalah government. Bukan swasta.

Di government manapun, pejabatnya itu paling takut kalau dia sampe salah buat keputusan pembelian, karena risikonya karir politik sampai penjara.

Government itu harus tanggungjawab terhadap budget yang dikeluarin. Elo gak masalah ngembat komisi jutaan dolar, asal BARANGNYA LAIK JALAN. Kalo pejabat udah ngembat komisi, terus barangnya jelek, udah pasti dia dihajar lawan-lawan politiknya. Kalau pejabat ngembat komisi terus barangnya terbukti dan bagus, dia bakal lebih aman.

Jadi bagi pejabat pemerintahan itu, BARANG HARUS TERBUKTI BAGUS DULU alias laik jalan. Sehingga cuan dari komisi lebih aman.

Memastikan barang laik jalan adalah dengan melihat negara lain sudah memakai dengan lancar. Sudah terbukti di pertempuran dsb. Di-endorse menteri pertahanan, tapi dia sendiri gak beli, nggak cukup kuat sebagai bukti laik jalan.

Orang pemerintah gak akan pernah AMBIL RESIKO beli barang yg inovatif/baru pertama kali keluar.

Mereka nggak akan pernah mau jadi early adopter.

Mereka gak masalah dgn harga. RISIKO yg jadi pertimbangan mereka. Malah semakin mahal makin bagus, komisi mreka makin gede. (klo di Indo bagi2 ama engkoh).

jadi satu2nya cara jualan barang B2G adalah kongkalingkong dgn government negeri sendiri dulu untuk Order, Pakai dan Promosikan ke negeri sahabat. Kalau perlu BAYAR semua pejabatnya untuk bisa support proyek ini. Lobi-lobi dilakukan di depan.

Nah masalahnya, ini nggak gampang, perlu sosok yg super kuat utk bisa jadi supporter di dalem, kalau perlu di level presiden. Nah ini yang sepertinya tidak dilakukan Textron dengan baik.

Dia jualan pesawat militer seperti jualan ke swasta, ala B2B.

Kata kuncinya, ini memang BUKAN pesawat militer PESANAN PEMERINTAH.

Jadi Textron bikin dulu. modal sendiri.

Ajegile, lo pikir bikin Startup Aplikasi ? bikin sendiri dulu pake dana pribadi, cari pasar belakangan ?

Di pasar B2G, biasanya produk yang dibuat sudah didukung dengan sponsorship kuat dari pemerintah dulu, dengan budget yang sudah disepakati dan lobi-lobi tingkat tinggi, baru GO.


Elo jualan pesawat jet pribadi ke swasta mah gampang, cari OKB yg suka barang exotic spt pesawat jet. Kayak Raffi ahmad dan Atta halilintar pasti mau beli. Semua keputusan di mereka. Duit duit mereka. Mereka gak masalah jadi early adopter. Malah seneng bisa pansos.

Jual pesawat militer ke government?

Completely beda bos.

Di B2G untuk bisa sukses menjual, kuncinya : Barang MEMANG TERBUKTI LAIK JALAN dan komisi yang PALING GEDE sehingga bisa dibagi rata ke semua. Ini berlaku untuk semua pemerintahan. Apalagi pemerintahan negara berkembang.

Harga barang ???? nggak relevan.


Quote:Original Posted By nowbitool
Jadi perusahaan yg profit ngejual dia lagi, dia lagi (lockedhead Martin)

Masalahnya yg jual dr negara Amrik mungkin... Takut ribet urusan sparepart klo udah make emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By jagotorpedo
kelas tanggung...emoticon-Big Grin
lebih ringan dari A-10..
tapi di atasnya Super Tucano..

kalo lawan sekelas insurjen, butuh yg biaya rendah, loitering time lama.. ya pilihan ke pesawat propeller (Super Tucano, Iomax Archangel, dll)

butuh jet buat CAS kebanyakan pilih yg berbasis jet latih macem Yak-130, Hawk, dll
...cmiiw..


Quote:Original Posted By TuanLi
senjata terbang entry level ya gan, sayang kepentingan politik telah mencegahnya terbang bebas. secara spek kiranya cukup sebagai alat patroli dan termpur pendukung. ternyata cessna mampu support pesawat terbang tempur juga yah.


Quote:Original Posted By drtomi94
walo murah tetep gak sesuai harga sama spek yg ditawarin ya sama aja gak worth


Quote:Original Posted By proto1
Dengan pepatah seperti diatas, negara² pembeli lebih mencari pesawat² yg battle proven. Super Tucano yg lebih sering digunakan, bahkan ada PMC jg yg pake malah lebih banyak yg tertarik. Padahal bukan pesawat jet.


Quote:Original Posted By Sinkhole
Coba 1$ = 1Rp. Dah ane borong itu scorpion emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By greengeckoijo1
Pesawar tempur gak pake drive by wire, serasa balik ke jaman 70-an emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By gonugraha76
Lebih banyak unsur politik dan persaingan usaha tidak sehat sih daripada kekurangan spek. Sebagai pespur ringan dan latih jg sudah cukup speknya.


Quote:Original Posted By Kuerangi
Sayapnya kaku kaya pesawat penumpang cessna.


Quote:Original Posted By chateauz
padahal lumayan loh
walau agak nanggung


Quote:Original Posted By 64m64n9s
biasalah permainan politik di pemerintahan USA kali.

mereka kan buatnya pakai dana sendiri. selain itu persaingan bisnis dari raksasa teknologi pesawat terbang tempur terkemuka langganan pemerintah USA juga.

harap maklum.

tak ubahnya N250 Gatot Kaca yang sekitar tahun 1997 diperkenalkan ke publik dengan teknologi fly by wire yang diimplementasikan pertama kali di dunia oleh pesawat tersebut.

karena kekhawatiran pemain besar dunia yang duluan eksis akan tersainginya pangsa pasar mereka, akhirnya N250 digagalkan go public oleh pemerintah USA dengan skema krisis moneter melalui IMF.

emoticon-Rate 5 Star


Quote:Original Posted By masboeing
Ini tupoksinya COIN ya bro? Kayaknya masih susah nggeser posisi si Babi Hutan.

Nice bro. Btw, bentuknya gado², ya? Antara Warthog (sayapnya), F22 (tail fin) dan Aermacchi MB339 (front fuselage-nya). Hehe, ane kesannya gitu.


Quote:Original Posted By iqwandarmawan86
Angan2 gua kalau punya duit mau eksperimen bikin mesin jet sendiri...

Tapi apa daya.. Dana cekak dan komponen harus impor. Wkwkwkwitu juga masa pakainya hanya puluhan jam


Quote:Original Posted By amispelem
rotary canonnya mana? a-10 punya rotary canon buat lawan tank sama tembakin gedung. kalo cuman bawa misil sama bom sih sulit bersaing. dikata mau dive bombing kek stuka lagi wkwkwk


Quote:Original Posted By doobey
sia sia yg udah ngembanginnya.. lagian jaman sekarang rata rata semua negara tuh butuh pesawat jet yg punya paket lengkap, gak masalah mau harganya mahal atau murah.. selama dikira cocok dengan kebutuhan dan anggaran pasti bakal dibeli.. kesalahan dlm memprioritaskan pengembangan jet ini adalah dari segi harga yg bikin negara yg tertarik jadi ragu..


Quote:Original Posted By dilute_31
Sia2 daah tu duit buat bikin pesawat dan marketing nya emoticon-Matabelo

Mendjng bwt biayain jamur dah (janda di bawah umur) emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By don7ing
kalah status ma super tucanno, gak cocok juga disebut pengganti bronco apalagi si babi hutan, paling yg minat beli sekedar agar RASA hornet, wajarlah dianggap segaje hiu macan.

andai jadi pejabat AU skalian aja bedakan status secara super tucano + gripen, latih basic - advanced/COIN bisa, episien/worth, smart-sergap pun ready.

klo dikelas flagship masih mending gagalnya YF-23 "hanya karena bagi2 jatah".


Quote:Original Posted By jintuang
Gila susah amat ya.
Kalau pure gak laku sih oklah masih bisa dibilang spek mungkin kurang diminati. Lah klo sudah masuk rana politik atau kolusi (LM sekarang yang kuasai di amrik untuk ranah pesawat tempur) bisa ngeri. Dana sendiri untuk project kayak ditelan angin bulat bulat. Ganas men amrik klo sudah embargo yang kena gak cuma negara yang diembargo ternyata
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
10-01-2021 22:26
Tandain dulu aah, msh di jalan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
10-01-2021 22:51
Jadi perusahaan yg profit ngejual dia lagi, dia lagi (lockedhead Martin)

Masalahnya yg jual dr negara Amrik mungkin... Takut ribet urusan sparepart klo udah make emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
10-01-2021 22:53
kelas tanggung...emoticon-Big Grin
lebih ringan dari A-10..
tapi di atasnya Super Tucano..

kalo lawan sekelas insurjen, butuh yg biaya rendah, loitering time lama.. ya pilihan ke pesawat propeller (Super Tucano, Iomax Archangel, dll)

butuh jet buat CAS kebanyakan pilih yg berbasis jet latih macem Yak-130, Hawk, dll
...cmiiw..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
10-01-2021 23:14
hmm penasaran sih kenapa ditolak yaaa itu yg mau beli?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
10-01-2021 23:20
Nigeria mau beli malah ditolak..UEA bakal jadi pembeli kedua setelah nigeria,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
11-01-2021 05:54
Bodynya kurang sporty si, coba kaya f22 gitu pasti yg ngecengin banya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
11-01-2021 06:32
Apa karena Airland hanya perusahaan yang biasa membuat pesawat komersial, jadi banyak yang kurang percaya akan produk Scorpion ini.. bahkan di negaranya sendiri. Padahal niatnya baik lho.. bisa menjangkau negara dengan anggaran militernya cekak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
11-01-2021 11:03
Biasanya pesawat berbiaya murah harus mengurangi sistem senjata maupun avioniknya, hal ini tentu membuatnya terkesan menjadi pesawat yang ketinggalan zaman



Menurut pemahaman ane, scorpion ini berbentuk pesawat tempur dengan jeroan hampir sama dengan pesawat biasa... Begitu kah kira-kira?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
11-01-2021 15:09
Negaranya sendiri aja gak pake
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
11-01-2021 16:44
senjata terbang entry level ya gan, sayang kepentingan politik telah mencegahnya terbang bebas. secara spek kiranya cukup sebagai alat patroli dan termpur pendukung. ternyata cessna mampu support pesawat terbang tempur juga yah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zouck90 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
12-01-2021 06:37
Quote:Original Posted By nowbitool
Jadi perusahaan yg profit ngejual dia lagi, dia lagi (lockedhead Martin)

Masalahnya yg jual dr negara Amrik mungkin... Takut ribet urusan sparepart klo udah make emoticon-Hammer2


selama ini yang monopoli penjualan LM, Boeing pun perlahan mulai tersingkir di segmen jet tempur gan. F-16 sampainF-35 semua yang jualan LM emoticon-Big Grin. cmiiw kalau di kasus ini bukan masalah spare part gan, lebih ke kurangnya kepercayaan pembeli kepada seller emoticon-Big Grin

kalau AS saja tidak memakainya, bagaimana para pembeli akan tertarik untuk membeli produk tersebut ? pr besar produsen alusista AS adalah membuat negara di luar AS membeli produk mereka, meski produk tersebut belum pernah dipakai di Amerika.

hal itu cukup sulit jika mereka ingin memasarkan pesawat yang belum dipakai sebelumnya oleh Amerika di pasar Asia atau Eropa, kalau di pasar Afrika mungkin masih bisa. cmiiw gan



Quote:Original Posted By jagotorpedo
kelas tanggung...emoticon-Big Grin
lebih ringan dari A-10..
tapi di atasnya Super Tucano..

kalo lawan sekelas insurjen, butuh yg biaya rendah, loitering time lama.. ya pilihan ke pesawat propeller (Super Tucano, Iomax Archangel, dll)

butuh jet buat CAS kebanyakan pilih yg berbasis jet latih macem Yak-130, Hawk, dll
...cmiiw..


pesawat dengan propeller masih lebih disukai untuk misi COIN gan, yang paling diminati di kelas ini Tucano.

kalau pesawat CAS saat ini kebanyakan dipakai negara yang punya kepentingan saja, negara dengan dana cekak lebih suka pesawat seperti super tucano. cmiiw


Quote:Original Posted By ziont
hmm penasaran sih kenapa ditolak yaaa itu yg mau beli?


karena speknya nanggung gan, belum afa fly by wire. cmiiw



Quote:Original Posted By gambit410
Nigeria mau beli malah ditolak..UEA bakal jadi pembeli kedua setelah nigeria,


kalau belinya ke AS pasti begitu gan, nunggu keputusan dewan/pejabat terkait dulu baru boleh dijual. kalau para pejabat AS gak suka dengan suatu negara, pasti penjualan alutsista akan dibatalkan


Quote:Original Posted By vanlieur
Bodynya kurang sporty si, coba kaya f22 gitu pasti yg ngecengin banya


kalau untuk sekelas COIN menurut ane gak perlu terlalu sporty gan, yang penting daya tahan lama dan biaya murah. cmiiw



Quote:Original Posted By jlamp
Apa karena Airland hanya perusahaan yang biasa membuat pesawat komersial, jadi banyak yang kurang percaya akan produk Scorpion ini.. bahkan di negaranya sendiri. Padahal niatnya baik lho.. bisa menjangkau negara dengan anggaran militernya cekak.


Quote:Original Posted By pannotia.server
Biasanya pesawat berbiaya murah harus mengurangi sistem senjata maupun avioniknya, hal ini tentu membuatnya terkesan menjadi pesawat yang ketinggalan zaman



Menurut pemahaman ane, scorpion ini berbentuk pesawat tempur dengan jeroan hampir sama dengan pesawat biasa... Begitu kah kira-kira?


betul gan, desainnya memang dibuat lebih modern, tapi misinya khusus untuk CAS, COIN serta dukungan serangan darat. cmiiw



Quote:Original Posted By GadingPutih
Negaranya sendiri aja gak pake


kalau kata kaskuser pesawat ini nanggung gan, masih mending super tucano dari Brazil kalau buat misi COIN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
12-01-2021 19:51
Murah salah mahal juga salah ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
15-01-2021 03:34
walo murah tetep gak sesuai harga sama spek yg ditawarin ya sama aja gak worth
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
17-01-2021 12:41
Ini pesawat yg dulu digadang2 buat jadi CAS penerus antara Warthog sama Bronco kan..

Jadi inget dulu awal2 project sering banget ngiklan di majalah Angkasa. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
19-01-2021 07:31
Buat TS udah izin belum beri watermark ke yg punya foto?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
24-01-2021 08:02
Kasian yak gak laku, padahal itungannya bagus loh ini pesawat, mungkin gak sesuai kebutuhan kali yak eheheheh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
24-01-2021 08:12
walah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
24-01-2021 08:14
perjalanan yang begitu amat panjang ya gan, sudah coba ditawarkan ke berbagai negara, tapi tetep aja tidak ada yang kepincut untuk membeli, projects sosial pada akhirnya ya emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Textron AirLand Scorpion - Meski Dijual Murah, Pesawat Ini Tetap Tidak Laku
24-01-2021 08:18
Bagus gan bentukan nya. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia