Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
153
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffa376cf0bdb2292e66e4b4/kuliner-rakyat-rasa-kolongmerat
Ternyata rumput atau gulma yang dianggap sebagai tanaman pengganggu pun bisa dijadikan sebagai hidangan yang enak dan sudah masuk ke menu restoran mewah juga, loh!
Lapor Hansip
10-01-2021 06:08

Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Rumput Enak dan Bergizi, Dikonsumsi

Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
dokpri


Siapa sangka tanaman sejenis rumput yang menjadi gulma tanaman padi di persawahan menjadi makanan yang enak dan bergizi. Ternyata rumput atau gulma yang dianggap sebagai tanaman pengganggu pun bisa dijadikan sebagai hidangan yang enak dan sudah masuk ke menu restoran mewah juga lo.

Ingin tahu tanaman apa se ?
Yuk, simak bareng ya 😍


Rumput atau gulma yang biasa hidup bersanding dengan tanaman padi ini ternyata mempunyai banyak gizi. Nama dari gulma ini adalah genjer atau nama lainnya kelayan atau ada juga yang menyebutnya eceng dan mempunyai nama latin (Limnocharis flava). Genjer yang nikmat untuk dikonsumsi adalah yang hidup saat masa panen padi.

Mempunyai manfaat kesehatan salah satunya adalah menperlancar saluran pencernaan bagi yang sedang menderita diare sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi genjer karena akan semakin memperparah keadaan. Manfaat lainnya yaitu bisa sebagai pembersih pada air yang terdampak limbah atau pencemaran air. Tanaman yang masih saudaranya enceng gondok nikmat banget lo kalau dimasak tumis.

Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
dokpri.diantara tanaman padi tempat hidupnya genjer

Penasaran cara masaknya, yuk lansung saja....



Bahan :
1. Genjer 2 ikat
2. Minyak goreng secukupnya


Bumbu :
1. Bawang putih 4 siung
2. Bawang merah 4 siung
3. Garam 1 sendok teh
4. Gula merah/jawa secukupnya
5. Daun salam 2 lembar
6. Tomat 1 buah
7. Lengkuas 1 jari
8. Daun jeruk (optional) 2 lembar
9. Ikan teri secukupnya (pengganti msg)


Cara membuat :
1. Siangi genjer (potong akarnya dan pisahkan dengan tanaman yang bukan genjer) kemudian cuci sampai bersih bersih setelah itu masak air sampai mendidih dan tuang ke genjernya. Sebentar saja jangan terlalu lama karena kalau kelamaan nanti jadi berubah kecoklatan genjernya. Tiriskan. Sisihkan.

Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
dokpri.genjer yang sudah dituangi air panas


2. Iris bawang merah dan bawang putih, tomat. Panaskan minyak goreng setelah panas tumis bawang putih dan bawang merah agak layu masukan ikan teri dan tomat. Masak bumbu hingga harum dan kecoklatan.

Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
dokpri


3. Setelah itu masukan gula merah tunggu hancur.


4. Kemudian masukan genjernya tumis sampai rata bumbunya. Setelah rata dan matang angkat. Selamat menikmati.

Ini dia penampakan tumis genjer yang sudah matang

Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
dokpri


Semoga coretan ini bermanfaat bisa menambah referensi kuliner keluarga Indonesia.

selamat mencoba


sumber gambar dokpri
Sumber coretan murni opri



Magelang, Januari 2021
@ummuza

🌹belajarbersamabisadanterimakasih🌹
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
10-01-2021 06:09
Semoga bermanfaat. Tumis genjer
0 0
0
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
10-01-2021 06:09
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...b24d6c0226d45e

Menu lain yang tanaman liar tapi juga enak dikonsumsi
Diubah oleh ummuza
0 0
0
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
10-01-2021 07:01
Dulu gw kira eceng gondok,
Beda ternyata..
emoticon-Shakehand2
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
10-01-2021 08:18
Genjer2 adalah lagu PKI
TS telah melakukan aktivitas yg berbau Genj@r2 eh genjer2 namanya sama mungkin itu satu paket ide dulu ya emoticon-Big Grin
Intinya TS berhaluan kiri, padahal banyak bahan makanan di sawah yg bisa dikonsumsi kenapa milih genjer
Diubah oleh missv4pendeta
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
10-01-2021 12:55
Enak tapi gawat buat asam urat
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
10-01-2021 14:05
Famili kangkung
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
10-01-2021 17:43
Ditumis kasih tauco sedap
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
10-01-2021 20:56
Mkan syur genjer enakny klu nasiny agak lembek gan, trus laukny sma ikan asin sma kerupuk makany dipinggir sawah.....wuaduh.....nikmatny gan....g da tandinganny deh....wkwkwkwk🤣🤣🤣
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
11-01-2021 16:37
ya sebenernya kan ya kuliner konglomerat dr jaman dulu jg sebenernya banyak yg dari rakyat kaya gitu hehe
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
12-01-2021 04:17
Nggak ada campurannya, kasih tempe gitu?
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
12-01-2021 14:11
Suka dengan urap ini
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
12-01-2021 16:23
Wahhh enak banget nih tumis genjer, dah lama ane ga makan ini. Udah susah juga sih sekarang nyarinya huhuhu jadi pengen
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
12-01-2021 18:46
Seumur umur belum pernah makan sayur genjerr emoticon-Cape d...
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
12-01-2021 21:07
Enak banget nih sayur genjer, sering banget dibawain nenek dari sawah kalo lagi panen padi
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
12-01-2021 21:08
ane cuma pernah dengar nama tanaman ini, tapi belom pernah lihat apalagi makan emoticon-Ngakak
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 29 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 29 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
13-01-2021 12:24
nikmat yang merakyat
profile-picture
profile-picture
anns123 dan ummuza memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
14-01-2021 05:00
Genjer enak banget sih, apalagi ditumis gini...
Suka sama tekstur daunnya,, kek kriuk kriuk(?) Gitu
0 0
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
14-01-2021 09:21
Belom tau tanaman genjer tuh yg kek gimana .. kebetulan daerah ane ada persawahan luas keknya bakalan ada genjer sih ya. Cuma ane jg baru denger tumis genjer, klo cara masaknya sih gak jauh beda sama tumis pada umumnya yak
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
14-01-2021 17:07
ini ditumis?
ini dioseng-oseng aja nggak bisa ya?
ini dibuat sayur kayak sayur bobor gitu nggak bisa ya?
profile-picture
profile-picture
b4perman dan ummuza memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kuliner Rakyat, Rasa Kolongmerat
14-01-2021 19:58
Ane udah pernah makan genjer dibikin tumis,rasanya memang ngangenin sih dan kalau masaknya tidak terlalu layu tambah enak masih krenyes krenyes kalau dikunyah..makin nikmat deh.cobain aja gan..
profile-picture
profile-picture
b4perman dan ummuza memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia