News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff685d0a2d195626d7fd51c/teknologi-cgi-yang-bikin-kaum-awam-takjub--mengenal-reinkarnasi-versi-digital
Karakter di CGI Objek visual di dalam komputer. Bagaimana bisa sejauh ini ini sampai sulit dibedakan mana yang asli dan mana CGI. Simak ulasannya EFEK VISUAL OLEH INDUSTRIAL LIGHT AND MAGIC akronim ILG. Sebuah perusahaan yang didirikan oleh George Lucas berbagai film yang pernah tayang seperti Avengers Transformers Harry Potter dan Prince of the Caribbean Caribbean. Mari kita sebutkan satu persatu
Lapor Hansip
07-01-2021 10:53

Teknologi CGI yang Bikin Kaum Awam Takjub : Mengenal Reinkarnasi Versi Digital

icon-verified-thread
Teknologi CGI yang Bikin Kaum Awam Takjub : Mengenal Reinkarnasi Versi DigitalKarakter di CGI
Objek visual di dalam komputer. Bagaimana bisa sejauh ini ini sampai sulit dibedakan mana yang asli dan mana CGI. Simak ulasannya


EFEK VISUAL OLEH INDUSTRIAL LIGHT AND MAGIC akronim ILG. Sebuah perusahaan yang didirikan oleh George Lucas berbagai film yang pernah tayang seperti Avengers Transformers Harry Potter dan Prince of the Caribbean Caribbean.

Mari kita sebutkan satu persatu filmnya. Young Sherlock Holmes 1985. Di tahun ini belum ada software yang memanfaatkan teknologi digital hanya film ini yang di garap oleh ILM.

"
Triknya yakni dengan memproyeksikan gambar di layar komputer dan mencocokkannya di pergerakan kameranya dengan tangan, "ucap salah satu perwakilannya."

Quote:https://youtu.be/Dw476K58Rqk

Kerja keras dari semua kru yang terlibat hingga akhirnya sukses dan mengantarkannya masuk nominasi Oscar.

Tidak hanya itu saja, lalu dikembangkan pula ke arah karakter efek visual modern yang lebih sulit.
Contohnya seperti karakter penjahat yang bisa mencair. Ada juga dalam film Terminator 2 dan Day tahun 1991, Dinosaurus (Jurassic Park 1993).

Fenomena yaitu karya dengan judul The mummy di tahun 1999 menggunakan masterpiece CGI hingga sempurna.
Ini dasar yang digunakan sebagai tipsnya :

1. Gambar di atas kertas seperti aprikort yang diharapkan produser dan sutradara versi 3D fisik.

2.Software 3D di komputer
a.AUTODESK 3DS MAX
b. MAYA , teknik memahat patung secara tiga dimensi atau 3D berbagai sudut secara detail hingga seperti yang diinginkan (scouting) dan dikonsep.

3.Rigging yaitu menempatkan pengendali gerak pada karakter seperti siku, lutut, serta dari bagian tangan hingga otot wajah menurut bagian-bagiannya. Tanpa tahap ini seorang animator tidak dapat menggerakkannya secara maksimal.

4.Animasi, tambahan pergerakan otot agar lebih realistis seperti film The mummy. di sana kita bisa melihat perubahan dari tubuh yang hancur ke bentuk kulit mummy secara akurat.

Contoh lainnya ada Avatar yang hari ini digunakan ada semua anatomi film manual. Pada jenis ini ini menggunakan kontrol rigging yang sudah disiapkan tali agar tidak kaku seperti gerakan manusia, yang kadang harus diulang ratusan ribu kali hingga tampak realistis. Pakaian yang menangkap motion capture yaitu gerakan menangkap bola-bola kecil di sensor gerak bola yang menjadi patokan titik-titik yang bisa diwujudkan ke karakternya.

Untuk jari dan wajah menggunakan manual. Namun, pada saat ini umumnya menggunakan cara otomatis dengan alat untuk menangkap gerakan ekspresi mulut dan wajah. Menurutnya, bagian rambut sesuatu yang dipandang sangat sulit. Tantangannya dengan membuat software dan aplikasi hairstyle untuk menggerakkannya.

5.Rendering, sekilas tampak realistis terlihat menyatu dengan lingkungannya. Caranya dengan menambahkan tekstur nyata pada permukaan kulit dan memastikan setiap sisi terlihat realistis ketika cahaya matahari mengenainya dari berbagai sudut. Uniknya, trik ini mampu mengembalikan wajah peran aktor yang sudahmeninggal seperti aktor film Fast and Furious Paul Walker yang meninggal di beberapa scene yang belum selesai hingga bisa digantikan oleh CGI.

Gambarannya, untuk memproduksi teknik ini hanya bisa dilakukan oleh perusahaan yang memiliki ratusan orang pegawai di perusahaan dengan masing-masing ahli. Penerapan model untuk satu karakter saja.

Ada hal baik, bagi kita yang ingin mempelajarinya harus pada satu bidang keahlian saja. Tidaklah harus menguasai semuanya. Mereka akan mencari ahli sesuai bidangnya.

Salaam
Samy, pasuruan.
2021





Diubah oleh samyphantom
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Teknologi CGI yang Bikin Kaum Awam Takjub : Mengenal Reinkarnasi Versi Digital
07-01-2021 17:40
Kayak google translate, atau TS yg bahasa indonesianya agak kaku??
profile-picture
protradersignal memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia