Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
21
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fe2f0ca68cc9544de1a359f/cara-mengukur-tinggi-badan-dengan-frame-sepeda
Pada saat gan sis, beli sepeda di toko sepeda yang cukup besar, akan selalu ada pertanyaan paling mendasar yaitu berapa ukuran rangka (frame size) sepeda ideal untuk tubuhnya. Ukuran sepeda memang sangat penting, sebab bila ukurannya tidak tepat bisa berakibat sakit di beberapa bagian tubuh pesepeda. Ibaratnya Anda memakai sepatu yang ukurannya tidak tepat.
Lapor Hansip
23-12-2020 14:24

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda

Past Hot Thread
Halo gannn sis!

Ane balik lagi nih, sekarang udah bulan desember aja sebentar lagi udah Tahun Baru 2021, apakah masih sepedaan gan sis? Pastinya masih dong yaaa...nah thread-thread ane kemarin membahas tentang jenis sepeda, cara membersihkan sepeda dan lain-lain, tapi kayaknya ada yang kurang nih, yaitu gimana sih cara mengukur tinggi badan dengan frame sepeda? gunanya buat apa sih? nah itu akan ane bahas di thread ini.

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda

Pada saat gan sis, beli sepeda di toko sepeda yang cukup besar, akan selalu ada pertanyaan paling mendasar yaitu  berapa ukuran rangka (frame size) sepeda ideal untuk tubuhnya.

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda


Ukuran sepeda memang sangat penting, sebab bila ukurannya tidak tepat bisa berakibat sakit di beberapa bagian tubuh pesepeda. Ibaratnya Anda memakai sepatu yang ukurannya tidak tepat. Akibatnya tak hanya tidak nyaman tapi juga bisa menimbulkan pegal di kaki, bahkan pusing di kepala. Itulah sebabnya misal baru pertama kali punya sepeda (apalagi belinya sepeda seken),  ternyata ukuran frame dengan ukuran badan gak pas. Jadinya selese naik sepeda badan pegal, pinggang sakit, dan besok-besok jadi males sepedaan lagi.

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda


Ada beberapa cara untuk mendapatkan ukuran ideal. Salah satunya dengan menghitung tinggi badan, berat badan, panjang kaki hingga panjang lengan.

Cara yang cukup akurat adalah mengukur tinggi badan dan panjang kaki dalam (inseam) alias jarak pangkal paha ke tanah.

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda


Cara mengukurnya paling mudah adalah: Berdiri tegak punggung menempel di tembok, sedang kaki dilebarkan sekitar 30 cm layaknya orang bersepeda. Setelah ketemu angkanya, masukkan dalam aplikasi yang sudah disiapkan oleh ebicycles.

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda


Cara fitting yang lain adalah dengan mengukur center to center (C-C) dan center to top (C-T). Metode C-C adalah tinggi rangka sepeda diukur dari tengah-tengah bottom bracket (BB) ke pertemuan antara tiga batangan rangka sepeda (seat tube, top tube, dan seat stay).

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda


Sedang metode C-T adalah tinggi rangka diukur dari tengah-tengah BB ke bagian teratas alias seat tube (batang yang menopang sadel).

Selain cara di atas, pengukuran paling gampang adalah mengikuti, panduan frame sepeda. Setiap frame memiliki matriks ukuran yang berbeda meskipun tidak ekstrem bedanya. Sekadar contoh, untuk sepeda merk Polygon, ukuran yang digunakan adalah berbasis C-T. Untuk memudahkan pesepeda, ukuran sudah dikonversikan menjadi: S, M, L dan XL.

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda


S (16''), panjang C-T 406 mm, tinggi pengendara: 155 - 175 cm
M (18''), panjang C-T 457 mm, tinggi pengendara: 165 - 185 cm
L (20''), panjang C-T 508 mm, tinggi pengendara: 175 - 195 cm
XL (22''), panjang C-T 559 mm, tinggi pengendara: di atas 185 cm

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda

Nah, sekarang silakan pilih ukuran sepeda yang ideal dengan tubuh agan, jangan sampai salah ukuran ya...Selamat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Semoga di Tahun depan virus corona segera hilang dan kita semua diberikan kesehatan! Stay Safe dan Salam Genjots!

Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Diubah oleh leoangelo00
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 09:04
Mantap, ane biasa selalu pake size S gan emoticon-Cool
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 09:19
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang cara mengukur tinggi badan dengan frame sepeda.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
leoangelo00 memberi reputasi
1 0
1
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 10:15
Nice info gan
profile-picture
leoangelo00 memberi reputasi
1 0
1
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 10:34
baru tahu, kemarin beli sepeda main beli aja emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 12:44
Stay safe too.. semoga tahun depan baik baik saja.. corona segeralah menghilang darii muka bumi ini.. get well soon earth 💚💚
profile-picture
leoangelo00 memberi reputasi
1 0
1
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 13:07
Wah baru tauu nih anee cara kaya ginii, jadi bisa ngitung tinggi badan pakai sepeda di rumah deh ane wkwk
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 13:08
Wah selain bisa dipakai olahraga, kita juga bisa pakai sepeda buat ngukur tinggi badan nih kerenn bangett sehat sehat berhadiah ini mahh wkwk
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 13:09
Makasihh gan siss infonya, menarik dan menambah ilmu baru banget nih buat anee mantep daahh
profile-picture
leoangelo00 memberi reputasi
1 0
1
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 13:50
berarti bokap ane beliin sepeda buat ade ane ketinggian dong, baru tau ada ilmunya begini. nice thread!
profile-picture
seperduaratus memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 15:53
jadi kaya beda2 gitu ya gan tergantung tinggi badang orangnya kaya gitu ya hmm
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 16:14
Wah mantep nih threadnya buat roadbike berguna banget tapi kalo belinya yang merk bagus kaua specialized malah bisa ngukur di tempat sekalian test ride
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 17:20
Lah baru tau, mana sepedanya udh dijual lgi emoticon-Hammer2
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
26-12-2020 18:01
_Bermanfaat banget infonya gan...
Thanks...
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
27-12-2020 10:07
Ternyata bisa juga ya ngukur tinggi badan pake seoeda
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
27-12-2020 10:41
Dulu sethu ane cuman asal ya kalo mau pake spda tapi ternyta semua ini ada aturan dan cara mengukurnya trimkaih ya nice inpoh ini kalo mneut ane
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
27-12-2020 22:44
wah thanks infonya gan. sekarang sih di rumah cuma ada sepeda punya bapak jd kegedean kayaknya..
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
30-12-2020 12:17
Ane antara xs sama s, pendek si soalnya ane
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
31-12-2020 02:23
wah baru tau nih ane.. pas banget temen lagi nyari2 sepeda
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
20-01-2021 14:22
niceee, makasih informasinya gan...
0 0
0
Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Frame Sepeda
23-01-2021 15:19
ternyata ada ya caranya, ane malah baru tahu gan kirain harus diukur beneran gitu atau bebas aja
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Kaskus Hot Wheels Lovers (KHWL)
coc-tips--trick-modifikasi-hot-wheels
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia