others
Batal
link has been copied
132
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fcc4e54a2d195571870ae1b/coc-reg-manado-bukit-kasih-kanonang-cerminan-kota-tinutuan-dan-masyarakat-manado
Keharmonisan dari rumpun-rumpun agama, suku dan ras yang ada di wilayah Sulawesi Utara dan dijuluki kota Tinutuan sebagai bukti dari kebenaran semboyan tersebut. Tinutuan adalah penggambaran dari kepribadian masyarakat Manado yang merupakan kata lain dari Bubur Manado.
Lapor Hansip
06-12-2020 10:21

[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
Wilayah Sulawesi Utara


"Torang samua basaudara karena samua ciptaan Tuhan" bukan hanya sekadar semboyan para kawanua Manado.


Tinutuan

Keharmonisan dari rumpun-rumpun agama, suku dan ras yang ada di wilayah Sulawesi Utara dan dijuluki kota Tinutuan sebagai bukti dari kebenaran semboyan tersebut.

Tinutuan adalah penggambaran dari kepribadian masyarakat Manado yang merupakan kata lain dari Bubur Manado.

Bubur Manado ialah salah satu kuliner khas Manado di antara begitu banyaknya kuliner Manado. Perpaduan beraneka bahan yang digunakan dalam bubur Manado jika ditilik memiliki makna besar dan luas.

Jenis kuliner yang terbentuk pada awalnya karena keadaan mendesak akibat kekurangan bahan pangan pada saat itu; terdiri dari pencampuran berbagai jenis sayuran yaitu sambiki (labu kuning), sayur gedi, kangkung, bayam, singkong rebus, bubur, dan mi tanpa ada unsur daging-dagingan.

[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
Bubur Manado/Tinutuan


Tinutuan biasa disajikan bersama perkedel nike yang terdiri dari (ikan nike, campuran tepung, bumbu-bumbu dapur dan telur), perkedel jagung, ikan asin, ikan cakalang fufu ( ikan tuna asap) serta biasa juga disajikan bersama brenebon atau sup kacang merah campur tetelan sapi.

Ketenaran dan keberagaman isi dari bubur Manado inilah sebagai penggambaran dari berbagai agama juga suku yang hidup di Sulut, menjadikan "Tinutuan" sebagai motto kota Manado dan berjuluk Kota Tinutuan sejak masa kepemimpinan wali kota Manado Jimmy Rimba Rogi dan wakilnya Abdi Wijaya Buchari pada periode 2005-2010 menggantikan motto "berhikmat" sebelumnya.

Manado di kenal sebagai kota yang masyarakatnya paling toleran terhadap keberagaman di Sulawesi Utara.

Hal itu terbukti dengan adanya kepedulian dan cinta kasih terhadap agama, suku berbeda berasal dari hampir seluruh suku di Indonesia yang mendiami wilayah-wilayah di Sulawesi Utara.


Bukit Kasih Kanonang


[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
Bukit Kasih Kanonang


Bukit Kasih Kanonang merupakan simbol dari sikap toleransi dan keramahtamahan masyarakat Manado dan Minahasa serta warga Sulawesi Utara pada umumnya.

Serta menjadi salah satu destinasi wisata di Manado selain Bunaken Sea Park, danau Linow, Tugu Zero Point dan obyek wisata terindah lainnya.

Bukit Kasih Kanonang terletak di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Untuk menuju lokasi wisata ini harus menempuh perjalanan sepanjang 55 km dari kota Manado dan dari Tomohon membutuhkan waktu 30 menit.

Bukit yang digagas oleh mantan Gubernur Sulawesi Utara, Adolf J. Sondakh dibuka untuk umum sejak tahun 2002.

Bukit ini simbol kerukunan beragama serta perdamaian. Terlihat dari adanya lima rumah peribadatan pada satu tempat; merupakan agama-agama yang hidup di Sulawesi Utara yaitu Gereja Katolik, Gereja Kristen, Mesjid, Vihara, Pura pada puncak kedua di Bukit Kasih Kanonang.

Selain itu tempat ini digunakan untuk bermeditasi dan menjalankan hal yang spritual. Unsur belerang yang dimiliki bukit kasih digunakan sebagai pengobatan.


Tugu Toleransi


Cerminan sikap kepribadian ramah tamah, mudah berbagi, menghargai serta menghormati yang dimiliki saudara kita di Sulawesi Utara dapat juga terlihat dengan adanya monumen Tugu Toleransi setinggi 22 meter yang berdiri pada pintu masuk menuju Bukit Kasih Kanonang.

[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
Tugu Toleransi


Keunikan Tugu Toleransi ialah dengan adanya kutipan ayat dari kitab suci agama yang ada di Sulut. Simbol serta gambar dari masing-masing agama terpampang di tiap sisi tugu yang berbentuk segi lima.

Selain itu sikap kebersamaan dan saling melindungi serta menjaga sesama yang melekat di jiwa orang-orang Sulawesi Utara tampak saat adanya hari besar perayaan keagamaan.

Sangat sesuai dengan filosofi "Si Tou Timou Tumou Tou" yang artinya "Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain" yang dicetuskan oleh seorang terpadang dari bumi Sulut sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia yaitu Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi dan lebih dikenal dengan sebutan Dr. Sam Ratulangi.

Kepribadian menghargai pun dapat kita lihat dengan adanya penghormatan terhadap leluhur nenek moyang orang Manado, dengan diukirnya wajah nenek moyang masyarakat Minahasa yaitu Toar dan Lumimuut yang merupakan suku asli dan terbesar di Sulut pada dinding tebing. Pahatan wajah besar ini berada di puncak Bukit Kasih Kanonang.


[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
Patung wajah nenek moyang Manado


Semboyan "Torang Samua Basaudara" adalah semboyan yang harus dimiliki dan diresapi oleh seluruh manusia di bumi ini. Agar kedamaian selalu tercipta.

Jadi Torang Samua Basaudara jo. So, inga-inga ting. Salam Sulawesi.
Diubah oleh rykenpb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
06-12-2020 10:24
Pertamax diamankan... emoticon-Big Grin

Bubur manado pernah coba, dah lama bgt blm makan lg itu bubur manado emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
06-12-2020 11:22
Waaah... Udah lama Ane ndak ke sini...
emoticon-Wow
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bedypop dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
06-12-2020 17:41
Hmm akhirnya ikutan. Moga menang ken
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
06-12-2020 21:18
Belum pernah makan bubur manado. Itu gmn cara mahat wajah nenek moyang kyk gt ya.emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
06-12-2020 23:48
Numpang pejwan di tritnya mbak kenken emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
07-12-2020 01:57
Bubur manado enak tuh Pèrnah makan
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
08-12-2020 23:19
selamat buat para pemenang
emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 09:08
Hahhaa selamat buat para pemenang
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 09:23
Manado.. kota paling toleransi di Indonesia emoticon-Kiss

Soon ane mau kesana emoticon-Traveller
Diubah oleh terjengkang
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 09:38
wah itu muka pahatan batu yah emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 10:20
Bubur manado sih yg bener2 pengen ane cobain tp belom kesampean sampe sekarang
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 10:26
Waa persaudaraannya erat sekalii
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 12:13
Pa kita, pa ngana, pa goda pastiles...
Torang samua basaudara jo emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 13:32
Juna Rorimpandey mana nih....
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 14:00
Ane baru 2 tahunan disini tapi belum bisa ngomong bahasa manado le setengah mati mo coba emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 14:34
Hampir jadi orang sono gara gara 3 B nya,,
Bunaken,Bubur and Bibir,,,
Ampun dah,,,jadi ke sono lagi,,,
profile-picture
bedypop memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 14:41
Manado oh Manado emang kota yang tak bisa terlupakan kenangan yg sangat indah
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 15:51
Belum pernah kesana emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
bedypop dan rykenpb memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Manado] Bukit Kasih Kanonang Cerminan Kota Tinutuan dan Masyarakat Manado
14-12-2020 17:31
Membaca ini, seakan mengobati kenangan dan kerinduan tentang suku serta budaya Manado. Bagaimana lezat bergizi nya Tinu, yang dikatakan pe sadaaap dang... kotanya yang indah, dan lagu-lagu berbahasa daerah yang dulu sering saya nyanyikan. Tokohnya, Dr Sam Ratulangi yang menjadi nama bandara dan juga universitas setempat. Muncul kembali dalam ingatan.

Terima kasih
Diubah oleh ika775
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
mento-khas-sunda-kuliner-jadul-yang-masih-eksis
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia