Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
204
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fcb6352c342bb6db8386c99/bagaimana-perkembangan-terakhir-relawan-transplantasi-kepala-valery-spiridonov
Masih ingat dengan berita kontroversi dimana transplantasi kepala akan berlangsung? Kita flashback dulu sebentar yah... Siapa Valery Spiridonov? Di tahun 2015, dunia dihebohkan dengan kesediaan seorang relawan bernama Valery Spiridonov untuk menjadi pasien pertama dalam menjalani operasi transplantasi kepala. Spiridonov adalah sosok yang pintar dari Rusia dan ia mengembangk
Lapor Hansip
05-12-2020 17:39

Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Masih ingat dengan berita kontroversi dimana transplantasi kepala akan berlangsung?

Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
foto: medium.com


Kita flashback dulu sebentar yah...


Siapa Valery Spiridonov?

Di tahun 2015, dunia dihebohkan dengan kesediaan seorang relawan bernama Valery Spiridonov untuk menjadi pasien pertama dalam menjalani operasi transplantasi kepala. Spiridonov adalah sosok yang pintar dari Rusia dan ia mengembangkan perusahaan TI (Teknologi Informasi) yang membangun beberapa alat menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence).

Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
foto: washingtonpost.com

Spiridonov terdiagnosa Werdnig-Hoffman, penyakit dimana secara perlahan melumpuhkan penderitanya mulai dari leher hingga ke jari kaki. Dilansir di laman NORD, selanjutnya penyakit tersebut akan berkembang menjadi Spinal Muscular Atrophy Tipe 1, dimana menyerang saraf dan merusak jaringan otot dan akhirnya menyebabkan ketidakberfungsian organ-organ vital tubuh.

Beberapa dokter menyatakan kalau Spiridonov hanya dapat bertahan 5 tahun lamanya sebelum akhirnya penyakit tersebut menyerang otak dan akan merenggut nyawanya. Spiridonov yang tidak punya pilihan dan harus terus menggunakan kursi roda sepanjang sisa hidupnya, menerima bujukan Dokter Canavero untuk menjadi pasien pertama transplantasi kepala.


Siapa Dokter Canavero?

Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
foto: newsweek.com

Dokter Sergio Canavero adalah seorang ahli bedah saraf ternama dari Itali dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di bidangnya.

Di konferensi pers yang digelar di Vienna, Austria pada 2017, Dokter Canavero menyatakan telah berhasil melakukan transplantasi kepala dari mayat satu ke tubuh mayat yang lain, sekaligus menyambungkan tulang belakang, saraf, dan pembuluh darah. Ia menyatakan langkah selanjutnya adalah untuk menerapkannya pada manusia hidup.


Bagaimana proses transplantasi kepala dilakukan?

Transplantasi kepala adalah operasi yang sangat rumit dan dibutuhkan dua buah alat canggih untuk menunjang tingkat keberhasilan prosedur medis tersebut.

Yang pertama adalah pisau bedah intan berlian yang sangat tajam untuk memotong saraf tulang belakang pasien. Apabila pemotongan dilakukan dengan pisau bedah biasa, tekanan yang dihasilkan akan merusak saraf karena sifatnya yang sangat sensitif dan mengakibatkan pasien mengalami lumpuh total.

Yang kedua adalah polyethylene glycol peg untuk merekat kepala pasien dengan saraf tulang belakang pendonor. Lem ini juga dinyatakan Dokter Canavero memiliki kemampuan untuk meregenerasi saraf lebih cepat.




Dana kebutuhan operasi terkumpul.

Dilansir di usatoday.com, operasi transplantasi kepala membutuhkan dana yang sangat besar, berkisar di atas 100 juta Dolar Amerika, atau setara dengan 1,5 triliun Rupiah.

Di tahun 2016, beberapa miliuner memberikan sumbangan demi kelangsungan prosedur medis tersebut. Tapi penyumbang terbesar merupakan seorang biliuner asal Rusia yang merupakan penemu Orbiter Initiative, dimana misinya adalah untuk menciptakan cyborg hasil transplantasi otak manusia ke dalam tubuh robot.


Transplantasi kepala penuh dengan kontroversi.

WMA (World Medical Association) dan para ahli bedah saraf dari berbagai belahan dunia mengecam rencana Dokter Canavero tersebut. Alasan mereka menolak keras bukan hanya disebabkan oleh tingkat kesulitan prosedur bedah yang kompleks, juga karena setelah proses operasi, pasien akan mengalami koma selama kurang lebih sebulan, atau mungkin tidak akan sadar selamanya.

Kemungkinan pasien penerima transplantasi untuk menolak organ donor sangatlah tinggi. WMA menyatakan kalau transplantasi kepala kepada manusia adalah prosedur gila karena belum pernah diuji coba kepada hewan sebelumnya.


Seorang profesor membantah pernyataan WMA.

Profesor Ren Xiaoping dari Universitas Kedokteran Harbin di China menyatakan telah berhasil melakukan praktek transplantasi kepala terhadap tikus.



Beberapa kali gagal dan tikus hanya dapat bertahan hidup 5 sampai 7 bulan lamanya dikarenakan kepala yang ditransplantasikan kekurangan oksigen, di tahun 2015 Profesor Ren menyatakan keberhasilan dengan menyediakan selang untuk mengalirkan oksigen ke otak selama proses penyambungan kepala ke saraf tulang belakang. Profesor Ren juga mengungkapkan bahwa tikus dapat pulih sempurna dan mampu menggerakkan seluruh organ tubuhnya hanya dalam 2 bulan.

Paham kalau transplantasi terhadap manusia jelas akan jauh lebih rumit daripada tikus, Profesor Ren bersama dengan rekannya dari Universitas Konkuk Korea Selatan Profesor C-Yoon Kim, melakukan uji coba terhadap kera dan prosedur transplantasi dinyatakan berhasil.

Dokter Canavero juga menemukan bahwa transplantasi kepala nyatanya berhasil dilaksanakan terhadap kera di tahun 1970 oleh Dokter Robert Joseph White dari Universitas Kedokteran Harvard.




Lalu, bagaimana perkembangan terkini Valery Spiridonov?

Transplantasi kepala yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2018 nyatanya tidak pernah terjadi.

Spiridonov yang hadir di acara Good Morning Britain pada 9 April 2019, menyatakan alasannya mundur dan tidak akan ikut berpartisipasi dalam prosedur kontroversial tersebut. Spiridonov tidak mau menjalani operasi karena jatuh cinta dan baru memiliki anak dari istrinya.




Berbagai teori bermunculan.

Tindakan Spiridonov mendadak mundur dari tekadnya yang sudah bulat, menimbulkan keanehan dan tanda tanya dikarenakan:

1. Kemunculan tidak terduga seorang wanita bernama Anastasia di kehidupan Spiridonov,
2. Nyawanya yang hanya tersisa 3 tahun lagi akan tetapi memutuskan untuk memiliki anak,
3. Penderita Werdnig-Hoffman tidak dapat memiliki keturunan, dan
4. Sosok Spiridonov yang seakan lenyap setelah wawancara di Good Morning Britain, bahkan foto istri dan anaknya tidak ditemukan di jagat maya.

Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
foto: medium.com

Karena keanehan di atas, muncul beberapa teori:

1. Foto yang tampak bukanlah bayi asli tapi hanya boneka,
2. Transplantasi kepala tetap berlangsung akan tetapi dimundur ke tahun 2019,
3. Prosedur dilakukan diam-diam karena publik belum siap menerima prosedur medis transplantasi kepala terhadap manusia.


Ngeri juga yah...


Gimana tanggapan kalian?

Kalau terpikirkan teori-teori lainnya, silakan untuk comment di bawah yah.


Sumber:
https://www.usatoday.com/story/news/...ng/3287179002/
https://www.newsweek.com/first-human...anavero-714649
https://rarediseases.org/rare-diseas...fmann-disease/
https://medium.com/@atapalaga97/the-...e-3f9f0d33d424
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
05-12-2020 18:19
Weh... Mungkin diam2 uda dilakukan gan

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoanesherry dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
05-12-2020 18:24
Gile serem beud dah penampilan nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
05-12-2020 18:54
Jadi inget cerita di webtoon malahan kalo masalah transplantasi kepala gini
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
05-12-2020 20:09
Suatu kemajuan medis yang luar biasa sebenarnya kalau prosedur transplantasi ini berhasil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryant.alejandro dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
05-12-2020 21:02
Jadi lanjutannya gimana tuh, berhasil ato ga emoticon-Bingung
0 0
0
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
05-12-2020 21:04
Pada akhirnya kita akan bertanya, apakah kita ?

Maksudnya badan ente diganti, tangan, kaki, badan, pala. Sampai di mana sampai kita menjadi bukan kita ?

Apakah kita itu di otak ?

Kalau otak dibelah 10, di bagian mana adanya kita ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.y.a dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 32 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 32 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
05-12-2020 21:30
Mungkin saja sudah dilakukan dengan rahasia,

kalau berhasil nanti pasti jg nongol di berbagai media.....



Kalau gak pernah nongol berarti gagal emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
radityase09 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
05-12-2020 21:31
Jadi karakter di Mortal Kombat itu enggak sih?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
05-12-2020 21:48
Pernah ngobrol sama teman, doi dokter spesialis. Kita lg ngmngin ttg jantung dan ginjal, akhirnya pembahasan kita sampe di transplantasi. Doi bilang kalo transplantasi ginjal itu ga sesudahnya bisa beres dan normal, itu cuma kaya memperpanjang waktu aja. Makin lama fungsi organ yg d transplantasi bakalan menurun karna efek komplikasi dan penolakan dari tubuhnya sendiri. Karna pada dasarnya tubuh kita masing punya detektor benda asing, macam virus, bakteri, termasuk organ yg bukan punya kita. Basically tubuh akan menganggap itu sebagai benda asing dan memicu tubuh kita utk sesegera mungkin mengeluarkan benda itu, karna dianggap asing dan membahayakan. Apalagi 1 kepala full :serem
Diubah oleh oriorio19
profile-picture
profile-picture
profile-picture
katonee dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
06-12-2020 04:52
boneka barbie punya keponakan suka ane head transplant.. emoticon-Big Grin

bales dendam.. koleksi lego ane kepalanya dituker tuker ama dia.. emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
06-12-2020 05:08
dokter rusia ternyata paling jago yaemoticon-Matabelo

pertama di dunia ini kepala bisa di transplantasi
Diubah oleh ushirota
profile-picture
profile-picture
amiruls.lee dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
06-12-2020 05:13
Itu 'nyambungnya begitu saja, atau 'nyambungin 1 per 1 sarafnya ? emoticon-Bingung
Kalau disambung langsung, apa tidak takut ada saraf yang keliru ?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan dvs22 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
06-12-2020 05:15
bener²serem menurut ane emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
xradentx dan dvs22 memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
06-12-2020 06:24

Ekstrim

profile-picture
profile-picture
dsturridge15 dan dvs22 memberi reputasi
2 0
2
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
06-12-2020 07:40
Kyk di Ghost in The Shell, sersan Motoko Kusanagi, hampir seluruh tubuhnya jadi robot cuma sisa otak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yadus dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
06-12-2020 13:23
siapa tau yekan tiba2 dia muncul lagi dengan keberhasilan. luarbiasak
0 0
0
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
07-12-2020 11:06
Hmmm siapa yang mau ikutan
0 0
0
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
07-12-2020 11:06
Kalo transplantasi wajah masih mungkin dan diterima org awam, lah kepala? emoticon-Ngakak ente nafas lewat mana? Saraf kan banyak bgt mustahil sihh
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
07-12-2020 11:08
kalau transplatasi ini berhasil
transgender tinggal cari tubuh aja donk trs ganti dengan jenis kelamin tubuh yg diinginkan
profile-picture
dgstone memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bagaimana Perkembangan Terakhir Relawan Transplantasi Kepala, Valery Spiridonov?
07-12-2020 11:10
kepala ? beserta otak nya donk ?

lah nanti ingatan yg dipakai yg mana ?
pendonor atau penerimanya ?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia