News
Batal
KATEGORI
link has been copied
73
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fcaca8b365c4f581522a42f/bangladesh-relokasi-100-ribu-rohingya-ke-pulau-terpencil
REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Bangladesh akan tetap melanjutkan rencananya merelokasi 100 ribu pengungsi Rohingya ke Bhasan Char, sebuah pulau terpencil di Teluk Benggala. Proses pemindahan bakal dimulai pada Desember. “Target kami adalah merelokasi sekitar 100.000 pengungsi secara bertahap. Kami ingin memindahkan beberapa dari mereka (pengungsi Rohingya) sedini mungkin, dan kami ingin memanfaatk
Lapor Hansip
05-12-2020 06:47

Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Bangladesh akan tetap melanjutkan rencananya merelokasi 100 ribu pengungsi Rohingya ke Bhasan Char, sebuah pulau terpencil di Teluk Benggala. Proses pemindahan bakal dimulai pada Desember.

“Target kami adalah merelokasi sekitar 100.000 pengungsi secara bertahap. Kami ingin memindahkan beberapa dari mereka (pengungsi Rohingya) sedini mungkin, dan kami ingin memanfaatkan mendekatnya musim dingin untuk efek ini," kata kepala urusan Myanmar di Kementerian Luar Negeri Bangladesh Md. Delwar Hossain, dikutip laman Anadolu Agency pada Ahad (29/11).

Meski terdapat kritik terkait proses relokasi, Hossain mengindikasikan bahwa pemindahan pengungsi dapat dimulai pada Desember. “Kami tidak mengesampingkan kemungkinan memulai relokasi ke pulau kecil pada bulan Desember, mengingat cuaca yang bersahabat di musim dingin untuk pelayaran seperti itu,” katanya.

Surat kabar Dhaka Tribune, mengutip sumber resmi melaporkan, lebih dari 1.200 pengungsi Rohingya dari 500 keluarga yang tinggal di kamp-kamp di Ukhia dan Teknaf di Cox'd Bazar akan direlokasi ke Bhasan Char pada pekan pertama bulan Desember. Bangladesh dilaporkan telah mengembangkan 120 desa klaster di pulau tersebut dengan menghabiskan dana 23 miliar takas.

Salah satu pendiri Free Rohingya Coalition, Ro Nay San Lwin, mengkritik kebijakan relokasi pengungsi Rohingya ke Pulau Bhasan Char. Dia menyebut meskipun Bangladesh telah membangun tempat tinggal dan fasilitas lain di pulau tersebut, para pengungsi enggan dipindahkan. "Mereka takut akan diisolasi setelah dipindahkan ke Bhasan Char," katanya.

Menurut dia, pengungsi yang mengalami trauma tidak boleh dipaksa untuk pindah. "Kami memahami situasi kamp Cox's Bazar, tetapi permohonan pengungsi harus dihormati. Menekan Myanmar untuk menerima mereka kembali dengan kewarganegaraan penuh dan perlindungan adalah satu-satunya solusi," ujar Lwin.

Pekan lalu, organisasi hak asasi manusia (HAM) Amnesty International mendesak Pemerintah Bangladesh membatalkan rencana relokasi pengungsi Rohingya ke Bhasan Char. Mereka menilai langkah itu memiliki risiko keamanan dan keselamatan.
Amnesty menyebut Pulau Bhashan Char belum dinyatakan aman untuk tempat tinggal oleh PBB. Di sisi lain, masih banyak pengungsi Rohingya yang enggan direlokasi ke pulau tersebut. 
Amnesty menuding otoritas Bangladesh telah menekan komunitas pengungsi Rohingya di selatan Cox's Bazar agar bersedia dipindahkan.

“Pengungsi Rohingya, yang diwawancarai oleh Amnesty International bulan ini, mengatakan bahwa pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas kamp pengungsi di Cox's Bazar telah memaksa mereka untuk mendaftar relokasi,” kata Amnesty dalam sebuah pernyataan pada 22 November lalu.

Kepala Amnesty International untuk Asia Selatan Omar Waraich mengungkapkan Bhashan Char belum dianggap aman untuk tempat tinggal manusia. Selain itu masih ada pertanyaan serius mengenai prosedur relokasi pengungsi. “Berdasarkan pengalaman mereka yang telah berbicara dengan Amnesty International, banyak orang Rohingya yang telah mendaftar untuk pindah ke Bhashan Char melakukannya karena paksaan dan bukan pilihan,” kata Waraich.

Dia mengatakan setiap keputusan terkait relokasi pengungsi harus transparan dan melibatkan partisipasi penuh masyarakat Rohingya. "Sementara itu, rencana untuk relokasi lebih lanjut harus ditinggalkan," ujarnya.

Dia meminta otoritas Bangladesh mengizinkan PBB melakukan penilaian terhadap Bhashan Char. Waraich pun mendesak Bangladesh segera mengembalikan ratusan pengungsi Rohingya yang saat ini berada di pulau itu kepada keluarga mereka di Cox's Bazar.

Saat ini terdapat sekitar 1,2 juta pengungsi Rohingya di Cox's Bazar. Mereka mulai mendatangi wilayah tersebut pada Agustus 2017. Hal itu terjadi setelah militer Myanmar melakukan operasi brutal untuk menangkap gerilyawan Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) di Negara Bagian Rakhine, Myanmar. 


https://republika.co.id/berita/qkk28...ulau-terpencil

ya akhi


seimin di zolimi seimin

emoticon-Matabelo 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:00
heranya, mereka masih suka beranak pinak dipengungsian...

dimanapun beban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
10 2
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:01
perlu dicontoh nih
7 jt kadrun direlokasi ke pulau terpencil di ujung terluar NKRI
dibiarkan mati membusuk di sana

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:02
bakal ada demo ato aksi solidaritas gak nih .......... emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:04
yg di sini gimana kabarnya ya?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:08
rohingya : indonesian money is small, we want go to america


mengapa gak ke negara kilafah aja mister, kata kadrun tinggal di negara kilafah hidupnya makmur

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:17
Hadeww... Ntar FB penuh pengumpulan dana pembangunan tempat ibadah dan air bersih..
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan kodokbudegdikit memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:27
bangladesh bukan cuman seiman tapi bisa dikatakan hampir 1 etnis juga kaga suka
n dulu rohingya dibelain mati2-an di sini
emoticon-Ngakak
Diubah oleh ikyu828
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:34
Adh benar di relokasi. Suku gelandangan dan pengjianat negara (myanmar) dibpelihara???


Rohinya itu dulu berkerja sama dgn penjajjaah di myanmar ( dulu burma) jd ketika merdeka wajar kalau myanmar memghapus suku mereka.
Diubah oleh saugisarap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:45
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:57
bagus nih masukin pulau terpencil langsung di nuke emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan emol memberi reputasi
2 0
2
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:59
Indonesia is small.... america is big




emoticon-Bingungï
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 07:59
Subannalloh, solusi tepat emoticon-Nyepi
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 08:01
ini harus jadi perenungan buat semua anak bangsa. Bahwa sejelek2nya Indonesia, this is our country.. Mau tukeran posisi sama orang rohingya? Orang indonesia bisa berkelana dari ujung sumatera sampai ujung papua tanpa perlu bayar visa, pake paspor. Dari ujung ke ujung itu nyaris 6000 km lho gan, 8 jam naek pesawat. Jadi tolonglah dijaga. Kalo emang ulama, jadilah ulama yg menyejukkan..karena yg bikin masalah emang lu lagi, lu lagi
Diubah oleh luv.you
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 08:03
Kagak demo bangla, drun? emoticon-Bingung (S)

Oh, seimin ya... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 08:25
orang2 212 klo mau dukung ni rohingya atas dasar seagama pikir2 dulu deh... tanya sama orang Malaysia bagaimana kelakuan ni rohingya2 di Malaysia.....sdh di kasih hati minta jantung.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 08:34
Indonesia perlu contoh nih. Relokasi semua pengungsi dari Rohingya, pengungsi Timteng yang mau ke Ostrali yang masih transit di sini dsb. Taruh aja mereka semua di Pulau Galang. Jadi lebih gampang dikontrol.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 08:37
Boikot bangladesh.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 08:38
ayo warga aceh selamatkan mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
snoopze dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 08:50
Bongkar kebiasaan lama...!!!
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Bangladesh Relokasi 100 Ribu Rohingya ke Pulau Terpencil
05-12-2020 08:58
boleh nih di contoh
ungsikan aja kadrun2 indonesia ke pulau terpencil dekat kutub selatan
biar suruh bikin negara khilafah sendiri di sana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia