News
Batal
KATEGORI
link has been copied
115
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc8f645b41d303a925efb91/kapolri-tak-terima-laskar-fpi-hadang-penyidik-temui-hrs-ada-sanksi-pidana
Kapolri Jenderal Idham Azis (Yogi Ernes/detikcom) Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis tak terima dengan perlakuan laskar Front Pembela Islam (FPI) terhadap anggota Polda Metro Jaya saat hendak mengantarkan surat panggilan kedua kepada pimpinan FPI, Habib Rizieq. Idham mengingatkan ada sanksi pidana bagi setiap orang yang mencoba menghalangi penegakan hukum. "Ada sanksi pidana untuk mereka y
Lapor Hansip
03-12-2020 21:29

Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!

Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana! Kapolri Jenderal Idham Azis (Yogi Ernes/detikcom)

Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis tak terima dengan perlakuan laskar Front Pembela Islam (FPI) terhadap anggota Polda Metro Jaya saat hendak mengantarkan surat panggilan kedua kepada pimpinan FPI, Habib Rizieq. Idham mengingatkan ada sanksi pidana bagi setiap orang yang mencoba menghalangi penegakan hukum.

"Ada sanksi pidana untuk mereka yang mencoba menghalang petugas dalam melakukan proses penegakan hukum," tegas Idham dalam keterangan tertulis yang disiarkan Divisi Humas Polri pada Kamis (3/12/2020).

Idham menekankan negara tak boleh kalah dengan ormas yang berperilaku premanisme. Idham memerintahkan anggotanya menindak tegas ormas yang melakukan aksi premanisme.

"Negara tidak boleh kalah dengan ormas yang melakukan aksi premanisme. Kita akan sikat semua," ujar Idham.

Idham menyampaikan Indonesia merupakan negara hukum. Maka semua pihak, sambung dia, harus tertib. "Indonesia merupakan negara hukum. Semua elemen harus bisa menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat," ucap Idham.

Idham memastikan penyidik akan menuntaskan kasus dugaan pelanggaran kekarantinaan kesehatan terkait beberapa acara yang dihadiri Habib Rizieq setibanya di Indonesia pada awal November lalu.

"Polri selalu mengedepankan asas salus populi suprema lex exto atau keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi," tandas dia.

Divisi Humas Polri menjelaskan pihaknya melakukan penyidikan dugaan pelanggaran protokol kesehatan di acara Habib Rizieq sebagaimana tertuang dalam Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan yang berbunyi: Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

Diterangkan oleh Divisi Humas Polri, Pasal 216 ayat (1) KUHP juga menyebutkan: Barangsiapa dengan sengaja tidak menuruti perintah atau permintaan yang dilakukan menurut undang-undang oleh pejabat yang tugasnya mengawasi sesuatu, atau oleh pejabat berdasarkan tugasnya, demikian pula yang diberi kuasa untuk mengusut atau memeriksa tindak pidana; demikian pula barangsiapa dengan sengaja mencegah, menghalang-halangi atau menggagalkan tindakan guna menjalankan ketentuan undang-undang yang dilakukan oleh salah seorang pejabat tersebut, diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak Rp 9.000.

Kemudian Pasal 160 KUHP berbunyi: Barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang maupun perintah jabatan yang diberikan berdasarkan ketentuan undang-undang, diancam dengan pidana penjara paling lama enam tahun atau pidana denda paling banyak Rp 4.500.

Penyidik Polda Metro Jaya pada Rabu (2/12) kemarin kembali melayangkan surat panggilan kepada Habib Rizieq untuk diperiksa terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Namun upaya penyidik dihalang-halangi oleh laskar FPI.

Pantauan detikcom di Gang Paksi, Jl Petamburan III, Jakarta Pusat, Rabu (2/12), pukul 11.00 WIB, tiga penyidik Polda Metro Jaya datang ke lokasi. Penyidik didampingi Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan.

Namun penyidik tidak dapat masuk ke rumah Habib Rizieq. Sejumlah personel laskar FPI membuat pagar betis memblokade akses ke rumah Habib Rizieq.

Sore hari, penyidik kembali menyambangi petamburan. Perwakilan laskar sempat bertanya mengenai maksud kedatangan polisi tersebut. Salah seorang polisi kemudian menjelaskan bahwa dirinya hendak mengantarkan surat panggilan kepada Habib Rizieq.

"Insyaallah saya mengantarkan panggilan untuk panggilannya Pak Habib Rizieq. Insyaallah saya lakukan sekarang, mohon izin," kata salah seorang perwakilan polisi di lokasi.

Setelah itu, ada salah seorang yang mengaku sebagai pihak yang mewakili pengacara. Tak lama kemudian, tiga penyidik berjalan menuju arah kediaman Habib Rizieq.

Tak lama setelah itu, para penyidik yang sempat menembus barisan laskar itu kembali keluar. Mereka mengaku sudah menyerahkan surat panggilan kepada pihak Habib Rizieq.

"Sudah," kata Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak saat ditanya apakah surat panggilan itu sudah diterima pihak Habib Rizieq.

Front Pembela Islam (FPI) menjelaskan terkait keributan berujung 'pengusiran' terhadap polisi yang sempat terjadi di gang dekat kediaman Habib Rizieq Shihab, Petamburan, Jakarta Pusat. FPI menyebut saat itu Laskar Pembela Islam (LPI) belum mendapat amanat terkait surat pemanggilan yang hendak diserahkan oleh pihak kepolisian.

"Bukan (mengusir) begitu, anak-anak bilang belum ada amanat dari pengacara untuk terima surat (dari polisi)," kata Ketua DPP FPI Slamet Ma'arif saat dihubungi, Rabu (2/12/2020).

Saat itu para anggota laskar FPI memang sempat menghalangi penyidik kepolisian yang hendak menyerahkan surat panggilan kedua. Slamet menyebut saat itu para laskar memang tidak menerima surat tersebut sehingga surat belum diserahkan.
"Belum ada amanat dari pengacara untuk terima surat, jadi ya anak-anak nggak mau terima. Jadi belum diserahkan (surat panggilan dari polisi)," ucap Slamet.

Slamet mengatakan keributan yang terjadi di Petamburan hanya persoalan biasa. Menurutnya saat itu, laskar hanya menunggu pihak kepolisian yang hendak menyerahkan surat melalui pengacara Habib Rizieq Shihab.

"Ah, biasa aja, polisi mau menyerahkan panggilan kedua, tunggu pengacara HRS yang belum sampai aja," ujarnya.

SUMBER


Siap ndan.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 21:32
Langsung ciduk dah...

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 21:32
Om pol, ngasih statment besok² aja kalo udah kebungkus, serah dah mau koar apa aja boleh. Kalo kebanyakan ngasih statment sekarang, ntar sang DPO nya keburu kabur. 69? emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ncub dan 22 lainnya memberi reputasi
23 0
23
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 21:37
negara bacot
OMDO, nihil prestasi
ormasnya gede bacot, penegak hukumnya bacotnya digedein


profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 23 lainnya memberi reputasi
23 1
22
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 21:46
Mudah2an ga anti klimaks emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 21:48
Ngomongnya setelah kejadian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 21:50
tembak ditempat,bersihkan sampah negara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 21:51
Panggilan berikut bawa pasukan lengkap ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 21:56
Cukup tegas pernyataan dari Kapolri; Negara tidak boleh kalah dengan ormas yang melakukan aksi premanisme, kita akan sikat semua, keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi. Ormas mana yang dimaksud sama Kapolri, ya pokoknya itu.

Sebelumya, pada tanggal 15 November 2020, tengah malam 12: 27 AM, akun You tube dan Twitters Puspen TNI mempublikasikan pernyataan Panglima TNI yang didampingi oleh 5 Jenderal pasukan tempur. ( Secara logika ngak mungkin banget pasukan tempur dihadapkan kepada sipil ).
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!

Dalam pernyataannya Panglima TNI menyatakan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan dalam menjaga stabilitas nasional, jangan biarkan persatuan dan kesatuan bangsa itu hilang, atau dikaburkan oleh provokasi dan ambisi yang dibungkus dengan berbagai identitas. Seluruh prajurit TNI adalah alat utama pertahanan negara, untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Tidak satupun, tidak satupun musuh yang dibiarkan, apalagi melakukan upaya-upaya berupa ancaman dan gangguan, terhadap cita-cita luhur bangsa dan negara Indonesia.


Paginya media baru memberitakan. Detik misalnya selang 4 jam baru memberitakan pernyataan Panglima TNI, Kompas malah selang 7 jam baru memberitakan, edyan mungkin wartawannya kecebak macet, wkwkwkwk.

Pernyataan Panglima TNI merupakan sebuah peringatan, yang jelas bukan peringatan kepada warga sipil. Tapi hanya Panglima TNI yang tahu siapa musuh yang ditudingnya.

Sudah waktunya
Memang waktunya
Sudah dekat waktunya

Jaga diri masing² dan keluarga.
Diubah oleh 54m5u4d183
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:00

Talk more, do less..

emoticon-thumbdown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angelo.ogbonna dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:02
Ngomong ajee, aksi nya mana!?
Sudah bertahun2 negara lembek ngadepin begundal2 berkedok agama, berpenampilan ulama, provokasi sana sini, merendahkan agama lain, dukung teroris, merusak warung2, udah seharusny diberantas dari dulu
Kalo negara tegas dr dulu, gak bakalan bajingan2 tengik kayak gini berkembang biak kayak skrg
Diubah oleh p.star7
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:07
Kelamaan, wahai polkis. emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:14
Bukti sudah ada di media masa kita liat kelanjutannya.
Apa SP3 seperti biasa?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:14
jd kapan mau nyamperin lagi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:15
lah dr kemarin di halang2i terus malah g di tindak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:20
Ane tau pak idham ini orangnya keras dan tegas ...namun sebelum mereka di ciduk,bagi ane ini cuman angin lalu sajaemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:28
Pidato doang, dari dulu kemane ajee ndan emoticon-Ngakak


Begitu sampe petamburan langsung letoy kembali emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:31
Nah loh, anak buahnya aja disikat apalagi.....emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:35
1 tindakan lebih berarti daripada 1000kata emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:41
Mungkin FPI ga kalah backingannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kapolri Tak Terima Laskar FPI Hadang Penyidik Temui HRS: Ada Sanksi Pidana!
03-12-2020 22:42
Nah lho... Nah lhooo.. kan dah ku bilang... Siapa yang menghalangi penyidikan aparat bakal di ciduk kaya lele di kolam hbs tu digoreng garing..
Diubah oleh gambit410
profile-picture
profile-picture
profile-picture
petani.syusyu dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia