Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
156
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc894c582d4952abd55e9c1/sadar-gak-beberapa-hal-dalam-anime-jadul-yang-kini-mulai-ditinggalkan
Pernahkah agan pernah mikir kenapa anime jadul kayak Dragonball atau Tsubasa dulu bisa terlihat keren padahal jaman dulu proses membuat anime masih jauh lebih sulit dan mahal dan teknologinya juga terbatas. Selain karena nostalgia alias bias masa kecil tapi bisa juga karena anime-anime dulu masih menerapkan hal-hal yang akan ane bahas berikut.
Lapor Hansip
03-12-2020 14:33

Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan

Past Hot Thread
Apakah agan lebih suka anime jaman dulu atau anime jaman sekarang? emoticon-Big Grin
Pernahkah agan pernah mikir kenapa anime jadul kayak Dragonball atau Tsubasa dulu bisa terlihat keren padahal jaman dulu proses membuat anime masih jauh lebih sulit dan mahal dan teknologinya juga terbatas. Selain karena nostalgia alias bias masa kecil tapi bisa juga karena anime-anime dulu masih menerapkan hal-hal yang akan ane bahas berikut.


Ane gak begitu banyak tahu sejarah dan proses produksi anime, dan informasinya pun karena gak formal jadi agak susah didapat(se-reliable2nya paling dari tvtropes emoticon-Hammer). Jadi mohon maaf dan mohon koreksi kalau tulisan ane agak sotoy, bias, atau banyak yang keliru.
Karena tritnya panjang, mending bookmark dulu gan, biar bacanya pelan-pelan. emoticon-Bookmark (S)


Quote:
Eye Catch

Eye catch atau sering juga disebut commercial bumper adalah segmen pendek yang muncul tiap sebelum dan sesudah iklan. Hal ini sebenarnya masih sering dilakukan dalam anime modern, walaupun agak jarang dipakai untuk anime-anime serius. Kalau lihat video di atas, eyecatch dalam anime lama durasinya bisa cukup panjang lebihin 5 detik.

Menurut pengamatan ane pribadi, pola eyecatch/bumper di anime ane bagi 4 macem.
1. Nampilin gambar aja dengan sedikit atau tanpa animasi. Kadang gambarnya dibuat berganti-ganti tiap episode kayak One Punch Man sisen 1. 
2. Nampilin judul serta musik dan animasi, sering dipakai di anime 80an sampe sekitar tahun 2004. Agak mirip sama tipe 1. Contohnya Gundam SEED dan Magical Doremi.
3. Mirip tipe 1 tapi ditambah teks informasi tertentu sesuai episodenya. Contohnya JJBA, Pokemon, Deathnote, dan Attack on Titan.
4. Gak ada segmen sendiri buat si eyecatch, tapi judul animenya ditaro langsung di frame adegannya.
Kebanyakan anime sekarang termasuk sebagian franchise anime lama sudah meninggalkan eyecatch dengan tipe kedua, contohnya Dragonball dan Sailormoon yang sekarang hanya nampilin art karakternya tanpa animasi.
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
*biar hemat karakter ane jelasin dalem gambar aja, kalo gak kebaca open image in new tab aja gan.
Selain Yugioh, eyecatch dalam Toaru Kagaku Railgun & Accelerator juga lebih simpel dibanding pendahulunya Index.
Ada juga franchise yang berhenti menggunakan tradisi eye catch ini, contohnya One Punch Man season 2. Gundam sebagai franchise yang cukup tua bahkan sudah berhenti membuat eyecatch setelah seri SEED (sempat muncul lagi di seri G no Reconquista).
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Melihat tren tayangan anime lewat bluray maupun situs streaming yang model iklannya beda dari tv, bukan tidak mungkin segmen eyecatch nantinya semakin ditinggalkan.


Quote:
Narator

Narator menjadi peran yang cukup penting dalam anime 70-80an, biasanya menjelaskan konsep cerita seperti profil karakter, world building serta recap tiap awal episode(contohnya Dragon Ball dan One Piece).
Sekarang, selain karena segmen recap yang dihilangkan karena dianggap buang waktu, penggunaan narator juga dianggap merusak suasana. Penjelasan dari sudut pandang karakter umumnya dianggap lebih relatable dibanding harus dibacain sama narator.
Biasanya narator sekarang masih membacakan prolog di awal episode, dan prolognya pun kadang cuma adegan stock footage yang diulang-ulang seperti pada Black Clover dan Pokemon. Dan lebih sering juga narasi dibacakan oleh suara karakternya sendiri, semisal My Hero Academia yang punya 2 narator sekaligus.
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Berubahnya tren narator ini bisa dilihat dari anime Jojo Bizarre Adventure, dalam season 1 yang merupakan adaptasi manga 80an narator sesekali menjelaskan keadaan di tengah pertarungan. Namun pada Part 3 dan seterusnya yang mengadaptasi manga 90an, narator hanya muncul dalam flashback ataupun menjelaskan lokasi baru. Bisa aja peran narator di part 6 seterusnya akan dihilangkan.
Tapi, melihat gimana suksesnya Kaguya-sama dalam memanfaatkan peran narator, bukan tidak mungkin narator anime bisa balik bacot lagi kayak jaman dulu. emoticon-Big Grin


Quote:
Karakter Laki-laki Suara Perempuan

Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Salah satu hal menarik di masa akhir 80an hingga 2000an adalah cukup banyaknya karakter laki-laki yang diperankan pengisi suara perempuan. Mungkin wajar kalau yang diperankan adalah-anak-anak, tapi kadang juga yang diperanin malah anak remaja bahkan dewasa.emoticon-Amazed
Contohnya Kenshin Himura, Edward Elric, Gen Shishio, Naruto, Luffy, sampai Son Goku yang keluarga besarnya diperankan orang yang samaemoticon-Ngakak (S).
Bahkan, karakter Patrick Star(di season 1-8) dan Plankton di dub Jepang pun diperankan oleh perempuan. emoticon-Ngakak (S)
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Sekarang dengan banyaknya aktor suara yang langganan memerankan anak-anak, studio tidak perlu memakai jasa aktris lagi untuk memerankan karakter cowok. Kecuali karakter trap ya. emoticon-Leh Uga
Seperti dalam anime Yu-gi-oh SEVENS, seluruh karakter laki-laki termasuk anak-anak diperankan pemeran pria juga.


Quote:
Sound Effect Dramatis

Sound effect ataupun musik pastinya udah jadi komponen wajib dalam pembuatan film ya apalagi anime. Tapi backsound yang ane bahas disini adalah sound effect yang muncul ketika menampilkan ekspresi kaget.
Lebih jelasnya coba agan lihat contoh anime di bawah. (Ane gak nemu contoh video singkatnya dan gak mungkin juga ane screenshot suara emoticon-Hammer)
Captain Tsubasa episode 83

Di menit 3:40 agan bisa mendengar gak cuma 1 tapi 5 sound effect untuk masing-masing reaction shot yang berbeda.emoticon-Ngakak (S)

Seperti kebanyakan tradisi anime jadul, penambahan sound effect(bukan musik) untuk ekspresi karakter umumnya hanya sesekali dipakai kecuali untuk adegan komedi. Salahsatu anime modern yang ane ingat masih memakai ini yakni Re:Zero, bahkan jadi salahsatu hal paling dikenang dari animenya.emoticon-Takut (S)
backsound khas Re Zero


Quote:
Background Dramatis

Selain sound effect, apalagi yang agan perhatikan dari "cuplikan" Tsubasa di atas?
Ketika Tsubasa memakai drive shoot pamungkasnya, warna latarnya berubah berkali-kali sampai 9 warna berbeda. emoticon-Ngakak (S)
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Biasanya, dalam adegan tertentu backgroundnya akan berubah sesuai adegannya. Misalnya ketika adegan aksi backgroundnya jadi scrolling cepat(sering disebut "speed stripes" atau "speedline") sehingga terkesan sang karakter sedang bergerak cepat. 
Variasi lainnya misalnya merah polos untuk menggambarkan kesakitan. Ada juga background putih untuk adegan terharu, dan background hitam untuk adegan yang mikir panjang. Dan masih banyak lagi, apalagi kalau adegan komedi bisa lebih beragam lagi variasinya.
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Sampe sekarang pun, penggunaan berbagai macam background baik yang polos, warna-warni maupun jenis speedline masih dipakai tapi tidak sesering anime Tsubasa atau Yu Yu Hakusho tadi, kalaupun ada biasanya warnanya dibuat mirip dengan background aslinya. Anime agak low budget seperti I'm Standing on 1.000.000 Lives sendiri ane itungin sekitar 8-10 kali make trik background ini dalam 1 episode, itupun cuma reuse 2 macem warna background aja.
Sedangkan background untuk adegan kaget sekarang paling hanya hitam dan putih saja, dan tentunya jarang digunakan.

Trik gonta-ganti background terutama speedline ini selain ngasih efek dramatis juga jadi salah satu cara menghemat biaya animasi. Karena dapat mengurangi gambar background asli yang perlu dibuat. Selain itu sering dipakai juga untuk membuat karakter seolah2 sedang bergerak padahal cuma make frame kaku. Sudah hemat background hemat animasi pulaemoticon-Big Grin.
speedline di MHA

speedline di Naruto


Quote:
Non-Seasonal Anime

Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Menurut agan apa judul anime terbaik yang pernah agan tonton? Evangelion? Fullmetal Alchemist? Death Note? atau One Piece?
Apapun judulnya ane yakin hampir semua judul yang muncul punya satu kesamaan, yakni punya lebih dari 20 episode.

Dulu jumlah anime per tahun memang belum sebanyak sekarang, dan anime biasanya dibuat untuk kebutuhan share-rating TV. Sehingga wajar kalau 1 musim anime berisi 30+ episode, kalau laku bahkan bisa tayang ribuan episode. Dan gak jarang sebuah anime yang direncanakan masa tayangnya panjang bisa dipotong oleh pihak TV karena kurangnya respon penonton, kayak Gundam(1979) & Ghost at School.emoticon-Berduka (S) emoticon-televisi
Sebaliknya, ada juga anime seperti Ranma 1/2 dan Samurai X yang harus dihujani filler karena dipaksa tayang sampai hampir balap manganya dan akhirnya ditamatkan sebelum manganya(semoga One Piece gak kayak gini ya emoticon-Big Grin).

Jaman sekarang, selain antrian tayang yang makin rame, produser ataupun studio juga lebih hati-hati merilis anime baru. Dengan merilis anime musiman dengan episode lebih sedikit (12-13 episode), pihak produksi lebih mudah melihat respon penonton apakah sukses atau tidak sebelum lanjut(biasanya ada target penjualan DVD berapa copy), sehingga tidak capek2 bikin anime panjang yang belum tentu laku. Ditambah lagi, cara seperti ini juga ampuh ngulur waktu untuk adaptasi novel dan manga yang masih on-going.
Dan penonton media DVD ataupun streaming biasanya lebih memilih anime yang pendek.


Quote:
Jam Tayang "Normal" emoticon-clock

Sama seperti TV Indonesia awal 2000an dulu, jam tayang "normal" buat anime di Jepang adalah sore tiap hari(17:00-19:00) dan minggu pagi. Sampe sekarang pun anime "pasaran" seperti One Piece, Boruto, MHA, Black Clover tayang di jam umum tersebut.
Tapi kenapa kebanyakan anime tayangnya tengah malam dari jam 22:00 sampai 1:00? 
Padahal yang tayang pun gak semua isinya konten kekerasan atau BBemoticon-Bingung (S).
7 paragraf


Quote:
Postcard Memory

Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Kalau yang satu ini baru jelas asal sebutan resminya.emoticon-Big Grin

Still frame(frame kaku) dengan gambar penuh arsiran yang biasa agan lihat di akhir episode ini dipelopori oleh animator sekaligus sutradara era 60-70an Osamu Dezaki. Seringkali disebut "efek Dezaki" ataupun "freeze frame", namun sang pelopor sendiri menamainya sebagai "Postcard Memory".
Meskipun hanya shot diam gak beranimasi tapi efek Postcard Memory ini ampuh bikin penonton penasaran nunggu kelanjutan cerita.
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Contoh Efek Dezaki ala kadarnya dalam beberapa animeemoticon-Ngakak (S).
Freeze frame anime modern biasanya hanya dibuat dengan frame biasa yang diberi tambahan arsiran dan sedikit efek filter. Sehingga tidak terlihat semencolok efek Dezaki dalam anime yang masih hand-drawn. Belakangan ane lihat Warlords of Sigrdrifa masih memakai Efek Dezaki ini meski artnya cukup unik tidak arsir-arsir seperti biasa tapi lebih fokus ke pewarnaan.


Quote:
Repeating Cut

"Repeat cut" adalah dimana suatu adegan yang sama diputar berulang-ulang biasanya sampe 3 kali. Contoh paling diingat dari repeating cut ini adalah adegan menendang di anime Tsubasa dan Dragon League. Bahkan bisa dilihat dari opening pertama Tsubasa.emoticon-Ngakak (S)
Tren yang ini kayaknya lebih umum dipake di acara tokusatsu lawas ya, mengingat pembuatan spesial efek tokusatsu lebih susah dari gambar anime.
Ada 2 macam penggunaan teknik repeat cut ini, pertama yang adegannya beneran cuma diputar-putar ulang. Teknik ini sudah tidak dipakai sejak 2000an karena produksi anime sudah lebih mudah dan murah.
Dan yang kedua adegannya diulang 3 kali tapi dari sudut gambar yang berbeda. Teknik yang kedua ini yang masih sering dipakai sampai sekarang, biasanya untuk adegan klimaks seperti Naruto rasengan ke Pain Tendo.

Ada sodara jauhnya Repeat Cut yaitu Stock Footage, dimana suatu adegan diputer ulang bukan dalam 1 episode yg sama melainkan di dalam episode-episode lain. Contohnya adegan Satoshi lempar Pokeball di anime 1997, Saint Seiya ngeluarin armornya, adegan robot berubah wujud, adegan mahou shoujo berubah wujud, adegan Digimon berubah wujud, dan adegan Yugi berubah wujud emoticon-Hammer (S).
Pokemon dan Yugioh sekarang sudah meninggalkan pemakaian Stock Footage(kecuali adegan special summon). Beberapa anime mecha sekarang(meskipun sedikit) seperti Gundam Build Divers Re:Rise masih make stock footage buat adegan transformasi. Kalau anime mahou shoujo ane kurang tahu, kurang risetemoticon-Leh Uga.
Naruto khususnya Shippuden punya cara unik manfaatin Stock Footage ini, yaitu dengan memperbanyak flashback. Lumayan kan menghemat ongkos dan tenaga produksi 700 episode.emoticon-Ngakak


Quote:
Gigi kelinci & Bibir Manyun

Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Kalau diperhatikan, dalam anime lawas apalagi anime anak-anak hampir selalu ada karakter dengan bentuk gigi tonggos kayak Tokichi dan Boyaki di atas. Selain itu ada juga desain karakter dengan mulut manyun seperti Suneo.
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Gak jarang, karakter model ini biasanya ditemani oleh karakter lain yang berbadan gemuk, ataupun cebol. Namun bedanya karakter bergigi kelinci(dan juga yang bibirnya manyun) ini lebih dulu punah memasuki pertengahan 90an, bahkan anime anak-anak maupun komedi sudah jarang menampilkan desain karakter seperti ini. Sedangkan karakter gemuk maupun berbadan pendek masih sesekali muncul pada anime masa kini.
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Tapi mungkin, mereka bukan punah tapi hanya ganti gigi.emoticon-Ngakak (S)
Dalam anime 2000an ke atas, mungkin agan lebih familiar dengan karakter "gingsul" seperti gambar di atas. Gak sekedar gingsul, gak jarang taringnya juga bisa nonjol kanan kiri atau malah giginya tajem semua. Ada juga model gigi yang diwarnain sama dengan warna kulitnya, contohnya Astolfo.
Desain gigi kelinci sendiri sempat bangkit di dekade 2010an, namun dengan tampilan berbeda. Ketika ada karakter berbicara atau buka mulut hanya sebagian depan giginya yang terlihat sehingga seolah punya gigi kelinci(bukan sampai overbite alias tonggos), contohnya seperti dalam anime Love Live! & K-On!.
K-On!

Selain mulut, bentuk mata, rambut, dan jambang juga kerap berubah trennya sesuai jaman.



Quote:
Reaksi Jungkir Balik
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Agan generasi 90an pasti familiar banget sama adegan satu ini. Adegan jungkir balik kepala di bawah kaki di atas biasa terjadi di adegan-adegan lawak, bisa dibilang ini versi anime dari gestur facepalmalias tepuk jidat.
Hal seperti ini umum banget baik dalam anime lawak maupun genre shonen kayak One Piece dan Dragon Ball. Namun beda dari kebanyakan tradisi anime lama, baik anime serius maupun lawak sudah tidak menampilkan ini lagi. Entah karena keseringan dipakai jadi garing atau karena bikin lawakannya jadi terasa maksa.
Kadang, adegan seperti ini tidak melulu digambarkan sampai kaki di atas. Sering juga si karakter hanya terlihat setengah jatuh kayak contoh di bawah.
manga railgun

Sering juga kalau di anime sekarang reaksinya digambarkan dengan suasana hening, disusul ekspresi bingung atau marah.


Eits, belom selesai. Bersambung ke halaman bawah gan emoticon-EEK!
Diubah oleh hyperzectrooper
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Papa.T.Bob dan 56 lainnya memberi reputasi
57
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
03-12-2020 14:34
Quote:
Original Theme Song
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Ane gak tau bagian ini bagusnya dikasih judul apa, theme song blak-blakan? themesong-dengan-lirik-yang-jelas-jelas-menggambarkan-isi-animenya?? emoticon-Hammer (S)
Padahal di poin ini ane lebih ngebahas lirik lagunya ketimbang jenis lagunya sendiri.
8 paragraf


Quote:
Subtitle LirikSadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Hingga tengahan 90an, OP/ED anime apapun genrenya kerap nampilin lirik lagunya dalam bentuk subtitel. Namun kini biasanya cuma anime yang tayang pagi/sore seperti anime anak-anak dan sebagian anime shonen yang masih nampilin subtitel di OP/EDnya seperti Boruto, Conan,dan My Hero Academia. Ukuran teksnya pun makin menyusut dari tahun 60an sampai sekarang.

Selain anime di atas, franchise Gundam pun terakhir make subtitel di seri Turn A Gundam tahun 2000(Gundam AGE kembali make subtitel karena demografinya semua umur, tapi Build Fighter dst gak pake subtitel juga).
Uniknya One Piece & Hunter x Hunter(2011) hanya memakai subtitel untuk OP, tapi tidak di EDnya(pas One Piece masih punya ED tentunya).


Quote:
Penyanyi Pria
Masih soal lagu, mungkin agan sadar kalau lagu anime lebih sering dinyanyikan penyanyi perempuan dibanding laki-laki. Entah sekedar karena penyanyi wanita jumlahnya lebih banyak, atau jangan2 suara perempuan dianggap lebih menarik. Buktinya gak sedikit seiyuwati yang sambilan jadi penyanyi, tapi jarang seiyuwan yang jadi penyanyi, kecuali untuk anime idol cowok yang gak jarang suaranya pas-pasanemoticon-Betty (S).
Karena ane sering ngikutin top list OP/ED anime di yutub, ane coba bandingin seberapa banyak pengisi sontrek pria antara list lagu tahun 80an dengan anime kekinian. emoticon-cystg
itungitungan

Yaa ternyata perbedaannya gak sedrastis yang ane kiraemoticon-Shutup, masih keliatan sih penurunannya, tapi bisa aja hitungannya bias.emoticon-Thinking

Kalau penyanyi pria dewasa tidak begitu drastis berkurangnya, penyanyi anak-anak justru hampir tidak pernah terdengar sejak 90an-sekarang. Beberapa anime lawas populer seperti Ninja Hattori, Time Bokan, P-man, dan Astro Boy padahal dinyanyikan oleh paduan suara anak-anak baik sebagai vokal utama maupun pengiring. Yang ane inget belakangan cuma ending Pokemon 2019 aja yang pakai penyanyi anak-anak.
Wait, paduan suara alias choir sendiri juga sepertinya tidak digunakan lagi, paling dipakainya kalo anime idol idolan ajaemoticon-Ngakak (S).


Quote:
Lagu Barat
Sebenernya ada part keduanya tapi udah dihapus, mungkin gak lama lagi video di atas bakal ilang juga.

Penonton anime JJBA pasti bingung, perasaan lagu-lagu Barat masuk anime baru ngetren belakangan aja, kok dibilang ditinggalkan? emoticon-Mad (S)

Loh gak juga, pemakaian sontrek Barat dalam opening, ending, maupun insert song anime justru jadi tren singkat di akhir 90an-awal 2000an saat anime mulai boom di luar negeri khususnya Amerika Serikat. Justru 1 dekade belakangan lagu Barat dalam anime cuma didominasi oleh anime Jojo ini. emoticon-Ngakak (S)
Bahkan tahukah agan kalau OP2 One Piece pun sebenarnya coveran dari lagu Italia berjudul "Dreamin of You"?
Dreamin of You
Selain lagu-lagu di atas ada juga ED1 Gundam X"Human Touch", OP Romeo x Juliet "You Raise Me Up", dan kebanyakan insert song Initial D(yang paling ngetop tentunya "De Javu").

Kalau sekarang mungkin bukan jamannya make lagu Barat tapi lagu Kpop ya emoticon-Leh Uga


Quote:
Berdiri di Depan Planet
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Akhiran opening dengan pose bersama membelakangi bumi jadi pemandangan umum dalam opening-opening anime action anak seperti Bakugan, Cardfight Vanguard dan anime mecha seperti Gundam SEED & 00.
Kalau klise yang ini kayaknya berkurang bukan ditinggalkan atau dilupakan tapi karena salahsatu pelanggannya yakni anime mecha sudah hampir punah, walaupun kalau lihat anime kid show belakangan ini pun udah berkurang yang OPnya kayak gini.


Quote:
Title Card
Sejak era 60an sampai akhir 90an, judul episode biasa dibuatkan segmen sendiri setelah segmen opening. Umumnya judul episode ditampilkan dalam teks besar dan dibacakan oleh narator maupun suara tokoh utamanya.
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Anime lama seperti Naruto(2001) masih menampilkan title card ditambah suara narator/karakternya. Tapi judul episode Naruto Shippuden hanya dibuat jadi subtitel saja, tanpa suara pula.
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan


Quote:
Mata "Senyum" emoticon-Big Grin
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Wajarnya ekspresi senang atau tertawa dalam animasi digambarin selain dengan mulut tersenyum serta mata melengkung ke atas(seperti huruf U terbalik). Hal ini mungkin akan terus diterapkan di dunia animasi sampai kapanpun ya, tapi dalam anime komedi era 80-90an gambar matanya cenderung lebih melengkung tinggi mirip logo mekdi, kadang malah sampai penuh setengah mukaemoticon-Ngakak (S).

Anime sekarang termasuk genre komedi cenderung lebih "normal" ngegambarin ekspresi mata ini yaitu hanya melengkung sedikit(lebih mirip emoji "emoticon-Ngakak (S)" ketimbang "emoticon-Big Grin") ataupun dengan ekspresi "X)". Hal ini juga berlaku untuk ekspresi merem atau tidur, tapi biasanya dalam anime lama pun tidak digambarkan melengkung jauh seperti ekspresi senang.


Quote:
Adaptasi Novel Barat
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Agan tahu kisah Peter Pan, Jungle Bookdan Wizard of Oz? Pasti tahu dong.
Ingat anime Candy Candy? Remi? Little Women?
Selain sama-sama pernah tayang ulang di Spacetoon, kelima judul anime di atas punya persamaan utama yaitu diadaptasi dari karya novel atau buku cerita Barat.
Meskipun sekilas ceritanya hanya berisi kehidupan sehari-hari warga kampung ataupun cerita fantasi yang orang sudah terlanjur familiar(macam Peter Pan di atas), namun anime kayak gini ternyata laku keras loh di era 70-80an. Mungkin saja anime seperti ini dipandang sebagai alternatif dari banyaknya anime action/mecha yang sarat kekerasan, terutama buat anak perempuan.

Sebagian besar judul anime dengan "genre" ini seperti Remi dan Little Women merupakan bagian dari franchise serial World Masterpiece Theatre.
World Masterpiece Theatre tayang rutin dari tahun 1971 hingga 1996, dan sempat comeback tahun 2007-2009, setiap tahun/musimnya acara ini menayangkan judul adaptasi novel yang berbeda.

Sesudah era World Masterpiece Theatre, anime adaptasi novel/komik Barat masih sesekali muncul di tahun 2000an dengan judul-judul seperti Gankutsuou(Count of Monte Cristo), Radiant, Deltora Quest(well sebenernya ini Australiaemoticon-Hammer), dan beragam adaptasi cerita Sherlock Holmes. Tapi cerita bertema fantasi maupun slice of life sudah tergeser oleh karya-karya penulis Jepang sendiri, seperti Akagami no Shirayuki, Violet Evergarden, ataupun Majou no Tabitabi belakangan ini. Meski begitu sudah jarang anime slice of life(non-komedi) dengan target utama anak-anak dibanding masa 80an ke belakang.
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Bicara tentang fantasi, anime dengan tokoh utama binatang seperti di atas juga sekarang sudah punah. Meskipun anime seperti ini sejak awal jumlahnya juga gak banyak.


Quote:
Efek Strobo
Teknik yang satu ini paling jelas alasannya kenapa berhenti dipakai. Apa lagi kalau bukan kasus Electric Soldier Porygon atau disebut juga "PokemonShock" di tahun 1997. emoticon-Big Grin
Efek kelap kelip silau lebay ini memang bikin adegan tertentu terkesan lebih heboh dan tegang, namun efeknya gak sebanding dengan sakit mata dan sakit kepala yang didapat penonton. Apalagi sebagian orang punya kecenderungan mudah pingsan ataupun gejala epilepsi saat mendapat efek ini.emoticon-Cape d... (S)

Sebelumnya anime seperti Gao Gai Gar(terutama 2 episode awal) dan Yu Yu Hakusho(di episode 38) masih nekat memakai teknik ini. Dalam dunia tokusatsu Kamen Rider Black selalu memakai efek kelap-kelip ini setiap adegan rider kick, namun dihilangkan di versi remasternya(kalau ane lihat di RTV).
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
Sekarang, tak hanya pemakaian sinar strobo berlebihan yang dilarang dalam media manapun, sebagian anime juga selalu diawali peringatan menonton dengan jarak dan pencahayaan yang aman seperti di atas.
Anime action kayak My Hero Academia & Attack on Titan pun sampai membuat efek redup di beberapa adegan(kelihatan banget di OPnya MHA) supaya penonton gak silau.


Quote:
Nudity
Agan yang merasakan gelombang anime awal 2010an mungkin ingat masa-masa tiap musim muncul anime ecchi kayak Highschool DxD, To Love-Ru, ataupun Seikon no Qwaser. Gak tanggung2, meskipun katanya genre shonen tapi anime2 tersebut gak segan nampilin telanjang dada(ahem.. pentil) terutama di versi uncensorednya.
Gak cuma itu, unsur kancut alias pantyshot dan juga "jiggle physics" yang lebay sering tampil pada anime keluaran 2004-2013an.
Ane sendiri ketika dulu nyoba nonton macem-macem anime mecha jadul agak surprised ternyata lumayan banyak juga anime dulu yang berani nampilin BB bahkan termasuk anime semua umur macam Gundam(dari yg pertama sampai Victory juga Turn A), Dragon Ball pertama, dan Gao Gai Gar sekalipun. Selain nudity perempuan, ane juga pernah nonton Chibi Maruko-chan di Spacetoon ada adegan temennya mau berenang bugil tit*tnya beneran diliatin.emoticon-Ngakak

Sedikit sejarah, konten nudity sebelum 2010an sudah sempat tenar di akhir 90an mengikuti munculnya anime-anime mature seperti Evangelion. Namun tren fanservice berupa jiggle physics baru naik tahun 2000an, 90an ke belakang malah hampir tidak pernah ada karakter dengan oppai besar seperti yang umum sekarang.

Mungkin ada dua penjelasan terkait tren ini, anime yang bukan genre ecchi seperti Gundam dan Code Geass mungkin sudah nurut sama aturan sensor. Dan mungkin gak akan nampilin BB lagi selain di Movie atau OVA. Itu sebabnya Dorohedoro, JJBA, ataupun Fate Stay Night gak bisa nampilin nipple seperti di sumber karya aslinya.
Sedangkan untuk anime ecchi, ya mungkin orang sudah bosan dengan gag anime ecchi yang itu-itu aja. Apalagi banyak anime non-ecchi juga udah biasa nampilin adegan fanservice baik sekedar mandi, onsen, atau sampe pegang-pegang organ.emoticon-Betty (S)
Tapi belakangan ane lihat muncul lagi judul-judul yang sedia "versi haram" kayak Overflow, Peter Grill dan Ishuzoku Reviewer. Siapa tau tren anime BB akan bangkit lagi.
Oh iya, ngomongin jiggle2 dan pantyshot barusan, ane denger kedua unsur ini juga sudah makin jarang muncul juga di anime sekarang.




Lain-lain


Gimana, udah tercengang belom ganemoticon-Big Grin. Memang kebanyakan poin dari yang ane bahas di atas tidak sepenuhnya ditinggalkan, ada yang berubah ngikutin jaman, ada pula yang menghilang lalu timbul lagi. Kalau menurut agan bagian mana yang paling agan kangenin dari anime jaman dulu?
Atau mungkin agan nemu ciri khas lain dari anime lama yang belum ane bahas disini? emoticon-Big Grin
Sekian thread semi faedah dari ane mudah-mudahan agan terhibur. Dan sekali lagi, mohon koreksi apabila ada kesalahan dalam thread ini.
emoticon-cystg



Diubah oleh hyperzectrooper
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bubba75 dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
03-12-2020 20:21
Tritnya kurang rapi emoticon-Frown emoticon-Frown

Kangen ama eye-catch, utamanya yang unik-unik kayak Haikyuu S1 emoticon-Big Grin
Kekkaishi pake yang model naro judul di pojok bawah. Jeda iklannya bisa ampe 2 kali dalam 1 episode.

Soal Narator, Kaguya naratornya emang bawaan kocak komiknya. Jadi kalo gak dimasukin bakal ilang kocaknya emoticon-Big Grin

Trus midnight anime disana berarti sama kayak advertorial TV lokal disini ya? Satu slot dipake penyedia konten. Beda ama disini yang nayangin midnight anime cuma buat ngisi slot kosong (atau masalah sensor) yang mungkin gak selalu ada iklannya emoticon-Hammer2

Midnight anime disana sekarang ada iklannya juga gak? Jadi inget dulu iseng baca thread Madoka dari awal, iklannya yang ikutan muncul jadi bahan lelucon emoticon-Big Grin

morning rescue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KOROZOM dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
04-12-2020 07:48
isi tritnya banyak jadi bingung komen yang mana emoticon-linux2

mungkin udah jarang dipake karena untuk efisiensi animasinya emoticon-Thinking

bentar ane summon mastahnya dulu @arai01 @comrade.frias
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakbims dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
04-12-2020 09:25
Wow bahasan yang menarik juga ini.
Terima kasih @grenademan24 udah dimention.
==============

Ok, lebih baik ini definisikan dulu sih, anime yang jadul kriterianya seperti apa, supaya batas2nya jelas. Karena tiap orang mungkin punya keriteria berbeda. Kalo jadul menurut tahun rilis, misalkan 2005 ke bawah. Atau menurut aspect ratio, misalkan jadul kalo 3:4. Atau yang lainnya...

EYECATCH
Iya baru nyadar juga ini ciri yang udah mulai jarang. Terakhir notice eyecatch di Charlotte apa yah. Itu pun 2015. Umumnya anime2 produksi Key punya eyecatch. Kamisama ni natta hi punya enggak ya, lupa. Eyecatch yang menurutku berkesan: Inuyasha, Gurren lagann, One punch man. Biasanya kan eyecatch dipasang di pertengahan, berrti pas tayang di Jepang itu mereka hanya punya satu segmen iklan ya? Ini ane juga belum tau. Kalo iya, mantep banget.

Narator
Ini mengalami pergeseran. Dari narator pihak ke-3, menjadi pihak pertama. Bisa jadi karena budget juga, menghemat biaya seiyuu kalo ditugaskan ke seiyuu yg maen karakter juga. Secara gaji seiyuu itu bukan berdasarkan per line dialog, tapi durasi maen. Eh tapi kalo source materialnya emang menuntut begitu mau gimana lagi yah. Kalo soal bakal menjadi distraktor apa engga, ini tergantung genre sih. Kalo emang serius ya bisa jadi mengganggu. Kecuali Hunter x Hunter 2011 yang naratornya bisa bikin epik. Kalo romcom ane rasa engga masalah yah. Nah kalo drama seinen, ane pengen ada narator malah, kalo bisa naratornya Morgan Freeman biar sendu2 bijak gituemoticon-Big Grin

Karakter Laki-laki Suara Perempuan
No comment, kudu liat2 dulu sih di staff.

Sound Effect Dramatis
Ane rasa enggak yah. Kebanyakan jump scare punya ini. Contoh di The Promised Neverland. Beberapa komedi juga masih punya ini, terutama untuk efek lebay kalo karakter mengalami mental breakdown, depresi, dsb.

Background Dramatis
Relatif sih. Karena teknik speed line bukan satu-satunya cara untuk memberikan kesan cepat, bisa juga dengan 3d background movement, atau motion blur. Tapi ya speed line memang efektif untuk tujuan itu. Background dramatis juga masih dipake pas karakter menyadari sesuatu, efeknya kayak listrik gitu.

Jumlah Episode
Oh ini.. Long run mungkin maksudnya. Anime long run tidak dirilis berdasarkan musim/season, tapi gelondongan mengikuti source material. Ini sih emang udah jarang, karena anime2 long run yang lama2 pun masih banyak yang belum tamat. Nah yang masih tayang juga studionya itu2 terus: kalo gak Pierrot, Toei, ya Sunrise. Berat itu beban kerjanya. Makanya anime2 long run kualitasnya jarang yang konsisten. Anime long run juga rawan milking dan filler. Again, media anime itu utamanya sebagai promosi dari source material, sehingga lebih profitable kalo mengadaptasi banyak judul sekaligus tapi pendek2 dibanding berdedikasi untuk satu judul panjang. Itu sih dari sudut pandang kapitalisnya.

Jam tayang
Eh iya tah? Gatau aneemoticon-Ngacir
Mungkin pihak sononya emang menargetkan audiens dewasa, sedangkan yg shonen2 lebih di waktu prime.

Postcard Memory
Ini mah shonen banget yah. Tapi emang udah jarang. Terakhir notice waktu Kuroko no Basket. Kayaknya sih cukup sulit nyari momen epik yang cocok buat dibikin kayak gini.

Repeating Cut
Iyah semakin flashback atau recap dihindari, semakin jarang muncul repeating cut. Tapi komedi2 aslinya bisa juga memanfaatkan ini.

Tongos
Iya ini pergeseran gaya desain aja.. Biasanya karakter yang punya fitur ini itu karakter lucu. Terakhir notice di MHA, Mineta. Well mungkin ntar bakal muncul penggantinya, who knows

Reaksi Jungkir Balik
Wah ini joke jadul banget nih. Di Osomatsu-san masih ada. Itu pun emang disengaja buat membangkitkan nostalgia.

Original Theme Song
Betul ini, udah hampir ilang sama sekali. Terakhir notice di Kabaneri. Rasanya kayak terjebak di lorong waktu kalo denger judul anime dinyanyiin di OPemoticon-Big Grin

Subtitle Lirik
Buset yang gak penting2 gini disebutin, effortnya mantepemoticon-Ngacir

Penyanyi Pria
Ane aja lebih suka vokal cewe daripada vokal cowo kokemoticon-Embarrassment

Lagu Barat
Wait, bukannya ini dari dulu juga proporsinya juga udah jarang yaemoticon-Amazed

Title Card
Yah ini mungkin karena budget juga. MEndingan nulis title kecil aja di pojokan frame dibanding segede gaban di center. Gintama tuh tanyain aja, kurang epik apa title card mereka sampe selayar penuh sama tulisan yang sama sekali gak sangkut pautnya dengan isi episodeemoticon-Bingung

Mata "Senyum" emoticon-Big Grin
Ini pergeseran style aja.

Efek Strobo
Nah ini pernah dibahas sama agan @comrade.frias di threadnya https://kask.us/iFJ4E

Nudity
Yah ini imbas dari semakin banyaknya kaum konservatif yang intoleran dengan konten BB. Gak heran sih, jadinya batas mana anime vulgar dan aman makin jelas.

============
Overall, "hal" yang mulai ditinggalkan itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tren pasar, jenis audiens, pergeseran moral dan etika, penemuan teknik-teknik baru, serta feedback dari penonton. Tidak menutup kemungkinan "hal-hal" yang sekarang populer akan ditinggalkan juga dan dianggap jadul di masa mendatang. Lagi pula, semua yang ada di masa sekarang akan menjadi artefak di masa depan, baik itu berupa manusia maupun karya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zenmalik dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
04-12-2020 10:19
Quote:Original Posted By arai01
Wow bahasan yang menarik juga ini.
Terima kasih @grenademan24 udah dimention.
==============

Ok, lebih baik ini definisikan dulu sih, anime yang jadul kriterianya seperti apa, supaya batas2nya jelas. Karena tiap orang mungkin punya keriteria berbeda. Kalo jadul menurut tahun rilis, misalkan 2005 ke bawah. Atau menurut aspect ratio, misalkan jadul kalo 3:4. Atau yang lainnya...
Mantul, komen begini yang ane harapkan emoticon-Toast

Agak bercampur sih kriterianya emoticon-Hammer
Mayoritas patokannya tahun 2000 ketika udah alih ke animasi digital, tapi ada juga poin yang justru naiknya era 2000 kayak nudity itu.
Quote:Original Posted By arai01

EYECATCH
Narator

Kamisama ni natta gak ada eyecatch gan.
Inuyasha contoh bagus juga tuh, soalnya Yashahime eyecatchnya cuma judul di pojok doang macam tipe 4 yg ane bilang.

Mungkin segmen iklan lainnya ditaro habis opening, atau di sela acara kyk spacetoon. Kalo gak salah sehabis ending itu ada segmen iklan dulu baru lanjut preview next episod, tapi gk tau berlaku di anime midnight ato nggak. emoticon-Bingung (S)

Justru ane nyebut narator bisa rusak suasana itu karna teringat HxH, walopun ane sendiri juga fine-fine aja nontonnya emoticon-Ngakak
Soalnya di fandom HxH sering debat panas juga apakah di manganya perlu dikit-dikit dikasih penjelasan panjang lebar(wall of text).
Quote:Original Posted By arai01

Background Dramatis

Jumlah Episode

Jam tayang

Soal Background itu ane keinget Gundam Unicorn, pas adegan "newtype flash" itu kerasa banget kesan jadul dari coloring & sfxnya. Makanya ane ada feeling efek kayak gini identiknya sama anime jadul, cuma mungkin kalo sfx makin kesini mungkin makin subtle jadi ane jarang sadar pas nonton emoticon-Bingung (S)

Mau nulis Long Runner tapi gak yakin ngepas, soalnya identik sama yang diatas 150 ep.
Ane coba ganti jadi "Non-Seasonal Anime" kali ya, meskipun agak misleading juga soalnya anime 50 episode pun masih bisa dianggep 1 season kalo tayangnya gak jeda emoticon-Bingung (S)

Soal midnight anime dah ane cantum di sumber, di wikipedia ada artikelnya. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By arai01

Tongos

Lagu Barat

Nudity
============
Overall, "hal" yang mulai ditinggalkan itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tren pasar, jenis audiens, pergeseran moral dan etika, penemuan teknik-teknik baru, serta feedback dari penonton. Tidak menutup kemungkinan "hal-hal" yang sekarang populer akan ditinggalkan juga dan dianggap jadul di masa mendatang. Lagi pula, semua yang ada di masa sekarang akan menjadi artefak di masa depan, baik itu berupa manusia maupun karya.

Njir ane sendiri baru sadar Mineta termasuk juga emoticon-Hammer2

Lagu Barat dari jarang jadi makin jarang, soalnya 1997-2005 itu tiap tahun selalu ada yang pake.

Yang ane peratiin anime sekarang yang ecchi berat malah banyakan temanya seks. Beda dari DxD dan To Love Ru dulu. Unik juga kalo dipikir yang ecchi berkurang tapi yang ala-ala hentong malah naik.
Diubah oleh hyperzectrooper
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KOROZOM dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
04-12-2020 12:51
Ane jadi penasaran lagi nih ama lagu barat murni yang dipake buat anime. Dulu keknya ada yang pernah bikin thread.nya di Kaskus, cuman lupa apa judulnya emoticon-Big Grin

Lagu barat yang jadi OP anime cuma tau 2 judul doang. Boa - Duvet buat Serial Experiments Lain dan Oasis - Falling Down buat Higashi no Eden emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
profile-picture
KOROZOM dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:20
Gile detil bangat bahasannya gan
profile-picture
KOROZOM memberi reputasi
1 0
1
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:21
Waks, perhatian bngt nih agan ts nya, bs bedakan bnyk hal dr anime2 jadul dgn anime2 masa kini.... emoticon-Matabelo
Diubah oleh yoseful
profile-picture
KOROZOM memberi reputasi
1 0
1
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:25
emoticon-Matabelo isinya komplet
0 0
0
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:27
Jagoan BUNUH DIRI...???jadi tringat sama BOKAPNYA KAKASHI... emoticon-Embarrassment
profile-picture
KOROZOM memberi reputasi
1 0
1
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:27
Kaskus ERROR ..!!!!!!
profile-picture
profile-picture
rejectedkids dan KOROZOM memberi reputasi
2 0
2
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:40
bujug ternyata beneran panjang tridnya.. emoticon-Hammer (S)
profile-picture
KOROZOM memberi reputasi
1 0
1
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:42
Udah lama gak ngikutin anime. emoticon-Hammer2

Dunia hiburan itu dinamis, makanya banyak konsep masa lampau mulai ditinggalkan.
profile-picture
KOROZOM memberi reputasi
1 0
1
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:42
Mantul niat banget bikin tritnya
emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
KOROZOM dan b4breakk memberi reputasi
1 1
0
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:45
alah otaku kampret

btw fumoffu lmyn emoticon-Traveller
profile-picture
KOROZOM memberi reputasi
1 0
1
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:47
gak nyagka ternyata aku generasi anime lama yaaa emoticon-Ngakak karna semua kriteria ada disemua anime yang aku inget,, udah lama juga sih gak nonton anime ,, padahal perasaan aku baru juga deh wibu paradox banget emoticon-Cape d...
profile-picture
hyperzectrooper memberi reputasi
1 0
1
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:55
Ane sependapat sih, tapi jarang perhatiin detail detail gitu
0 0
0
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 05:58
jejak dlu ya gan, ntr bacanya klw lgi santai emoticon-Big Grin
profile-picture
hyperzectrooper memberi reputasi
1 0
1
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 06:01
hanya wibu yg mengerti ini .. emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Sadar gak? Beberapa Hal Dalam Anime Jadul yang Kini mulai Ditinggalkan
05-12-2020 06:07
Wah kereen pembahasannya detail , harusnya dibikin video yutub pasti makin keren gan.
Btw Efek chibbi belom disebutin, dulu sering banget karakter tiba2 jadi cebol biasa pas ngejoke atau pas op/ed
Diubah oleh javans
profile-picture
hyperzectrooper memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia