Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
4
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc88d04a2d195176834abed/coc-buku-review-novel-berlabuh-di-lindoya-cinta-ternyata-menyembuhkan-luka-luka
Review Novel Berlabuh di Lindoya. Awalnya aku kira ini buku terjemahan soalnya nama penulisnya itu K. Fischer. Ternyata itu nama pena dari Ir. Kusumastuti sebagai penulisnya. Beliau ini sudah aktif berkarya dari kecil. Beratus artikel juga buku-buku hasil karyanya sudah banyak diterbitkan. Gaya menulisnya juga menarik, apalagi setting buku yang akan direview ini ada di Norwegia.
Lapor Hansip
03-12-2020 14:00

[COC Buku] Review Novel Berlabuh di Lindoya, Cinta Ternyata Menyembuhkan Luka-luka

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Review Buku


Halo book lovers, ada lagi nih satu buku karya anak bangsa yang keren banget. Awalnya aku kira ini buku terjemahan soalnya nama penulisnya itu K. Fischer. Ternyata itu nama pena dari Ir. Kusumastuti sebagai penulisnya.

Beliau ini sudah aktif berkarya dari kecil. Beratus artikel juga buku-buku hasil karyanya sudah banyak diterbitkan. Gaya menulisnya juga menarik, apalagi setting buku yang akan direview ini ada di Norwegia. Sudah pasti kebudayaan dan keindahan alam Norwegia yang mendominasi cerita di dalamnya.


[COC Buku] Review Novel Berlabuh di Lindoya, Cinta Ternyata Menyembuhkan Luka-luka


Quote:Buku adalah jendela dunia


Judul : Berlabuh di Lindoya
Penulis : K. Fischer
Penerbit : Gramedia
Terbitan pertama : 2015
Jumlah halaman : 280
Desain sampul : Orkha Creative

[COC Buku] Review Novel Berlabuh di Lindoya, Cinta Ternyata Menyembuhkan Luka-luka


Karakter

Ada banyak karakter di dalam buku ini tapi yang aku bahas di sini dua karakter utama ditambah tiga karakter pembantu utama.

Yang pertama adalah Sam atau Putri. Sam seorang wanita cerdas dengan IQ di atas rata-rata. Prestasi akademiknya memudahkan Sam mendapatkan pekerjaan di Norwegia. Sam seorang pekerja keras dan gigih. Ia juga supel dan sebenarnya terbuka, hanya saja luka di masa lalunya membuat ia penuh curiga. Sam pecinta seni juga senang memasak.

Rasmus adalah seorang lelaki periang. Rasmus sangat suka memancing dan bergaul dengan anak muda. Hobinya ini pernah membuat Sam berpikiran negatif padanya. Padahal Rasmus orang yang baik, sangat terbuka, menghargai orang lain, dan tidak pernah berprasangka negatif. Rasmus mempunyai sifat penyayang dan pelindung.

Bunda seorang ibu panutan bagi Sam. Bunda sangat berprestasi dalam pekerjaan, dan ini sangat dicontoh oleh Sam. Bunda sangat menyayangi Sam, anak satu-satunya.

Deri pemuda kaya yang sok kaya dan tampan. Penampilan dan materi jadi modal utamanya dibanding kejernihan pola pikir. Sifat otoriter mendominasi karakter antagonis ini. Keotoriteran Deri telah membuat hidup Sam menjadi gelap dan sunyi.

Inga seorang rekan kerja kesayangan Sam. Inga sangat perhatian dan keibuan, ia sangat mendamba Sam bahagia dan terbuka dengan seorang pria. Inga senang karena akhirnya Sam mau terbuka pada Rasmus.


ALUR

Novel Berlabuh di Lindoya memiliki alur campuran. Alur maju dan flashback. Alur cerita dalam novel ini dimulai ketika Sam di Norwegia. Sedangkan alur flashback digunakan ketika penulis menceritakan kisah Sam di Indonesia. Cerita-cerita yang menjelaskan mengapa Sam sampai melarikan diri ke negara Norwegia. [/I]

Review

Putri Samahita sama sekali tidak mengira apabila hidupnya yang bahagia akan berujung penderitaan jiwa. Pertunangannya dengan Deri membawa Sam terjerumus pada peristiwa mengerikan. Kebanggaannya sebagai seorang wanita direnggut tanpa rasa kasihan.

Panik, kecewa, dan takut membuat Sam nekat melamar kerja ke Norwegia. Maksudnya sudah jelas ingin menyembunyikan kejadian naas itu dari Bunda. Sam ingin membuang semua masa lalunya, dan memulai kehidupan Baru di negara lain.

Tidak disangka karier Sam melejit di luar negeri. Sam dihormati kolega-koleganya, tapi ia tetap tertutup dan tidak pernah mau bergaul lebih dalam lagi. Sam sangat benci pesta, ketakutannya pada pesta sangat dalam. Sam tidak sadar, pengabaiannya pada kejadian di pesta Mona telah menorehkan luka yang makin dalam di dirinya. Sam tidak sadar kalau ia menderita ketakutan yang sangat akan masa lalu, ketakutan yang bisa membuat Sam menjatuhkan diri ke dalam laut.

Atasan Sam kemudian menugaskan ia ke sebuah pulau di Oslo. Lindoya adalah sebuah pulau yang indah. Sam beruntung karena Inga punya rumah di Lindoya. Awalnya Sam senang karena mengira pulau itu sepi. Tapi ia kecewa karena ternyata malah mendapat tetangga Rasmus.

Rasmus sendiri menyimpulkan kalau Sam aneh dan tidak ramah. Tapi ia berusaha tidak berpikiran negatif tentang Sam. Rasmus malah beberapa kali menawarkan pertolongan pada Sam. Termasuk pemanas portable yang sengaja dipinjamkannya ketika tahu di rumah Inga tidak ada pemanas.

Rasmus tidak tahu kalau Sam siap menusukkan pisau lipat yang selalu Sam bawa padanya di malam hujan es turun. Sam sangat takut pada pria, apalagi malam itu Rasmus masuk ke dalam rumahnya untuk membantu menyalakan listrik. Sam panik dan memegang pisaunya erat-erat.

Pemanas yang dipinjamkan Rasmus sedikit melunakkan hati Sam. Apalagi setelah Sam mau menerima undangan Rasmus di pesta kebudayaan Norwegia. Di pesta itu Sam berkenalan dengan semua teman Rasmus juga anak muda lainnya.

Sebuah pencerahan membuka mata Sam tentang Rasmus, apalagi setelah tahu pekerjaan mulia Rasmus. Musik dan seni telah menyatukan hati keduanya. Sam sangat menikmati masa magangnya di gedung opera, tempat Rasmus dan teman-temannya berkarya. Tanpa sadar benih cinta mulai tumbuh diantara mereka.

Rasmus kemudian menyadari ada yang aneh di diri Sam. Sam sangat panik ketika dekat dengannya pada saat ada suara musik pesta dari sebuah kapal. Sebuah depresi mendalam yang sangat membahayakan tergambar jelas di wajah Sam. Namun Rasmus tetap menerima Sam setelah wanita itu menceritakan alasannya.

Sayangnya Deri telah membuat Sam harus kembali ke Indonesia. Rasmus sangat kecewa dengan keputusan Sam dan memutuskan untuk pergi dari Lindoya. Sam patah hati ketika kembali ke Oslo dan tidak mendapati Rasmus di Lindoya.


KESIMPULAN

Menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja akan sangat menyesatkan. Seringkali yang kita simpulkan tentang seseorang itu hanya berupa prasangka negatif kita saja.

Tidak ada manusia yang tidak berguna, semua membutuhkan kesempatan. Seperti juga anak-anak berkebutuhan khusus yang dididik oleh Rasmus.

Masa lalu seseorang tidaklah menjadikan masa kininya tiada. Kesalahan masa lalu adalah pembelajaran untuk masa kini. Memaafkan diri sendiri dan masa lalu juga salah satu kunci kebahagiaan di masa kini. Seperti yang dilakukan Sam ketika akhirnya ia terbuka pada Bunda. Seperti yang dilakukan Rasmus ketika menerima Sam apa adanya.

KESAN

Aku terkesan dengan apiknya alur cerita dalam novel ini. Selain itu berbagai kebudayaan Norwegia digambarkan gamblang dalam buku ini, jadi penasaran sama Norwegia akunya.

Simpel tapi mengena, itu kesan aku tentang cerita percintaan di dalamnya. Tahap demi tahap perkenalan kedua tokoh utama hingga mereka jatuh cinta manis sekali ceritanya.

Konflik yang memisahkan mereka berdua juga bikin gereget dan penasaran sama ending ceritanya.


Nah, book lovers, novel ini menurut aku cukup apik alur dan ceritanya. Bisa juga mulai dibaca dari usia 17 ke atas, soalnya tiap adegan mesranya dituliskan secara sopan oleh si penulis.

Penasaran enggak? Baca yuuk, biar sama-sama tahu indahnya pulau Lindoya.



Sumber : dokumen pribadi
Diubah oleh Laditachuda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[COC Buku] Review Novel Berlabuh di Lindoya, Cinta Ternyata Menyembuhkan Luka-luka
03-12-2020 14:01
Maniiis endingnyaa
profile-picture
bintang105 memberi reputasi
1 0
1
[COC Buku] Review Novel Berlabuh di Lindoya, Cinta Ternyata Menyembuhkan Luka-luka
09-12-2020 17:14
Yap gan cinta bisa menyembuhkan luka batiin...
profile-picture
Laditachuda memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Buku] Review Novel Berlabuh di Lindoya, Cinta Ternyata Menyembuhkan Luka-luka
25-12-2020 20:49
Ya benar2, selain cinta yg bisa menyembuhkan luka cuma waktu
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia