News
Batal
KATEGORI
link has been copied
222
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc85fc48d94d007bb13d2e7/jokowi-marah-kinerja-luhut-panjaitan-disorot
Pagi itu, Senin 30 November, Jokowi pimpin rapat terbatas. Di sebelah kirinya dengan jarak dua meter, hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Mendampingi di sebelah kanannya, hadir Mensesneg Pratikno. Di depannya, ada Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menkes Terawan serta Menkeu Sri Mulyani.
Lapor Hansip
03-12-2020 10:47

Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot

Past Hot Thread
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan DisorotJokowi pimpin ratas covid. ©2020 Merdeka.com/biro pers Istana


Wajahnya masam, sesekali dahinya mengernyit, Presiden Jokowi tampak kesal melihat laporan kasus Covid-19 di RI melonjak tajam. Matanya bahkan tak mau melihat para menteri yang ada di sekelilingnya. Terus memandangi data di gawainya saat bicara. Sesekali hanya melirik ke kanan dan ke kiri, lewat ujung mata, tanpa menoleh.


Pagi itu, Senin 30 November, Jokowi pimpin rapat terbatas. Di sebelah kirinya dengan jarak dua meter, hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Mendampingi di sebelah kanannya, hadir Mensesneg Pratikno. Di depannya, ada Menko PMK Muhadjir Effendy dan Menkes Terawan serta Menkeu Sri Mulyani.
"Ini semuanya memburuk semuanya!” ucap Jokowi kesal.


Jokowi menyampaikan data Covid-19 yang naik dan memburuk. Dia menyinggung persentase rata-rata kasus aktif yang meningkat menjadi 13,41 persen. Minggu yang lalu masih 12,78 persen.


Persentase rata-rata kesembuhan dari Covid-19 yang menurun dari 84,03 pada 23 November 2020 menjadi 83,44 persen, juga disinggung Jokowi.
Perhatian Jokowi juga tertuju pada kenaikan drastis kasus aktif pada dua dari 9 provinsi yang menjadi fokus pengendalian penyebaran virus Corona. Dua provinsi itu ialah Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Adalah Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang diberi tanggung jawab oleh Jokowi untuk menangani Covid-19 sejak 14 September 2020. Luhut membawahi 9 Provinsi yakni, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua dan Bali.

Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
©2020 Merdeka.com

Luhut bahkan telah mengundang seluruh kepala daerah di Jawa untuk rapat koordinasi. Dalam rapat itu, Luhut mengungkap, diberi waktu dua minggu untuk mengendalikan Covid-19.

"Presiden perintahkan dalam waktu dua minggu kita harus bisa mencapai tiga sasaran yaitu penurunan penambahan kasus harian, peningkatan recovery rate dan penurunan mortality rate," kata Luhut, 15 September lalu.
Namun, penunjukan Luhut untuk menangani Covid-19 menuai kritik. Bahkan, kinerja Luhut kini menjadi sorotan karena kasus Corona justru terus meningkat.
Mengutip data Satgas Covid-19 pada 1 Desember 2020, terjadi penambahan sebanyak 5.092 kasus positif. Pasien meninggal karena Covid-19 juga bertambah, kini menembus angka 17.081. Meningkat 136 dari data kemarin yang masih 16.945 orang.


Epidemiolog asal Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menilai, kerja Luhut belum terlihat. Dia menilai, Luhut belum berhasil tangani pandemi Corona di 9 provinsi besar.


"Fakta hingga saat ini belum berhasil," kata Dicky saat dihubungi merdeka.com, Rabu (2/12).


Dicky mengatakan, seharusnya pengendalian pandemi di Indonesia dipegang oleh kementerian kesehatan. Terbukti Kemenkes berhasil meredakan penyakit dan wabah. Mulai dari TBC, malaria, flu burung.


"Harusnya menteri kesehatan, yang melead. Bahwa ada pro dan kontra terkait menkes ya itu di luar dari kondisi, siapapun karena yang bergerak, kompetensi dan skill ya itu Kemenkes dan itu sudah terbukti," kata Dicky.


Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
©2020 Merdeka.com/istimewa


Dia pun tidak jadi masalah jika menteri lain yang ditugaskan untuk menangani pandemi Covid-19. Tetapi, dia menegaskan kembali leading sektornya adalah Kemenkes.


"Kita tidak boleh berdasarkan orang perorang, karena ini harus by system. Saya termasuk tidak melihat efektifitas dari penunjukan baik itu ad hoc pada sosok-sosok figur tertentu. Harus by system terlepas setuju atau tidak menkes karena bekerja bukan menteri kesehatan jajaran birokrasinya ini yang akan bergerak dan tidak musti menkes yang handal memahami benar pandemi," ungkap Dicky.
Hingga berita ini diturunkan, merdeka.com tidak berhasil mengontak Menko Luhut. Begitu pula dengan juru bicaranya, telepon dan WhatsApp merdeka.com tak berbalas.


Namun Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menekankan, peringatan Jokowi tak cuma ditujukan untuk para menteri di jajaran kabinet. Tapi juga jajaran kepala daerah dan juga masyarakat itu sendiri.
"Sekali lagi, bukan hanya kepada pemerintah, pemerintah daerah, tetapi seluruh masyarakat harus aware bahwa terjadi kenaikan dari minggu kemarin. Untuk itu, ini menjadi semangat bersama untuk meningkatkan kesadaran kembali. Intinya ada di situ," terang Moeldoko.


Seolah Tak Ada yang Lain
Kritik terhadap Luhut juga datang dari Anggota Komisi IX DPR yang membidangi kesehatan Netty Prasetiyani. Politikus PKS ini mengaku sudah berkali-kali menyampaikan kritik terkait penunjukan Luhut yang tidak pernah menyentuh bidang kesehatan. Dia menilai, seharusnya Menkes sebagai leading sector dalam penangan pandemi.

"Oleh sebab itu, bukan hal aneh kalau sekarang angka kasus Covid di Jateng dan DKI meningkat, karena sejak awal yang jadi ujung tombaknya bukan Kementerian yang bersentuhan langsung dengan bidang kesehatan," kata Netty.
Netty juga tidak yakin dengan kinerja Luhut yang pernah mengemban berbagai jabatan di masa pandemi. Mulai dari menjadi Plt Menteri Perhubungan saat Budi Karya terpapar Covid-19, menjadi penanggungjawab penanganan Covid-19, hingga plt Menteri KKP.

"Hal ini dapat mengundang pertanyaan publik, kenapa begitu, seolah pembantu Presiden tidak ada yang lain," ungkap Netty.
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
©DPR.GO.ID

Netty pun merasa kinerja penanganan Covid-19 di 9 provinsi harus segera dievaluasi. Apalagi beberapa minggu kemarin Jawa Tengah dan DKI Jakarta menjadi penyumbang penambahan kasus di Indonesia.

"Kinerja penanganan Covid-19 di 9 Provinsi ini harus dievaluasi. Mana janji akan segera menyelesaikan persoalan Covid-19 di 9 provinsi tersebut? Presiden seharusnya mengevaluasi penunjukkan tersebut, jangan malah menyalahkan kepala daerah," ungkap Netty.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid 19, Doni Monardo, mengatakan, Presiden Joko Widodo memintanya bekerja keras dalam menangani Covid-19. Tak hanya dirinya, permintaan serupa disampaikan kepada menteri terkait dan kepala daerah.

Permintaan ini disampaikan Jokowi setelah kasus aktif Covid-19 meningkat. Pekan lalu, persentase kasus aktif Covid-19 nasional masih 12,78 persen, kini naik menjadi 13,41 persen.
"Bapak presiden meminta kami untuk bekerja keras," ujarnya, Selasa (1/12).
Di saat kasus aktif Covid-19 meningkat, persentase kesembuhan Covid-19 merosot. Doni menyebut, pekan lalu kesembuhan Covid-19 berada di angka 84,03 persen. Sedangkan pekan ini turun menjadi 83,44 persen.

Meski persentase kesembuhan menurun, Doni mengklaim penanganan Covid-19 di Indonesia lebih baik dibandingkan dunia. Hal itu ditandai dengan persentase kesembuhan Covid-19 Indonesia lebih tinggi dari rata-rata dunia.
"Angka kesembuhan global sekarang ini berada pada posisi 69,04 persen, sedangkan kita adalah 83,44 persen," jelasnya.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menambahkan, Jokowi juga meminta kepada menteri, kepala lembaga hingga masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19. Menurutnya, pandemi Covid-19 masih berlangsung sehingga potensi penularan tinggi.

”Dengan peringatan bapak presiden ini membuat kita senantiasa tetap waspada," tandasnya. 



https://www.merdeka.com/peristiwa/jokowi-marah-kinerja-luhut-panjaitan-disorot-hot-issue.html

"PEMIMPIN PINTAR PASTI AKAN MEMILIH KEPADA AHLINYA"

SITU YG MILIH

JADI...NIKMATI AJA LAH HASILNYA emoticon-Ngakak
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 48 lainnya memberi reputasi
47
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 10:48
apa kata manajer deh.
Makin susah dapat rs covid

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 10:48
hilih, tenane lek?
profile-picture
profile-picture
gagan23 dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 10:50




seperti yang sudah sudah emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 10:55
Kepala..pundak..l**ut lagi..l**ut lagi..emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
totaldespair13 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 11:04
tolong test nya dikurangin ya

biar cepat selesai nih copid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 11:05
takut sampai tak berani menatap emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut

lord memang manajer yg menakutkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 11:20
marah lanjut kaget lanjut terkedjoet.
nggak ada yang baru.emoticon-Ngakak
proyek infrastruktur lagi tersendat, jadi nggak ada kerjaan karena nggak ada pita yang bisa digunting.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general_necvoc dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 11:24
Kenapa ga di coba darurat sipil? Lockdown kan ga mau. Ini kalo ga diteken angka covid nya, ekonomi makin merosot. Ampir 1 taun covid nya , tapi penanganan nya masi abu abu ampe sekarang. Bentar lagi liburan, covid nya nambah lagi 🥴 ekonomi makin semerawut. Cepat ambil keputusan pak, sebelun terlambat , bisa ancur lebur pak 🙏🙏🙏
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EvoltoCiao dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 36 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 36 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 11:27
marah sambil menunduk menatap gadget gak berani menatap anak buah, cuma lirik kanan kiri
emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salafasy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 11:29
Gitu dong, ngegas
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 12:10
Gimana kata2 Direktur aja.
Selama vaksin belum ada kasusnya meningkat terus. Tetap semangat aja dan tetap dijalankan protokol kesehatannya.
profile-picture
anu.ku.l memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 12:13
Ntar opung balik marah baru tau. emoticon-Takut
0 0
0
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 12:51
Dengan segala hormat Pak Presiden, tunda dulu PILKADA...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
salafasy dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 12:56
kalo luhut gak berhasil atasi covid, wajar, maklum, bukan bidang dia
tapi kalo terawan yg gak berhasil atasi covid, itu baru layak di reshuffle

Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
Diubah oleh prabowosandii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend.. dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 13:08
marahnya extraordinary ga
profile-picture
profile-picture
totaldespair13 dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 13:37
pemerintah pusat aja nggak bisa atur pemda. banyak kepala daerah kena covid19, tanda mereka nggak bisa jadi teladan & nggak bisa diharapkan untuk bisa bereskan wabah. kalau mau cepat turun, darurat militer aja. ada cara lain yang nggak ganggu ekonomi tapi nggak yakin pemerintah mau kerjakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 13:37
kalau ini terjadi di negara lain, menkesnya luar biasa malu dan langsung mengundurkan diri sendiri.. kalau perlu langsung harakiri emoticon-Smilie

sementara di +62, masih bisa haha hihi emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 13:38
gara gara klemernya, marahnya ga ada arti, dianggep enteng, wik lu kan dah ga perlu pusing, hajar dah keluarin kemetalan lu, buang jawir klemar klemernye, memuakan dan membosankan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 13:45
duh drama lu ga cakep jok, ga percaya gw lu sama ratu musuhan, sampe ke opung juga....emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Marah, Kinerja Luhut Panjaitan Disorot
03-12-2020 13:47
gimana ya... tuding sana tuding sini, seolah tidak jelas aja siapa yang ndableg.
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia