News
Batal
KATEGORI
link has been copied
381
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc70e84af7e9321f0670f5c/sudah-saatnya-indonesia-pergi-dari-papua-ulmwp-umumkan-pemerintah-sementara-papua
ULMWP adalah koalisi dari berbagai faksi politik yang berjuang untuk kemerdekaan selama bertahun-tahun. Menurut keterangan tertulis yang diterima ABC Indonesia dari ULMWP, pembentukan pemerintah sementara dalam penantian ini bertujuan untuk memobilisasi rakyat West Papua yang mencakup Provinsi Papua dan Papua Barat, untuk mewujudkan referendum menuju kemerdekaan.
Lapor Hansip
02-12-2020 10:48

'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua

Past Hot Thread
Quote:
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua


The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) hari ini (01/12) mengumumkan pembentukan Pemerintah Sementara West Papua.

ULMWP adalah koalisi dari berbagai faksi politik yang berjuang untuk kemerdekaan selama bertahun-tahun.

Menurut keterangan tertulis yang diterima ABC Indonesia dari ULMWP, pembentukan pemerintah sementara dalam penantian ini bertujuan untuk memobilisasi rakyat West Papua yang mencakup Provinsi Papua dan Papua Barat, untuk mewujudkan referendum menuju kemerdekaan.

Pemerintah ini nantinya yang akan memegang kendali di Papua dan menyelenggarakan pemilu yang demokratis di sana.

Langkah pembentukan pemerintah sementara ini sekaligus merupakan penolakan langsung apa yang disebut ULMWP sebagai "usaha Jakarta untuk memperpanjang status otonomi khusus di Papua.

Pasukan Bersenjata di Papua Barat yang mendukung gerakan separatisme.

Status otonomi khusus ini pula yang menjadi target petisi yang disponsori oleh 102 organisasi masyarakat sipil di Papua.

Pemerintah Republik Indonesia sendiri sudah menepis isu yang menyebutkan adanya perpanjangan UU 21/2001 tentang Otsus Papua tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pada awal Oktober lalu menyebut tak ada perpanjangan otonomi khusus Papua karena sebagai sebuah aturan UU, otonomi khusus itu tidak bisa diperpanjang atau diperpendek.

Ia menjelaskan, yang tengah dibahas oleh Pemerintah RI saat ini adalah perpanjangan dana yang akan diberikan dalam implementasi UU Otsus Papua.

Pasal 34 ayat 6 UU Otsus Papua Tahun 2001 menyebutkan bahwa dana perimbangan bagian Provinsi Papua, Kabupaten/Kota, dari bagi hasil pajak berlaku selama 20 tahun dan akan berakhir pada Desember 2021 mendatang.

'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua'

'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua

Benny Wenda akan menjabat sebagai Presiden sementara Republik Papua Barat atau ULMWP.

Republik Papua Barat, yang disebut ULMWP sebagai negara dalam penantian, akan diwakili secara internasional oleh Presiden sementara yang dijabat oleh Benny Wenda, eksil Papua yang bermukim di Inggris.

Susunan kabinet pemerintahan ini akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Pemerintah Sementara ini juga menegaskan haknya untuk membuat Deklarasi Kemerdekaan Sepihak (UDI) pada waktu yang tepat, atas nama rakyat Papua Barat.

"Pemerintah sementara ini menyatakan bahwa kehadiran negara Indonesia di Papua Barat ilegal," kata Benny Wenda dalam sebuah pernyataan.

"Kami menolak undang-undang apapun, yang diberlakukan oleh Jakarta, dan kami tidak akan mematuhinya. Kami punya konstitusi sendiri, undang-undang kita sendiri, dan pemerintahan kita sendiri sekarang. Sudah waktunya Indonesia pergi [dari Papua]."

Pemerintah Sementara ini juga mengklaim telah didukung oleh semua kelompok kemerdekaan di Papua, yang mewakili mayoritas rakyat Papua.

Pada tahun 2019, ULMWP menyampaikan Petisi Rakyat Papua Barat, yang ditandatangani oleh 70% Rakyat Papua, kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia.

Selain Pemerintahan Sementara, Komite Legislatif ULMWP juga telah membentuk Undang-undang Sementara yang bersifat mengikat bagi West Papua.

UUD Sementara yang baru berpusat pada proteksi lingkungan, keadilan sosial, kesetaraan gender dan kebebasan beragama, serta perlindungan hak-hak para migran Indonesia yang tinggal di Papua, juga menetapkan struktur pemerintahan, termasuk pembentukan Kongres, Senat, dan cabang yudisial.

'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua

Seniman asli Papua kelahiran PNG bernama Ray Andrews-Paul menyambut baik pengumuman dari ULMWP.

Ray Andrews-Paul, seniman asli Papua kelahiran PNG yang pindah ke Australia dua tahun lalu menyambut baik pengumuman dari ULMWP, dengan mengatakan langkah ini "sangat signifikan".

"[Ini] momen bersejarah yang menjadi titik balik bagi rakyat kami dan perjuangan mereka untuk bangsa yang memang layak mereka dapatkan," katanya.

"Saya tidak bisa berkata-kata. Surat Benny Wenda sangat kuat sehingga saya menangis. Kami memiliki kekuatan dan kekuasaan yang dibutuhkan untuk mengatur diri kami sendiri dan kami sangat dekat sekarang.

"Saya khawatir untuk semua orang Papua yang merayakan hari kemerdekaan mereka, terutama karena kekerasan yang mungkin bisa mereka derita dalam menerima Pemerintahan Sementara.

"Tapi tidak ada yang akan menghentikan kami untuk mengungkapkan kebanggaan dan hasrat mereka untuk menjadi orang Papua danmemenuhi keinginan mereka untuk secara resmi merdeka."

Indonesia tidak akan semudah itu menyerah







'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua

Akademisi dan peneliti isu-isu Papua dari University of Melbourne, Dr Richard Chauvel, menilai pengumuman pembentukan pemerintahan sementara ini tidak akan terlalu banyak mengubah kenyataan yang ada, khususnya terkait kontrol Pemerintah Indonesia di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Sangat kecil kemungkinannya Pemerintah Sementara ini benar-benar akan terlaksana secara nyata di Papua saat ini atau dalam waktu dekat," kata Dr Richard Chauvel kepada Hellena Souisa dari ABC Indonesia.

Ia menambahkan, pengumuman pembentukan Pemerintah Sementara ini juga tidak akan meningkatkan momentum referendum antara pemerintah pusat dan ULMWP.

"Saya kira pengumuman itu sendiri tidak akan meningkatkan momentum menuju kemerdekaan atau dialog antara Pemerintah dan para pemimpin Papua."

"Jika kita bisa belajar sesuatu dari tanggapan Jakarta terhadap pembunuhan Nduga pada 2018, demonstrasi anti-rasis tahun lalu dan meningkatnya ketegangan tahun ini, reaksi naluriah [Pemerintah Indonesia] adalah dengan mengirim lebih banyak pasukan [ke Papua]," ujarnya.

Menurutnya, kemungkinan besar pemerintah pusat akan mengirimkan lebih banyak lagi aparat ke Papua setelah pengumuman hari ini, berkaca dari pernyataan Menhan saat itu Ryamizard Ryacudu September tahun lalu tentang penarikan pasukan dari Papua.

"TNI/Polri tidak akan ditarik dari Papua. Karena, sekali ditarik, Papua bisa lepas," kata Ryamizard seperti diberitakan Antara.

Pernyataan ini, bersama dengan pernyataan-pernyataan lain dari Mahfud MD, menurut Dr Richard, mengisyaratkan bahwa " untuk mempertahankan NKRI harga mati diperlukan kehadiran militer yang besar."

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, membantah legitimasi Wenda dan langkah ULMWP untuk membentuk pemerintahan sementara.
"Dengan dalih apa seseorang bernama Benny Wenda membuat status memproklamasikan diri sebagai wakil rakyat Indonesia di Papua?" katanya kepada ABC.
"Kembalinya Papua ke Indonesia sebagai negara penerus Hindia Belanda; koloni yang membentang dari barat di Aceh hingga timur di Papua; sudah final."
"Proses pemindahan kekuasaan atau pengembalian Papua dari Belanda ke Indonesia diawasi oleh PBB, termasuk melalui adopsi resolusi PBB."
Sebagai tambahan catatan kaki sejarah, Dr Richard Chauvel mengingatkan bahwa pada Oktober 2011 lalu Papua pernah memproklamasikan kemerdekaan.
"Pada Kongres Rakyat Papua ke-3, terjadi proklamasi Papua sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, dengan Forkorus Yaboisembut sebagai Presiden dan Edison Waromi sebagai PM."
"Pertemuan itu dibubarkan dengan kekerasan, beberapa orang tewas, banyak yang ditahan dan Forkorus dihukum karena pemberontakan. Setidaknya Benny Wenda aman di Oxford atau Vanuatu," tutur Dr Richard Chauvel.


SUMBER



Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 33 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 8
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 10:50
yang twitternya pake icon2 bendera indonesia sama ada tulisan nkri nkrinya ayo sikapnya gimana? eh.. tp kalian kok rata2 malah dukung kemerdekaan papua ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 32 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 32 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 10:53
rakyat papua gak butuh indonesia.
indonesia (dan elit2nya) yang butuh papua.
apa jadinya lagu dari sabang sampai merauke klo papua merdeka. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
12 2
10
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 20 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 10:54
Quote:Original Posted By t2ok
yang twitternya pake icon2 bendera indonesia sama ada tulisan nkri nkrinya ayo sikapnya gimana? eh.. tp kalian kok rata2 malah dukung kemerdekaan papua ya


“Kemerdekaan adalah hak segala bangsa”
emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak

Pada ragu mau bersikap.
Sama papua galak tapi mendukung kemerdekaan palestina?
Serba salah
emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2 emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 18 lainnya memberi reputasi
15 4
11
Lihat 30 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 30 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 10:57
harus segera kirim yakut dan bansernya sbg garda terdepan penjaga NKRI, dibackup oleh pangdam jaya yg gagah berani si dungdungpret, dibantu pasukan cyber cebong ahoker bujer bayaran ade armando, deny siregar, abu janda dkk untuk caci maki mereka di sosial media bagi mereka yg ingin merusak NKRI
Diubah oleh herberthus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ibin01 dan 17 lainnya memberi reputasi
11 7
4
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 10:57
Judul nya kebalik, justru indo yg yg mengharap ke Papua

emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
natokh02 dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 10:57
Mahfud kemana ini tumben anteng saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
newrajasosis dan 9 lainnya memberi reputasi
8 2
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 11:00
waduh nambah lg pangkalan militer mamarika di deket Indonesia kl bener merdeka..

strategis banget pula ama freeport..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 11:02
ada yg ngarep jadi president di papua nih emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b42l4t4k dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 11:10
jangan2 ahok ini dalangnya emoticon-Marah emoticon-Blue Guy Bata (L)

'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berry.white dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 11:12
Gw lbh setuju FPI dan kelompoknya yg kesana, gak papa dibayarin pemerintah daripada bikin ribut aja di Jakarta emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ust.kardus dan 9 lainnya memberi reputasi
8 2
6
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 11:13
emoticon-Leh Uga ini lah kalo 70tahun yang ngemimpin indonesia orang jawa.. kalimantan juga bakal merdeka kalo bukan karena kebesaran hati masyarakat kalimantan.. mungkin papua udah habis kesabaran


Bener kata bapak ku Ga Selamanya Orang itu Goblok
Terlalu lama ngegoblokin orang papua untuk nguras sumber daya alamnya sampe lupa ngga membangun rakyat papua..
Diubah oleh a.muzakki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theone222 dan 30 lainnya memberi reputasi
16 15
1
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 11:52
Beny wenda nya lagi ada dimana nih? Enak bgt ngumumin jadi presiden seenak jidat emang orang papua yg milih dia jadi presiden brp %?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 11:52
wah ini pengalihan isu dari rizieq nih emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 12:08
ngakunya orang papua, deklarasinya di eropa, yang dihujat Indonesia mirip kisah donwori, donjuan ama sephia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 12:09
Cukup timor timur yang sengsara sehabis merdeka. jangan sampai nanti papua kalau merdeka dikeruk kekayaan alamnya, kemudian tinggallah kalian hanya pakai koteka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 12:27
jalam satu satunya cuma gabung blok barat.. bisa buat ngerdam sfaratis dan lawan dominasi chinese di lcs
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hilmiazizi19 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 12:28
Terbitkan aja penelitian tentang emas Grassberg udah habis... Paling gak jadi buat negara...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 12:36
Bintang kejora = Morning Star = Lucifer Star

Sudah di bilang indonesia tempat berbiak nya para iblis dan setan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darrel04 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 12:45
janganlah kalian merdeka, kalian tidak tahu seberapa berat dinamika satu negara yang baru merdeka.. wong dulu aja kalian udah didekitin belanda.. sekarang yang deketin pasti bejibun.. kasian rakyat.. entar ujung-ujungnya juga jadi korban pemerintah yang korup.. kecuali ada tokoh papua yang pemikirannya canggih kaya seretse khama-nya botswana..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
'Sudah saatnya Indonesia pergi dari Papua': ULMWP Umumkan Pemerintah Sementara Papua
02-12-2020 12:53
Bodoh sekali emoticon-Ngakak

Yang ketawa dibelakang mamausi ama mamarika emoticon-Ngakak

Nanti kalo pisah kaya Timor Leste udah dikeruk abis nga ada sisa terus dibuang emoticon-Ngakak

inget Mamarika tuh seneng kalo semua negara dia yang kontrol emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thestarlight99 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia