News
Batal
KATEGORI
link has been copied
163
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc6db7fe83c722f8034adc2/papua-barat-deklarasikan-kemerdekaan-hari-ini
Para pemimpin kemerdekaan Papua Barat telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari Indonesia pada Selasa, 1 Desember 2020. Kemerdekaan tersebut dideklarasikan oleh Gerakan Persatuan Kemerdekaan Papua Barat (ULMWP) di tengah meningkatnya dugaan kekerasan yang terjadi di Papua Barat baru-baru ini dengan membentuk pemerintahan sementara yang baru. Provinsi Papua dan Papua Barat, merupakan bagian barat p
Lapor Hansip
02-12-2020 07:10

Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini



Para pemimpin kemerdekaan Papua Barat telah mendeklarasikan kemerdekaannya dari Indonesia pada Selasa, 1 Desember 2020.

Kemerdekaan tersebut dideklarasikan oleh Gerakan Persatuan Kemerdekaan Papua Barat (ULMWP) di tengah meningkatnya dugaan kekerasan yang terjadi di Papua Barat baru-baru ini dengan membentuk pemerintahan sementara yang baru.

Provinsi Papua dan Papua Barat, merupakan bagian barat pulau Papua, yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini di sebelah timur.

Dalam deklarasi kemerdekaan tersebut, wilayah yang didiami oleh lebih dari 250 suku tersebut mengibarkan bendera "Bintang Kejora" yang sekarang dilarang dikibarkan oleh Pemerintah Indonesia ketika dinyatakan merdeka dari pemerintahan kolonial Belanda pada 1961

Sejak Indonesia menguasai Papua sejak 1969, telah banyak terjadi ketegangan di antara penduduk asli, dengan konflik tingkat rendah dan gerakan kemerdekaan yang membara selama beberapa dekade.

Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini

Tapi kerusuhan berbulan-bulan dan kekerasan yang meningkat di Papua telah memperkuat tuntutan baru untuk kemerdekaan, mendorong ULMWP untuk mengumumkan pemerintahan sementara pada hari ini.

ULMWP sendiri telah mengangkat Benny Wenda, yang merupakan tokoh kemerdekaan Papua yang berada di pengasingan di Inggris sebagai presiden sementara Papua.

Ini hari yang sangat penting bagi rakyat saya. Kami sekarang memulihkan kedaulatan kami dan pemerintah sementara kami di Papua Barat,”

Benny Wenda mengatakan dengan berdirinya pemerintah sementara tersebut, mengatakan bahwa provinsi paling timur tersebut tidak akan tunduk kepada Pemerintahan Indonesia

Dengan kemerdekaan ini, kami tidak mematuhi aturan dan hukum Indonesia yang diberlakukan kepada kami saat ini,” katanya.

Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini

Dia juga meminta pemerintah Australia untuk mendukung upaya mereka menggapai kemerdekaan dari Indonesia.

“Papua Barat menghadapi krisis dan kami membutuhkan pemain besar seperti Australia untuk mendukung kami. Sangat penting bagi Australia untuk memainkan peran besar,” kata Benny Wenda.

Pemerintahan sementara Papua yang dideklarasikan hari ini bertujuan untuk memobilisasi orang Papua Barat untuk mencapai referendum kemerdekaan.

Setelah itu, ULMWP akan mengambil kendali wilayah dan menyelenggarakan pemilihan demokratis yang saat ini tidak mungkin dilakukan di bawah pemerintahan Indonesia.

Ini akan berpusat pada perlindungan lingkungan, keadilan sosial, kesetaraan gender dan kebebasan beragama, serta melindungi hak-hak para migran Indonesia yang tinggal di dua provinsi tersebut.

Pengacara Australia Jennifer Robinson, yang mendirikan Pengacara Internasional untuk Papua Barat, mengatakan deklarasi tersebut adalah awal dari jalan Papua Barat menuju kemerdekaan.

“Tujuannya adalah mereka akan menjalankan kekuasaan untuk mengatur diri mereka sendiri dan mengatur diri mereka sendiri di Indonesia,” katanya.

“Ini adalah awal dari apa yang saya pikir akan menjadi jalan mereka (Papua) menuju kemerdekaan,” katanya.

Sudah umum di seluruh dunia bagi negara-negara untuk membentuk pemerintahan sementara, baik di bawah aturan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau sebagai bagian dari deklarasi kemerdekaan,” katanya

“Apa yang mereka lakukan sepenuhnya sejalan dengan hak internasional mereka. Adalah benar dan tepat bahwa mereka mengambil langkah-langkah ini," kata Jennifer Robinson menambahkan.

ULMWP hanyalah satu dari puluhan kelompok yang mendorong kemerdekaan Papua dari Indonesia.

ULMWP mengatakan bahwa pemerintah sementara yang masih muda didukung oleh semua kelompok kemerdekaan Papua Barat.

Hingga 70 persen orang Papua Barat telah menandatangani petisi yang menolak upaya Pemerintah Indonesia untuk memperluas pendanaan untuk apa yang disebut ketentuan Otonomi Khusus yang pertama kali diperkenalkan ke dua provinsi tersebut tersebut pada tahun 2001.

Petisi tersebut telah disampaikan kepada Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia PBB oleh ULMWP pada tahun 2019.

Undang-undang Otonomi Khusus, yang akan berakhir tahun depan, seharusnya memberi Papua dan Papua Barat bagian pendapatan yang lebih besar dari sumber daya alam mereka yang kaya, bersama dengan otonomi politik yang lebih besar.

Tetapi pengunjuk rasa pro-kemerdekaan mengatakan undang-undang tersebut digunakan untuk menekan gerakan mereka, dan telah gagal memberikan perlindungan dan pemberdayaan bagi orang Papua.***

Sembur

Alay lu ya. Kami Himbau jangan gitu dong.
Fokus dan energi utama negeri hari ini adalah Tegas cari2 pidana HRS
emoticon-Leh Uga




profile-picture
profile-picture
profile-picture
abdulqadirz dan 15 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:12
Jdi inget soekarno pada jamannya
Tindakannya sama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:14
Alaylaahhh Jihaaaad emoticon-Belgia

Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
Diubah oleh royais
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:16
Judulnya kepanjangan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini


Merdeka
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini



Nunggu abu janda, Deni Siregar, Dewi Tanjung mengorganisasi nguikers Kaskus bela negara
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
Diubah oleh kejet..kejet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 9 lainnya memberi reputasi
8 2
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:23
Dukung TNI untuk menginvasi petamburan dan turunkan pasukan elit khusus dan perlengkapan tempur buat nurunin baliho..


Papua lepas?? semboyan NKRI harga mati, saya pancasila kan cuma pemanis bibir si pinokio doank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:24
Ada org Australia, ya sudah dah tau endingnya emoticon-Embarrassment

Klo dicuekin bisa kaya Timor leste
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:24
cuma orang tolol saja yg mau dukung separatis merdeka

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:26
Berarti udah bisa perang terbuka kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:30
Ini kesalahan pemerintahan sejak dulu tidak melakukan pembangunan besar-besaran di Papua. Papua seolah dianaktirikan.

Papua itu riskan separatisme, karena mereka berbeda etnik, berbeda kultur, dan agama mayoritasnya berbeda.

Belajar dari pecahnya Austrian Empire. Austrian Empire pecah menjadi negara-negara kecil seperti saat ini, karena tiap-tiap provinsi di Austrian Empire memiliki bahasa sendiri-sendiri. Masih banyak yang belum menguasai Bahasa Indonesia di Papua.

Belajar dari pecahnya British dengan Irlandia. British dan Irlandia pecah karena perbedaan agama. British beragama Protestan. Irlandia beragama Katolik. Mungkin beberapa orang Papua merasa ada diskriminasi pada agama minoritas melihat beberapa kasus belakangan oleh kelompok radikal.
Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yurikaede dan 22 lainnya memberi reputasi
11 12
-1
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:33
NKRI harga mati cam kan itu
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:35
Tumpas
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:38
gak penting ini mah yg penting hrs masuk penjara kita bully 24 jam klo perlu 😂😂😂😂😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
11 1
10
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 07:41
Bung Hatta dulu menolak Papua sebagai bagian Indonesia. Selain berbeda etnis, dia mengkhawatirkan Indonesia akan dicap negara imperialis.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 08:01
ya lepas aja sih..ingat pembukaan UUD isinya gmn?
lagian daridulu juga sumberdaya alamnya masuk kantong amerika, indon cm dapat ampas2nya (kroni suharto sih dapet kuenya) emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kisut dan 8 lainnya memberi reputasi
4 5
-1
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 08:05
Akhirnya jemaah 212 bisa coli pake congor opm

Udah bisa crot belum? emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 08:08
begal : woy wereng anjing noh liat ada rampok, mending lu ngurusin rampok onoh aja lepasin gw emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 08:23
Belajar dari Timor Leste deh, jangan asal cabut dari NKRI..
apakah bisa memohon dulu untuk dijadikan daerah khusus, seperti saudara kita di ujung barat sana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 08:27
Papua ini udah jadi isu internasional jado pemerintah gak bisa main keras disini . Karena dipantau isu HAM berat.
Ingat incident Santa Cruz 1991 dimana ABRI main keras justru menjadi amunisi kelompok pro kemerdekaan timor leste utk cari simpati internasional.
Warmonger dan radikal mana ngerti hal gini.

Deklarasi kemerdekaan tanpa pengakuan negara lain terutama negara2 besar spt Australia, AS dan Inggris yg punya suara di PBB itu sama aja omong kosong.
Utk saat ini negara2 besar gak akan rese ngurusin Indonesia karena lagipada sibuk ngurusin ekonomi yg terkena dampak covid. Jadi posisi indonesia masih cukup aman. ULMWP melakuakn deklarasi utk menarik perhatian internasioanl aja


Sebernarnya ane setuju kalo Otsus itu tidak berhasil karena dananya justru menyuburkan elite oligarki di Papua dan tidak mengarah ke kesejahteraan rakyat.

Main cantik diplomasi di PBB dan kendalikan penyebaran media di papua. Perbanyak akses infrastruktur dan pendidikan di pedalaman papua agar rakyat disana merasa diindonesiakan.
Rangkul tokoh adat dan gereja yg biasa dekat dg rakyat jangan cuman main di elite politik .
Karena elite politik disana pragmatis . Gak dikasih dana pusat ngancam merdeka gak beda sama Benny Wenda Cs.

Pelajari kembali cara yg digunakan Snouck Hurgronje

Diubah oleh mamorukun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 08:28
Coba pada berani gak datang ke sana terus turunin baliho2 kemerdekaan papua barat emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 08:34
Quote:Dia juga meminta pemerintah Australia untuk mendukung upaya mereka menggapai kemerdekaan dari Indonesia.


Dia lagi, dia lagi
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Papua Barat Deklarasikan Kemerdekaan Hari Ini
02-12-2020 08:39
Kapan di asimilasikan ala xinjiang ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EnragedSlayer dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia