Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
131
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc61f2c28c99151c8799959/kenali-bahaya-dan-pencegahan-psikosomatik
Kata psikosomatik merupakan gabungan dari dua kata, yaitu pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Jika diartikan, gangguan psikosomatik adalah keluhan fisik yang timbul atau dipengaruhi oleh pikiran atau emosi, bukannya oleh alasan fisik yang jelas, seperti luka atau infeksi. Psikosomatik sendiri bisa dialami oleh semua kalangan usia gan. Bisa mulai dari anak anak sampe kaum dewasa serta orang tua.
Lapor Hansip
01-12-2020 17:47

Gejala Dan Dampak Negative Dari Psikosomatik

Past Hot Thread
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Quote:Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kata psikosomatik merupakan gabungan dari dua kata, yaitu pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Jika diartikan, gangguan psikosomatik adalah keluhan fisik yang timbul atau dipengaruhi oleh pikiran atau emosi, bukannya oleh alasan fisik yang jelas, seperti luka atau infeksi. sumber

Quote:Psikosomatik sendiri bisa dialami oleh semua kalangan usia gan. Bisa mulai dari anak anak sampe kaum dewasa serta orang tua. Gejala dan tingkat keparahan pun berbeda, mungkin salah satu contohnya ada beberapa anak sekolah yang jatuh sakit setelah melaksanakan ujian.

Lalu apa yang akan terjadi jika seseorang mengalami psikosomatik?
1. Sakit kepala atau pusing.
2. Sakit perut.
3. Demam.
4. Mudah lelah.
5. Sakit pada anggota badan (punggung, leher, pinggang, dll)
6. Berkeringat.
7. Berdebar.
Dll


Meskipun kebanyakan kasus psikosomatik berakhir dengan kesembuhan, tapi tidak sedikit kasus yang berakibat fatal. Karna psikosomatik mampu memicu atau memperparah penyakit yang sudah pasien derita sebelumnya.
1. Terjadinya serangan jantung, pada orang yang sudah memiliki riyawat sakit jantung.
2. Sesak nafas, pada penderita asma.
3. Pecahnya pembulu darah, pada penderita darah tinggi dan kolesterol tinggi.
4. Kejang kejang, pada penderita epilepsi.
Dll tergantung penyakit bawaan yang pasien alami.


Lalu pertanyaan yang biasa muncul adalah, Kenapa tekanan pada fikiran mampu mengakibatkan kesehatan fisik yang terganggu seperti yang disebutkan di atas?
Jawabannya Penyebab psikosomatik adalah stres dan rasa cemas yang berlebihan. Ketika kita merasa cemas, gejala fisik meningkat akibat dari aktivitas implus saraf yang dikirim dari otak ke berbagai bagian tubuh, dan adanya pelepasan adrenalin ke dalam aliran darah. Jadi pada intinya fisik dan sikis memiliki hubungan dua arah yang kompleks.


Penyebab & Simptom

Quote:
Kebiasaan.

Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Hampir 90% penyakit dan sindrom / Mental Disorder yang dialami sebagian besar masyarakat berawal dari kebiasaan orang itu sendiri. Kebiasaan atau hal yang sering diulang mampu membentuk karakter, perasaan, hingga pola pikir seseorang.
Quote:
Menunda / Meremehkan

Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Salah satu kebiasaan yang beresiko terhadap psikosomatik adalah kebiasaan menunda suatu pekerjaan, mungkin kebiasaan ini tak jarang dianggap sebagai hal kecil atau sepele. Tapi kalau agan tau, kebiasaan menunda mampu meningkatkan resiko stress juga loh, misalnya menunggu deadline, atau ya hanya sekedar membuang waktu karna merasa hal tersebut sepele atau mudah.
Saat waktu deadline mulai mepet, biasanya orang tersebut akan mengeluarkan jurus SMK (Satu Malem Kelar), ya mending kalau satu malem kelar? Kalau ternyata tugas tersebut diluar ekspektasi kita? Ternyata lebih sulit? Nah loh jangan asal meremehkan suatu pekerjaan yah. Itu bakal menambah beban fikiran loh gan. Jadi hati hati untuk agan yang biasa menunda pekerjaan, mungkin bisa perlahan diperbaiki.

Quote:
Begadang / waktu tidur tidak teratur

Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kembali ke point awal, kebiasaan menunda tidur / begadang mampu memperburuk keadaan sikis dan fisik agan. Karna psikosomatik berkaitan dengan sikis dan fisik, jadi otak butuh waktu buat istirahat juga gan.
Point ini sangat umum, karna begadang sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Seperti memaksakan lembur, dikejar deadline, atau mungkin sekedar main game. So buat agan agan yang biasa menunda istirahat atau waktu tidur yang berantakan, yuk mulai perbaiki sedikit demi sedikit.


Sifat dan karakter

Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Mungkin untuk point ini ane gak bisa bahas terlalu detail karna sifat dan karakter setiap orang akan berbeda tergantung pola dan kehidupannya masing masing. Jadi ane ambil secara umum diluar dari sifat introvert dan ekstrovert, atau karakter melankolis, Sanguin, Koleris dan Plegmatis.

Beberapa contohnya,
1. Terlalu memikirkan sesuatu secara berlebihan,
2. Menutup diri ketika ada masalah,
3. Egois dengan pemikiran diri sendiri tanpa menerima masukan dari orang lain,
4. Selalu negative thinking,

Pencegahan & Pengobatan

Quote:
Pencegahan

Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
So sebelum agan mengalami hal tersebut, lebih baik mencegahnya bukan? Karna psikosomatik dipicu oleh gangguan pada sikis, jadi yang harus dibenahi adalah kualitas sikis kita gan.
Quote:
Curhat

Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Bercerita pada teman dekat, bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi beban fikiran kita. Carilah teman yang bisa mengerti keadaan kita, meski mereka tidak bisa menberikan kesimpulan atau jalan keluar, setidaknya bisa jadi pendengar yang baik.

Quote:
Kenali diri sendiri
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Mengenali dan memahami diri sendiri, sangat penting untuk mengendalikan ego diri kita. Kenali kemampuan diri kamu, hingga keadaan kamu sekarang gan. Jangan pernah mengambil keputusan atau pekerjaan yang bisa saja agan gak bisa menangani itu sendirian. Dan akhirnya jadi beban fikiran.

Quote:
Afirmasi

Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Afirmasi adalah sugesti positif yang ditujukan untuk diri sendiri. Yakin bahwa sesuatu bisa dilewati dengan baik, tanpa ada masalah. Hindari berfikir terlalu jauh atau berfikir soal hal yang belum tentu akan terjadi. So daripada nantinya membebani fikiran kita, lebih baik stay positif dan percaya diri ajah.


Pengobatan

Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Ketika seseorang sudah terlanjur mengalami psikosomatik, maka dokter tidak akan hanya fokus untuk menangani kondisi fisiknya saja, karna psikosomatik sendiri berkaitan dengan sikis, maka akan langsung di arahkan untuk konsultasi pada psikolog atau psikiatri, tergantung penanganan apa yang dibutuhkan.
Quote:
Psikoterapi

Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
Psikoterapi adalah jenis penanganan sikis paling dasar yang biasa dilakukan oleh psikiater atau psikolog.
Metode dan teknik psikoterapi yang dilakukan oleh psikolog atau psikiater ada banyak. Jenis terapi yang akan digunakan umumnya disesuaikan dengan kondisi pasien dan respon pasien terhadap psikoterapi.
1. Terapi perilaku kognitif
2. Terapi psikoanalitik dan psikodinamik
3. Terapi interpersonal
4. Terapi keluarga
5. Hipnoterapi
6. Dll


Untuk menangani masalah kejiwaan, psikoterapi sering kali dikombinasikan penggunaan obat-obatan, misalnya obat antidepresan, antipsikotik, obat pereda cemas, dan penstabil mood (mood stabilizer), tergantung apa diagnosis penyakit atau masalah kejiwaan yang diderita pasien.

Selain itu, hasil dari psikoterapi pun akan berbeda pada tiap individu gan. Jenis psikoterapi tertentu mungkin cocok untuk satu pasien, namun belum tentu efekfif jika diterapkan pada pasien yang lain. Oleh sebab itu, pasie dianjurkan berkonsultasi dengan psikolog untuk menentukan terapi yang sesuai dengan kondisi dia gan.


Ternyata kesehatan sikis itu penting untuk tubuh kita gan, jangan lupa jaga pola hidup sehat yah.

Kayanya cukup dulu deh gan, heheh segitu dulu sharing hari ini, lanjut nanti yah untuk bahasan lainnya.

Makasih udah baca emoticon-Blue Guy Peace

See you next time emoticon-Ngacir2


Sumber
Gambar: www.google.com
Materi: halodoc, klik dokter, D2D, PPDGJ, dan google.com
Tulisan: tulisan ane sendiri 👌🏻
Diubah oleh little.sirius
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
01-12-2020 17:47
Quote:Original Posted By zenith13
sederhananya, tubuh kita dikendalikan oleh otak, jadi kalau ada pikiran atau mental yang bermasalah otomatis tubuh juga akan bermasalah.

untuk yg afirmasi positif thinking juga gk bisa sembarangan, jika terkesan membohongi diri sendiri juga akan ditolak oleh pikiran bawah sadar.

sifat menutup diri ketika ada masalah juga sebenernya terbentuk oleh lingkungan, ketika pada suatu saat kita bercerita pada seseorang, lalu malah dijudge atau diolok olok atau diremehkan. maka kemungkinan lain kali kita tidak akan mau cerita lagi pada siapapun.

paling bagus sih cerita masalahnya ke psikolog atau hipnoterapis, atau mentoring di satupersen.net, kpd orang yg ahli di bidang ini.

Quote:Original Posted By hayang.dahar
Pengalaman, sepertinya masalah psikis/kejiwaan itu karena kurang bersyukur. coba biasakan praktek LOA (LOW OF ATTRACTION)

Quote:Original Posted By AirFie
Ane salah satu penderitanya.
Penyakit ini awalnya ga kelihatan, hanya bisa dirasakan oleh penderita sendiri. Dan tidak selalu timbul gejala fisik. Karena sering menahan amarah sampai perut jadi sensitif.

Ane dapt cerita orang meninggal karena hal tersebut. Dikata medis kena penyakit jantung. Aslinya dia menahan rasa jengkel karena perbuatan orang lain.

Penyakit ini dokter hanya bisa terawang secara fisik, tapi nyatanya bersumber kepada hati, jiwa atau spiritual. Yg mana berurusan dg yg ghaib. Jadi hanya Tuhan yg dapat membantu dan cari orang yg dapat meringankan masalah itu. Ini layaknya tanaman yg mulai layu, harus dikasih air, bukan ditinggalkan atau bahkan diinjak.

Jaman dulu ada seorang bapak yg sering menangis karena meratapi kesedihan sampai pandangannya kabur. Karena ditinggal 2 anaknya yg kecil yg dia sangat sayangi. Dan anaknya yg dewasa tidak memberikan bantuan secara hati. Tetapi dia lebih memilih untuk sabar dan terus berdoa kepada Tuhan. Sampai akhirnya doanya dikabulkan, dipertemukannya kembali dengan kedua anaknya dan penyakitnya sembuh.

Jadi ingatlah, jaga perbuatan dan lisan. Karena hati yg rapuh dapat merusakkan kesehatan tubuh. Terutama dalam lingkup keluarga.

Quote:Original Posted By zenith13
sederhananya, tubuh kita dikendalikan oleh otak, jadi kalau ada pikiran atau mental yang bermasalah otomatis tubuh juga akan bermasalah.

untuk yg afirmasi positif thinking juga gk bisa sembarangan, jika terkesan membohongi diri sendiri juga akan ditolak oleh pikiran bawah sadar.

sifat menutup diri ketika ada masalah juga sebenernya terbentuk oleh lingkungan, ketika pada suatu saat kita bercerita pada seseorang, lalu malah dijudge atau diolok olok atau diremehkan. maka kemungkinan lain kali kita tidak akan mau cerita lagi pada siapapun.

paling bagus sih cerita masalahnya ke psikolog atau hipnoterapis, atau mentoring di satupersen.net, kpd orang yg ahli di bidang ini.
Diubah oleh little.sirius
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PapayaPokpok dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
01-12-2020 17:54
Ane sering demam, mudah lelah & sakit anggota badan. Tapi kalau demam cepet bgt sembuhnya.

Kalau ane lagi banyak beban fikiran, ya ane makan enak + ngaskus aja. Bisa berkurang bebannya

Btw ane kayaknya gak kena Psikosomatik deh. Gak parah soalnya
Diubah oleh MAQ375
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
01-12-2020 19:09
Nais trit gan
emoticon-Pertamax
Izin bookmark ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
njir dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
02-12-2020 16:56
Quote:Original Posted By little.sirius
😅 maap ye berantakan, 4 taon dah libur bikin trit.


Quote:Original Posted By ryammaryam
Nais trit gan
emoticon-Pertamax
Izin bookmark ya


Aye suka bet dah berdebar-debar apalagi kalau lagi nungguin thr 🙈🙈🙈
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan little.sirius memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
03-12-2020 00:36
Quote:Original Posted By delia.adel
Aye suka bet dah berdebar-debar apalagi kalau lagi nungguin thr 🙈🙈🙈

Aku dah gak dpt THR lagiiiiemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
03-12-2020 18:21
Aduh begadang ini sih yang lagi ane perbaiki. Pengen punya waktu tidur normal
profile-picture
profile-picture
irene.holmes dan little.sirius memberi reputasi
2 0
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:07
Ane juga kena,,aslam,panic attack,psikosomatik udah 1tahun.. ada aja keluhan setiap hari,cek ke dokter baik2 saja
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:07
Semua berawal dari pikiran,kalo orang gak punya pikiran memang lebih sakti..
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:13
Makanya yg masih pada parnoan ekstrim sama covid baca ini, siapatau lu pada sakit bukan karena covid tp karena psikosomatisnya.

Ane sndiri malah ga pernah sakit walau setiap hari keluar rumah, kerja, ketemu orang banyak.
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:18
gw kalau kebanyakan pikiran suka pusing atau mual.

kuncinya memang harus sabar, rileks, sebat dulu ambil ngopi & gorengan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:25
Stress berat 10kg, 9kg krn tabungan 1kg karena dompet emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:27
Gw begadang karena banyakan opi ma oko
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:30
ga jauh-jauh dari psychological things yaa gan?

mantep gan tulisannya emoticon-Toast
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:31
Sebenernya meditasi itu worth it gk sih ?
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:32
nais info gan. bookmark ah
profile-picture
profile-picture
wahyuargian dan little.sirius memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:34
Ti ati gaes
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 12:40
Wah bahaya juga tuh, kalau mau lebih tenang bisa pake alat bantu tambahan seperti idoser dgn doses calm me, yg minat bisa pm ane
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 13:07
sederhananya, tubuh kita dikendalikan oleh otak, jadi kalau ada pikiran atau mental yang bermasalah otomatis tubuh juga akan bermasalah.

untuk yg afirmasi positif thinking juga gk bisa sembarangan, jika terkesan membohongi diri sendiri juga akan ditolak oleh pikiran bawah sadar.

sifat menutup diri ketika ada masalah juga sebenernya terbentuk oleh lingkungan, ketika pada suatu saat kita bercerita pada seseorang, lalu malah dijudge atau diolok olok atau diremehkan. maka kemungkinan lain kali kita tidak akan mau cerita lagi pada siapapun.

paling bagus sih cerita masalahnya ke psikolog atau hipnoterapis, atau mentoring di satupersen.net, kpd orang yg ahli di bidang ini.
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan little.sirius memberi reputasi
2 0
2
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 13:11
kuncinya di pikiran sih.. harus bisa memberikan afirmasi positiv..
profile-picture
little.sirius memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenali Bahaya Dan Pencegahan Psikosomatik.
04-12-2020 13:13
Ane salah satu penderitanya.
Penyakit ini awalnya ga kelihatan, hanya bisa dirasakan oleh penderita sendiri. Dan tidak selalu timbul gejala fisik. Karena sering menahan amarah sampai perut jadi sensitif.

Ane dapt cerita orang meninggal karena hal tersebut. Dikata medis kena penyakit jantung. Aslinya dia menahan rasa jengkel karena perbuatan orang lain.

Penyakit ini dokter hanya bisa terawang secara fisik, tapi nyatanya bersumber kepada hati, jiwa atau spiritual. Yg mana berurusan dg yg ghaib. Jadi hanya Tuhan yg dapat membantu dan cari orang yg dapat meringankan masalah itu. Ini layaknya tanaman yg mulai layu, harus dikasih air, bukan ditinggalkan atau bahkan diinjak.

Jaman dulu ada seorang bapak yg sering menangis karena meratapi kesedihan sampai pandangannya kabur. Karena ditinggal 2 anaknya yg kecil yg dia sangat sayangi. Dan anaknya yg dewasa tidak memberikan bantuan secara hati. Tetapi dia lebih memilih untuk sabar dan terus berdoa kepada Tuhan. Sampai akhirnya doanya dikabulkan, dipertemukannya kembali dengan kedua anaknya dan penyakitnya sembuh.

Jadi ingatlah, jaga perbuatan dan lisan. Karena hati yg rapuh dapat merusakkan kesehatan tubuh. Terutama dalam lingkup keluarga.
Diubah oleh AirFie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Lifestyle
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia