News
Batal
KATEGORI
link has been copied
229
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc5a7c9c342bb3581488c7f/sri-mulyani-ingatkan-para-youtuber-untuk-bayar-pajak
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan masyarakat yang memiliki sumber pendapatan untuk membayar pajak, tidak terkecuali untuk mereka yang mendapat penghasilan dari industri digital.
Lapor Hansip
01-12-2020 09:17

Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak

Past Hot Thread
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan masyarakat yang memiliki sumber pendapatan untuk membayar pajak, tidak terkecuali untuk mereka yang mendapat penghasilan dari industri digital.

Dalam paparannya ketika mengisi acara "Kemenkeu Mengajar" kepada para siswa sekolah, Sri Mulyani mengajak para siswa untuk memiliki kesadaran membayar pajak.

"Nanti kalau sudah besar, bekerja, peduli dengan bayar pajak. Kalau bisa bekerja. Bahkan, enggak usah besar, sekarang anak kecil sudah bisa jadi bintang, dapat pendapatan, dari Youtube, itu juga jangan lupa tetap bayar pajak," jelas Sri Mulyani, Senin (30/11/2020).

Baca juga: Cerita Nadya: Belajar Merangkai Bunga dari Youtube, Kini Raup Puluhan Jutaan Rupiah

Sri Mulyani pun menegaskan, pendapatan negara yang didapatkan dari pajak tersebut bakal digunakan untuk kepentingan orang banyak.

Beberapa di antaranya yakni untuk membangun fasilitas umum serta untuk membantu masyarakat.

"Untuk apa sih (bayar pajak)? Untuk negara kita, bukan untuk Ibu Sri Mulyani, untuk negara kita. Untuk bayar sekolah, membangun jalan, listrik, telepon, internet, butuh pembiayaan luar biasa," jelas Sri Mulyani.

Untuk diketahui, pos penerimaan pajak Youtuber tercatat dalam penerimaan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi (OP).

Baca juga: Royalti Musisi Indonesia Mengendap di Youtube dkk, Kok Bisa?

Berdasarkan data terakhir, realisasi PPh OP sepanjang Januari hingga Oktober 2020 tercatat mencapai Rp 10 triliun. Jumlah tersebut tumbuh 1,18 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Realisasi PPh OP tersebut lebih baik dibanding penerimaan pajak karyawan atau PPh 21 yang justru mengalami kontraksi sebesar 4,58 persen di tengah pandemi.

Sebab, hingga Oktober 2020, tercatat realisasi PPh 21 tercatat mencapai Rp 115,71 triliun.

link


"Nanti kalau sudah besar, bekerja, peduli dengan bayar pajak. Kalau bisa bekerja. Bahkan, enggak usah besar, sekarang anak kecil sudah bisa jadi bintang, dapat pendapatan, dari Youtube, itu juga jangan lupa tetap bayar pajak," jelas Sri Mulyani, Senin (30/11/2020).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 34 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:25
Eksploitasi anak gak nih masuknya? Anak2 kerja, dapet penghasilan, bayar pajak, dimakan koruotor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skate1 dan 35 lainnya memberi reputasi
35 1
34
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:31
Pajak mulu mirip kayak partai demokrat amerika

Ibu srimul udah lihat belum hancurnya california karena pajak ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dunkersz dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 31 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 31 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:31
emoticon-fuck2 emoticon-Traveller
0 0
0
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:36
gw mikirin otomasi pajak, jadi dari google udah langsung dipotong pajak, bisa kayaknya
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan pakulidi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:36
Sebentar... Apa ini 2020 atau 1820?
0 0
0
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:41
lah kan emang udah dipotong otomatis sama gugel begitu gajian
tolol emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahatma04 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:47
Hiya hiya pajak buat nambah gaji anggota DPR ya bu.... mayan buat ngajuin mobil baru juga👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:54
Quote:"Nanti kalau sudah besar, bekerja, peduli dengan bayar pajak. Kalau bisa bekerja. Bahkan, enggak usah besar, sekarang anak kecil sudah bisa jadi bintang, dapat pendapatan, dari Youtube, itu juga jangan lupa tetap bayar pajak," jelas Sri Mulyani, Senin (30/11/2020).


Bocah youtube 3 bulan dapat 3 jt aja lgs di palak.

Ga semua dipajakin bu ingat ini aturannya.
Jadi diedukasi juga mana yg kena pajaknya mana yg enggak

Quote:Bagi para youtuber dan selebgram yang pendapatannya sudah puluhan hingga ratusan juta per bulan, tentu wajib membayar pajak. Namun jika penghasilannya masih sangat kecil tak harus membayar pajak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, pada dasarnya youtuber dan selebgram dikenakan pajak layaknya wajib pajak lainnya. Aturannya pun juga sama, jika penghasilannya di bawah batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) maka tidak kena pajak.

"Kalau mereka mendapatkan pendapatan di bawah Rp 54 juta, itu tidak mendapatkan pajak. Tidak masuk di dalam pendapatan tidak kena pajak," tegasnya di sela-sela kunjungan kerja bersama Menkominfo Rudiantara ke Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.


Quote:Besar Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) wajib pajak orang pribadi sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 101/PMK.010/2016 tentang Penyesuaian PTKP, adalah Rp54 juta setahun dan Rp4,5 juta per bulan, dengan rincian:

Wajib pajak lajang Rp54.000.000
Tambahan untuk istri yang penghasilannya digabung dengan suami Rp54.000.000
Tambahan wajib pajak yang memiliki status kimpoi Rp4.500.000
Tambahan untuk setiap anggota keluarga yang jadi tanggungan, maksimal 3 (keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat) Rp4.500.000
Berdasarkan Pasal 17 ayat (1) huruf a UU PPh No. 36/2008, perhitungan tarif pajak pribadi menggunakan tarif progresif, dengan ketentuan besar tarif adalah:

5% untuk penghasilan sampai dengan Rp50.000.000 per tahun
15% untuk penghasilan Rp50.000.000 sampai dengan Rp250.000.000 per tahun
25% untuk penghasilan Rp250.000.000 sampai Rp500.000.000 per tahun
30% untuk penghasilan di atas Rp500.000.000 per tahun

klikpajak.id


kalo edukasinya gini mah dikiranya malak mulu.
Diubah oleh lupis.manis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:56
Menkeu terbaik tapi pokirnya pajak mulu dan kalo dinyinyirin ngelesnya "untuk rakyat" emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariprko dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:57
Tembel yg bocor dulu keknya akan memaksimalkan pemasukan kedepan

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:58
Kerjasama Bu ma Gugel
Jd setiap pembayaran adsense ke WNI maka harus potong pajak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
2 4
-2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:58
Wah si atta geledek udah kesel kesel gimana gitu baca berita ini emoticon-Leh Uga
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 09:59
gantian kl di tagih buat benerin jalan yg berlubang jangan pura-pura buta emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 10:03
Semoga pada taat bayar pajak ya gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 10:08
Negara miskin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yp9nn dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 10:08
pajakin sekalian udara buat napas.

pajak itu perampokan, secara halus dengan hukum dan dengan senjata yang dimonopoli negara.

negara merasa smua yang ada didalam nya itu punya negara,
bukan punya individu bebas secara utuh.
jadinya dia merasa punya hak buat narikin duit , macam preman saja.

kalo ada pajak yang adil , ya mungkin itu pajak progresif.
Diubah oleh Lodewijkus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
worldofdota dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 10:09
pajak terusss, untuk biayain doa dan jampi-jampi klenik.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 10:17
Yu bisa yuu bayar pajak biar yg di atas sono makin makmur
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 10:19
youtuber sini bakalan pindah keluar negeri dan siaran dari sana, ingat youtuber itu istilahnya mitra youtube seperti mitra gojek, youtube jelas gak buka cabang kantor dimari paling di singapore, dan youtuber itu gak kenal istilah negara, lo wn indonesia mau siaran langsung livestream dari london atau stockholm atau tokyo gak ada yang berhak larang lo, sementara perpajakan di luar negeri regulasinya jelas beda, banyak negara yang membebaskan pemain di industri digital dan content creator dari kewajiban pajak penghasilan di negara bersangkutan
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Sri Mulyani Ingatkan Para Youtuber untuk Bayar Pajak
01-12-2020 10:24
Setau ane youtbers itu di bayar deh kalau mereka ounya viewer banyak nantinya bakal di telepon dari vendor2 minta promosiin gitu. Kalau gak salah ya..
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerrystreamer1 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia