Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
239
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc4bd999a972e7ad723c842/opini-ts--cak-nun-adalah-anti-thesis-dari-habieb-rizieh-shihab
Ini cocoknya masuk ke Berita dan Politik atau The Lounge? Ribet juga buat TS untuk menentukan. Dengan berat hati TS masukkan ke The Lounge, meskipun menurut TS isinya sarat dengan opini TS tentang kondisi politik saat ini.
Lapor Hansip
30-11-2020 16:38

Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieq Shihab.

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.

Ini cocoknya masuk ke Berita dan Politik atau The Lounge? Ribet juga buat TS untuk menentukan. Dengan berat hati TS masukkan ke The Lounge, meskipun menurut TS isinya sarat dengan opini TS tentang kondisi politik saat ini.

Kenapa demikian? Ya karena sepertinya penghuni Ber Pol lumayan eksklusif dan beberapa kaskuser yang setia di sana, sama fundamentalis-nya dengan salah satu tokoh yang hendak TS angkat dalam trit ini. Geser dikit ga boleh, ntar dibilang bid-ah.
emoticon-Leh Uga
Pokoknya harus plek nurut aturan forum, karena memang aturannya gitu (harus quote berita asli, judul pakai berita asli, dsb) ya udahlah, buat trit yang ga masuk ke aturannya melipir ke The Lounge aja.

emoticon-Shakehand2peace...

Buat yang mengikuti berita politik, tentu sempat membaca tentang pendapat Bpk Jufuf Kalla, alasan kenapa Habieb Rizieq Shihab memiliki banyak pendukung, atau orang yang simpati dengan dia.

Mengutip dari kompas : berita kompas 20/11/2020.

Quote:"Ini menurut saya karena ada kekosongan pemimpin, pemimpin yang menyerap aspirasi masyarakat," tutur dia.

Kalla mengatakan, persoalan terkait Rizieq Shihab ini berkaitan dengan indikator bahwa sistem demokrasi yang berjalan di Indonesia perlu diperbaiki.

"Kenapa ratusan ribu orang itu, kenapa dia tidak percayai DPR untuk berbicara? Kenapa tidak dipercaya partai-partai khususnya partai Islam? Untuk mewakili masyarakat itu," ujar Kalla.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jusuf Kalla: Ada Kekosongan Pemimpin yang Mampu Serap Aspirasi Masyarakat".



Apakah sesederhana itu? Karena ketidak percayaan pada pemerintah dan tidak ada sosok dalam pemerintahan yang bisa mewakili aspirasi mereka, terutama dari partai Islam, sehingga berkumpul sekian banyak orang di bawah bendera Habieb Rizieq Shihab?


Pertanyaan TS, apa memangnya tidak ada sosok lain dalam Islam di Indonesia yang menyuarakan kritik pada pemerintahan? Apa tidak ada sosok yang mempertanyakan kebijakan-kebijakan pemerintah yang dirasa kurang adil? Dst.

Menurut TS ada banyak di luar Habieb Rizieq Shihab, yang menyuarakan hal-hal tersebut.

Salah satunya adalah Emha Ainun Nadjib, atau lebih akrab disapa dengan panggilan Cak Nun. Cak Nun bukan hanya menyuarakan kritik terhadap pemerintahan, Cak Nun juga dekat dengan kelompok masyarakat dari berbagai tingkat, mulai yang atas sampai masyarakat dari tingkat yang terbawah.

Kelompok Maiyah yang dibidani Cak Nun juga tersebar di berbagai pelosok negeri ini. Kritik pada pemerintahan, termasuk terhadap pemerintahan Jokowi juga tidak kurang-kurang dilemparkan dalam dialognya.

Jadi kalau permasalahannya sekedar dua faktor yaitu : Islam dan aspirasi yang tidak tersampaikan pada pemerintahan, mestinya yang mendukung Habieb Rizieq Shihab adalah orang-orang yang sama yang mendengarkan dan menyampaikan keluh kesah mereka pada Cak Nun dan demikian pula sebaliknya.

Kenyataannya tidak demikian.

Sejauh sepengetahuan TS, kedua himpunan ini tidak memiliki pertemuan pendapat, tidak ada irisan di antara keduanya.Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
Ilustrasi TS, nggambar dhewe.

Lalu di mana pemisahnya, kalau mereka berdua ini sama-sama hadir sebagai sosok yang Amar ma'ruf nahi munkar dan juga menjadi pengritik bagi pemerintahan?

Menurut opini TS keduanya berpisah jalan, dalam hal cara dan tujuan. Tujuan yang tersembunyi di balik kata-kata, yang tercermin dari apa nasehat dan ajaran yang diberikan dalam pengajaran yang mereka berikan.

Beberapa perbedaan antara Habieb Rizieq Shihab dan Cak Nun (sepanjang sepengetahuan TS, yen keliru tulung digenakno yo rek.)

1. Cak Nun memilih gaya dialog, di mana pengikut masyarakat Maiyah, diajak ikut berpikir.

Vs

HRS, memilih gaya berpidato, di mana pengikutnya digiring untuk mengikuti pemikiran dia.

2. Cak Nun memang mengritik, berbicara dengan bahasa yang bahkan kasar, bergurau tak ubahnya orang biasa sehingga mengena pada hati pendengarnya, tapi kemudian Cak Nun menawarkan atau membukakan pikiran para pendengarnya pada jalan-jalan yang damai untuk mencapai perubahan. Cak Nun mengajak pendengarnya untuk mendekatkan diri dengan Tuhan mereka.

Cak Nun mengarahkan pergolakan di dunia jasmani, ke pemahaman yang spiritual.

Cak Nun mengawali dengan mengajak pendengarnya melihat kondisi dunia (jasmani), kemudian dengan fasih menggeser pandangan mereka pada sorga (rohani).

Jadi secara umum, menurut TS, Cak Nun membimbing pendengarnya, dari hal yang vulgar dan banal, menuju pada hal yang spiritual dan mulia.

Vs

HRS, HRS menggunakan bahasa yang vulgar untuk memanaskan hati pendengarnya. Menyatukan mereka dalam kebencian dan ketidak puasan.

HRS menggunakan bahasa rohani, untuk kemudian membawa pendengarnya justru menjadi duniawi. Yang mulia dan spiritual, dikerdilkan menjadi sesuatu yang banal dan jasmani.

180 derajat bertolak belakang dengan yang dilakukan Cak Nun.

3. Cak Nun memang dalam diskusinya tidak jarang mengamati perbedaan dan ketidak adilan sosial.

Namun sekali lagi, Cak Nun mengajak mereka yang datang untuk melihat dari berbagai sudut pandang dan menghadirkan jalan pilihan yang jauh dari konflik antar anak bangsa.

Vs

HRS, menyoroti perbedaan dan ketidak adilan sosial, dan kemudian menggunakan itu untuk menyatukan pendengarnya menjadi satu kelompok dan orang-orang di luar pendengarnya sebagai kelompok yang lain.

Contoh saja doa HRS untuk orang-orang yang tidak dia sukai.

Lagi-lagi berbeda 180 derajat dengan Cak Nun.

4. Cak Nun dalam diskusi maiyah tidak pernah mendukung salah satu tokoh politik tertentu, meskipun terkadang dia memberikan ruang bagi tokoh tertentu untuk berbicara.

Vs

HRS, jelas dia ada afiliasi dengan tokoh politik tertentu, bahkan yang sedang maju dalam pilkada/pilpres.

--------------------------------

Jadi apakah ini sekedar masalah ketidak adilan sosial? Masalah ketidak mampuan pemerintah untuk menyerap aspirasi semua golongan rakyat?

Menurut TS itu hanya sebagian saja dari alasan beberapa ribu, puluh ribu atau ratusan ribu orang itu merapat ke Habieb Rizieq Shihab, karena tidak kurang-kurang tokoh intelektual Muslim lain yang juga menyuarakan kritik dan peringatan pada pemerintah.

Mereka yang merapat pada Habieb Rizieq Shihab tapi tidak mau mendengar, atau memilih untuk mendengarkan versi Habieb Rizieq Shihab, adalah mereka yang bukan semata-mata aspirasinya tidak terserap oleh pemerintahan saat ini.

Namun, selain aspirasinya tidak terserap, mereka juga memiliki bibit-bibit kemarahan yang ingin disalurkan, bahkan jika arahnya adalah perpecahan antar anak bangsa.

Apa aspirasi yang seperti itu perlu juga diwadahi?

Bukankah pemikiran-pemikiran seperti itu, justru harusnya diluruskan? Bukan malah diwadahi, apalagi bila kemudian dikumpulkan untuk menjadi satu kekuatan politis tertentu.

-----------------------------

TS bukan orang pinter, jadi silahkan dikritisi kalau banyak salahnya.
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 71 lainnya memberi reputasi
72
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
30-11-2020 17:16
Apalah daya ane yang penakut ini,

Gak berani ikut2an seruannya HRS, karena begitu cinta dengan kedamaian selama ini.

Belum juga sebulan beliau pulang, sudah berapa banyak kehebohan yang dibuat.

Gak berani juga mau menghakimi beliau, karena sesungguhnya kebenaran hanya milik Allah SWT.

Sebagaimanusia, ane gak berani bilang benar/salah terkait tindaktanduk manusia.

Oleh sebab itu, ane sendiri memilih untuk menjalani hidup ane apa adanya aja, kritik pemerintah cukup sebatas obrolan di WAG (kadang-kadang thread KASKUS).

Terkait opini TS bahwa: Cak Nun adalah anti-thesis dari HRS ane kurang paham.

Anti-thesis disini indikatornya apa hanya karena beda gaya penyampaian kritik?

Poin 1 ane ckup paham,
Poin 2 ane gak paham, dan opini yang dibangun TS menurut ane terasa sangat subjektif,
Poin 3 ane paham,
Poin 4 ane paham, tapi menurut ane ini cenderung subjektif.

Mau komen lebih lanjut, ane sejujurnya gak begitu mengikuti Cak Nun, ataupun HRS. Selain dari berita2 yang kebetulan lewat tentang mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nugrahanto7 dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
30-11-2020 19:16
Jawabannya dihadist nabi saw berikut;
Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka hendaknya dengan lisannya. Dan apabila tidak mampu lagi maka dengan hatinya, sesungguhnya itulah selemah-lemah iman.’.” (HR. Muslim)

HRS berada ditingkatan paling atas dlm memerangi kemungkaran. Yaitu dg tangannya. Keras dan apa ada nya.

Cak nun berada ditingkatan tengah yakni dg lisan nya.

Tentu saja posisi memerangi dg tangan lebih beresiko dimusuhi org2 dr pd lisan. Tp disitulah letak perbedaan pahala nya....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
z3f dan 17 lainnya memberi reputasi
8 10
-2
Lihat 84 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 84 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
30-11-2020 19:51
ane setuju kalo HRS pake tangan
dari dia pidato, terus aksinya ampe bikin mahfud stres, dsb

sementara cak nun lebih ke lisan, kritik sopan dll


ada juga yang pake tangan, lisan dan doa, dialah anies
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 46awang memberi reputasi
1 1
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
30-11-2020 20:41
Cak Nun itu lebih santuy...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
whycka dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
30-11-2020 20:46
Kritik Cak Nun ke pemerintah sebetulnya lebih gokil ketimbang HRS. Tapi ntah kenapa Cak Nun wibawanya lebih keliatan dibanding HRS. Apa mungkin faktor 'nawaitu'nya ketika mengkritik? Ga cuman itu, Cak Nun sepertinya jauh dari pemberitaan yang ga mengenakan, dan jarang juga ada yang terang-terangan membenci.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
30-11-2020 21:16
Dawuh Mbah nun lebih adem, menenangkan jiwa, bikin tentram.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
30-11-2020 23:09
Dari gaya bicara nya aja udah jauh banget gan antara cak nun Ama hrs 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 05:08
Kmbl kepilihan msng2.
Ada yg ke ck nun, ada yg ke hrs, juga ke ustad wijayanto dan ada yg merapat ke ustad A Sukino..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 06:03
Semua itu memang merupakan isi dunia ini gan, ada tesis dan antitesis. Ada virus dan antivirus sehingga komplit. Dan ane sendiri kurang begitu mengikuti ceramah-ceramah dari yang diceritakan di trit ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 08:29
Cak Nun ini punya kakek , kakeknya itu punya 2 teman, 1 pendiri NU dan 1 pendiri Muhammadiyah, nah kakek Cak Nun gak diriken apa apa, dia dipesani untuk menjalin tali kasih silaturahmi dg teman temannya itu.
Diubah oleh adityaprasngr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 08:32
Dakwah Cak Nun lebih ke arah sufisme, HRS ini ke jalan jihad wahabisme, dua duanya punya argumen masing-masing, coba kalo video Cak Nun tentang cina di viralkan, bakal rame ini ngehujat Cak Nun juga macam HRS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 08:34
Karena ilmu Cak Nun itu ilmu cocoklogi, dg comedi dg berpikir kritis, ini sebenarnya sudah ada yg bahas sih soal tesis, sintesis, anti tesis, tesis dsb.

Hasil pemikiran diuji, disinilah kalo mau berpikir kritis tidak mengutamakan emosi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 08:38
Dulu Cak Nun sudah memperingatkan ini tentang kebenaran, waktu demo 2017 demo Ahok, versi kebenaran di kemukakan ada 3, dan udah 3 tahun ini ternyata masih ingat, versi dirinya, versi kelompok/global, kebenaran versi hakiki, orang berargumen menguji kebenaran memang harus kritis tidak dengan emosi, tapi kalo ditarik benang merahnya, porsi yg paling banyak mengakomodir masa agar tenang ya diambil. Sedangkan misteri 3 kebenaran itu tisak terpecahkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
papahmuda099 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 08:40
Cak Nun juga mengkritisi proklamasi yg hanya dibacakan Soekarno, agak lucu bagi dirinya Proklamasi kemerdekaan dibaca oleh satu orang, logisnya harus dibaca berbarengan oleh 100 orang, logika ini menggambarkan ada individual Soekarno dan anak cucunya nanti kalo pendiri negara ini Soekarno, padahal kalo ditelisik lebih dalam perjuangannya panjang untuk merdeka apalagi banyak tokoh sekarang menjadi pahlawan mendapatkan porsi figuran dan Soekarno jadi sosok sentral
Diubah oleh adityaprasngr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 08:48
Gw rasa ini sudah menjawab ya
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 12:39
antitesis itu lahir dari tesis. canun bukan antitesis hrs karena motif cak nun bukan untuk menjadi alternatif hrs.

keduanya memiliki motif amar makruf nahi munkar keduanya memiliki derajat yang sama sebagai muslim dan pendakwah
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 17:05
enak adem, ceramah noey letto juga enak....seadem lagunya emoticon-Kaskus Radio:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d.saiful dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 17:10
Yang namanya hidup ya Harus ada air dan api. Dua2 nya suatu waktu pasti dibutuhkan.
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 17:10
Nah, cak nun ini, kalau masuk bp, pasti lgsg di kadrun2in.
Ceramahnya serius tapi santai.
Bener beliau sering ngritik pemerintah, tapi gak cuman jkw doang. Yg dulu2 juga di kritik.
Ane pernah ikut ceramah beliau, kalau menurut ane, kita disuruh kritis dalam mikir apapun. Jd kalau denger beliau ceramah, musti diem dulu buat mikir. Wkwkwk
Beliau sering ngritik pemerintah tapi beliau enggak benci pemerintah. Ini yg skrg udah hilang, bahkan di forum kaskus, yg dulu katanya pinter2. Ketika kita ngritik sesuatu, diartiin kita benci. Lgsg keluar kosakata baru yg di buzz abis2an.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Opini TS : Cak Nun Adalah Anti-thesis dari Habieb Rizieh Shihab.
01-12-2020 17:14
Waduh perbandingannya jauh amat breemoticon-Leh Uga
Bandingin bibieb Rizieq tuh sama Bahar Smith gitu lo emoticon-Wakaka
Diubah oleh MirrorBoy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia