Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc3c4a88d9b1759f60e9c16/hidden-gem-di-kecamatan-semanu-wisata-air-kalisuci-alternatif-selain-goa-pindul
Memiliki Kakek dan Nenek yang bertempat tinggal di Yogyakarta adalah sebuah anugrah. Karena kita tidak perlu repot lagi mencari tempat tinggal, transportasi dan bisa berliburan ke sana setiap tahunnya. Wajar karena Yogyakarta termasuk salah satu destinasi wisatawan domestik.  Umumnya alasan orang-orang berwisata ke Yogyakarta adalah untuk mengunjungi beberapa tempat seperti Taman Sari, Malioboro,
Lapor Hansip
29-11-2020 22:56

Hidden Gem Di Kecamatan Semanu, Wisata Air, Kalisuci (Alternatif Selain Goa Pindul)

icon-verified-thread
Hidden Gem Di Kecamatan Semanu, Wisata Air, Kalisuci (Alternatif Selain Goa Pindul)
Memiliki Kakek dan Nenek yang bertempat tinggal di Yogyakarta adalah sebuah anugrah. Karena kita tidak perlu repot lagi mencari tempat tinggal, transportasi dan bisa berliburan ke sana setiap tahunnya. Wajar karena Yogyakarta termasuk salah satu destinasi wisatawan domestik. 

Umumnya alasan orang-orang berwisata ke Yogyakarta adalah untuk mengunjungi beberapa tempat seperti Taman Sari, Malioboro, Benteng Vredeburg atau Keraton. Kalau ingin keluar dari Yogyakarta destinasi andalannya sudah pasti pantai di Gunung Kidul. Meski ada dua destinasi wisata air yang bisa dicoba sebelum menuju Gunung Kidul, yaitu Goa Pindul dan Kali Suci. Namun karena ane rasa udah banyak orang yang tau dengan Goa Pindul, maka ane akan bahas tentang Kali Suci.

Hidden Gem Di Kecamatan Semanu, Wisata Air, Kalisuci (Alternatif Selain Goa Pindul)
dok. pri

Kali Suci merupakan wisata air seperti Goa Pindul. Lokasinya berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul (ancer-ancernya kalo udah banyak spanduk Goa Pindul jarak 200-300 meter lagi). Disana kita bisa menyusuri goa sambil menaiki pelampung ban dan mengikuti arus sungai yang cukup deras. Bagi kalian yang panikan ane sarankan tidak mencoba wisata ini karena diawal keberangkatan saat akan menaiki pelampung ban, sungainya cukup dalam. Ane tau karena waktu itu iseng ngetes dalemnya, ternyata ane nyemplung cukup dalem emoticon-Big Grin. Tapi gak usah khawatir karena tiap orang disediain pelampung yang berupa rompi. Jadi aman kalo jatoh dari ban. Makanya ane saranin buat enggak panik.

Hidden Gem Di Kecamatan Semanu, Wisata Air, Kalisuci (Alternatif Selain Goa Pindul)
dok. pri

Diawal perjalanan kita akan menyusuri Goa yang memiliki pemandangan cukup indah. Nanti beberapa guide sambil menyeritakan sejarah dan batu-batuan yang ada di goa tersebut. Kemudian perjalanan dengan ban berhenti pada sebuah cekungan dimana air sungai sudah tidak deras (menggenang tapi masih mengalir). Disini kita akan dikasih waktu buat foto-foto sambil bermain air disana. Nah saran ane sebaiknya bawa gopro atau kalau mau kekeuh pake kamera HP, sebaiknya beli wadah handphone yang 10ribuan biar gak kena air. Gak perlu bawa dry bag, karena guidenya udah bawa dry bag buat nyimpen HP dan kamera kita selama menyusuri sungai.

Hidden Gem Di Kecamatan Semanu, Wisata Air, Kalisuci (Alternatif Selain Goa Pindul)
dok. pri

Setelah puas foto-foto dan main air, kita bakalan menaiki tangga yang cukup bikin capek. Setelah naik tangga sekitar 5 menit kita akan sampe di jalanan dan naik mobil pick up buat sampe kembali ke tempat semula. Nah disana kita ditawari untuk makan (makanannya geratis, bisa pilih mau makan mie atau nasi disana).

Hidden Gem Di Kecamatan Semanu, Wisata Air, Kalisuci (Alternatif Selain Goa Pindul)
dok. pri

Yang membedakan antara Kali Suci dan Goa Pindul adalah jarak sungainya, dimana sungai Kali Suci lebih panjang dari Goa Pindul jadi wisata airnya berasa banget. Cuma di Kali Suci gak bisa loncat-loncat ke sungai kayak Goa Pindul. Sisanya sama-sama aja sih. Kalo untuk tarif masuknya ane lupa-lupa inget, kalo gak salah terakhir kesana tarifnya 100 ribuan perorang.

Untuk ke Kali Suci jalannya cukup ngebingungin dan orang yang nunjukkin jalan ke tujuannya belum sebanyak Goa Pindul yang ada di sepanjang jalan. Jadi saran dari ane pake GPS untuk kesananya.

Nah untuk protokol kesehatan yang perlu diperhatiin karena ini wisata air sebaiknya agan sista bawa face shield dari rumah. Karena kalo make masker takutnya maskernya basah dan bikin susah nafas. Terus jangan lupa semprot hand sanitizer kalo udah turun dari ban dan turun dari pick up karena itu semua kan bekas dipake orang-orang. Terus jangan paksain kalo lagi gak enak badan, karena nanti kita akan sering bergerombol pas di aliran sungainya. Itu aja sih menurut ane yang perlu diperhatiin. 

Ane juga udah hampir 3 tahun gak kesana gara-gara belom sempet pulang ke Yogyakarta lagi, rencananya sih setelah COVID ini tuntas ane pengen liburan ke sana lagi. Semoga COVID segera berlalu. Aamiin. 

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Outdoor Adventure & Nature Clubs
10-alasan-mengapa-kamu-harus-mendaki-gunung
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia