News
Batal
KATEGORI
link has been copied
94
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbe6ff8337f93516f6e849a/mbt-al-zarrar-tank-buatan-china-yang-berhasil-dimodernisasi-oleh-pakistan
MBT (Main Battle Tank) atau biasa disebut tank tempur utama, merupakan alutsista garis depan bagi pasukan darat. Dengan ukuran serta senjata yang berukuran besar membuatnya disegani lawan.
Lapor Hansip
25-11-2020 21:53

MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
MBT (Main Battle Tank) atau biasa disebut tank tempur utama, merupakan alutsista garis depan bagi pasukan darat. Dengan ukuran serta senjata yang berukuran besar membuatnya disegani lawan. Namun begitu harganya sendiri cukup mahal. Untuk memenuhi tuntutan pertahanan di era modern, tak jarang sebuah negara lebih memilih memodernisasi alutsistanya secara mandiri, daripada harus membeli alutsista baru dengan harga yang mahal.

Hal ini juga dilakukan oleh Pakistan, Negeri Seribu Cahaya ini lebih memilih melakukan upgrade pada MBT miliknya. Kali ini TS akan mengenalkan agan sista semua tentang tank andalan Pakistan ini, mari kita mulai ceritanya. Seperti biasa kita mulai dari sejarahnya.



SEJARAH

Pada tahun 1960-1980 pihak Pakistan banyak mengoperasikan MBT Type 59 buatan China dalam jumlah yang banyak. Type 59 sendiri merupakan sebuah copy paste dari MBT Type 52-A milik Uni Soviet, tank tersebut kemudian diproduksi dibawah lisensi. Tank ini mulai diproduksi tahun 1958. Type 59 sendiri sudah digunakan banyak negara seperti Myanmar, Pakistan, Korea Utara, Bangladesh, Kamboja, Vietnam, Kongo, Sudan, Iran, Irak.

Tank ini juga sudah kenyang makan asam garam pertempuran mulai dari Perang Vietnam, Perang Teluk, Perang Kongo, serta Perang Sudan.
Memasuki tahun 1990, pihak pemerintah Pakistan mengalami surplus MBT Type 59. Daripada harus mempensiunkan tank tersebut, pihak Pakistan lebih memilih memodernisasi tank mereka. Pakistan sendiri diperkirakan memiliki hampir 1.000 unit tank Type 59 buatan China.



MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan

Sumber Ilustrasi Foto

Pada dekade 1990-an pemerintah Pakistan menginstruksikan untuk melakukan upgrade (peningkatan) untuk 400 MBT mereka, pada tahun 2004 sejumlah 80 tank berhasil ditingkatkan kemampuannya dan mulai aktif berdinas tanggal 24 Februari 2004 di Angkatan Darat Pakistan.


MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan

Tank Type 59, MBT buatan China yang dimodernisasi oleh Pakistan.

Foto: wikipedia.org

Pihak Heavy Industries Taxila (HIT) ditunjuk untuk mengembangkan dan memproduksi varian terbaru ini, biro desain KMDB dari Ukraina juga ikut serta dalam proyek pembangunan tank yang kelak diberi nama Al-Zarrar ini. HIT kemudian mulai melanjutkan produksi secara massal Al-Zarrar pada 6 Mei 2003 dipimpin Insinyur Mahmood Khan.

Beberapa upgrade yang dilakukan mulai dari persenjataan, sistem kontrol tembak, sistem pemadam kebakaran, mesin dan perlindungan balistik. Upgrade untuk Type 59 juga ditawarkan oleh HIT untuk Angkatan Darat negara asing yang ingin melakukan upgrade tank T-59 atau juga T-54/T-55 mereka dengan standar Al-Zarrar. Untuk nama tank versi Pakistan ini diambil dari salah satu prajurit muslim yang bernama Zarrar bin Al-Azwar.



Spesifikasi

Persenjataan utama Al-Zarrar adalah meriam smoothbore 125 mm dengan laras senapan berlapis krom, dimana versi Type 59 menggunakan meriam 100 mm. Meriam mampu menembakkan peluru APFSDS, HEAT-FS dan HE-FS serta peluru kendali anti-tank dan peluru DU (depleted uranium) buatan Pakistan, serta Naiza 125 mm.

Naiza 125 mm sendiri mampu menembus lapisan armor RHA setebal 550 mm pada jarak 2 km. Untuk mengisi ulang pelurunya menggunakan sistem semi-otomatis, senjata ini juga terkoneksi dengan sistem komputer dalam tank yang memiliki stabilisasi gambar terkomputerisasi dan pencitraan termal untuk pertempuran siang dan malam hari.

Persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin anti pesawat 12,7 mm yang dipasang di atap turret, yang dapat diarahkan dan ditembakkan dari dalam tank, serta tamabahan senapan mesin koaksial 7,62 mm.

MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan

Foto: gettyimages.com


Tank juga dilengkapi sistem peringatan ancaman laser LTS-1, dikembangkan oleh Al Technique Corporation (ATCOP). Sistem ATCOP LTS-1 akan memperingatkan kru saat tank menjadi target penanda laser atau pengintai laser (laser rangefinder). Pada bagian sisi turret sudah dilengkapi dengan peluncur granat asap. Tank ini jugas dilengkapi sistem pemadam api otomatis.

Perlindungan lapis baja dari Al-Zarrar sudah ditingkatkan dengan lapis baja komposit, serta lapisan tambahan berupa Explosive Reactive Armor (ERA), serta lapis baja anti-ranjau. Lapisan tersebut memberikan peningkatan perlindungan dari rudal anti-tank, ranjau dan senjata lainnya. Lapisannya sendiri bersifat modular, artinya bisa ditingkatkan lagi sesuai kebutuhan.


MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan

Foto: gettyimages.com


Mesin yang digunakan Al-Zarrar telah ditingkatkan, sebelumnya memakai mesin dengan kekuatan 520 hp . Kemudian diganti dengan mesin KMDB diesel liquid-cooled 12 silinder dengan semburan kekuatan mencapai 730 hp. Mesin menghasilkan torsi 305 kg.m pada putaran mesin 1.300-1.400 rpm. Dengan mesin baru ini Al-Zarrar mampu melaju pada kecepatan maksimal 65 km/jam dengan jarak jelajah 450 km.

Total berat MBT Al-Zarrar mencapai 44 ton. Kemudian tank ini memiliki panjang total 9,50 m, lebar 3,30 m serta tinggi 2,50 m. Untuk mengoperasikan tank ini dibutuhkan 4 orang kru yang terdiri dari komandan, pengemudi, penembak, serta pemuat amunisi (loader).

Senjata yang dibawa MBT Al-Zarrar:

Senjata utama: meriam smoothbore 125 mm.

Senjata sekunder: senapan mesin anti pesawat eksternal 12,7 mm ,
senapan mesin koaksial 7,62 mm,
8 x peluncur granat asap.


MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan

Foto: gettyimages.com


Pada bulan Oktober 2008, Bangladesh berminat untuk memodernisasi 300 unit tank Type 59 mereka. Rencananya proses upgrade akan dilakukan di Bangladesh, namun rencana kemudian dibatalkan, dan pihak Bangladesh memilih paket modernisasi dari China. Bagi yang ingin melihat sekilas aksi Al-Zarrar, bisa klik video dibawah ini.

Al-Zarrar


Saat ini total 509 tank MBT Al-Zarrar masih dioperasikan oleh Pasukan Angkatan Darat Pakistan. Meskipun termasuk tank yang berusia uzur, namun dengan paket modernisasi mandiri yang mereka lakukan. MBT andalan mereka ini mampu bertugas lebih lama lagi untuk menjaga kedaulatan Negeri Seribu Cahaya.

Demikian sedikit cerita ringkas dan ringan mengenai MBT Al-Zarrar yang saat ini digunakan oleh Pakistan. TS ucapkan terimakasih bagi agan dan sista yang sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir. Jika kalian menyukai tulisan ini jangan lupa untuk rate 5, berbagi cendol, dan share ke media sosial kalian. TS pamit undur diri dulu, sampai jumpa lagi, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google image, gettyimagrs.com
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
25-11-2020 21:54
Sepertinya jarang sekali yang membahas tentang Negeri Seribu Cahaya ini di Kaksus, TS kasih bonus biar gak tegang emoticon-Malu

Biar Gak Tegang Gan


Tanggapan para kaskuser:

Quote:Original Posted By coens1982
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
Ini habis maen di kubangan atau gimana emoticon-Big Grin

MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistankalau ini mungkin lagi maen pasir emoticon-Big Grin

MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan selanjutnya siap di kilo emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By jlamp
Dibanding orisinalnya yang type 59 modernisasi nya cakep juga.. Al Zarrar jadi terlihat agak gedean.. kayaknya daripada beli baru, daur ulang Tank lebih worthed.
emoticon-Recommended Seller


Quote:Original Posted By chigo.ji3
Jangan beli peralatan bergerak made in chinese


Quote:Original Posted By anthraxxx
Negara islam konservatif kaku macam pakistan mao ga mao make produk aseng kwkwkw, mao ga mao kan krn tiongkok emang paling murah dan gak ada embargo politik, yg penting cuan wkkwkw


Quote:Original Posted By greenlov33
Pribadi aj gw ampe sekarang mikir 2x kalo beli barang buatan cina... Mungkin 5 barang kurang bagus 1 barang bagusnya.... dimarket bgt kebanyakan... Heheh


Quote:Original Posted By amispelem
jatohnya ni tenk di upgrade senjata doang. armor 203 mm ditambah reaktif kg usah apfsds pake HEAT modern juga tembus


Quote:Original Posted By pulaukapok
Ngebul...tp oke bet bisa mandiri.


Quote:Original Posted By uray24
Ya buat jaga2 perbatasan ama bantu artileri buat hujani tetangga2 nakal plus cukup lah buat ngeratain 2-3 rumah penduduk dgn meriam utamanya


Quote:Original Posted By jamilhebat
biar diupgrade macam apapun DSHk nya selalu tetap dihati emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By isu152
tak ada akar rotan pun jadi


Quote:Original Posted By Ultramen.T
pakistan saja pakai produk china, lha kita sok sok an bela pakistan dan boikot produk china. Siapa yang kurang pinter dari 2 contoh diatas? Kadang kita terlalu mengangap diri sendiri terlalu besar


Quote:Original Posted By abk3304157
cek dulu klo buatan china,,, emoticon-Leh Uga
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
25-11-2020 21:54
emoticon-Stick Out Tongueertamax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
25-11-2020 21:55
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
Ini habis maen di kubangan atau gimana emoticon-Big Grin

MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistankalau ini mungkin lagi maen pasir emoticon-Big Grin

MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan selanjutnya siap di kilo emoticon-Big Grin
Diubah oleh coens1982
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
25-11-2020 23:56
Keren juga ini pakistan ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 05:53
730 HP untuk berat 44 ton...??

rasio tenaganya masi lebih bagus Harimau-MT..
700 HP untuk berat 32 ton..

eh iya beda generasi sih..emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 07:25
Dibanding orisinalnya yang type 59 modernisasi nya cakep juga.. Al Zarrar jadi terlihat agak gedean.. kayaknya daripada beli baru, daur ulang Tank lebih worthed.
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 09:19
Quote:Original Posted By coens1982
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
Ini habis maen di kubangan atau gimana emoticon-Big Grin

MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistankalau ini mungkin lagi maen pasir emoticon-Big Grin

MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan selanjutnya siap di kilo emoticon-Big Grin


sesuai daerahnya, dia suka main pasir gan emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By orgbekasi67
Keren juga ini pakistan ya


lumayan gan bisa memodernisasi alutsistanya emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By jagotorpedo
730 HP untuk berat 44 ton...??

rasio tenaganya masi lebih bagus Harimau-MT..
700 HP untuk berat 32 ton..

eh iya beda generasi sih..emoticon-Peace


beda pembuat juga gan emoticon-Big Grin




Quote:Original Posted By jlamp
Dibanding orisinalnya yang type 59 modernisasi nya cakep juga.. Al Zarrar jadi terlihat agak gedean.. kayaknya daripada beli baru, daur ulang Tank lebih worthed.
emoticon-Recommended Seller


karena beli baru lebih mahal gan untuk sekelas MBT emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 21:00
wah, kreatif sekali gan, salut ane. oh ya, kalau gk sibuk boleh mampir ke Hot Thread gua gan, mengenai Brainwave software >> https://kask.us/iznRu

Dan juga Jangan lupa d rumah saja ya gan emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 21:04
Indonesia bisa begini ga si?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 21:10
Alhamdulillah tanknya jadi mualaf emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 21:27
Cewek pakistan emoticon-Peluk
Diubah oleh kugluhk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 21:48
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 22:00
pakistan kayanya pelanggan setia produk china yaa.. banyak banget sampe 1000 unit tank buatan china yg dimilikinya.. apa kaga tertarik ama tank produk lain kah? hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 22:08
Indonesia berani gk ya upgrade barang walau dari China?
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 22:18
Indonesia pasti mikir mending beli daripada modif 🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 22:23
Menghemat pengeluaran negara buat modif. emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 22:30
Waw hebat ya, tp masih menatan tentara indo hehee
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 22:31
Indonesia kira kira mau ngga yaaa belajar dari China kayak Pakistan begini

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 22:32
Klo di indonesia yg modernisasi mandiri macam gini contohnya apa ada gan?
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
MBT Al-Zarrar, Tank Buatan China yang Berhasil Dimodernisasi Oleh Pakistan
26-11-2020 22:49
Jangan beli peralatan bergerak made in chinese
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia