Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbe462e68cc9561d529e430/samsung-pernah-ngeluarin-hp-bertenaga-surya-pertama-di-dunia
Samsung menjadi pabrikan pertama yang mengeluarkan ponsel bertenaga surya. Saat itu ponsel tersebut diberi nama Guru E1107. Ini tergolong ponsel feature phone.
Lapor Hansip
25-11-2020 18:55

Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Ada berbagai macam teknologi baterai yang sekarang ini berkembang. Mulai dari peningkatan kapasitas, proses pengisian yang sangat cepat, hingga proses pengisian daya yang tidak menggunakan kabel lagi alias wireless. Perkembangan ini tentunya sangat berdampak baik pada konsumen dan bagi pabrikan ini bisa menjadi nilai lebih dari smartphone.

Tapi sebelum secanggih sekarang, perkembangan teknologi baterai pada beberapa tahun yang lewat juga cukup masif GanSis. Ada beberapa teknologi yang pernah dicoba oleh pabrikan atau peneliti. Salah satunya ponsel yang ditenagai oleh sel surya. Samsung menjadi pabrikan pertama yang mengeluarkan ponsel bertenaga surya. Saat itu ponsel tersebut diberi nama Guru E1107. Ini tergolong ponsel feature phone.

Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia

Bodi belakang Guru E1107 dibalut dengan panel surya. Ketika panel tersebut terkena sinar matahari, sel surya kemudian akan menghasilkan listrik yang selanjutnya akan mengisi ulang baterai ponsel. Sayangnya karena ukuran panel yang kecil, listrik yang dihasilkan juga gak terlalu besar. Jika diisi ulang satu jam menggunakan panel surya, baterai hanya mampu melakukan panggilan telepon selama 5 – 10 menit.

Perangkat ini dibikin Samsung untuk penggunanya yang tinggal di negara berkembang di mana masih sering terjadi pemadaman listrik. Menariknya GanSis, meskipun peforma pengisiannya tidak begitu mengesankan, tapi fitur ini dinilai cukup berguna untuk pasar yang ditargetkan Samsung.

Setelah Guru E1107, Samsung kembali menelurkan ponsel dengan tenaga surya, yakni Samsung Blue Earth. Bagian belakang ponsel ini juga disediakan panel surya. Dari sisi desain, Blue Earth lebih modern ketimbang pendahulunya. Ponsel ini udah dilengkapi dengan layar sentuh dan beberapa fitur yang terkoneksi dengan internet. Untuk peforma pengisian, kedua ponsel ini tidak jauh beda.

Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia

Dari sisi teknologi, ini cukup keren dan ramah lingkungan GanSis. Tapi memang dengan peforma pengisian yang masih segitu – gitu aja, tidak akan mampu menopang peforma ponsel dengan maksimal. Saat ini ponsel dengan teknologi panel surya belum dibikin lagi, karena perlu penelitian lebih lanjut untuk bisa membuat panel yang ukurannya kecil tapi mampu menghasilkan banyak energi listrik. Bisa jadi di masa depan teknologi ini akan berkembang jauh lebih baik dan makin canggih.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 35 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
26-11-2020 07:41
Pengisian lewat panel Surya tergolong masih lambat.. mangkanya mendingan di charge biasa. Tapi lumayan berguna kalo ente terdampar di pulau tanpa energi listrik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 03:56
Pengisian daya listrik lewat kegabutan duniawi ada ga wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 05:51
Jd mesti di jemur gitu?emoticon-Cape d...


Diubah oleh egag..
profile-picture
profile-picture
orekitomori dan gabener.edan memberi reputasi
1 1
0
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:12
Lagi jemur hp untuk isi isi daya baterai justru ada kemungkinan hilang di maling. emoticon-Ngakak (S)

wah ada hp geletak sembarangan nih kata si malingnya. emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:26
Hp ga laku klo dijual di negara yg mataharinya sebentar aja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jlamp dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:27
Quote:Original Posted By jlamp
Pengisian lewat panel Surya tergolong masih lambat.. mangkanya mendingan di charge biasa. Tapi lumayan berguna kalo ente terdampar di pulau tanpa energi listrik.


Kayak di film2 ya gan... emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jlamp dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:29
Naek keatas balkon, ada tetangga lewat nanya "Lagi ngapain bre?"

"ngecas hape"...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahesa2k11 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:34
Mending powerbank nya aja yang dibikin panel surya, nanti hp nya tingal charge dari power bank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riswid10 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:35
lumayan dipake buat ngojol ini....
profile-picture
profile-picture
jlamp dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:36
Hp sich yak perlu daya yg lbh....kalo jam, casio udah dari dulu,smartwatch garmin jg sekarang keluarin yg instinc solar ...bisa tenaga surya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:40
Ane dulu pernah punya bre hape ini,ngisi kok emang pas kena terik matahari bagian belakangnya,cuma ya ga sebanyak ngecas,tapi cukup GG sih rasanya waktu itu pas punyaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh febriay123
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:41
Sangat bisa menjadiasukan untuuk masa pandemi saat ini. Karena lebih bisa mengifesienkan waktu. Semoga saja bisa lebih di kembngkan lagi
profile-picture
profile-picture
jlamp dan yonandra memberi reputasi
2 0
2
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:44
Hp dijemur apa gk panas, hadeeeee...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:54
mungkin saat itu dunia belum siap, apakah skrg ga mau ngeluarin lagi yang kaya gitu, mungkin laku kalau sekarang haha
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:55
guru fisika kali emoticon-Leh Uga
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 08:59
Pake sel surya ngisi untuk 6000mah berapa lama dan apa gak panas tuh hp..
profile-picture
profile-picture
Mistaravim dan elbe94 memberi reputasi
1 1
0
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 09:03
Perlu ada teknologi panel surya yang nyimpen cepat.
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 09:04
Ternyata jemur hape buat nge ces sudah jadi kenyataan skrg emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 09:05
seharusnya solar panelnya di chargernya sj,
biar bisa lbh luas solar panelny n biar chargernya sj yg dijemur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
28-11-2020 09:09
Buang2 waktu saja ....tapi yakkk tuk keren2an bolehlahemoticon-Ngakak
profile-picture
jlamp memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Handphone & Tablet
Computer Stuff
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia