iskrim
TS
iskrim
Pengemudi Pemula Harus Tahu Ini Saat Pertamakali Masuk Tol (A-Z)


[ HT# 658 ]

Jalan tol sebagai jalan bebas hambatan tetap kita wajib mentaati dasar peraturan lalulintas, juga tata cara dan pemahaman berkendara perlu diketahui oleh pengemudi pemula.

Berdasarkan pengalaman saya, awal sebagai pengemudi pemula adalah wajib hukumnya di dampingi oleh mereka yang telah ahli dan terbiasa melintasi jalan tol.

Ini penting karena pengemudi pemula harus mengenal cara berkendara di jalan tol secara benar, sesuai aturan, dimana rata-rata kendaraan melaju dengan kecepatan 80km dan maksimal 100km/jam. Itu artinya lebih cepat dari rata-rata kecepatan di jalan biasa 30-60km/jamnya.

Itu baru 1 hal, nanti akan saya jelaskan poin-poin penting lainnya di bawah ini.

PERTAMA


Sebelum memasuki jalan tol sebaiknya pastikan manusia dan kendaraannya dalam keadaan prima, periksa bagian mesin, tekanan angin ban, kondisi ban, sensor-sensor di MID tidak ada error, lampu-lampu dan klakson semua harus berjalan normal.

Jika repot serahkan ke bengkel untuk di periksa dan didiagnosis dan isilah bensin secara penuh. Tentu saja kita tidak ingin kendaraan rusak atau kehabisan bensin di tengah jalan.

Hal ini akan sangat merepotkan dan sangat berbahaya jika kendaraan tiba-tiba berhenti di tengah jalan.

Selain resah karena perjalanan jadi tertunda tapi bisa jadi perjalanan malah jadi batal. Menunggu mobil bantuan terkadang lama kita dapatkan, dan beresiko membayar lebih mahal berkali lipat jika menemukan oknum yang nakal.

KEDUA


Tentu saja semua orang tahu ini, kalau masuk tol harus bayar. Tapi lebih penting untuk diketahui adalah pemula harus menyiapkan uang pecahan/pas, dan atau kartu e money dengan saldo yang sebaiknya 'lebih' dari cukup.

Guna kelancaran pembayaran sebaiknya menyiapkan 2 hal tadi, hal ini untuk mencegah kesulitan pembayaran karena mungkin mesin pembayaran sedang rusak, jadi kita bisa beralih ke jalur pembayaran yag lain.

Sebelumnya, ketahui tujuan yang pasti, jarak tempuh, dan berapa kali harus membayar tol. Dengan demikian istilah kehabisan 'ongkos' tol bisa di hindari.

KETIGA


Ini sangat penting diketahui pemula. Jalan yang mulus dan lancar terkadang melenakan pengemudi pemula. Pentingnya tetap menjaga jarak di kecepatan berapapun adalah untuk mencegah terjadinya tabrakan beruntun atau halangan di depan disituasi yang tidak bisa diperkirakan pada kecepatan diatas rata-rata.

Di kecepatan mobil tersebut apabila terlambat mengerem satu detik saja akan sangat berpengaruh pada jarak pengereman dan itu menentukan nasib seisi penumpang.

KEEMPAT


Pada kecepatan tinggi jangan sekali-kali melakukan manuver atau berbelok secara mendadak. Ini sangat-sangat berbahaya, walaupun hanya membelokkan steer sedikit saja juga bisa berbahaya, mobil bisa terguling, melewati pembatas jalan, atau di tumbuk mobil lain dari belakang.

KELIMA


Apabila jalan terbagi menjadi 3 jalur sebagai pemula sebaiknya menggunakan jalur tengah saja, kecuali di kiri jalan benar-benar kosong di jarak tempuh yang panjang dan tidak ada halangan apapun.

Jalur tengah umumnya untuk kecepatan mobil yang konstan. Di kecepatan yang stabil ini akan membantu pemula untuk memahami karakter berkendara sambil beradaptasi dengan situasi.

KEENAM


Di jalan tol ada aturan yang sedikit berbeda di jalan biasa. Umumnya perbedaan pada kecepatan kendaraan minimal dan maksimal yang harus diketahui, serta rambu-rambu penting lainnya harus diikuti. Tetap fokuslah saat berkendara sambil melihat petunjuk rambu yang ada dan kontur jalannya.

KETUJUH


Jala tol yang lebar memang menyenangkan rasanya. Tapi harus disadari jangan sekali-kali memotong jalur secara tiba-tiba lebih dari 2 jalur. Misal pemula berada di jalur 1 paling kiri lalu langsung berpindah ke jalur 3 paling kanan atau sebaliknya.

Ini sangat berbahaya, cara yang benar nyalakan lampu sein, lakukan perpindahan secara bertahap setiap 100 atau 200 meter sambil mengatisipasi keadaan belakang kita apakah aman atau tidak.

Semua kendaraan memiliki titik buta atau Blindspot dimana setiap pengemudi memiliki penglihatan yang terbatas. Pilar A adalah salah satu blindspot yang kadang pengemudi tidak mengetahui ada kendaraan lain sedang memotong jalur atau sedang berada disampingnya.

Tanyakan kepada pendamping kiri driver pemula apakah situasi jalur kiri sudah benar-benar aman untuk masuk atau tidak. Jika ini asal saja berpindah jalur maka hal seperti tumbukan dari samping bisa saja terjadi.

KEDELAPAN


Lampu di kendaraan bukan untuk hiasan atau mempercantik tampilan kendaraan. Lampu sein, lampu kota, lampu dekat-jauh, lampu hazard, adalah petunjuk kita untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain.

Untuk berbelok, mendahului, berhenti, mengerem, lampu-lampu ini bertugas dan wajib di gunakan dan wajib diketahui pemula fungsinya masing-masing.

Jika pengendara tertib dan menggunakannya dengan tepat ini akan membuat perjalanan kita nyaman, lebih aman, dan selamat di tujuan

KESEMBILAN


Nah, ini yang sering terjadi, kendaraan berjalan dianggap pelan oleh kendaraan lain yang ber CC lebih besar.

Kendaraan ber CC kecil kadang terlena dengan kecepatan mobil yang dimilikinya sehingga tidak sadar kalau ada kendaraan lain akan menyalipnya, terutama di jalur paling kanan.

Jalur 3 atau paling kanan adalah khusus untuk mendahului bukan untuk jalan yang lebih pelan atau konstan.

Ya, kita memahami kendaaraan lain ada yang ber CC lebih kecil dan atau ada mobil yang benar-benar mematuhi batas kecepatan sesuai petunjuk rambu yang ada.

Tapi, jalan adalah milik bersama jadi jika ada yang ingin mendahului sebaiknya kita berikan jalan dengan cara berpindah jalur ke tengah.

Mengalah bukan berarti kalah, tapi mengalah demi kebaikan dan keselamatan berkendara sama-sama.

Ketika kendaraan dari belakang menyalakan lampu jauh itu artinya dia meminta jalan, kita sebagai kendaraan yang berjalan lebih lamnat sebaiknya tidak egois seperti diam 'membisu' di tempat.

KESEPULUH


Lampu rem mobil di depan akan menyala ketika kendaraan di depannya melakukan penurunan laju kendaraan, ini artinya mungkin di depan sedang ada halangan atau ada perlambatan laju kendaraan.

Tapi buat pengemudi pemula sebaiknya jangan terlalu fokus pada nyala lampu rem ini, namun fokuslah pada jaga jarak dan perilaku kendaraan di depannya, barulah fokus pada lampu rem.

Sebab apa, karena sesuatu hal mungkin mobil di depan lampu remnya tidak menyala karena rusak, atau kendaraan di depan kita menghindar secara mendadak sehingga tidak sempat menginjak rem. Itulah mengapa pentingnya untuk selalu fokus, menjaga jarak, dan memperhatikan perilaku pengendara mobil di depan pemula.

KESEBELAS


Jarang diketahui oleh pengemudi pemula jika warna Hijau dan Biru menandakan jarak mana lebih jauh dan dekat.

Rambu petunjuk jalan yang biasanya berbentuk kotak besar bertuliskan nama-nama kota ini biasanya terbagi menjadi 2 warna. Hijau untuk jarak tujuan yang sudah dekat, Biru untuk jarak tujuan yang masih jauh.

Jadi ketika jarak sudah dekat (biasanya petunjuk ini 500 meter sebelum arah tujuan)  pemula sebaiknya berpindah jalur dengan kecepatan secara konstan, perhatikan situasi belakang apakah sudah aman dan terkendali.

KEDUABELAS


Jika pemula mengalami kesusahan atau kendala di tengah jalan sebaiknya langsung mengaktifkan lampu Hazard, adalah lampu yang menyala kedip di kedua sisi kendaraan.

Pengendara lain akan paham situasi pemula sedang mengalami sesuatu dan biasanya mereka akan menjaga jarak, atau menolong.

Jika diperlukan segeralah menepi ke badan jalan, tepian jalur 1 paling kiri, berhentilah di tempat yang mudah terlihat dan aman sambil terus menyalakan lampu Hazard sampai di temulan bantuan petugas resmi yang berpatroli, jangan lupa juga pasang rambu segitiga pengaman di jarak sekitar 25-50 meter di belakang kendaraan.

KETIGA BELAS


Klakson dan lampu menjadi satu cara yang tepat untuk mendahului atau menyapa kendaraan lain.

Perhatikan kondisi saat itu, jika siang hari gunakan klakson beberapa kali untuk mendahului, gunakan lampu jauh jika malam harinya. Jangan terbalik, tapi menggabungkan keduannya tidak salah, kadang kendaraan di depan kita mungkin volume musiknya terlalueras, terlalu kedap, tdak fokus, sehingga tidak mendengar kita sudah membunyikan klakson.

KEEMPAT BELAS


Siapapun itu terlebih pengemudi pemula baik di jalan biasa terlebih di jalan tol sangat tidak diperbolehkan menggunakan apalagi memainkan hp. Fokuslah selalu pada situasi dan kondisi jalan.

Menggunakan hp dan aktifitas lain seperti sambil melamun, mengantuk, bersenda gurau, bercanda akan mengganggu kosentrasi dan rasa kewaspadaan terhadap situasi disekitarnya.

Di kecepatan yang tinggi telat satu detik pun jika kamu berusaha untuk menghindar tetap ada kata terlambat melakukannya.




Masih ada yang ingin menambahkan, silahkan agan en siswati menambahkan di kolom komentar di bawah ya. Terimakasih..salam Iskrim!

Sumur. Opini dan Media
Img.Google




Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 07-12-2020 22:57
pilotshogunamenoamenilwatikta1965
nilwatikta1965 dan 39 lainnya memberi reputasi
38
7.5K
85
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.