eMHidayatsAvatar border
TS
eMHidayats
Ternyata Mobil Baru Sengaja Dibuat Mudah Ringsek Saat Tabrakan

Apa agan dan sista juga menyadari kalau mobil-mobil baru zaman sekarang lebih mudah ringsek dibandingkan mobil-mobil zaman dulu saat terjadi tabrakan atau kecelakaan lalu lintas? Industri otomotif diseluruh dunia memang sedang lesu karena pandemi covid 19 yang merebak sejak akhir 2019 lalu. Imbasnya banyak perusahaan yang melakukan efisiensi baik dari bidang operasional maupun tenaga kerja demi menjaga keuangan perusahaan tetap stabil. Eits tapi bukan itu alas an kenapa mobil baru sengaja dibuat mudah ringsek saat tabrakan. Yup ternyata alasannya bukan karena efisiensi biaya ataupun proses pembuatan rangka mobil yang asal-asalan loh gansis.

Crumple Zone
Spoiler for :

Alasan utama dari ringkihnya mobil-mobil baru adalah karena adanya crumple zone yang diaplikasikan pada kerangka mobil. Crumple zone atau zona benturan adalah kerangka yang sengaja dibuat mudah hancur yang biasanya ada dibagian dapan atau balakang mobil. untuk menerima dan meredam benturan saat terjadi tabrakan hebat. Cara kerjanya adalah, ketika terjadi tabrakan hebat area crumple zone akan langsung rusak untuk menyerap energi kinetik dari arah berlawanan dan meredam benturan hingga tidak berlanjut ke area kabin. Karena energi kinetik dan benturan sudah diredam, pengemudi dan penumpang yang ada di area kabin tetap aman (baca: relatif lebih aman) meskipun terjadi tabrakan hebat.

Teori desain mobil beberapa tahun sebelum ditemukannya crumple zone menyebut bahwa membuat mobil harus dengan bahan yang sangat kuat dan tidak terlalu banyak deformasi ketika terjadi benturan. Tetapi konsekuensinya adalah semua energi kinetik dari benturan kendaraan mengalir ke area kabin yang dapat berakibat fatal bagi pengemudi dan penumpang. Teori fisika memiliki penjelasan mengapa crumple zone diperlukan. Hukum Isaac Newton menyatakan, sebuah benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama dan arah yang sama kecuali ditindak lanjuti oleh kekuatan yang tidak seimbang.

Teknologi crumple zone ini memberikan banyak keuntungan baik bagi pengemudi dan penumpang maupun bagi pejalan kaki atau orang yang terlibat kecelakaan. Seperti sudah dijelaskan tadi, bagi pengemudi dan penumpang tentu lebih aman dan selamat saat terjadi benturan. Mungkin mereka akan tetap mengalami luka ringan seperti lecet atau keseleo, potensi luka berat seperti gegar otak, patah tulang, hingga kematian dapat diminimalisir. Begitupun bagi pejalan kaki atau orang yang terlibat kecelakaan, mereka relatif lebih aman dan memiliki potensi terhindar dari luka berat. Tentu saja ini juga bergantung pada kecepatan mobil dan kondisi disekitar.

Engine Mounting
Sejatinya engine mounting juga merupakan bentuk pengaplikasian crumple zone pada mobil meskipun memiliki cara kerja yang berbeda. Crumple zone diletakkan pada bagian mounting atau peningkat mesin dan transmisi sehingga pada saat terjadi tabrakan hebat, mesin dan transmisi akan jatuh dan tidak terdorong kebelakang sehingga berpotensi membahayakan pengemudi karena mesin mobil yang terdorong dari arah depan.

Crumple zone memang di desain untuk keamanan pengguna mobil, meskipun begitu crumple zone bukanlah pelindung mutlak untuk menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang. Berkendara dengan aman dan bertanggung jawab tetap harus menjadi prioritas utama kita gasnsis.

Terima Kasih
emoticon-Ngacir2
Spoiler for Sumur::



Spoiler for Komeng Terbaik:
Diubah oleh eMHidayats 11-12-2020 07:44
koi7Avatar border
tien212700Avatar border
loismountbattenAvatar border
loismountbatten dan 57 lainnya memberi reputasi
56
20.5K
168
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 4
icon
25KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.