News
Batal
KATEGORI
link has been copied
188
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbc50fc4601cf26d846a1ff/arahan-terbaru-jokowi-agar-libur-akhir-tahun-dikurangi
Libur panjang akhir tahun 2020 menjadi topik yang dibahas secara khusus dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi meminta ada pengurangan libur panjang akhir Desember nanti.
Lapor Hansip
24-11-2020 07:17

Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi

Past Hot Thread
Quote:Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi

Jakarta - Libur panjang akhir tahun 2020 menjadi topik yang dibahas secara khusus dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi meminta ada pengurangan libur panjang akhir Desember nanti.

Awalnya, Presiden Jokowi memberi arahan terkait libur panjang akhir tahun ini agar dibahas secara khusus. Usai rapat, Menko PMK Muhadjir Effendy memaparkan hasilnya. Muhadjir mengatakan Jokowi meminta ada pengurangan libur namun belum merinci berapa jumlah pengurangannya.

Pembahasan Khusus soal Libur Panjang

Jokowi menyatakan perlu ada pembahasan khusus mengenai libur panjang akhir tahun 2020.

"Secara khusus akan kita bicarakan mengenai libur panjang yang nanti akan ada di bulan Desember," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11/2020).

Jokowi menggelar rapat terbatas bersama jajaran Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka. Rapat tersebut membahas sejumlah hal, di antaranya persiapan Pilkada Serentak 2020, vaksin Corona, dan libur panjang akhir tahun.

"Nanti akan kita bicarakan dalam rapat hari ini secara khusus," tegas Jokowi.

Jokowi Beri Arahan Libur Panjang Dikurangi

Jokowi meminta ada pengurangan hari libur pada akhir tahun 2020 ini

"Yang berkaitan dengan masalah libur cuti bersama akhir tahun, termasuk libur pengganti cuti bersama hari raya Idul Fitri, Bapak Presiden memberikan arahan supaya ada pengurangan," kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/11/2020).

Muhadjir menyebut Jokowi memerintahkan adanya rapat koordinasi Kemenko PMK dengan pihak terkait mengenai libur akhir tahun. Jokowi meminta rapat koordinasi itu dilakukan segera.

"Dan beliau memerintahkan supaya segera ada rapat koordinasi yang dilakukan Kemenko PMK dengan kementerian dan lembaga terkait, terutama yang berkaitan dengan masalah libur akhir tahun dan pengganti libur cuti bersama Idul Fitri," ujar Muhadjir.

Sebelumnya, libur panjang kerap berujung pada bertambahnya klaster baru virus COVID-19.

Libur panjang pada Agustus lalu menimbulkan lonjakan pasien Corona. Bahkan rumah sakit di Jakarta sempat hampir defisit bed perawatan bagi pasien Corona.

Satgas Sebut Ada Peningkatan Kasus COVID Selama Libur Panjang

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyebut ada peningkatan kasus Corona selama libur panjang yang lalu.

Meski ada peningkatan, Doni menyebut jumlah ini masih bisa dikendalikan dibanding libur panjang pada Agustus yang lalu.

Doni mengungkapkan ada peningkatan kasus selama periode libur panjang kemarin. Namun Doni memastikan kondisi tersebut masih bisa dikendalikan.

"Memang harus diakui terjadi peningkatan kasus selama libur panjang lalu, namun kalau dilihat angkanya masih bisa kita kendalikan, artinya, tidak lebih tinggi dibandingkan pada libur panjang bulan Agustus yang lalu," ucapnya.

Doni menegaskan penambahan kasus di libur panjang tidak lepas dari kerumunan yang terjadi beberapa hari terakhir. Salah satunya yakni kerumunan di Bandara Soekarno-Hatta, hingga wilayah Petamburan.

Tak hanya itu, Doni juga melaporkan adanya kenaikan di sejumlah daerah di Indonesia salah satunya DKI Jakarta. Dia menyebut terjadi kenaikan kasus cukup signifikan selama dua hari terakhir di DKI Jakarta.

"Namun dalam beberapa hari terakhir terjadi penambahan kasus di sejumlah daerah, bahkan di Ibu Kota Negara mencapai kasus relatif lebih tinggi dibanding kasus sebelumnya. Dua hari yang lalu kasus mencapai 1.579, dan kemari 1300-an," sebut Doni.

Ini Jadwal Libur Panjang Akhir Desember

Jokowi meminta libur panjang akhir tahun dikurangi. Bila merujuk pada aturan terakhir, libur panjang akhir tahun sebenarnya bisa mencapai 11 hari.

Aturan terakhir soal libur akhir tahun termuat dalam SKB 3 Menteri Nomor 440 Tahun 2020, 03 Tahun 2020 dan 03 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 728 Tahun 2019, Nomor 213 Tahun 2019, Nomor 01 Tahun Tahun 2019 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020. Aturan tersebut diteken oleh Menag Fachrul Razi, Menaker Ida Fauziyah, dan Menpan RB Tjahjo Kumolo pada 20 Mei 2020.

Pemerintah juga telah menerbitkan SKB 3 Menteri Noomr 642 Tahun 2020, 4 Tahun 2020, dan 4 Tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021. Aturan tersebut diteken oleh Menag Fachrul Razi, Menaker Ida Fauziyah, dan Menpan RB Tjahjo Kumolo pada 10 September 2020.

Berdasarkan SKB tersebut, berikut daftar libur panjang akhir tahun 2020:

Kamis, 24 Desember 2020: Cuti Bersama Hari Raya Natal
Jumat, 25 Desember 2020: Libur Nasional Hari Raya Natal
Senin, 28 Desember 2020: Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah
Selasa, 29 Desember 2020: Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah
Rabu, 30 Desember 2020: Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah
Kamis, 31 Desember 2020: Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah
Jumat, 1 Januari 2021: Libur Nasional Tahun Baru 2021 Masehi

Total ada 2 hari libur nasional dan 5 hari cuti bersama. Bila ditambah dengan hari Sabtu dan Minggu, total hari libur tanpa jeda sebanyak 11 hari.

(aan/idn)
https://news.detik.com/berita/d-5267...rangi?single=1


Kerja lembur bagai kuda.. nunggu libur tak ada ada.. berharap bonus kok tak ada.. gara2 orang nakal.. gak boleh ngumpul malah langgar.. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 07:19
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Dulu libur panjang akhir tahun dijanjikan untuk menggantikan libur lebaran dengan perkiraan bahwa corona sudah mereda,

namun saat ini corona belum juga mereda,
artinya asumsi yang dipakai keliru,
jika masih memaksakan adanya libur panjang ya ndak logis pemikirannya.


emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 07:30
Giliran kemarin waktu cuti bersama maulid.. DKI mengusulkan libur panjang maulid ditiadakan malah kena bully..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 07:32
Yg dia bisa hanya ngurusin hal remeh temeh begini.
Begitu ngurus ekonomi, malah nyungsep ke bawah.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 15 lainnya memberi reputasi
15 1
14
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 07:53
orang waras butuh libur.
ngapain pake ngurangin libur segala?
biar kelihatan ada usaha pencegahan covid gitu kali ya.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:01
Tai bener emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panoeroto dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:07
Gw pribadi sebagai karyawan swasta setuju sih dikurangin...ngeri pak tutup buku akhir taun masa waktu kerjanya cuma 2 minggu kurang?
Belum lagi pontensi macet parah, kerumunan massa di tempat wisata dll...mending duitnya disimpen buat jaga2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 11 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:11
apapun ceritanya semestinya pemerintah gak mencla mencle...
tiket pesawat yang udah dibooking gimana ceritanya nih emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:17
Loh yg ngelawak Juli 2020 Corona sudah landai, sehingga Desember 2020 bisa piknik siapa? emoticon-Leh Uga


mulustrasi badut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:18
betul ini

kalo libur natal dipanjangin, ntar ada yg iri . libur lebaran aja dikit
profile-picture
profile-picture
shinodarie dan Lalalalala000 memberi reputasi
0 2
-2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:18
Tinggal tutup tempat wisata ngapain ngarahin rakyat ngurangi liburemoticon-Traveller

profile-picture
profile-picture
profile-picture
shinodarie dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:20
tiap hari sekarang sama aja libur sebenarnya di kala pandemi (WFH)
temen ane anaknya sekolah daring dari tempat wisata ribuan kilometer jauhnya dari rumah nya.
jadi sekolah dan liburan keluar kota bersamaan melakukannya.
dan ane yakin yg kek gitu banyak di indonesia (terutama kalangan menengah ke atas)
jadi untuk apa ada hari libur nasional di kala pandemi?
mending di hapus aja, atau di perpendek aja buat formalitas
Diubah oleh prabowosandii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:28
I can barely see any correlation emoticon-Leh Uga
0 0
0
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:28
Yang mendukung pernyataan ini tapi membully pas Wan Abuuuudd minta Libur panjang Maulid ditiadakan, mestinya malu sih. .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:52
klo gini caranya, cuti ane nyisa banyak, ga bisa dibw semua di thn depan.
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan gigbuupz memberi reputasi
2 0
2
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 08:54
Terserah dia mau ngomong apaan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 09:07
Taon ajaran baru skulah ndak ada libur emoticon-Cool minggu masup, mulai jam 6.30 sampe 15.00
profile-picture
snoopze memberi reputasi
1 0
1
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 09:17
Kampanye.... Kagak perlu takut KORONAK....
Libur..... takut Koronak...... di pangkas aja.................

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sangakuyoga dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 09:23
Lho libur pengganti idul fitri di taruh ke desember toh

Org ditempat gw mah bangor2
Mau libur atau kaga,tetap aja plesiran
Udah dibilang kerja dari rumah eh rumah nya malah rumah bordir
Pada kek tae emng
profile-picture
anu.ku.l memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 09:35
ane perantauan ke jawa tengah, dari lebaran idul fitri dan idul adha sudah menahan diri tidak mudik ke jawa barat. dan rencana akhir taun baru akan pulng dengan kendaraan umum (pesawat + rapid test). namun jika kebijakan ini diubah juga artinya GOVERMENT mencla mencle..
saat terjadi kerumunan TIDAK TEGAS dan kurang KOMUNIKASI PUBLIK mengendalikan COVID ini.
Kami juga punya keluarga di kampung, kami sudah menahan diri tidak bepergian hampir 8 bulan ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Arahan Terbaru Jokowi Agar Libur Akhir Tahun Dikurangi
24-11-2020 09:40
daripada motong hari libur, mending sidak ke kantor2 secara acak,

soalnya ada kantor yang pegawai/pejabatnya kagak maskeran sama sekali berasa rumah sendiri emoticon-Ngacir

APALAGI PEGAWAI OPD emoticon-Leh Uga
Diubah oleh galuhsuda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia