Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
99
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbbc3470577a958cc410ee2/alternatif-tanaman-sayur-penghias-pekarangan-sempit-bakal-hemat-belanja-nih
"Rumahku surgaku" pepatah ini tentunya tak hanya pepatah. Namun makna di dalamnya sangatlah luas. Salah satunya dengan memilih solusi tepat bagi Anda yang menginginkan rumah dihiasi tanaman. Pemanfaatan teras ternyata bisa menjadi alternatif yang terbaik.
Lapor Hansip
23-11-2020 21:12

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tanaman Sayur Cantik Untuk Pekarangan

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Rumah yang sehat senantiasa menjadi idaman seluruh keluarga. Siapa yang tidak ngiler melihat rumah bersih, asri dan dikelilingi taman yang hijau nan rimbun. Namun, seiring berjalan waktu. Lahan untuk membangun rumah kian sempit, terutama untuk daerah perkotaan.


"Rumahku surgaku" pepatah ini tentunya tak hanya pepatah. Namun makna di dalamnya sangatlah luas. Salah satunya dengan memilih solusi tepat bagi Anda yang menginginkan rumah dihiasi tanaman. Pemanfaatan teras ternyata bisa menjadi alternatif yang terbaik.


Variasi tanaman yang bisa dipilih memang banyak, bisa tanaman hias yang sedang hits. Namun, bagi Gansis yang ingin berhemat tiidak usah bingung memilih varian tanaman hias yang harganya selangit. 


Alternatif budidaya tanaman serbaguna yang bisa membantu menghemat pengeluaran Anda ini patut dicoba.



Quote:Selamat datang di thread terbaru ane, kali ini ane akan membahas pemanfaatan teras untuk tanaman sayuran dalam pot. Seni dari tanaman sayur ini bisa juga sebagai penghias teras loh! Penasaran? Yuk simak di sini.


Tomat

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Tanaman sayur yang satu ini sangat cantik ditanam dalam pot. Selain proses pertumbuhannya yang tidak sulit. Warna cantik dari ranum buah tomat menjadikan teras Gansis tampak segar dan berwarna.

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
Tomat: Dokumen pribadi


Cabe

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Yups, sayuran yang buahnya digemari para pecinta kuliner pedas ini memiliki varietas yang beragam. Dari mulai yang warnanya biasa hingga bentuk dan warna yang unik. Tentunya menanam cabe selain mempercantik lingkungan rumah. Juga, bisa menghemat pengeluaran. 


Masih saudaranya cabe, Paprika juga bisa ditanam di pot depan rumah. Warnanya menarik perhatian dan bentuknya yang unik membuat Paprika banyak dipilih sebagai tanaman sayur hias.

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!


Seledri

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
Seledri: Dokpri


Tanaman yang sering dimanfaatkan daunnya ini memang kaya manfaat. Selain untuk bumbu, seledri berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Proses budidayanya pun tidak sulit. Baik dari biji atau bibit. Ane menanam seledri selain di pot juga di polibag. Lumayan indah dan yang penting gak usah beli ke pasar😁.


Terong ungu

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Terong yang satu ini warnanya emang eye catching banget. Bentuknya pun unik. Agan Sista bisa menempatkan pot terong ungu di atas pagar pembatas teras, atau di vertikultur kayu agar lebih terlihat cantik. Tentunya terong ini adalah bahan sayuran yang bisa diolah aneka macam. Seperti balado terong ungu atau sayur lodeh. 

Untuk penempatan pot Gansis bisa memilih sesuai luas dan sempitnya teras/pekarangan. Rekomendasi untuk rumah dengan halaman sempit lebih banyak yang memakai kawat sebagai media penyimpanan pot yang Dikaitkan dan berjejer di dinding pagar atau rumah.

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Sedangkan untuk halaman dengan luas menengah bisa membuat vertikultur sebagai penyimpanan pot.

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!

Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
Vertikultur piramida



Nah, bagaimana? Gansis tertarik menanam tanaman sayur sekaligus tanaman penghias teras rumah? 


Hemat di masa pandemi, sekaligus penghijauan di lingkungan rumah adalah bonusnya. Bahkan untuk bibitnya bisa diambil dari sisa sayuran atau bumbu yang tak terpakai. 

Opini pribadi
Gambar: Fanspage Budidaya Tanaman Sayur Dalam Pot
klik
Twitter: JgjBerkebun
Dok. Pribadi
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 21:19
Pageone
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainydwi dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 21:19
Tanaman sayur hias
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainydwi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 21:20
Go green, home living.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainydwi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 21:22
Tomat itu cantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 21:26
Waktu psbb kemarin ane coba budidaya ikan lele dalam ember di atasnya ditanam kangkung alhamdulillah sukses, satu bulan panen kangkung, selanjutnya tiap dua minggu sekali. Lele panen tiga sampai bulan. Sekarang mulai terbengkalai karena dah mulai sibuk kuli lagi dan istri lebih seneng ngurus aglonema daripada ngurus cabe dan budikdamber ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 21:32
Masyaallah, keren banget. Sayuran mini, ya?
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan derinurhandi memberi reputasi
2 0
2
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 21:33
Keren banget nih,
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan derinurhandi memberi reputasi
2 0
2
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 21:33
Quote:Original Posted By zatilmutie
Pageone


Quote:Original Posted By zatilmutie
Tanaman sayur hias


Quote:Original Posted By zatilmutie
Go green, home living.


Good job, suka nanem jg didepan rumah tp ga pake pot. Ada cabe, selada, bit, tomat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 21:34
Wah ane suka liat cabe pelangi
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
1 0
1
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 22:08
cabenya warna warni baguss. tapi pedes ga yaaa
0 0
0
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
23-11-2020 23:46
Ada tomat, cabe dan terong
Bikin sambel terong mantap tuh
0 0
0
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
24-11-2020 03:12
Sekalian ternak unggas dan ikan
.air dan kotoran unggas bisa jadi pupuk
Bisa jadi pasar pribadi gratis tinggal petik dan nggak terpengaruh naik turun nya harga pasar
Uang belanja dari suami bisa awet menghasilkan income tambahan buat istri bisnis catering
Diubah oleh meimeiput
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
24-11-2020 05:52
Quote:Original Posted By enyahernawati
Masyaallah, keren banget. Sayuran mini, ya?
tamannya yang mini😄

Quote:Original Posted By trifatoyah
Keren banget nih,
yuk menanam

Quote:Original Posted By derinurhandi
Wah ane suka liat cabe pelangi
emoticon-Spanyol

Quote:Original Posted By deriandroid18
cabenya warna warni baguss. tapi pedes ga yaaa
sama gan pedes

Quote:Original Posted By tulip.putih
Ada tomat, cabe dan terong
Bikin sambel terong mantap tuh
yups endes ya

Quote:Original Posted By meimeiput
Sekalian ternak unggas dan ikan
.air dan kotoran unggas bisa jadi pupuk
Bisa jadi pasar pribadi gratis tinggal petik dan nggak terpengaruh naik turun nya harga pasar
Uang belanja dari suami bisa awet menghasilkan income tambahan buat istri bisnis catering
ini harus ada lahan luas gan
0 0
0
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
24-11-2020 10:02
bagus nih bagi rumah yang lahannya terbatas, lebih bagus ada tips & triknya gan biar ada gambaran jika ingin mencontoh
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
qoni77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
24-11-2020 12:57
mau deh nanem2 sayur emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
24-11-2020 14:12
Wah! Boleh dicoba tanam neh!
Trims untuk infonya emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
25-11-2020 04:26
Quote:Original Posted By calmlet2mg
mau deh nanem2 sayur emoticon-Betty


Quote:Original Posted By Beno91
Wah! Boleh dicoba tanam neh!
Trims untuk infonya emoticon-Jempol


emoticon-Siap Gan
0 0
0
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
25-11-2020 20:26
Alternatif yang keren ini. Inspiratif, Sista
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
25-11-2020 21:12
wah inii nihh yang harus dijadiin hobi baru buat anee, jadi bisa nanem nanem deh ane di rumah dan dapat buah dan sayur nya wkwk
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Alternatif Tanaman Sayur Penghias Pekarangan Sempit, Bakal Hemat Belanja Nih!
25-11-2020 21:13
kalau ane sih bakal cobain nanem cabe dan juga nyobain nanem sayur hidroponik nih gan sis di pekarangan rumahh, kan keren nih bisa ngehasilin sayur sendirii hehehe
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan zatilmutie memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia