others
Batal
link has been copied
88
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbae0345cf6c44fde6f6e54/coc-reg-manado-6-jenis-makanan-dan-minuman-khas-manado-nomer-5-beralkohol
Jajanan khas Manado yang disukai banyak orang karena kenikmatannya yang bikin nagih Hallo Agan dan Sista para pecinta kuliner! Gimana, masih proses diet atau lagi masa penggemukan badan? Buat yang lagi diet, kita lupakan dulu sebentar ya tentang diet ketatnya. Kita kali ini mau bahas soal makanan khas dari salah satu daerah di Indonesia nih, yang pasti bikin kita pengen icip-icip nyobain semua mak
Lapor Hansip
23-11-2020 05:03

[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!

[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!

Jajanan khas Manado yang disukai banyak orang karena kenikmatannya yang bikin nagih

Quote:[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!


Hallo Agan dan Sista para pecinta kuliner!
Gimana, masih proses diet atau lagi masa penggemukan badan?
Buat yang lagi diet, kita lupakan dulu sebentar ya tentang diet ketatnya.
Kita kali ini mau bahas soal makanan khas dari salah satu daerah di Indonesia nih, yang pasti bikin kita pengen icip-icip nyobain semua makanannya.

Daerah mana yang akan kita kulik kulinernya?
Simak di bawah ini ya!


Manado


Kota Manado atau Menado, adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara.
Kota ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih 433.635 jiwa (sensus 2019), yang tersebar pada 11 Kecamatan serta 87 kelurahan dan desa.

Satu hal yang paling menarik dari kota Manado, Kota ini memiliki motto "Si Tou Timou Tumou Tou" yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti "Manusia Hidup Untuk Memanusiakan Manusia."
Dari motto Kota Manado tersebut kita semua bisa melihat betapa besarnya harapan serta rasa kemanusiaan yang dimiliki oleh masyarakat Kota Manado, yaitu tujuan manusia hidup adalah untuk memanusiakan manusia!

Adapun tanggal peresmian kota Manado sendiri, yaitu pada tanggal 14 Juli tahun1623. Itu tandanya kota Manado telah berusia lebih dari 397 tahun.

397 tahun berdiri, tentu telah banyak adat budaya dan kekayaan luhur yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Salah satu kekayaan yang diwariskan secara turun temurun adalah kekayaan kuliner khas daerah kota Manado yang kali ini akan kita bahas bersama.

Pasti Agan dan Sista penasaran kan dengan kuliner khas kota Manado?
Mari kita simak di bawah ini!


[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
6 Makanan Khas Kota Manado
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!


Quote:
1. Tinutuan

Tinutuan


Pagi-pagi sarapan bubur, cocok banget dah sama makanan khas yang satu ini.
Namanya Tinutuan, bubur khas Manado yang memiliki arti "Campur aduk".
Sesuai namanya yaitu campur aduk, bubur tinutuan memiliki berbagai macam bahan yang dicampur menjadi satu di dalam pembuatannya.

Adapun bahan-bahannya adalah beras, jagung manis, santan kental, ubi jalar, bayam, labu kuning, daun kemangi dan daun melinjo. Untuk bahan yang digunakan, yaitu serai, daun salam, dan garam.

Keistimewaan dari tinutuan, saat dihidangkan bubur ini dilengkapi dengan tahu, ikan asin jambal, dabu-dabu dan juga ada tempe!

Dijamin maknyuss dan bikin kenyang dong pastinya.



Quote:
2. Ayam Tuturuga

Ayam Tuturuga


Ayam Tuturuga, adalah nama lain dari makanan khas lebaran di hampir seluruh Indonesia yaitu opor ayam.
Hanya saja di Manado nama opor ayam lebi akrab dikenal dengan nama ayam tuturuga.

Meskipun memiliki kesamaan dengan opor ayam, tuturuga khas Manado memiliki sedikit perbedaan dari bahannya. Jika biasanya opor ayam tidak terdapat bahan kentang, di tuturuga terdapat kentang sebagai pelengkap masakan!

Untuk bumbu ayam tuturuga, masyarakat Manado lebih menguatkan rasanya dengan menggunakan rempah-rempah dengan berbagai jenis. Mulai dari serai, kunyit, daun mint, daun pandan, bawang merah, cabai rawit, jahe, kemiri, cabe merah, garam dan juga rempai.



Quote:
3. Papare

Papare


Papare, sesuai dengan namanya papare tentu saja berbahan dasar pare. Namun selain berbahan dasar pare, ada satu bahan tambahan yang juga menjadi komposisi penting di dalam papare, bahan tersebut adalah ikan tongkol bumbu halus.

Cara pembuatannya cukup gampang, hanya dengan membuka pare menjadi dua bagian, bersihkan isinya, kemudian masukan ikan tongkol yang telah dibumbui sebelumnya, lalu masukan ke dalam potongan pare.
Terakhir, tali pare dengan benang dan goreng hingga matang!

Bahan pembuatan ikan tongkol isian yaitu santan, bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, gula, garam, telur, dan yang terakhir jahe.



Quote:
4. Nasi Jaha

Nasi Jaha


Nasi Jaha, mungkin kita akan melihat makanan khas Manado yang satu ini memiliki kesamaan dengan lemper dari Jawa. Memang benar, nasi Jaha memang terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang, namun yang membedakan dengan lemper, nasi Jaha dibuat dengan cara dipanggang di dalam selongsong bambu. Selain itu, nasi Jaha juga dimakan dengan lauk pauk khas Manado seperti ayam tuturuga dan sambal dabu.



Quote:
5. Cap Tikus

Cap Tikus


Ada makanan tentu juga ada minuman!
Tapi kok nama minumannya aneh ya?
Iya, minuman khas Manado ini bernama "Cap Tikus", cap tikus adalah minuman yang memiliki kadar alkohol tinggi terbuat dari penyulingan cairan dari pohon enau.

Bagi sebagian masyarakat Manado, minuman ini biasanya diminum sebagai jamu dan penghangat suhu tubuh!



Quote:
6. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah


Bagi masyarakat Manado atau para wisatawan yang mengunjungi kota Manado yang tidak mengkonsumsi minuman non halal, es kacang merah menjadi solusinya.

Tidak kalah dengan cap tikus, es kacang merah sama-sama nikmatnya dengan minuman khas daerah lain. Es kacang merah yang terbuat dari kacang merah rebus yang dicampur dengan susu, sirup gula aren, daun pandan dan es serut.
Dijamin bisa menjadi pilihan sebagai minuman pengusir dahaga GanSis!


Wah, mantap jiwa ya GanSis ke enam makanan dan minuman khas Kota Manado di atas!

Sebenarnya masih banyak banget loh GanSis makanan dan minuman khas Manado yang wajib diketahui dan diicip-icip.
Mungkin Agan dan Sista ada yang minat untuk coba?
Bisa bikin di rumah atau datang langsung nanti waktu pandemi sudah lewat ya GanSis.

Oke, itulah tadi thread yang membahas soal kuliner khas Manado, semiga bermanfaat!

Terima kasih telah singgah dan see you next time


[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!


Penulis: @masnukho©2020
Narasi: opini pribadi
Sumber gambar:
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9



emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh masnukho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
23-11-2020 05:04
emoticon-Matabelo buat sarapan enak nih
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
23-11-2020 05:04
emoticon-Jempol Boleh dicoba
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
23-11-2020 06:56
wahhh enak-enak ya sepertinya, jadi ngiler pengen cicip-cicip nih, apalagi yang es kacang merah itu pas kalau untuk siang hari yak, hehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
23-11-2020 07:21
Njaluk ayame, Gan. Kayane enak nemen.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
23-11-2020 11:47
Makanan yang familiar kayaknya ayam tuturaga yaa yg pernah ane coba, minuman 'cap tikus' boleh juga nih dicoba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
23-11-2020 12:43
Baru Tinutuan yang pernah ane coba
Mantab! emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
23-11-2020 14:44
nasi jaha nampol deh kayanya emoticon-Angkat Beer ..cocol2 ke kuah kari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
23-11-2020 14:53
Papare kyknya enak tuh.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
23-11-2020 20:51
Mantapp bangett
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
24-11-2020 08:29
Yang cap tikus itu karena saking banyaknya kandungan alkoholnya ta, Mas?
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
26-11-2020 11:39
Harus nyoba es kacang merah..
Itu sesuatu...emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
26-11-2020 16:15
Tinutuan tuh bubur manado buka sih yak
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
27-11-2020 16:54
Quote:Original Posted By togoggodot
Harus nyoba es kacang merah..
Itu sesuatu...emoticon-Jempol

emoticon-2 Jempoliya gan, harus coba. Sehat ini

Quote:Original Posted By mayyarossa
Tinutuan tuh bubur manado buka sih yak

emoticon-Matabelo iya mbak, bener
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
28-11-2020 21:15
Wah enk2 smua ni.apa lgi es kacang merahnya.segerr.klau yg cap tkus g brni nyoba.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
29-11-2020 05:39
Makanyus tuh sarapan sama bubur
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
29-11-2020 06:44
Sepertinya buburnya enak nih buat sarapan
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
29-11-2020 10:11
Assalamuallaikum,selamat siang semua nya...selamat menikmati hari minggu yang ceria ini...emoticon-Shakehand2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
29-11-2020 13:09
@masnukho
mantaap tritnya selalu diluar nalar, penuh imajinasi & kontribusi yg luar biasa menambah khazanah perkaskusan semakin menarik dan ramai dikunjungi.
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
30-11-2020 21:07
Penasaran sama nasi jaha
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Manado] 6 Jenis Makanan dan Minuman Khas Manado, Nomer 5 Beralkohol!
02-12-2020 16:48
yg beralkohol itu paling enak menunya
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
mento-khas-sunda-kuliner-jadul-yang-masih-eksis
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia