others
Batal
link has been copied
278
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb6d0bb8d9b1742377260ff/coc-reg-papua-makanan-khas-papua-yang-berbahan-dasar-sagu
Berbicara tentang Papua pasti ada beberapa ikon-ikon tertentu yang melekat daerah ini antara lain salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan luas 421.991,2 km² yang terdiri dari sekitar 466 suku bangsa. Selain mempunyai keindahan alam yang eksotis, kuliner asal Pulau Cendrawasih ini tidak kalah mengagumkan dan rasa yang enak. Berikut 5 makanan khas Papua
Lapor Hansip
20-11-2020 03:08

[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu

Past Hot Thread
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
emoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Gan


Berbicara tentang Papua pasti ada beberapa ikon-ikon tertentu yang melekat daerah ini antara lain salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan luas 421.991,2 km² yang terdiri dari sekitar 466 suku bangsa. Selain mempunyai keindahan alam yang eksotis, kuliner asal Pulau Cendrawasih ini tidak kalah mengagumkan dan rasa yang enak. Berikut 5 makanan khas Papua dengan olahan dari sagu yang harus kamu coba:


Quote:
Kue Bagea
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu

Kue ini bernama bagea, dan ada juga yang menyebut kue sagu bagea. Seperti namanya, kue sagu bagea berbahan dasar sagu. Bentuknya biasa dibuat kecil-kecil dengan warna cokelat. Memiliki tekstur agak keras tapi lumer di mulut saat dimakan. Selain sagu, bahan pembuatan lainnya ada gula, biji kenari, terigu, kayu manis, cengkih, kacang tanah, dan tepung terigu. Adanya kandungan rempah pada bagea membuat rasanya khas.



Quote:
Papeda[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu

Tampilannya menyerupai bubur yang dimasak dengan bumbu berkuah kuning.Tak hanya itu, supaya tetap menarik, penyajiannya sering dimodifikasi.
Papeda biasa dihidangkan bersama kuah bening dan ikan kembung atau peda bakar. Terkadang sebagai alternatif, diganti dengan kelapa tua mentah atau ikan kuah kuning. Di samping presentasinya yang apik, cara menyantap kuliner tersebut juga unik. Karena memanfaatkan gata-gata, yakni alat yang terbuat dari bambu untuk menggulung papeda dari piring.


Quote:
Sate Ulat Sagu[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu

Bagi sebagian orang, ulat sagu ini mungkin membuat merinding karena jijik. Namun di Papua, hewan ini sudah biasa di konsumsi karena konon bisa memberikan energi dengan kadar kolesterol yang rendah.
Ulat sagu berasal dari batang pohon sagu yang dipotong dan dibiarkan membusuk. Batang yang sudah membusuk tersebut akan muncul ulat-ulat. Bentuk ulat sagu bervariasi, mulai dari yang kecil hingga paling besar seukuran jempol tangan orang dewasa. Untuk membuat sate dari ulat sagu ini, caranya tak ada perbedaan dengan membuat sate pada umumnya,yaitu di tusuk-tusuk dengan tusuk sate dan di panggang di atas bara api.


Quote:
Martabak Sagu[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu

Martabak yang satu ini berasal dari Fakfak, Papua Barat. Martabak sagu sangat digemari dan disukai masyarakat sekitar karena rasanya yang manis dan dan gurih. Martabak ini dibuat dari olahan bahan sagu yang sudah dihaluskan kemudian digoreng dan diberi campuran gula merah. Hal yang paling membedakan adalah bahan pokoknya, yaitu sagu. Makanan ini biasanya di sajikan sebagai kudapan untuk menyambut tamu oleh masyarakat Papua, khususnya oleh masyarakat Papua Barat.



Quote:
Sagu Lempeng[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu

Sagu lempeng merupakan makanan yang benar-benar identik dengan Papua. Mempunyai bentuk seperti batangan persegi panjang dan warnanya merah kecoklatan atau porna. Rasa awalnya tawar, namun belakangan sudah mulai bervariasi dengan gula untuk mendapatkan cita rasa manis. Teksturnya keras dan bisa dinikmati dengan dicampur atau dicelupkan ke air supaya lebih lunak. Sebab, terbuat berbahan tepung sagu yang dicetak dengan besi, lalu dipanggang. Proses pemanasan itu bisa mengurangi kadar air, sehingga menghambat pertumbuhan jamur dan mikroba. Karena itulah kue ini dapat bertahan lama.


Tertarik untuk mencoba makanan khas dari Papua yang olahan dari sagu ini gansis?

Referensi dan Gambar : (1), (2), (3), (4), (5)
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
Diubah oleh zeuskraetos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:03
Kue Bagea di Jawa Tengah namanya "bagiak" bre emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jancuk056 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:06
Ulat sagu sama lempeng sagu enak bre
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amiruyo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:10
Sate ulat saguemoticon-Takut

ga berani mamamnya aneemoticon-Frown
profile-picture
Jancuk056 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:10
Penasaran sama ulat sagu. Kalau liputan di tv habis tebang pohon dan nemu ulatnya langsung di makan mentah.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:12
Ane sukak papeda pakek ikan goreng rica2...
emoticon-Goyang
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jancuk056 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:15
Ane makan papeda udah kek makan mie, hehe emoticon-Big Grin
profile-picture
Jancuk056 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:16
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang makanan khas Papua yang berbahan dasar sagu.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jancuk056 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:20
Orang papua nggak doyan nasi ya gan
profile-picture
akunkubaik memberi reputasi
1 0
1
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 21 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:20

wah, sepertinya ngak kalah dari daerah lain ya gan. oh ya, kalau gk sibuk boleh mampir ke Hot Thread gua gan, mengenai Brainwave software >> https://kask.us/iznRu

Dan juga Jangan lupa d rumah saja ya gan emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:25
Sate ulat sagu emoticon-Genit
Ga dibakar juga enak sih, lonyor lonyor di mulut plus ada manis manisnya gitu sih emoticon-Wowcantik
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:30
ulat nya rasanya ke udang emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:31
Kayaknya kue bagga enak nih😃
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:35
Quote:Original Posted By zeuskraetos
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
emoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Gan


Berbicara tentang Papua pasti ada beberapa ikon-ikon tertentu yang melekat daerah ini antara lain salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan luas 421.991,2 km² yang terdiri dari sekitar 466 suku bangsa. Selain mempunyai keindahan alam yang eksotis, kuliner asal Pulau Cendrawasih ini tidak kalah mengagumkan dan rasa yang enak. Berikut 5 makanan khas Papua dengan olahan dari sagu yang harus kamu coba:


Tertarik untuk mencoba makanan khas dari Papua yang olahan dari sagu ini gansis?

Referensi dan Gambar : (1), (2), (3), (4), (5)
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu


Bagea bukannya dr maluku utara ea?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:36
Ulat itu sagu kalo masak nya bener, lendir nya ilang, enak kok
profile-picture
Gailham memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:38
Penasaran sama papeda udah sering denger sih tapi belum berkesempatan buat nyobain juga
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:46
Kue Bagea enak kali ya jadi cemilan sambil kerja emoticon-Toast

Ni dr semua makanan di atas kyknya yg Sate Ulat Sagu aja yg gk dikasih Sagu pas masak ya? Atau sagunya di perut mereka krn scra natural ud mkan "sagu" emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:48
Papeda sudah menjamur keseluruh jajanan sd se Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:50
Enak tuh, papedanya
0 0
0
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 16:54
Ane main ke thread induk, periode lombanya tertulis 23 Nov - 6 Des. Kakak nyuri start ya?

emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg. Papua] Makanan Khas Papua Yang Berbahan Dasar Sagu
21-11-2020 17:00
Paling kepengen nyobain sih papeda keknya enak dan cocok banget dimakan sm ikah kuah kuning itu. Ulat sagu bakar gak ada menggiurkannya sama sekali sih asli, geli ngeliatnya gendut2 gitu
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia