Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
118
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb668777e3a720a0942a183/beberapa-tanaman-yang-menjadi-bahan-baku-olahan-dage-lezat-nomor-4-paling-unik
Seperti yang sudah kita ketahui negara kita ini kaya akan keanekaragaman hayati. Sumber daya alam dan suku yang beragam menghasilkan perpaduan yang melahirkan suatu produk. Produk Tradisional yang telah ada sejak zaman dahulu ini memang masih lestari hingga sekarang. Banyak tanaman yang diolah menjadi
Lapor Hansip
19-11-2020 19:43

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tanaman yang menghasilkan dage lezat

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!

Selamat datang di thread terbaru ane, Agan dan sista.

Seperti yang sudah kita ketahui negara kita ini kaya akan keanekaragaman hayati. Sumber daya alam dan suku yang beragam menghasilkan perpaduan yang melahirkan suatu produk. Produk Tradisional yang telah ada sejak zaman dahulu ini memang masih lestari hingga sekarang.

Banyak tanaman yang diolah menjadi berbagai kuliner dan kebutuhan hidup lainnya. Dari satu tanaman bisa lahir puluhan produk yang berguna bagi kehidupan masyarakat.

Nah kali ini akan membahas tanaman penghasil dage yang masih digemari masyarakat terutama suku sunda.

Dage adalah fermentasi dari buah atau biji tanaman yang menghasilkan aroma plus tekstur yang unik. Diolah setelah direbus dan diperam.


Quote:Apa sajakah tanaman tersebut? Yuk kita ulas di sini.

1. Dage picung dari tanaman kluwek


Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Tanaman kluwek

Tanaman kluwek atau bernama latin pangium edule ini banyak sekali sebutannya, ada yang menyebut picung, pucung, keluak, dan kluwek.

Tanaman yang menghasilkan buah dengan bau khas ini bila langsung dikonsumsi bisa membuat kita keracunan. Langkah paling mudah adalah merendamnya dalam air semalaman baru besoknya bisa dimasak aneka olahan.

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Buah kluwek matang

Buah kluwek yang sudah matang biasanya berwarna cokelat kehitaman. Isinya banyak dibuat sebagai sambal, bumbu sup konro, bumbu empal dan olahan daging.

Salah satu varian pengolahan buah kluwek ini adalah dibuat fermentasi setelah buah kluwek yang stengah matang dibersihkan dari cangkangnya. Kemudian, direndam semalaman untuk menghilangkan kandungan zat beracun. Kemudian dikukus, setelah matang angkat dinginkan. Bungkus dengan daun jati atau daun pisang, peram selama satu malam. Keesokaan harinya buah kluwek atau picung ini sudah menjadi dage yang super enak. Bisa dibuat tumis, pepes, dll.

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Perendaman
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Sebelum diperam
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Siap dipasarkan
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Olahan tumis dage picung

2. Dage dari buah karet

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Pohon karet

Pohon karet dikenal sebagai penghasil getah bahan baku pembuatan ban, alat tekstil dll. Namun, tidak hanya getahnya, buah pohon karet bisa diolah sebagai bahan makanan.

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Buah karet
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Daging buah karet

Buah karet matang berisi daging biji yang berwarna putih, mirip kemiri. Buah karet tidak bisa langsung dikonsumsi. Sama halnya dengan buah pohon kluwek. Biji karet harus diolah untung menghilangkan zat beracun.

Pecahkan biji karet dari cangkangnya dan rendam semalaman. Setelah itu angkat dan kukus. Dinginkan dengan cara disimpan di atas tampah. Kemudian bungkus dengan daun pisang atau plastik. Simpan semalaman. Besoknya bisa dicuci dan dimasak aneka tumisan, dan pepes. Jangan kaget jika orang sunda sangat suka dengan aneka macam pepes Gansis😁.

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Dage karet siap dimasak
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Pepes dage karet

3. Dage dari galendo kelapa

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Pohon kelapa

Kelapa adalah pohon sejuta manfaat. Dari mulai pohon, lidi, manggar, buah, sabut hingga umbutnya semua berguna.

Namun, ada satu produk turunan dari buah kelapa yang bisa diolah sebagai teman nasi. Ya, buah kelapa yang diolah menjadi minyak menghasilkan ampas dan galendo. Keduanya ini bisa dibuat dage. Sama langkahnya dengan dua dage di atas hanya saja pemeraman dage galendo lebih lama.

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Galendo: sisa ampas minyak kelapa
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Setelah direndam
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Pemeraman dage
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Pepes dage galendo

Galendo biasanya akan direndam dalam ember untung menghilangkan kadar minyak. Setelah itu disaring dan diperas. Setelah kadar airnya sedikit galendo dikukus. Dinginkan dengan cara. Dikipasi, baru dibungkus daun pisang. Peram selama 2 malam, hingga tekstur dan aromanya berubah. Dage galendo wanginya sangat khas. Agak bau tapi tercium begitu lezat apalagi jika diolah menjadi pepes dage yang banyak daun kemanginya. Dijamin nasi bisa amblas sebakul😅.

4. Dage dari biji wijen

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Tanaman wijen: Wikipedia

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Biji wijen: Wikipedia

Tanaman wijen dibudidayakan oleh para petani karena daya jualnya yang tinggi. Walau untuk menghasilkan 1kg biji wijen dibutuhkan perjuangan. Namun, tanaman tumpang sari ini sering dipakai dalam aneka sajian. Dari mulai kue basah, kue kering, cake dan aneka gorengan.

Namun, biji dage ternyata bisa dibuat olahan dage. Biji wijen dibersihkan dalam wadah. Disaring dan dikukus. Lalu, didinginkan dan diperami semalaman dalam bungkusan-bungkusan daun jati. Baunya luar biasa menyengat jika sudah matang. Biasanya dage wijen ini dibuat pepes, sambal, tambahan sambal kacang panjang(pencok), sambal roay, sambal hiris dll. Sensasi rasa dan bau yang khas inilah yang menjadikan dage wijen sangat diminati.

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Biji wijen kukus
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Pemeraman biji wijen
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
Pepes dage wijen


Nah, itulah keempat tanaman yang buahnya bisa diolah menjadi dage. Makanan tradisional dari tanah Sunda yang melegenda. Sampai jumpa di thread berikutnya 🥰.

Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!

Opini pribadi
Gambar: Wikipedia, dokumentasi pribadi
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
19-11-2020 19:43
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
19-11-2020 19:44
Tanaman bahan baku dage
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
19-11-2020 19:44
Tanaman kaya manfaat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
19-11-2020 20:19
Paling suka Dage picung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
19-11-2020 20:24
emoticon-Kiss (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
19-11-2020 21:21
Ane baru tau kalo isi dari buah/ biji karet bisa dimakan 😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
20-11-2020 03:48
Quote:Original Posted By zatilmutie
Tanaman kaya manfaat


Quote:Original Posted By derinurhandi
Paling suka Dage picung


Quote:Original Posted By derinurhandi
emoticon-Kiss (S)


Quote:Original Posted By rainydwi
Ane baru tau kalo isi dari buah/ biji karet bisa dimakan 😍


Wah, maknyusss tenanemoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
rainydwi dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
20-11-2020 07:40
Mantap, jadi kangen sama kampung halamanemoticon-Ultah
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
20-11-2020 09:44
Ane kira dage itu dari dari picung sama tahu doang👍
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
20-11-2020 10:20
Mantep deh dagenya...
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
21-11-2020 14:01
Wah lezat tuh...
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
21-11-2020 14:03
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
21-11-2020 14:03
Biasa dari kecubung kalau ane mahemoticon-Bingung
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
21-11-2020 14:06
Ha ha ha.. tau main biji karet kulit nya keras banget di mainin buat telapak tangan perih
Diubah oleh Upin923
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
21-11-2020 14:08
Dage? Oncom? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
21-11-2020 14:13
Mantap nih kayalnya gk ada pengawet. oh ya, kalau gk sibuk boleh mampir ke Hot Thread gua gan, mengenai Brainwave software >> https://kask.us/iznRu

Dan juga Jangan lupa d rumah saja ya gan emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh greasemonkey09
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
21-11-2020 14:31
Dage? Kek tapai bukan sih pengolahannya?

Baru tau ane buah karet bisa dimakan wkwkwkw
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
21-11-2020 14:36
Dage setau ane ampas tahu
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Beberapa Tanaman Yang Menjadi Bahan Baku Olahan Dage Lezat, Nomor 4 Paling Unik!
21-11-2020 14:37
Belum pernah makan nya, entah cocok apa ga ya di lidah mba😀
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia