others
Batal
link has been copied
122
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb52f77a72768090445d3e0/coc-reg-gorontalo-gorontalo-punya-berbagai-julukan-nomor-1-bikin-takjub
Hallo Gansis. Thread kali ini aku mengulik tentang kota Gorontalo. Sebuah kota pasti banyak menyimpan keindahan yang dapat memukau bagi penikmat alam. Bukan hanya ke elokan alamnya saja yang mereka agungkan, tetapi keunikan kota Gorontalo yang dapat membuat pengunjung terpana dan ingin lagi singgah.
Lapor Hansip
18-11-2020 21:28

(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub

Past Hot Thread
icon-verified-thread
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub

Assalamu'alaikum Gansis


Hallo Gansis. Thread kali ini aku mengulik tentang kota Gorontalo. Sebuah kota pasti banyak menyimpan keindahan yang dapat memukau bagi penikmat alam. Bukan hanya ke elokan alamnya saja yang mereka agungkan, tetapi keunikan kota Gorontalo yang dapat membuat pengunjung terpana dan ingin lagi singgah.

Sama halnya jatuh cinta pada suatu tempat yang dirasa sangat nyaman untuk dipijak. Keramahan masyarakat pun juga turut andil untuk menarik wisatawan yang datang.

Kota Gorontalo lahir pada 19 tahun silam.
Sebuah kota yang sangat indah. Banyak tempat wisata alam yang dapat mengundang berbagai wisatawan singgah ke kota Gorontalo. Tradisi di sana juga tak kalah menarik. Tak lupa makanan khasnya membuat para wisatawan yang berkunjung tak pernah bosan.

Selain tradisi atau tempat wisata yang memukau, adapula julukan-julukan yang tersemat dari dulu hingga sekarang di Gorontalo.

Simak 7 julukan kota Gorontalo :

1. Bumi Serambi Madinah

(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub

Julukan sebagai kota Serambi Madinah muncul sebagai manifestasi nilai adat, nilai kesopanan dan nilai norma agama yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Bahkan pemerintah daerah setempat mencanangkan sebagai destinasi wisata halal (halal tourism), sehingga diharapkan mampu menarik wisatawan domestik dan internasional, khususnya Timur Tengah.


2. Provinsi Karawo

(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub

Kota yang mempunyai kain tradisional khas Gorontalo yang pembuatannya merupakan hasil kerajinan tangan. Keindahan motif, keunikan cara pengerjaan dan kualitas yang bagus membuat karawo bernilai tinggi. Setahun sekali Gorontalo mengadakan Festival Karawo, agar kain khas ini tetap diminati sampai sekarang.


3. The Hidden Paradise

(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub

Bagi para penggemar diving, perairan kota Gorontalo ini benar-benar seperti kepingan surga. Benar saja, Gorontalo pantas disebut dengan The Hidden Paradise .


4. Gerbang Utara Indonesia

(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub

Gerbang utara yang dimaksud ada di pelabuhan Kwandang. Bisa dibilang pelabuhan tersebut menjadi pintu gerbang menuju destinasi wisata pulau-pulau yang ada di Gorontalo Utara. Sejumlah destinasi yang indah bak surga-surga kecil di kabupaten bisa diakses dari pelabuhan ini.


5. Lambung Jagung Nusantara

(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub

Pada tahun 2016, Gorontalo mencetak sejarah baru. Masyarakatnya berhasil panen raya jagung dengan hasil 1 juta ton. Sampai Gorontalo tidak perlu mengimpor jagung. Jadi, Gorontalo ditetapkan sebagai lumbung jagung nasional.


6. Bumi Para Sastrawan

(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub

Karya-karya yang dilahirkan oleh para sastrawan di Gorontalo khususnya HB. Jassin. Kelahiran tahun 1917 itu, yang beberapa waktu lalu karyanya dipertontonkan kembali untuk mengingat bahwa beliau telah membesarkan nama Indonesia dengan karyanya di bidang literasi, bahasa dan kesusatraan.


7. Tanah Para Sultan

(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub

Mulanya adalah sebuah kerajaan Hulantalo, merupakan salah satu kerajaan tertua. Pada masanya kejayaannya kesultanan Gorontalo menjadi pusat penyebaran islam dan pusat perdagangan paling berpengaruh. Kemudian, kerajaan Gorontalo berubah menjadi kerajaan islam, lalu berganti menjadi sultan. Lokasi ibukota kesultanan Gorontalo yang terakhir terletak di kelurahan Biawu, kota Gorontalo.

emoticon-Semangat


Julukan yang dikenal sampai saat ini adalah kota Serambi Madinah. Namun, masyarakat Gorontalo tetap mengingat semua nama yang disematkan pada kotanya. Bisa dibilang menjadi kebanggan tersendiri.

Apalagi, julukan tersebut tidak asal menamai. Dibalik itu semua ada suatu keindahan, penghormatan, kekaguman pada seni budaya yang ada di Gorontalo. Maka dari itu, semua harus di jaga dan dijunjung tinggi. Dari adat, tradisi, dan keindahan alamnya. So, banggalah menjadi orang yang tinggal di Gorontalo.


emoticon-2 Jempolemoticon-Rate 5 Staremoticon-Shakehand2




Gresik, 18 November 2020
Sumber narasi : oppri
Sumber gambar : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
18-11-2020 21:28
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
18-11-2020 21:41
Tanah para sultan, keren.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
18-11-2020 21:48
Quote:Original Posted By anna1812
Tanah para sultan, keren.


Pingin ke sana ya
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan lenitan memberi reputasi
2 0
2
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
18-11-2020 22:42
Bumi para sastrawan keren ini mahhh
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
18-11-2020 23:00
Quote:Original Posted By lenitan
Bumi para sastrawan keren ini mahhh


Disana para muda mudi masih belajar ttg literasi dls
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
19-11-2020 00:00
Waww, halal tourism, ide keren
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
19-11-2020 04:28
Quote:Original Posted By dalledalminto
Waww, halal tourism, ide keren


Yg beragama islam kemungkinan sgt besar di sana Om, jd pemerintah setempat menginginkan hal itu
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 00:55
wah banyakbya julukan si gorontalo. bayangan ane ni kpta jauhhh bgt
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 04:05
Quote:Original Posted By riwidy
wah banyakbya julukan si gorontalo. bayangan ane ni kpta jauhhh bgt


Ya sih, jauh, tapi dekat d hati
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 06:31
Lautnya bening, sebening hatiku. Jadi pingin diving, tp kok nggak bs berenang, ya!?
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 09:20
Banyak juga julukannya ya, aku cuma taunya ya Gorontalo gitu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 11:03
Belum pernah ke gorontalo emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 11:12
Pengen kesana
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 11:16
Waa jadi pengen ke gorontalo terutama the hidden paradise niih..
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 11:20
"tanah para sultan", sayang kata SULTAN sudah mengalami degradasi, sekarang asal punya uang + publikasi di yutub udah banyak yg menyebut sultan. saya merasa hal ini menjadikan penghormatan tehadap sultan 'beneran' menjadi berkurang
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan muyasy memberi reputasi
2 0
2
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 11:30
Selamat datang di Gorontalo...
emoticon-Ultah
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 11:46
Quote:Original Posted By dalledalminto
Lautnya bening, sebening hatiku. Jadi pingin diving, tp kok nggak bs berenang, ya!?


Duduk aj di tepi pantai sambil mnatap keindahan alam

Quote:Original Posted By istijabah
Banyak juga julukannya ya, aku cuma taunya ya Gorontalo gitu emoticon-Malu


Gorontalo nama kotanya mbk

Quote:Original Posted By putryzenot
Belum pernah ke gorontalo emoticon-Turut Berduka


Nabung dlu. Ntr kalo dah numpuk duwitnya, ajakin aku y

Quote:Original Posted By black.team8
Pengen kesana


Jan lupa ajak aku y Gan
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan istijabah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 11:47
Quote:Original Posted By sunshii32
Waa jadi pengen ke gorontalo terutama the hidden paradise niih..


Saking beningnya, terumbu karang keliatan cantik

Quote:Original Posted By milzam25
"tanah para sultan", sayang kata SULTAN sudah mengalami degradasi, sekarang asal punya uang + publikasi di yutub udah banyak yg menyebut sultan. saya merasa hal ini menjadikan penghormatan tehadap sultan 'beneran' menjadi berkurang


Zaman udah berubah Gan. Namun, julukan tsb ttp ada kok
profile-picture
sunshii32 memberi reputasi
1 0
1
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 11:48
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Selamat datang di Gorontalo...
emoticon-Ultah
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub


Met datang jg d tridku Omemoticon-Betty
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
20-11-2020 11:49
Quote:Original Posted By muyasy
Met datang jg d tridku Omemoticon-Betty


Langsung gembok...
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
(COC Reg. Gorontalo) Gorontalo Punya Berbagai Julukan, Nomor 1 Bikin Takjub
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia