Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5faba91e68cc9568fe3d6685/kreatifnya-warga-62-bikin-alat-cuci-tangan-nomor-3-ajib-nih-bikinan-anak-smk
Sebenarnya cuci tangan itu bukan sesuatu yang baru muncul selama pandemi doang kan ya gan? Kita emang “seharusnya” selalu ngelakuin itu setiap kali mau pegang makanan atau habis megang yang kotor-kotor.. Eh, yang ane maksud cuci tangan di sini itu bukan yang asal guyur pakai air doang yak tapi yang pakai sabun selama 20 detik di air mengalir biar amfuuuh membunuh kuman/bakteri/virus penyebab p
Lapor Hansip
11-11-2020 16:04

Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!

Sebenarnya cuci tangan itu bukan sesuatu yang baru muncul selama pandemi doang kan ya gan? Kita emang “seharusnya” selalu ngelakuin itu setiap kali mau pegang makanan atau habis megang yang kotor-kotor.. Eh, yang ane maksud cuci tangan di sini itu bukan yang asal guyur pakai air doang yak tapi yang pakai sabun selama 20 detik di air mengalir biar amfuuuh membunuh kuman/bakteri/virus penyebab penyakit! Mantab!

Tapi ya GanSis, nyuruh orang buat cuci tangan yang bener itu suuusahnya minta ampun. Suer! Itu bapak-bapak di tv udah ngomong sampai mulut berbusa, tulisan “Cuci Tangan Pakai Sabun” juga udah ditempel di mana-mana, tapi masih ada aja yang masih males cuci tangan. Termasuk temen kosan ane, Gan. Banyak banget alasannya tiap disuruh cuci tangan. Bingung ane harus kayak gimana lagi buat ngasih tau dia kalau cuci tangan pakai sabun itu udah terbukti efektif mencegah sekaligus mengurangi penyebaran virus corona.
Lalu ane nemu ini, gan! Cara unik yang rela dilakuin orang demi bikin orang-orang rajin untuk cuci tangan. Apa ane bikin beginian aja ya buat temen ane, Gan?

Tempat Cuci Tangan dari Bambu
Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!

Artikel ini ane kutip dari AntaraNews.com nih gan. Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang ngelakuin kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Pandulangan, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Mereka menciptakan alat cuci tangan dengan sistem injak dari bahan-bahan sederhana yaitu dua buah bambu, jerigen bekas, tali jemuran, dan satu buah kayu galam. Jadi bagi yang mau cuci tangan nggak harus menyentuh apapun kecuali sabun karena airnya akan muncul ketika pedal dari kayu galamnya itu diinjak. Kreatif sih, Gan!

Galon Air Hingga Kaleng Cat Jadi Sarana Cuci Tangan
Nggak cuma jerigen bekas aja, tapi galon air mineral sampai kaleng atau ember bekas cat juga, bisa dijadikan alat untuk menampung air minum nih, Agan Sista. Bagian bawah galon air, kaleng atau ember cat diberi keran sehingga kita nggak perlu lagi masukin galon/ember/kaleng ke dispenser. 
Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!

Ane lihat udah cukup banyak masyarakat yang ngelakuin hal ini gan. Contohnya, warga RT 009/ RW 05 Kelurahan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Mereka manfaatin ember cat sebagai wadah tempat cuci tangan demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19. 

Mesin Cuci Tangan Otomatis

Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!

Salut nih buat anak-anak SMK ini, kreatifnya top banget! Di saat orang pake ember/kaleng cat atau pun galon air, anak SMK Negeri Bansari di Temanggung bikin alat cuci tangan otomatis hasil karya sendiri! Puluhan alat cuci tangan otomatis dibuat agar cukup buat satu sekolah. Alatnya dikasih nama WHO! Eits, tapi bukan organisasi kesehatan dunia, GanSis, tapi WHO asli Temanggung ini singkatan dari Washing Hand Otomatic (WHO). Kalau mau kreatif emang nggak boleh tanggung-tanggung kayak gini nih. Oiya, alat ini bekerja dengan sensor ultrasonik. Jadi buat yang mau cuci tangan nggak perlu lagi memutar kran atau menyentuh tombol. Si WHO bakal langsung bekerja mengenali gerakan dari pengguna lewat sensor yang terpasang. emoticon-Big Kiss

Ts juga mau ngingetin buat GanSis, kalau cuci tangan tuh penting banget! Apalagi di tengah pandemi kayak gini, penting banget supaya kita nggak ikutan tertular Covid-19! Hii! Makanya ane seneng banget nih kalau semakin banyak tempat cuci tangan di sekitar kita. Kayak di tempatnya si sista? ini nih. Ada di dalam taman gitu.. 




Nah, itu deh beberapa hal anti mainstream dilakukan demi bisa bikin sarana cuci tangan, kalau agan sista ada hal mainstream lain soal cuci tangan demi cegah Covid-19, boleh dong share dimari.. nanti ane bakal angkut ke pekiwan… 


Jangan Lupa Cuci Tangan yah Gan... emoticon-2 Jempol




Diubah oleh gege2511
profile-picture
noqza memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!
11-11-2020 16:48
Banyak cuci tangan, tapi makannya Indomie aja tetep kena Corona cuy

emoticon-Menang
0 0
0
Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!
11-11-2020 17:24
Kemiskinan antibodi terampuh dr sgala macam virus 😁
0 0
0
Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!
11-11-2020 19:21
Kalo masalah kreatip mah emang jangan ditanya.. emoticon-Smilie
0 0
0
Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!
11-11-2020 22:37
Emang orang indo tuh kalo keadaan begini pada kreatif idenya wkwk
0 0
0
Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!
15-11-2020 07:27
Nah ini bagus daripada berkerumun gajelas, mending berinovasi menciptakan alat yg bisa mendukung pencegahan covid
0 0
0
Kreatifnya Warga +62 Bikin Alat Cuci Tangan, Nomor 3 Ajib Nih Bikinan Anak SMK!
01-12-2020 06:33
No. 1 dan 3 itu, secara ide, sangat kreatif, gan.

Bukan itu aja, jadi solusi biar kita gak nyentuh kran. Sebab, menurut saya lagi, kran adalah yg menjadi titik lemah saat kita harus cuci tangan.
Kan, gak ada yg bersihkan itu, gan...
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit!
kesehatan-pulih-ekonomi-bangkit
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia