Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
35
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fa4cb5f8d9b176f326ca95f/waspada-begal-yang-mulai-mengincar-pesepeda-di-jalan-jalan-protokol-jakarta
Jakarta, Senin (21/9/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO) Penulis Wahyu Adityo Prodjo | Editor Jessi Carina  JAKARTA, KOMPAS.com - Kejahatan begal sepeda di Jakarta kian meresahkan. Korban berjatuhan. Kerugian materi dan luka-luka dialami oleh para pesepeda
Lapor Hansip
06-11-2020 11:04

Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta



Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
Jakarta, Senin (21/9/2020). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan.(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO) Penulis Wahyu Adityo Prodjo | Editor Jessi Carina 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejahatan begal sepeda di Jakarta kian meresahkan. Korban berjatuhan. Kerugian materi dan luka-luka dialami oleh para pesepeda. Dalam kurun waktu 20 hari di bulan Oktober 2020, tercatat ada lima aksi kejahatan begal sepeda. Jumlah tersebut baru kasus yang viral dan sebagian bisa diungkap oleh pihak kepolisian. Penjahat pun tak main-main dalam beraksi. Mereka menggunakan senjata tajam seperti pisau untuk mengancam korban. 

Umumnya, para penjahat mengincar pesepeda yang menggowes sendiri atau yang sedang terpisah dari rombongan. Penjahat mengincar barang berharga milik pesepeda seperti ponsel. Dari catatan Kompas.com, kejahatan begal sepeda belakangan ini terjadi jalan-jalan protokol di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Tempat Kejadian Perkara (TKP) berada di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Lapangan Tembak Senayan, Hayam Wuruk, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Rasuna Said. 

Daerah-daerah tersebut diketahui adalah rute-rute pesepeda untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Kejadian juga umumnya terjadi pada hari Minggu. Korban pun mulai dari warga biasa hingga artis. Terakhir, artis senior Anjasmara menjadi korban pembegalan di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan Universitas Katolik Atmajaya. 

Melawan pembegal hingga pasrah Minggu (18/10/2020) sekitar pukul 07.30 WIB, pembegal dengan sepeda motor memepet Anjasmara. Pembegal memegang baju Anjasmara yang saat itu sedang bersepeda. "Dia (pelaku) pegang-pegang baju gue, ngapain nih orang pegang baju gue. Astaga, kayaknya mau ambil handphone, gue baru sadar," ujar Anjasmara dalam video yang diunggah oleh anaknya di Instagram. 

Anjasmara mencoba melakukan perlawanan dengan memukul pelaku yang mengendarai sepeda motor. Anjasmara justru terjatuh dari sepeda hingga mengalami luka di pundak kirinya. Kisah lain dialami oleh TL, seorang karyawan swasta yang tengah bersepeda dengan teman-temannya di sekitar Bundaran HI pada Selasa (20/10/2020). Di tengah jalan, TL sempat terpisah. Pada saat itu, para pelaku langsung mengambil handphone korban. Namun korban melakukan perlawanan. 

Pelaku tidak berhasil mengambil handphone korban tetapi TL jatuh dan terluka di bagian paha. "Kebetulan ditarik, dipertahankan sama dia terus jatuh. Karena jatuh terus korban masih mempertahankan. Korban mempertahankan hapenya hingga terjatuh dari sepeda," kata Kanit Reskrim Polsek Menteng, Kompol Ghozali Luhulima saat dikonfirmasi. Roland Kristiawan (50), seorang pekerja di Jakarta juga menjadi korban begal persis di depan Lapangan Tembak Senayan, Minggu (18/10/2020) sekitar pukul 10.00 WIB. Roland yang membawa tas pinggang kaget saat melintas di depan Lapangan Tembak. Seseorang yang berboncengan sepeda motor dari arah belakang menghampirinya dan langsung membuka buckle tas pinggang Roland dan langsung tancap gas.

 "Kejadiannya cepat sekali, tahu-tahu tas berisi HP sudah pindah tangan dan mereka kabur cepat ke arah Palmerah," tutur Roland seperti dikutip dari Warta Kota. Korban lainnya, Galih mengalami pembegalan saat menggowes sepeda di kawasan Kuningan. Pelaku menodongkan pisau kepada pesepeda dan merampas ponselnya pada waktu siang hari. "Dia naik motor berdua. Langsung mepet gue dari sebelah kanan. Tangan kiri yang dibonceng langsung ngerangkul gue. Dia bilang, lu diem atau gue tusuk lu. 

Dia nempelin pisaunya ke gue," kata Galih dalam videonya. Setelah itu, pelaku langsung merampas ponsel yang ada di saku Galih. Pelaku langsung melarikan diri.  Polisi ambil tindakan Ramainya aksi pembegalan pesepeda ditindaklanjuti oleh polisi. Lokasi dan waktu rawan pembegalan dianalisa. Ghozali mengatakan, peristiwa-peristiwa penjambretan itu terjadi karena lokasi Menteng yang kerap disambangi oleh pesepeda. Para pelaku, menurut Ghozali, kerap membuntuti korban dari berbagai tempat. 

"Kami analisa kira-kira kejadian di mana saja, sekitar jam berapa saja," tutur Ghozali saat dikonfirmasi, Rabu (21/10/2020). Ia menambahkan, pihaknya juga akan menerjunkan dua tim yang terdiri dari 10 orang personel guna melakukan analisa tersebut. "Kami analisa selama satu minggu, termasuk data kemarin," ucapnya. Sementara itu, Polres Metro Jakarta Selatan membentuk satuan tugas khusus untuk menangani kasus pembegalan sepeda. Tim Satgas akan bertugas untuk melakukan pencegahan dan pengungkapan kasus begal sepeda. Satgas ini bakal terdiri dari polisi dari Polsek setempat dan Polres Jakarta Selatan. “Khususnya masalah itu (begal sepeda) mengingat ada beberapa kejadian. 

Sesuai arahan Pak Kapolres, kami akan bentuk satgas khusus gabungan Polsek dan Polres Jaksel untuk masalah begal sepeda,” kata Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto dalam rekaman yang diterima, Rabu (10/20/2020) siang.  Menurut dia, masalah begal sepeda sudah terjadi berulang di wilayah Jakarta Selatan. 

“Satgasnya nanti prinisipnya adalah ada tim yang mengungkap kejadian tersebut, ada tim yang terbuka pengamanan jangan sampai terulang lagi. Itu satgas yang kita rumuskan. Kita enggak ngomong satu kasus, tapi kami lebih maju, kami akan bentuk satgas untuk pencegahan dan pengungkapan,” ujar Antonius. Untuk penanganan kasus pembegalan Anjasmara, polisi juga sudah mendatangi TKP. Polisi sudah memeriksa CCTV di sekitar TKP. Waspada begal Dikutip dari Kompas TV, Ketua Komunitas Bike to Work (B2W), Putut Soedarjanto memiliki beberapa tips aman untuk bersepeda. Jika pengguna sepeda untuk mobilitas bekerja, maka rute lokasi tak bisa dihindari. 

Namun jika bersepeda sebagai olahraga atau berekreasi, tentu pengguna sepeda bisa memilih jalan yang aman serta waktu yang tepat. Putut memberikan tips demi keamanan agar pesepeda jangan menunjukkan barang berharga serta pastikan untuk tidak bersepeda sendirian. "Jangan menunjukkan bahwa kita membawa sesuatu benda yang berharga. Kalau pun kita membawa, ya pintar-pintar kita didalam menyembunyikan. Yang kedua adalah mungkin kita cari teman untuk berangkat pulang pergi kantor," katanya. 

Selain itu, Putut menambahkan jika pilihan waktu jadi sangat penting. Hal itu khususnya bagi mereka yang menggunakan sepeda sebagai olahraga dan berekreasi. "Kapan kita harus berolahraga dan berekreasi. Ya hindarkan dari jam-jam yang rawan," lanjutnya. Dalam unggahan terbarunya di akun Instagram miliknya, Putut pun mewanti-wanti adanya begal yang mengincar pesepeda. Dalam fotonya, ia berkata, "Menghindari begal di masa pandemi ini serba susah. Bersepeda ramai-ramai salah, bersepeda sendiri rawan begal. Maka pilihan waktu dan rute harus menjadi perhatian penting".

Sumber: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/10/22/07373121/waspada-begal-yang-mulai-mengincar-pesepeda-di-jalan-jalan-protokol?page=all.
Penulis : Wahyu Adityo Prodjo
Editor : Jessi Carina

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
09-11-2020 12:14
Lebih baik sekaramg rame rame aja kalau mau sepedaan, ambil rute yang ramai dan aman buat dilalui
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
09-11-2020 12:43
Begal makin nekat, harus waspada
0 0
0
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
09-11-2020 15:07
Jalan protokal mah bukannya cenderung rame yak. Berani juga tuh begal .. kadang emang urusan perut orang juga gak bisa maen2 sih. Cuma klo jalan solusinya begal dijadiin profesi ya gak bisa dibenarkan juga sih
0 0
0
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
09-11-2020 17:56
yang disasar pesepeda soalnya gak bisa ngejar pelaku kali tuh.. gila serem amat ckck
0 0
0
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 21 balasan
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
10-11-2020 02:17
Wahh harus lebih hati² sekarang gan 🤧 kejahatan selalu mengincar kita semua
0 0
0
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
10-11-2020 07:50
Asli ya ngeri banget. Semua muanya bisa dijadiin sasaran begal. Emang kudu ramean sih kalau nyepeda
profile-picture
irene.holmes memberi reputasi
1 0
1
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
10-11-2020 16:07
Gak cuman sepeda, bawaan para goweser juga jadi sasaran empuk. Emang kudu bener bener naroh barang di tempat yang aman trus sepedaannya rame rame gitu
profile-picture
ultraplu memberi reputasi
1 0
1
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
10-11-2020 23:00
Padahal di jalan besar ya, tapi tetep aja ada aksi aksi beginian..
0 0
0
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
11-11-2020 14:32
Sebaiknya untuk para pengoes lebih berhati hati dlm bergoes. Karena akhir akhir ini bnyak sekali terjadi aksi ini.
0 0
0
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
22-11-2020 14:04
kalau bisa jangan sendirian ya ngegowesnya biar ada yang bisa membantu ketika terjadi apa-apa gitu
0 0
0
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
23-11-2020 07:57
Buat antisipasi lebih baik bersepeda bareng temen, boleh tiga atau empat orang
Rame rame bgeitu, tapi harus tau diri juga jangan menuhin jalan dan ngalangin pengguna jalan lainnya
0 0
0
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
29-11-2020 20:32
Mau beli sepeda lipat buat naik krl, jadi urung deh 🥶
0 0
0
Waspada Begal yang Mulai Mengincar Pesepeda di Jalan-jalan Protokol Jakarta
22-01-2021 12:08
La serem
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Begal Sepeda Merajalela
begal-sepeda-merajalela
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia