others
Batal
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9eb97a263772392a137c9e/coc-reg-kalteng-seruyan-surga-untuk-para-pemancing
Sumber gambar: ikan toman Kabubaten Seruyan merupakan salah satu Kabupaten termuda di provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten Seruyan beribukota di Kuala Pembuang resmi menjadi Kabupaten pada tahun 2002, dimana sebelumnya hanyalah kota kecamatan yang berada di bawah pemerintahan daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Sumber Kuala Pembuang berjarak sekitar 154 Km dari kota Sampit (Kotawaringin Timur),
Lapor Hansip
01-11-2020 20:34

[COC Reg. Kalteng] Seruyan, Surga Untuk Para Pemancing!


[COC Reg. Kalteng] Seruyan, Surga Untuk Para Pemancing!
Sumber gambar: ikan toman

Kabubaten Seruyan merupakan salah satu Kabupaten termuda di provinsi Kalimantan Tengah. Kabupaten Seruyan beribukota di Kuala Pembuang resmi menjadi Kabupaten pada tahun 2002, dimana sebelumnya hanyalah kota kecamatan yang berada di bawah pemerintahan daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Sumber

Kuala Pembuang berjarak sekitar 154 Km dari kota Sampit (Kotawaringin Timur), atau sekitar 383 Km dari kota Palangkaraya.

Kabupaten Seruyan terkenal sebagai daerah penghasil ikan, baik ikan tawar ataupun ikan laut. Oleh-oleh atau buah tangan khas sana pun berbahan utama ikan, seperti kerupuk ikan pipih dan kerupuk ikan tengiri.

Hal tersebut dikarenakan kabupaten Seruyan berbatasan langsung dengan laut dan di daerah Seruyan juga terdapat banyak sungai yang populasi ikan masih sangat melimpah.

Seruyan merupakan daerah yang pas untuk yang hobi mancing, karena di daerah ini terdapat banyak spot mancing yang sangat menantang.

Spot mancing di kabupaten Seruyan ini di antaranya adalah:

1. Sungai Kalua

[COC Reg. Kalteng] Seruyan, Surga Untuk Para Pemancing!
Sumber gambar: di sini

Salah satu spot mancing di daerah Seruyan ini adalah Sungai Kalua. Sungai Kalua merupakan salah satu anak sungai yang ada di kabupaten Seruyan. Untuk sampai ke tempat ini, kita harus menggunakan kelotok karena tempat ini tidak bisa dicapai melalui jalur darat.

Jika berangkat dari pelabuhan Kuala Pembuang, maka butuh waktu satu jam untuk sampai ke sungai Kalua ini.

Ikan Toman (giant snake head) merupakan salah predator ganas yang merupakan penghuni sungai Kalua. Ikan Toman adalah predator sejati, yang besarnya dapat mencapai 10 kg lebih.

Memancing ikan Toman merupakan tantangan besar bagi para pemancing, dan untuk mendapatkan ikan ini perlu persiapan yang sempurna. Umpan yang dipakai pun tidak sembarang, selain memakai umpan ikan hidup, juga bisa memakai umpan irisan daging seperti daging ayam.

Selain ikan Toman, di sungai Kalua ini juga terdapat berbagai macam jenis ikan air tawar. Seperti ikan Patin, ikan Baung, ikan Kelabau, ikan Tapah, ikan haruan (gabus), dan masih banyak jenis ikan air tawar lainnya.


2. Teluk Buaya

Teluk Buaya ini termasuk spot mancing yang belum banyak diketahui orang, padahal di sana terdapat banyak spesies ikan. Kedalaman yang sekitar 7-15 meter sangat pas untuk berburu ikan.

Teluk Buaya ini berada di antara dua desa yaitu Desa Derangga dan Desa Asam Baru Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan. Jika berangkat dari Pembuang Hulu akan memerlukan waktu sekitar setengah jam untuk sampai ke lokasi dengan memakai kelotok.

Di antara spesies ikan yang ada di teluk ini adalah ikan patin, ikan baung, ikan tebiring dan masih banyak lagi. Persiapan umpannya pun mudah, hanya perlu menyiapkan umpan pelet, udang, anak ikan dan juga gorengan bakwan.

Jika para kaskuser hendak mencoba keseruan dan keganasan ikan Toman di daerah Seruyan, maka siapkan juga kamera karena pemandangan selama perjalanan menuju kota Kuala Pembuang sangat indah untuk diabadikan. Pemandangan pesisir pantai yang panjang sangat indah dipandang mata.

Oke, itulah sebagian kecil spot mancing yang ada di kabupaten Seruyan, Kalimantan tengah, sebenarnya masih banyak. Mungkin insyaallah akan diulas di lain waktu dan di thread yang lain.

Salam satu umpan satu tarikan!

Terima kasih.

Referensi: di sini dan di sini
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia