News
Batal
KATEGORI
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9c25980577a95fcc0de09f/sejarah-dan-fakta-jajaran-universitas-tertua-di-dunia
Sejarah dan Fakta Jajaran Universitas Tertua di Dunia Penulis: Destri Ananda Prihatini Sejarah mencatat, dua universitas yang dianggap paling tua di dunia berada di Afrika. Penulis: Destri Ananda Prihatini 25 Oktober 2019. Tirto.ID -Pendidikan telah menjadi bagian dari sejarah peradaban manusia. Salah satunya adalah dengan hadirnya perguruan tinggi atau universitas. Ada beberapa perguruan tinggi p
Lapor Hansip
30-10-2020 21:39

Sejarah dan Fakta Jajaran Universitas Tertua di Dunia

Sejarah dan Fakta Jajaran Universitas Tertua di Dunia

Penulis: Destri Ananda Prihatini

Sejarah dan Fakta Jajaran Universitas Tertua di Dunia
Sejarah mencatat, dua universitas yang dianggap paling tua di dunia berada di Afrika.

Penulis: Destri Ananda Prihatini 25 Oktober 2019.

Tirto.ID -Pendidikan telah menjadi bagian dari sejarah peradaban manusia. Salah satunya adalah dengan hadirnya perguruan tinggi atau universitas.
Ada beberapa perguruan tinggi paling tua di dunia yang masih berdiri dan eksis hingga saat ini.

Sejarah dan fakta 8 universitas di dunia Dikutip A Latin Dictionary (1966) karya Charlton T. Lewis, dan Charles Short,

Istilah universitas berasal dari bahasa Latin asli yang dapat diartikan "orang-orang yang terasosiasi dengan sebuah badan, masyarakat, perusahaan, komunitas, kelompok pekerja, korporasi, dan lain-lain".

Seiring perjalanan waktu, universitas perkembangan makna yakni dalam konteks hubungan murid dan guru dalam suatu asosiasi legal kolektif.

Terkait dengan pengartian ini, kemudian muncul makna yang lebih spesifik dan semakin mengarah ke sektor pendidikan. Seperti tercatat dalam Oxford English Dictionary (1989), universitas dalam penggunaan yang lebih modern dapat diartikan sebagai: "Sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menawarkan biaya kuliah terutama untuk mata pelajaran non-kejuruan dan biasanya memiliki wewenang untuk memberikan gelar."

Pemaknaan itulah yang dipakai hingga saat ini, termasuk di Indonesia, bahwa, dalam pengertian umum, universitas atau perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang dapat ditempuh setelah tamat sekolah menengah atas atau sederajat.

Dirangkum dari Oldest, berikut sejarah dan fakta universitas tertua yang ada di dunia yang sebagian besar masih beroperasi hingga saat ini:

1. University of Al-Karaouine (Maroko) University of Al-Karaouine atau Universitas Al-Qarawiyyin di Fes, Maroko, tercatat sebagai perguruan tinggi tertua di dunia oleh Guinness World Records.

Disebutkan, universitas ini aktif sejak tahun 859 Masehi dan masih eksis hingga kini. Artikel Larbi Arbaoui bertajuk "Al Qarawiyyin of Fez: The Oldest University in the World" dalam Moroccoworldnews (2 Oktober 2012) menuliskan bahwa awalnya perguruan tinggi ini adalah sebuah masjid yang didirikan oleh seorang wanita bernama Fatima al-Fihri. Masjid tersebut juga digunakan untuk menggelar kajian atau diskusi, namun kala itu yang dibahas hanya persoalan atau topik-topik seputar agama Islam.

Lambat laun, proses pembelajaran di masjid itu berkembang menjadi semakin luas, bahkan menjadi sebuah lembaga pendidikan tinggi terkemuka.

2 Al-Azhar University (Mesir) Seperti diketahui, Universitas Al-Azhar masih menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia hingga saat ini.

Universitas ini ternyata termasuk yang paling tua, yakni dibentuk pada 972 M di Kairo, Mesir. Universitas ini menempati posisi kedua sebagai universitas tertua di dunia yang hingga saat ini masih aktif beroperasi.
Al-Azhar merupakan universitas modern yang menjadi pusat utama sastra dan literatur Arab serta pembelajaran Islam di dunia.

3.University of Bologna (Italia) Jika dua universitas yang telah disebut sebelumnya berada di benua Afrika, maka University of Bologna merupakan perguruan tinggi tertua yang ada di Eropa sekaligus di Italia, demikian yang dicatat oleh Guinness World Records. Penelitian Nuria Sanz dan Sjur Bergan berjudul "The Heritage of European Universities" yang terhimpun dalam Higher Education Series No. 7 (2006) menyebut bahwa University of Bologna diketahui sudah berdiri pada 1088 di salah satu kota di Italia yang namanya digunakan sebagai nama perguruan tinggi itu, yakni Bologna.
University of Bologna juga menjadi institusi pertama yang mengadopsi istilah “almamater” dalam istilah akademis yang sebenarnya berarti bahwa sekolah adalah ibu pemelihara yang menyediakan makanan intelektual bagi para muridnya. Hingga saat ini, University of Bologna merupakan salah satu perguruan tinggi di Italia yang paling bergengsi dan Eropa, serta sering menempati urutan pertama di tingkat nasional.

4. University of Oxford (Inggris) Perguruan tinggi legendaris yang berlokasi di Oxford, Inggris, ini pertamakali diketahui eksis antara tahun 1096-1167, meskipun belum dapat dipastikan tanggal tepat didirikannya. University of Oxford masih menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik dunia saat ini dan menghasilkan banyak alumni terkemuka, termasuk 28 pemenang Hadiah Nobel.
Selain itu, 27 orang yang pernah menjabat Perdana Menteri Inggris merupakan lulusan dari universitas ini. Terungkap dalam website University of Cambridge, pada 1209 atau setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa Oxford dengan penduduk kota, sejumlah akademisinya melarikan diri ke Kota Cambridge dan mendirikan Universitas Cambridge.

Hingga kini, Oxford dan Cambridge selalu bersaing sebagai universitas terbaik di Inggris.

5. University of Salamanca (Spanyol) Awalnya, perguruan tinggi tertua di Spanyol ini merupakan sekolah katedral yang keberadaannya diketahui pada 1130. Tahun 1134, sekolah ini diakui sebagai "sekolah umum kerajaan". Selanjutnya, Raja Leonese Alfonso IX meresmikannya pada 1218. Dikutip dari website resmi University of Salamanca, sekolah kerajaan ini kemudian mendapat restu dari Paus Alexander IV (1254-1261) untuk resmi dijadikan sebagai perguruan tinggi atau universitas pada 1255.

6. University of Paris (Perancis) University of Paris, tulis C.H. Haskins dalam The Rise of Universities (1923) muncul sekitar tahun 1150 sebagai sebuah unit yang terkait dengan sekolah katedral Notre Dame de Paris. Perguruan tinggi pertama di Perancis ini diyakini sebagai salah satu universitas tertua di Eropa. Pada sekitar 1257, berdiri College de Sorbonne sebagai bagian dari perguruan tinggi ini. Sejak saat itu, University of Paris juga lekat dengan sebutan Sorbonne yang masih berada dalam jajaran universitas terbaik di Eropa hingga saat ini.

7. University of Cambridge (Inggris) Perguruan tinggi ini pertamakali berdiri pada 1209 yang berlokasi di Cambridge, Inggris. Seperti yang pernah disinggung di atas, kelahiran University of Cambridge terkait erat dengan keberadaan University of Oxford yang telah berdiri sebelumnya. Beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke Kota Cambridge setelah terjadi kericuhan antara mahasiswa dengan warga Kota Oxford pada 1209.

Di kota yang mereka datangi itulah kemudian berdiri University of Cambridge. Sama seperti University of Oxford, University of Cambridge juga telah menghasilkan banyak alumni terkemuka di dunia, termasuk Isaac Newton. Hingga kini, Oxford dan Cambridge selalu bersaing sebagai universitas terbaik di Inggris.

8. University of Padua (Italia) Seperti dikutip dari Princeton University, University of Padua berdiri pada 1222 sebagai sekolah hukum dan teologi, di Kota Padua atau Padova, Italia, meskipun banyak ahli sejarah yang meyakini bahwa lembaga pendidikan ini berusia jauh lebih tua. Nyaris sama seperti riwayat University of Oxford dan University of Cambridge di Inggris, University of Padua juga semacam sempalan dari perguruan tinggi tertua di Italia yakni University of Bologna. Universitas paling tua kedua di Italia ini terus berkembang seiring perkembangan zaman hingga detik ini. Bahkan, pada 2017, University of Padua menempati peringkat terbaik di Italia menurut Academic Ranking of World Universities (ARWU) bersama Sapienza University of Rome.

( dap/isw) Kontributor: Destri Ananda Prihatini Penulis: Destri Ananda Prihatini Editor: Iswara N Raditya
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia