News
Batal
KATEGORI
link has been copied
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9b850209b5ca06b624fee1/soal-macron-ini-pesan-wapres-soal-islam-rahmatan-lil-alamin
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi mengingatkan kembali pesan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk mengenalkan Islam Rahmatan Lil alamin kepada semua orang. Masduki menyebut, Kiai Ma'ruf menilai tantangan umat Islam saat ini adalah mengenalkan Islam Rahmatan Lil Alamin atau Wasathiyah kepada orang yang keliru menilai Islam. Salah satunya, kata Masduki untuk menjaw
Lapor Hansip
30-10-2020 10:14

Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin

 Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi mengingatkan kembali pesan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk mengenalkan Islam Rahmatan Lil alamin kepada semua orang. Masduki menyebut, Kiai Ma'ruf menilai tantangan umat Islam saat ini adalah mengenalkan Islam Rahmatan Lil Alamin atau Wasathiyah kepada orang yang keliru menilai Islam.

Salah satunya, kata Masduki untuk menjawab persepsi negatif masyarakat barat terhadap Islam. Karena itu, Masduki menilai, pandangan ini juga relevan untuk menanggapi sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron tentang Islam di Prancis.

"Saya kira itu tantangan yang selalu Kiai Ma'ruf sampaikan kepada umat Islam, sehingga kalau ada yang baru seperti ini, mereproduksi pernyataan beliau masih relevan," ujar Masduki saat dihubungi, Selasa (27/10).

Masduki pun mengulas kembali pernyataan Wapres mengenai pandangan masyarakat barat tentang Islam yang kerap dikaitkan dengan kekerasan atau teror. Hal ini menurut Masduki lantaran gerakan Islamophobia yang terus bergerak, termasuk di Eropa. Karena itu, tantangan umat saat ini adalah bagaimana mengenalkan dan meluruskan Islam dengan wajah yang moderat.

"Islam yang rahmatan lil alamin itu dijadikan satu senjata baru, supaya dipahami benar oleh masyarakat barat tentang Islam karena sejatinya Islam adalah rahmatan lil alamin, itu yang belum dipahami baik," katanya.

Karenanya, umat Islam di Indonesia juga mempunyai tanggung jawab untuk mengenalkan Islam Rahmatan Lil alamin dan Wasathiyah kepada negara lain. Dengan begitu, ia berharap penerapan Islam Wasathiyah di Indonesia bisa direplikasi ke negara lain termasuk di Perancis.

"Ini sebenarnya perlu, direplikasi ke berbagai negara negara lain, sehingga ini bisa menjadi bentuk yang mainstream dari pemahaman Islam di seluruh dunia ke depan, dan itu diperkenalkan kepada masyarakat eropa," ungkapnya.

Ia juga berharap masing masing pihak menahan diri dan tidak mudah untuk menggeneralisasi semua orang, seperti kasus Macron dan penerbitan karikatur oleh Charlie Hebdo.

"Karena akan ada yang selalu saja orang orang mempunyai paham yang seperti itu tapi jangan dijadikan generalisasi. Kesalahn makron adalah menggenaralisasi seakan akan Islam itu orang orang yang keras yang ada di Perancis," kata Masduki.

"Namun kita memahami kenapa orang Islam di Perancis sangat keras, walaupun sebagian tidak, karena memang perlakuan rasisme terhadap minoritas di Perancis khususnya muslim sangat keras juga," ujar Masduki.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, ada tiga tantangan besar yang dihadapi umat Islam selain adanya pandemi Covid-19. Pertama, kata Ma'ruf, umat Islam saat ini menghadapi persepsi Islam dianggap sebagai agama konflik dan kekerasan.

Ia menjelaskan, persepsi itu muncul dan berkembang karena berbagai konflik banyak terjadi di negara muslim, khususnya di Timur Tengah.

"Sekitar 60 persen konflik di dunia melibatkan negara-negara Islam," kata Ma'ruf saat hadir pembukaan Seminar Internasional Santri Millenial 2020, Kamis (22/10).

Tak hanya itu, Islam bahkan dipersepsikan sangat buruk di masyarakat Barat. Ma'ruf menyebut, hasil survei Pew Research tahun 2017 lebih dari 41 persen warga Amerika Serikat melihat Islam mendorong terorisme dan kekerasan dan hampir 50 persen sebagian warga muslim adalah anti Amerika.

Begitu juga di Eropa, dari hasil survei di 10 Negara Eropa tercatat lebih dari 50 persen warga Eropa memandang Islam secara negatif.

Ma'ruf juga menyesalkan pendidikan Islam atau madrasah dianggap sebagai tempat pembibitan ideologi ekstrem. Menurutnya, generalisasi negatif terhadap madrasah diperoleh hanya karena orang Barat melihat beberapa pelaku teroris merupakan alumni madrasah.

"Cara pandang yang selalu menggeneralisasi dan negatif ini harus kita lawan. Namun disaat yang sama umat juga perlu introspeksi," katanya.

Sementara, tantangan kedua umat Islam yaitu meningkatnya tren Islamophobia di berbagai belahan dunia. Ia mencontohkan, serangan atau pelecehan terhadap muslim di AS meningkat dari tahun ke tahun yakni terhitung 2016 meningkat 36 persen jika dibandingkan tahun 2001.

"Pengalaman yang sama juga terjadi di Eropa, pada tahun 2017, rata-rata 1 dari 3 muslim yang disurvei mengalami diskriminasi dan prasangka buruk," katanya.

link



"Karena akan ada yang selalu saja orang orang mempunyai paham yang seperti itu tapi jangan dijadikan generalisasi. Kesalahn makron adalah menggenaralisasi seakan akan Islam itu orang orang yang keras yang ada di Perancis," kata Masduki.

"Namun kita memahami kenapa orang Islam di Perancis sangat keras, walaupun sebagian tidak, karena memang perlakuan rasisme terhadap minoritas di Perancis khususnya muslim sangat keras juga," ujar Masduki.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MirrorBoy dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:17
"Saya kembali (ke restoran)." Dia menambahkan: “Salah satu orang yang masuk ke restoran adalah seseorang berada di gereja saat peristiwa itu berlangsung. Dia hanya berkata: 'Tuan ada seorang wanita yang dipenggal kepalanya di katedral'. Itu saja. Saya terkejut. Saya masih gemetar. "***

menurut gw:
memenggal kepala orang itu bukan perkara mudah loh seperti penusukan.
memenggal itu apalagi cuma pakai pisau dibutuhkan 'keberanian' atau kekejaman yang diluar nalar yang bisa disebabkan karena KEBENCIAN/dendam yang teramat sangat atau psikopat.

mutilasi umumnya dilakukan oleh orang2 yang dendam, sedang untuk kasus2 tertentu dilakukan karena pelaku adalah psikopat.

jadi sangat mengerikan sebuah ajaran bisa menghasilkan orang2 seperti itu.






profile-picture
profile-picture
profile-picture
GondalGandul11 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:22
Ini yang ngomong pak Ma'ruf....

Orang yang udah ikut berpartisipasi dengan kelompok islam fundamental tempo hari pas ada hajatan pilkada...

Isi omonganny bener, cuma tetep ga suka sama orang yang ngomong...

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:22
Sekitar 60 persen konflik di dunia melibatkan negara-negara Islam," kata Ma'ruf saat hadir pembukaan Seminar Internasional Santri Millenial 2020, Kamis (22/10).

Sama semua agama aja ribut dimana mana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:22
Udah begini ngomong baiksi amin emoticon-Big Grin
Ente lupa sama fatwa2 yang ente keluarin?
Sampah
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:23
tumben bener omongannya pak kyai
0 0
0
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:24
Ngaca dulu kong sana....emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:25
Soalnya bukan AHOK yah min? dan ente gak ada agenda mau jadi presiden Prancis ye kan?emoticon-Tai
profile-picture
Crotaftermeting memberi reputasi
1 0
1
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:26
Berteman aja gak bolehemoticon-Ngamuk
profile-picture
Crotaftermeting memberi reputasi
1 0
1
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:27
mending diam aja

kan malu omongan gak sesuai dgn realita emoticon-Big Grin
profile-picture
Crotaftermeting memberi reputasi
1 0
1
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:27
Tetap boikot
Sampek kiamat!
Jangan kasih kendorrr
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan Crotaftermeting memberi reputasi
2 0
2
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:29
Kalau gitu ditindak lanjuti pak... Bikin forum antar agama dimana islam dan yang lain berbaur, tempat dimana islam yang rahmat mengenalkan aspek damainya. Kalau cuma diem di tempat, yang keras yang bakal lebih dikenal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
heavenspace dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:33
pengalaman saya sendiri waktu kecil, ketika mau menuju gereja dan lewat kerumunan orang pasti dibilang, stt orang kafer lewat

bajingggan ndak itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Crotaftermeting dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:37
susah pak
islam kalem vs islam penggal sama sama kuat power nya
otomatis yg lebih menarik perhatian yah yang garis keras itulah
dan namanya trauma, pasti penilaian dunia yah pukul rata biasanya
gak usah sok pinter mbandingin sama kekerasan agama sebelah jaman dulu deh
dulu yah dulu, sekarang yah sekarang
yang di masalahin macron kan yang sekarang, bukan yg dulu
dan yang sekarang, sialnya, ranking kekerasan di sandang oleh you know lah
udah gitu, islam kalem diam saja ngeliat kelakuan islam penggal dgn alasan seimin
jadi pesan agama damai itu kesannya retorika aja, cuma di mulut aja, gak sesuai sama fakta lapangan
pantesan banyak yg murtad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Crotaftermeting dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:39
presiden prancis ngomong teroris di negaranya itu teroris iclam, itu fakta apa adanya.

ehhhh negara kadal datang-datang playing victim bikin narasi seolah presiden prancis sedang generalisasi umat.emoticon-Ngakak

susah amat sih ngakui telolet yang bawaannya takbiran itu memang mujaheed iclam, yang pada kenyataannya dielu-elukan oleh mayo uclim dunia.
0 0
0
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:40
selama ormas yang gak jelas legalitas nya itu masih masuk headline, maka pandangan orang akan rahmatan lilalamin gak akan ada, bukankah yang selalu di dengungkan selalu kekerasan? eh iyah ada sih kegiatan yang katanya sosial tapi pake embel embel nama partai
0 0
0
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:41
Baru sesuai job desk nih kong emoticon-Leh Uga
0 0
0
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:48
 Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin

Maaf ente sendiri bukan panutan uclim yg baik, kong. Ane menilai ini cuma lip service aja krn posisi ente... emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhdxt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 10:56
 Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
Diubah oleh MirrorBoy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 11:00
kalo seimin bikin kajian internal seenak jidat diem semua
giliran tapir bikin kajian internal lsg playing victim semuaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Soal Macron, Ini Pesan Wapres Soal Islam Rahmatan Lil alamin
30-10-2020 11:03
Syukurlah wakil presiden berpartisipasi suara dalam hal ini, patut diapresiasi, hehehe.
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Berita dan Politik
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia