News
Batal
KATEGORI
link has been copied
262
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f98cda010d2950e6e57074f/ri-mulai-cari-kehidupan-di-luar-bumi-anggarannya-rp-340-m
Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) telah membangun fasilitas Observatorium Nasional di NTT untuk mencari kehidupan di luar bumi. Dana untuk program ini bersumber dari APBN.
Lapor Hansip
28-10-2020 08:47

RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M

Past Hot Thread
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M


Jakarta - Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) telah membangun fasilitas Observatorium Nasional di NTT untuk mencari kehidupan di luar bumi. Dana untuk program ini bersumber dari APBN.
Soal anggaran, Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto mengatakan, untuk teleskop 50 cm, harganya kira-kira mencapai Rp 1 miliar. Program ini sendiri mendapat anggaran sekitar Rp 340 miliar.

"Kalau untuk teleskop 50 cm, kira-kira sekitar Rp 1 M. Kurang-lebih sekitar Rp 340 M yang bersumber dari APBN," kata Rhorom saat dihubungi, Selasa (27/10/2020).

Rhorom mengatakan LAPAN baru membangun observatorium di NTT. Fasilitas ini salah satunya untuk mengamati komet dan asteroid.

"LAPAN telah membangun fasilitas Observatorium Nasional Timau di NTT, bersama dengan ITB, UNDANA, dan Pemda setempat. Mulai tahun ini, kami telah mengoperasikan teleskop 50 cm di Kupang, salah satunya untuk pengamatan komet dan asteroid," ujarnya.

Selain itu, LAPAN merencanakan program pengamatan transient project mulai tahun ini. Selain itu, arah program ini untuk mencari tahu soal teka-teki kehidupan di luar bumi.

"LAPAN akan merencanakan program pengamatan transient objects mulai tahun 2020. Eksoplanet dan supernova adalah contoh objek transien. Dengan kata lain, kami akan mulai mencari dan mempelajari eksoplanet dengan lebih sistematis. Salah satu arahnya memang menjawab apakah ada kehidupan di luar sana," ujarnya.

"Iya (kehidupan di luar bumi), itulah salah satu pertanyaan mendasar umat manusia yang ingin tahu," lanjutnya.

Dia menjelaskan bahwa saat ini LAPAN memiliki teleskop reflektor berdiameter 50 cm. Menurutnya, inilah 'senjata terbaik' LAPAN di Kupang.

"Sementara ini, teleskop reflektor berdiameter 50 cm adalah senjata terbaik kami di Kupang. Akhir tahun 2021, kami berharap datangnya teleskop yang lebih besar, yakni teleskop dengan diameter cermin 380 cm," tuturnya.

Sementara itu, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa observatorium itu dibangun sejak tahun 2017.

"Untuk diketahui, sejak 2017 LAPAN bersama ITB dan UNDANA serta Pemprov NTT dan Pemkab Kupang membangun Observatorium Nasional di Gunung Timau, Kab Kupang," ujarnya.

"Fasilitasnya utamanya adalah teleskop 3,8 meter, terbesar di Asia Tenggara. Semula ditargetkan selesai 2020, namun tertunda jadi 2021 karena beberapa kendala, antara lain akses jalan dan pandemi Covid-19.

Dia menegaskan bahwa fasilitas ini dibangun untuk edukasi publik. Tujuannya ialah untuk observasi astronomi.

"Selain itu dibangun juga Pusat Sains di Tilong, Kupang, sebagai pusat edukasi publik. Tujuan utama sebagai pusat observasi astronomi dan pemberdayaan kawasan timur Indonesia. Observasi astronomi mencakup objek-objek tata surya (seperti planet, komet, dan asteroid), fisika bintang dan galaksi, struktur besar alam semesta, sampai planet-planet di luar tata surya," ungkapnya.

Terkait anggaran Rp 340 m, dia menjelaskan itu anggaran multiyears. "Anggaran 340 m adalah anggaran multiyears pembangunan observatorium nasional di Gunung Timau Kupang dg teleskop berdiameter 3,8 meter (terbesar di Asia Tenggara) serta fasilitas Pusat Sains di Tilong, Kupang, untuk edukasi publik. Pusat Sains dilengkapi dengan teleskop berdiameter 50 cm," ujarnya.

Sumur: https://news.detik.com/berita/d-5230...nya-rp-340-m/2

Gak Usah Jauh Jauh Cari Kehidupan Di Luar Bumi,Cobak Pake Teleskopnya Untuk Cari Harun Masiku Dulu.emoticon-Ngacir





profile-picture
profile-picture
profile-picture
lugy dan 44 lainnya memberi reputasi
43
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 11
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 08:51
lah halah...lg carut marut gini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 08:51
Kehidupan di bumi dulu di sejahterahkan, baru deh cari di luar bumi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sang Pembantai dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 08:52
Modalnya 340M?!!!

RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
Diubah oleh entecavir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sang Pembantai dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 08:53
bisa hidup aja karena ngutang ngemis negara lain kok mau cari kehidupan di luar bumi segala
ngurus kehidupan rakyat sendiri aja gak becus kok mau cari2 kehidupan di luar bumi <ngakak>
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sang Pembantai dan 17 lainnya memberi reputasi
17 1
16
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 08:53
Sebelum mencari sesuatu yg gak kejangkau oleh otak kita kenapa pemerintah gak menjelaskan lbh logis knp gedung kejaksaan bisa kebakar habis krn puntung rokok?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kilua.zoldyck dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 08:56
50 cm? Ngeker aceh dah blur emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lugy dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:01
340M dibuat beli obligasi 7,5% = 25,5M per tahun

2,125M per bulan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
telkomspj dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:03
hmm, menyalahi sunatullah emoticon-Marah
Diubah oleh z-0o-m
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tjiembek dan 7 lainnya memberi reputasi
2 6
-4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:07
Klo ane ga terlibat proyek besar pun akan hampa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:08
alternatif cari utangan dari luar bumi emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
x369963x dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:09
buang2 duit
mending 340m
gunakan untuk sewa petrus profesional abisin kaum khilafucker

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
8 5
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:09
"Kalau untuk teleskop 50 cm, kira-kira sekitar Rp 1 M. Kurang-lebih sekitar Rp 340 M yang bersumber dari APBN," kata Rhorom saat dihubungi, Selasa (27/10/202

edan 1 M

versi low budget

RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M

emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:14
Tumben mau nyaingin NASA cari alien
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:18
Ga usah nyinyir. Kita harus dukung yg penelitian ilmiah macam ini.
Semoga ini jadi obat penawar manusia Indonesia dari overdosis agama.
Daripada ngayal langit tumpuk 7, mimpi meqi 72 bidadari, atau manusia gondrong pake sempak jadi Tuhan pengatur semesta?
Ya, bagusan keluar duit untuk membuat manusia Indonesia lebih rasional.

Lagipula, kita butuh koalisi untuk mendukung Pak Jokowi jadi sekjen semesta dan cahaya Bima sakti.
Semoga segera ketemu alien yg mau di ajak kongsi dukung pak Jokowi!

Take emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 13 lainnya memberi reputasi
13 1
12
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:22
wew

murah kali 340 M buat nyari alien ?

nasa yang bertriliun triliun aja kaga ketemu2 tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:24
LOL.. cari alien ?? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

gpp lumayan ada "kemajuan", biasanya ngurus agama melulu emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gh20 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:29
340M ditaroh deposito 3,25% = 11,05M

920 juta per bulan
profile-picture
Jakban805 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:31
Kalo 340M cukup buat relokasi penggemar kilapak ke planet lain sih ane rela bre emoticon-Malu


emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
gh20 dan bugcool memberi reputasi
1 1
0
RI Mulai Cari Kehidupan di Luar Bumi, Anggarannya Rp 340 M
28-10-2020 09:35
Konyol kalo mau ikut cari alien anggarannya cuma 340 M. emoticon-Ngakak

Buat relokasi pendukung kilafuck aja lah emoticon-Ngakak
Diubah oleh greengeckoijo1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulungrinjani dan 2 lainnya memberi reputasi
0 3
-3
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
Berita dan Politik
net-tv-digugat-pailit
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia