Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
257
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f977e448d94d058841ccd41/balita-dianiaya-hingga-alami-trauma-hukuman-pada-anak-disiplin-atau-penyiksaan
Mengurus anak kecil memang tidak mudah, apalagi seorang balita, tapi bukan kemudian menjadi alasan bagi orang tua atau mereka yang mendapatkan tanggung jawab untuk mengurus mereka, melakukan kekerasan pada balita.
Lapor Hansip
27-10-2020 08:56

Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?


Mengurus anak kecil memang tidak mudah, apalagi seorang balita, tapi bukan kemudian menjadi alasan bagi orang tua atau mereka yang mendapatkan tanggung jawab untuk mengurus mereka, melakukan kekerasan pada balita.

TS tidak mau munafik, sebagai orang yang pernah jadi orang tua dan mengurus balita, emosi TS naik itu bukannya tidak pernah terjadi.

Tangan bergerak juga bukannya tidak pernah terjadi, apalagi dulu waktu masih berpikir bahwa hukuman badan demi disiplin, asal tidak membahayakan (pukul pantat, sentil telinga, dsb), itu lebih baik daripada anak terlanjur terdidik dengan tidak benar.

Meskipun ternyata, dari banyak membaca, banyak teori yang mengatakan, hukuman tidak banyak berguna untuk mendidik anak-anak kecil. Soal ini mungkin bisa jadi bahan berdebat.

---

Namun yang terjadi di Medan kali ini sangat mengenaskan dan TS yakin tidak akan ada yang berdebat untuk membela paman dan bibi yang kebetulan harus mengurus anak balita dari saudaranya yang masuk ke penjara. Bukan hanya sering dipukul untuk alasan yang tidak masuk akal. Bocah ini juga kerap tidak diberi makan.






Akibat perlakuan dari paman dan bibinya ini, bocah tersebut mengalami trauma, mudah ketakutan saat bertemu dan berurusan dengan orang dewasa. Sedikit, sedikit, dia minta maaf.

Bukan itu saja, alat kelaminnya pun bengkak, karena sering dipukul. Menurut pelaku, mereka menghukum dengan memukul alat kelamin si bocah, karena bocah tersebut sering mengompol. Apakah dengan melakukan itu, bocah tersebut berhenti mengompol?

Kalau hukuman itu berhasil, tentunya hukuman itu tidak terus menerus terjadi sampai mengakibatkan luka sedemikian rupa.

--------

Lepas dari kasus yang jelas-jelas salah cara mendidik atau lebih tepatnya penyiksaan pada anak.

Dari apa yang terjadi ini, kiranya bisa diambil pelajaran-nya bagi kita semua, bahwa yang dibutuhkan untuk mendidik seorang anak kecil adalah kesabaran, bukan hukuman.

Meskipun mungkin akan ada yang berargumen, "Dulu juga biasa, orang tua keras (disiplin) pada anak. Ane dulu kalau bolos sekolah dihajar sapu, toh sekarang baik-baik saja."





Sumber berita:
1. https://regional.kompas.com/read/202...a-alami-trauma
2. https://regional.kompas.com/read/202...-dianiaya-saat
3. https://regional.kompas.com/read/202...ada-di-penjara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
27-10-2020 09:17
Sayangnya g da pelajaran jd orang tua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Raneeys dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
27-10-2020 13:37
Balita dihukum? Otak dan hati di mana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satyagilang dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
27-10-2020 15:00
Apapun alasannya main tangan tu udah salah si kalo menurut ane, kan bisa dikasi tau pelan pelan jugaaa
profile-picture
profile-picture
realhoax dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
27-10-2020 20:48
Ihhhh kok bisa setega itu sih, gangerti lagi deh sama orangtuanya
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
27-10-2020 22:35
Orang tua tuh emang kalo anak pas masih kondisi tantrum bisa emosinya ngga kekontrol ya, jangan sampe kejadian di ane lah semoga
profile-picture
profile-picture
Raneeys dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 01:57
Anak susah dibilangin biasanya turunan dari ortu, dan kebiasaan yg diajarkan dr kecil
Kalo anak nakal ya ngaca aja kelakuan ortunya jaman dulu gmn
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiapmenit dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:03
Gelo anjir kasian bener itu
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:05
Paman dan bibi gan.. Bukan orang tua kandung..

Jadi wajar perlakuannya beda..

Mungkin ga merasa memiliki emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
Jonijoe69 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:06
Orang tua yang sangat kejam kepada ank kecil emoticon-Marah
Diubah oleh reggae17
profile-picture
profile-picture
profile-picture
OneMassage dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:08
Emang orang tuanya kemana bre?
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:08
Parah lu emoticon-Cape d...
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:10
Sementara KPAI hanya diam. Gak pernah keliatan, minimal sosialisasi cara mendisiplinkan anak dgn benar tanpa kekerasan dan efek samping traumatis kek.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:11
Anak adalah titipan tuhan.
Kalau ada masalah dgn duniawi jangan lampiaskan ke anak emoticon-Marah
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:13
Hmmmm... Memang sih kadang anak kecil suka nyebelin , ngeyel, ane paling parahnya juga nyubit ,gk nyampe mukul , nyubitpun pada daerah2 yg gk sensitif ,, tetep aja udah nya sih nyesel juga emoticon-Turut Berduka
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:17
Ini sih penyiksaan dengan dalih disiplin emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:18
Begitulah kalo isi kepala tukeran tempat sama isi pantat
profile-picture
profile-picture
diy46 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:22
Duh tega bgt anak kecil digituin. Lagian ponakan kan seperti anak sendiri. Masa ga sayang sih.
profile-picture
profile-picture
nozomi.tojo dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 22 balasan
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:26
Kasian, miris, trauma bagi ank susah di sembuhkan. Hrs ny sdr yg merawat klw tdk sanggup mengurus saran sya mending d titip ke panti asuhan. Bner gx agan2?
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:26
ya ampun, kasian woi
0 0
0
Balita Dianiaya hingga Alami Trauma. Hukuman pada Anak, Disiplin atau Penyiksaan?
29-10-2020 18:26
Jelas penyiksaan ini.. mau dipukul disentil belum tentu bisa mengubah anak untuk jadi seperti yang kita mau.. sebagai ortu berusahalah untuk sabar dan jangan bosan memberi mereka pengetahuan yang benar, karena ada masanya nanti anak mengerti dengan sendiri nya apa yang kita mau.
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia