News
Batal
KATEGORI
link has been copied
11
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f96e61d7e3a7228bb17701e/hasil-survei--ganjar-dan-pdip-no1
Yang Melesat dan Stagnan dalam Survei Menuju 2024 Tim detikcom - detikNews Senin, 26 Okt 2020 06:00 WIB L telah disalin Foto: Prabowo - Ganjar - Anies (Dok. detikcom) Jakarta -  Lembaga Survei Indikator Politik merilis hasil penelitiannya terkait bursa calon presiden (capres) yang berpotensi akan maju pada 2024. Ada 15 tokoh yang disebut, peringkat tertinggi di duduki oleh Ganjar Pranowo yan
Lapor Hansip
26-10-2020 22:07

Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1

Yang Melesat dan Stagnan dalam Survei Menuju 2024
Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 06:00 WIB
L telah disalin

Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1Foto: Prabowo - Ganjar - Anies (Dok. detikcom)


Jakarta - 
Lembaga Survei Indikator Politik merilis hasil penelitiannya terkait bursa calon presiden (capres) yang berpotensi akan maju pada 2024. Ada 15 tokoh yang disebut, peringkat tertinggi di duduki oleh Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah.
Indikator sudah melakukan survei terhadap pilihan capres ini beberapa kali, terbaru ini dilakukan pada 24-30 September 2020. Responden sebanyak 1.200 orang dipilih secara acak.

Metode survei dilakukan dengan wawancara via telepon dan margin of error sekitar 2,9% serta tingkat kepercayaan 95%. Seluruh responden terdistribusi secara acak dan proporsional.

Hasil survei ini menyatakan Ganjar Pranowo memiliki jumlah suara tertinggi, yakni sebesar 18,7%, kemudian Prabowo Subianto 16,8%, dan Anies Baswedan 14,4%.
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan Ganjar Pranowo selalu menduduki tingkat pertama dalam 3 survei terakhir.
"Bulan September ini kita melakukan lagi survei dan hasilnya Ganjar berada di tingkat pertama di 3 survei terakhir. Kemudian disusul Pak Prabowo dan Anies Baswedan di tingkat ketiga ini juga stagnan posisinya," kata Burhanuddin, dalam rilis survei bertajuk 'Politik, Demokrasi, dan Pilkada di Era Pandemi', Sabtu (25/10/2020).

Berikut paparan 15 tokoh yang masuk dalam bursa capres 2024 dengan elektabilitasnya masing-masing:


Ganjar Pranowo 18,7%
Prabowo Subianto 16,8%
Anies Baswedan 14,4%
Sandiaga Salahuddin Uno 8,8%
Ridwan Kamil 7,6%
Agus Harimurti Yudhoyono 4,2%
Khofifah Indar Parawansa 4,0%
Gatot Nurmantyo 1,4%
M. Mahfud MD 1,3%
Airlangga Hartarto 1,2%
Puan Maharani 0,9%
Erick Thohir 0,8%
Tito Karnavian 0,4 %
Muhaimin Iskandar 0,2%
Budi Gunawan 0,1%


Selain itu, Indikator Politik juga merilis survei elektabilitas partai. Ada partai yang mengalami kenaikan dan penurunan. Partai Gerindra mengalami kenaikan signifikan dibanding partai lainnya. Sedangkan PDIP stagnan.
"Partai Gerindra naik kencang, PDIP stagnan, Demokrat dan PKS juga naik, paling tinggi Gerindra," kata Burhanuddin.

Burhanuddin menduga naiknya elektabilitas Partai Gerindra karena kemampuannya memainkan dua kartu. Dia menjelaskan Gerindra memang saat ini berada di pemerintahan.
Tapi di sisi lain partai ini juga terus mempertahankan beberapa tokohnya yang tetap kritisi pemerintah, seperti Fadli Zon dan Andre Rosiade saat ini masih bersifat kritis.
"Saya menduga Gerindra naik karena mampu menaikkan dua kartu, satu bagian dari pemerintah mendapatkan intensif tapi di sisi lain masih menjaga figur kritis yang merawat Gerindra lama, misalnya seperti Fadli Zon, Andre Rosiade masih kencang kalau pemerintah nggak ada bedanya," ungkapnya.
Meski begitu, elektabilitas tertinggi saat ini masih diduduki oleh PDIP sebesar 25,2 persen disusul Gerindra 21,1 persen dan Golkar 6,7 persen.

Berikut ini paparan perkembangan elektabilitas partai politik dibandingkan dengan survei pada Juli dan September ini:
PKB: 5,0% turun menjadi 4,1%.
Gerindra: 17,7% naik menjadi 21,1%
PDIP: 26,3% turun menjadi 25,2%
Golkar: 8,3% turun menjadi 6,7%
NasDem 4,5% turun menjadi 3,1%
PKS: 4,4% naik menjadi 5,9%
PPP: 1,7% turun menjadi 0,6%
PAN: 2% turun menjadi 1,1%
Demokrat: 5,7% naik menjadi 5,9%
PSI: 0,1% naik menjadi 0,3%
Perindo: 0,3% naik menjadi 1%
Garuda: 0,0% naik menjadi 0,1%
Berkarya: 0,1% naik menjadi 0,8%
Hanura: 0,5% turun menjadi 0,4%



https://news.detik.com/berita/d-5228...ei-menuju-2024
Diubah oleh rs2006
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
26-10-2020 22:10
Pilihan gw:
1) asal bukan Anies/Prabowo.
2) DIEN - gaTOT.

Kombinasi maut yang bisa buat negeri bergetar dan menggelinjang luar biasa.
0 0
0
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
26-10-2020 22:12
Entut ah..ga ada pilihan pemimpin yang jozz
0 0
0
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
26-10-2020 22:14
Ini survey nya sebelum abud ketauan mengalihkan dana bansos dari pusat buat nutupin janji kampanye nya yah emoticon-Embarrassment
0 0
0
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
26-10-2020 22:17
kadroon bnyk bgt yg disurpey sampe masih nangkring di nmr 3.
profile-picture
Gunsa500 memberi reputasi
0 1
-1
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
26-10-2020 22:44
Masih pagi woi udah surpai surpei aja
0 0
0
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
26-10-2020 22:45
Ganjar terbukti kerja. Gue demen pemimpin kaya Ganjar yang rela turun ke jalan buat dengerin aspirasi pendemo waktu di gedung DPRD Jateng. Cuman, gue rela pilih Anies/Prabowo asalkan bukan calon yang didukung PDIP.

Kalo Ganjar keluar dari PDIP, gue akan rela sokong dana dan jadi relawan tanpa dibayar.

Pokoknya, 2024 jangan sampe PDIP berkuasa lagi. Udah bosen gue ngeliat munafiknya waktu SBY mimpin, paling merasa pro wong kecil sampe gue pun dulu jadi simpatisan PDIP.
profile-picture
lupis.manis. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
26-10-2020 22:58
pdip ? emoticon-Ngakak


ganjar ? emoticon-Ngakak

anis ? emoticon-Ngakak

prabowo ? emoticon-Ngakak
0 0
0
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
26-10-2020 23:15
Ganjar Anies 2024.

emoticon-Selamat
0 0
0
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
26-10-2020 23:22
Masih lama 4 tahun gan

Ane vote duet erick+ahock dah klo ada emoticon-Shakehand2
0 0
0
Hasil Survei : Ganjar dan PDIP no.1
27-10-2020 06:47
wkwkwkwk pdip maning asu dihhhhhh😂
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia