Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
178
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f95a6a710d2954d7d63a7b4/mengapa-gelembung-selalu-bulat-padahal-gagang-bubble-sabun-beraneka-bentuk
Pasti hampir semua orang pernah niup bubble sabun atau yang familiar disapa’gelembun sabun’ yak an?? Hehe, jika toh tidak diwaktu kanak-kanak dulu, setidaknya pernahlah niupinnya untuk anak tercinta, karena memang anak-anak suka banget litanya, kok ada benda bening, bundar, cantik, mengkilap, keluar dari cairan sabun dan terbang melayang dengan indah..
Lapor Hansip
25-10-2020 23:24

Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk

Past Hot Thread
icon-verified-thread

 Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
Pasti hampir semua orang pernah niup bubble sabun atau yang familiar disapa’gelembun sabun’ yak an?? Hehe, jika toh tidak diwaktu kanak-kanak dulu, setidaknya pernahlah niupinnya untuk anak tercinta, karena memang anak-anak suka banget litanya, kok ada benda bening, bundar, cantik, mengkilap, keluar dari cairan sabun dan terbang melayang dengan indah..

Dari berbagai macam model gagang peniup gelembungnya, pasti gelembung yang keluar selalu berbentuk bundar, dan tidak pernah berubah bentuk ke segitiga, trapesium, apalagi  jajar genjang dari sedari awal mula diciptakan mainan ini.. memang sih pertanyaannya agak receh, tetapi mengapa yaa selalu konsisten ke bundar?
 Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk

Oke, untuk membahas tanya ini, maka kita harus niup gelembung duluu nih untuk amati, hehe becanda gan.

Saat kita mulai ngeniup cairan sabunnya, entah ujung gagangnya berbentuk segi empat, segi enam, ataupun segi tujuh puluh delapan , maka udara yang berasal dari hembusan dalam mulut akan mendorong setiap sisi cairan sabun yang memang sudah terdesain elastis untuk membesar/ melar hingga mengurung udara tersebut  yang kini sudah terperangkap di dalamnya. Selain itu lapisan ini terbuat dari molekul yang saling tarik menarik.
 Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
 Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
Lapisan air sabun itu sangat-sangat tipis dan bertambah tipis sejurus dengan bertambahnya udara yang dikurungnya, hingga apapun yang mengenai permukaannya akan mengakibatkan pecahnya lapisan tersebut. 

Nah sekarang pirtinyiinnyi, mengapa selalu bentuk bundar?

Hal ini dapat kita temui jawabannya lewat sifat tarik menarik pada molekul di dalam gelembung tersebut.  Molekul pada lapisan air sabun akan memberikan kekuatan yang seimbang pada tiap sisi yang bersentuhan padanya, misalnya soal udara yang dihembuskan tadi, maka si udara akan diberikan ruang yakni berupa pelebaran semaksimal mungkin dengan porsi yang seimbang untuk memenuhi seluruh ruang.
Jika udara telah berada di titik seimbang saat masuk ke dalam lapisan sabun berkat sifat molekul di atas, maka satu-satunya model yang muncul adalah ‘bulat’, yakni sebagai representasi dari titik seimbang tersebut.  Itulah mengapa apapun model tiupan sabunnya, yang keluar adalah bulat selalu J

 Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
Nah, kalau gambar yang ini kok peniup gelembungnya bulat tapi yang keluar bentuknya seperti manekin daster emak-emak? Au ah gelappp.. heheeeemoticon-Big Grin


sumber


 


profile-picture
profile-picture
profile-picture
epopolocroia dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
25-10-2020 23:51
Iya sih kok bs ya
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 00:37
Harusnya bentuknya datar gan
Kan bumi itu datar emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tonitp dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 01:50
Ya karena bulat merupakan predisposisi dari bentuk bumi satu2nya keseimbangan yang molekul ikat bentuknya adalah bulat, udara yg terus bergerak akan merusak lapisan gelembung jika ada sudut yang terbentuk karena udara menjadi lebih tajam saat bergerak pada satu garis menyebabkan gelembung menjadi pecah, jadi bulatan pada gelembung bisa berubah menjadi kubus atau piramida jika ada yang bisa mengatur ketebalan molekul melindungi gerakan udara di setiap sudut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 05:41
Memang begitulah yang namanya gelembung bulat gan. Maka dari itu bisa digunakan untuk permainan anak kecil. Mengenai mengapa bulat ya itu ada penjelasan di atas. Mengenai hal ini ane tidak ahli dalam permolekulan. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reynal88 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 06:02
Wah gue nggak suka fisika nih emoticon-Frown.
Diubah oleh aurora..
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 07:22
Karena udara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 08:38
Itu kayaknya pertanyaan dari anak cewek yang protes karena gelembungnya tidak berbentuk hati.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sinhok dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:03
karena kita gak make trik khusus dari master gelembung spongebob buat bikin gelembung yg beraneka bentuk wkwk
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:04
Tegangan permukaan gan. Molekul didalam gelembung tarik menarik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:10
Macem tahu yg dadakan itu ya, gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reynal88 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:15
Quote:
{thread_title}


Kayak semongko di atas gan, bulat emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reynal88 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:22
Bentuknya bulet karna tekanan 😳
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:23
Ya itu membuktikan kalau bumi itu bulat karena ada gaya gravitasi, kalau loe masih percaya bumi itu datar berarti loe goblok asli!
emoticon-Betty
Diubah oleh ora.w4r45
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:26
Hmm pertanyaan yg menarik
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:27
Ada juga yg bntuknya lonjong kok gan, pake peniup yg ukuranny gede2, bisa cek diyoutube
Diubah oleh deathnote113
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:27
Tapi semua teori apapun yang bikin gelembunh itu bulat. Engga berlaku buat spongebob -- Gelembung Sahabat.
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:46
Karena namanya gelembung (asal kata dr Gembung + sisipan "el" setelah huruf awal, gembung brarti mem-"bulat"). Coba klo dia bentuknya gepeng. Kan jd meng-gelepeng.. 😁 gak seru banget nyebutnya😔
Diubah oleh b4L4cL4v4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meooong dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:50
Semua berhubungan dari niat dan tekadnya, gan..
Semakin kuat niatnya...maka semakin bulat tekadnya.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
B.a.d.b.o.Y dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 18:59
Harus pake teknik itu, kayak nya dulu ane pernah llihat yang bentuk jerapah emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengapa Gelembung Selalu Bulat? Padahal Gagang Bubble Sabun Beraneka Bentuk
26-10-2020 19:23
Wah baru sadar dan mempertanyakan ini saya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
skyler68 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia