News
Batal
KATEGORI
link has been copied
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f937efa65b24d4dc74f10be/antara-jokowi-luhut-dan-vaksin-corona-yang-molor
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada kemungkinan pemberian vaksin Corona yang ditargetkan bulan November akan mundur. Hal itu dikarenakan belum adanya pemberian izin emergency use authorization (EUA). Izin itu diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Meski begitu, Luhut menegaskan keterlambatan pemberian vaksin dari t
Lapor Hansip
24-10-2020 08:10

Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada kemungkinan pemberian vaksin Corona yang ditargetkan bulan November akan mundur. Hal itu dikarenakan belum adanya pemberian izin emergency use authorization (EUA). Izin itu diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Meski begitu, Luhut menegaskan keterlambatan pemberian vaksin dari target bukan karena vaksinnya belum ada. Dia menyatakan vaksinnya sudah ada dan didapatkan pemerintah. Vaksin itu juga siap diberikan, hanya tinggal menunggu izin EUA.

"Tadi Presiden telepon saya, karena barangnya (vaksin) sudah dapat. Rencananya yang minggu ke dua November bisa saja nggak tercapai, tapi bukan karena barangnya, barangnya siap. Tapi adalah emergency use authorization-nya belum bisa dikeluarkan BPOM," ujar Luhut saat memberikan arahan di Lemhanas dan disiarkan di YouTube, Jumat (23/10/2020).

Menurutnya, pemerintah ingin memastikan terlebih dahulu izin EUA bisa diberikan, agar pemberian vaksin bisa sesuai aturan.

"Karena ada aturan dan step yang mesti dipatuhi. Jadi itu Presiden nggak mau lari dari situ, dia mengatakan keamanan nomor satu. Jadi kita lihat sampai kapan ini," ungkap Luhut.

Luhut juga sempat mengatakan dirinya sempat ditawari pemberian vaksin saat kunjungan ke China, hanya saja dia enggan menerima tawaran itu. Alasannya sama, di Indonesia belum ada izin EUA-nya, maka sebagai warga Indonesia aturannya belum bisa divaksin tanpa izin tersebut.

"Minggu lalu saya dari Yunan bicara sama pemerintah Tiongkok segala macam, tidak ada lagi yang pakai masker, kita jadi alien di sana. Saya tanya Perdana Menterinya, kenapa nggak pakai masker, anda sudah suntik vaksin? Katanya sudah, saya diajak suntik juga lah," kisah Luhut.

"Tapi kan kita belum bisa disuntik, karena kita belum ada emergency use authorization. KIta masih tunggu, itu kan aturan. Kita harus patuhi aturan," sambungnya.

Sementara itu, dari catatan detikcom, sekitar 6,6 juta dosis vaksin COVID-19 bakal tiba di Indonesia pada bulan November 2020. Setidaknya ada tiga perusahaan yang akan mengirim vaksin yakni dari Sinovac, G42/Sinopharm, dan CanSino Biologics.

Dikutip dari keterangan resmi, Sinovac akan mengirim 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) pada minggu pertama November, G42/Sinopharm mengirim 5 juta dosis, dan Cansino menyanggupi 100.000 vaksin (single dose) pada bulan November 2020.

Persiapan detil untuk pelaksanaan vaksinasi tengah disusun oleh Kementerian Kesehatan. Menkes RI Terawan Agus Putranto mengatakan tenaga kesehatan, aparat keamanan dan tenaga pendidik jadi sasaran prioritas penerima vaksin COVID-19 di tahap awal.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Kesehatan, Alexander Kaliaga Ginting menyebut suntik vaksin COVID-19 akan dimulai secara bertahap pada Desember mendatang.

"Desember [suntik vaksin], akan dilakukan secara bertahap," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (12/10).

(fdl/fdl)

https://finance.detik.com/industri/d...a-yang-molor/1






Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor





Padahal ebong udah pada nungging siap di suntik emoticon-Leh Uga





Kesel Sama Trump, Produsen Vaksin Global Kompak Buat 'Petisi'

Jakarta, CNBC Indonesia - Para produsen pembuat obat dan vaksin yang tengah bersaing untuk memproduksi vaksin virus corona atau Covid-19 ke pasar secara komersial akan mengeluarkan pernyataan publik secara bersama dalam waktu dekat ini.

Isinya, bahwa mereka tidak akan meminta persetujuan pemerintah sampai data telah dikumpulkan secara penuh guna memastikan obat dan vaksin tersebut aman dan efektif dikonsumsi masyarakat. CNBC International sudah melakukan konfirmasi pada sejumlah produsen obat dan vaksin tersebut.

Draf awal dari pernyataan bersama ini akan berisi komitmen mereka dalam memprioritaskan keselamatan orang yang divaksinasi. Informasi ini pertama kali dipublikasikan The Wall Street Journal.

Pfizer, Johnson & Johnson dan Moderna diharapkan ikut berpartisipasi dalam sumpah atau ikrar bersama tersebut, sebagaimana dilaporkan Wall Street Journal. CNBC juga telah mengkonfirmasi bahwa Sanofi, perusahaan farmasi asal Paris, juga berencana ikut berpartisipasi.

Janji atau ikrar bersama itu datang ketika para ilmuwan dan spesialis kesehatan masyarakat menyatakan keprihatinan bahwa pemerintahan Presiden AS Donald Trump menekan regulator obat dan kesehatan, terutama Food and Drug Administration (FDA), untuk mengesahkan vaksin sebelum pemilihan presiden 3 November mendatang.

"Kami percaya janji ini akan membantu memastikan kepercayaan publik pada vaksin Covid-19 yang pada akhirnya dapat disetujui dan kepatuhan pada proses ilmiah dan peraturan yang ketat di mana mereka [vaksin-vaksin tersebut] dievaluasi," tulis draf pernyataan tersebut, dilansir Wall Street Journal, dikutip CNBC.

Wall Street Journal juga menambahkan bahwa pernyataan tersebut mengatakan perusahaan hanya akan meminta izin penggunaan darurat atau lisensi pemerintah berdasarkan "bukti substansial keamanan dan kemanjuran" dari uji klinis fase tiga.

Namun, pejabat tinggi kesehatan AS, termasuk Komisaris FDA Dr. Stephen Hahn dan Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (National Institute of Allergy and Infectious Diseases) Dr. Anthony Fauci, baru-baru ini mengatakan uji coba fase tiga dapat diakhiri lebih awal jika vaksin menghasilkan bukti yang kuat dengan cepat.

Sebelumnya otorisasi darurat oleh FDA yang dikeluarkan mendapatkan kritikan dari para spesialis kesehatan masyarakat lantaran mereka prihatin bahwa badan tersebut menyerah pada tekanan politik, terutama desakan Trump.

Badan tersebut mengeluarkan otorisasi darurat pada Maret lalu untuk penggunaan obat antimalaria yang didukung Trump, chloroquine dan hydroxychloroquine dalam merawat pasien Covid-19.

Tetapi badan tersebut akhirnya mencabut otorisasi pada Juni lalu berdasarkan bukti bahwa obat tersebut dapat menyebabkan komplikasi jantung dan meningkatkan risiko kematian pada beberapa pasien Covid-19.

Dan bulan lalu, Hahn menarik kembali komentar yang dia buat tentang manfaat plasma pemulihan pada konferensi pers Gedung Putih di mana otorisasi darurat pengobatan Covid-19 diumumkan.

Ilmuwan mengkritik Hahn karena melebih-lebihkan manfaat pengobatan plasma pemulihan.

"Pertimbangan politik harus dikesampingkan oleh Partai Republik dan Demokrat," kata draf rancangan pernyataan produsen vaksin tersebut.

Regulator dan perusahaan farmasi kini bergerak dengan kecepatan tinggi demi menghadirkan vaksin ke pasar yang secara efektif dan aman guna memberangus virus corona, yang telah menginfeksi lebih dari 26,6 juta orang dan menewaskan sedikitnya 875.400 orang di seluruh dunia.

Taruhannya tinggi, mengingat para ahli cuaca dan ahli epidemiologi memperingatkan bahwa musim dingin bisa membuat penularan corona lebih mematikan.

AS telah menginvestasikan lebih dari US$ 10 miliar dalam enam upaya vaksin yang berbeda melalui Operation Warp Speed, langkah pemerintahan Trump untuk membawa vaksin dengan cepat ke pasar. Tiga perusahaan farmasi global, Moderna, Pfizer dan AstraZeneca, sudah menguji kandidat vaksin mereka dalam uji coba fase tiga.

Tidak jelas apakah AstraZeneca berencana untuk berpartisipasi dalam ikrar bersama ini, tetapi perusahaan sebelumnya merilis pernyataan yang menyebutkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk "mengikuti ilmu pengetahuan" dan "mengutamakan pasien".


(tas/tas)

sumur
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan uratkumbang memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 08:25
jangan mau dibohongi

penundaan vaksin corona adalah konspirasi IDI, WHO, BG, dan JT supaya kita tidak liburan akhir tahun!

profile-picture
profile-picture
stevadi84 dan eFVZee memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 08:26
Gak beli vaksin,
tapi beli bahannya?
emoticon-Matabelo

Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor

Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor

Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor


Sementara itu Gubernur Sao Paulo Joao Doria yang juga lawan politik Bolsonaro, justru mendukung CoronaVac. Dia bahkan membuat kesepakatan terpisah dari pemerintah pusat, yakni bekerja sama dengan Sinovac untuk melakukan uji coba serta dan memproduksi di negara bagiannya, menggandeng Institut Butantan Brasil.

Tak heran jika Bolsonaro menyebut CoronaVac sebagai vaksin China Joao Doria.

Namun Doria menegaskan vaksin yang akan dibuat Institut Butantan merupakan hasil produksinya dan tak akan menggunakan embel-embel kerja sama dengan China.

Kerja sama dengan Sinovac, kata dia, tidak terikat sehingga tak ada keharusan membeli vaksin dari China.

"Vaksin Butantan adalah vaksin Brasil untuk semua warga Brasil. Kami tidak melihat vaksin berdasarkan politik atau ideologi," ujarnya.

Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
Diubah oleh aiqing
0 0
0
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 08:26
Pesan moralnya sebaiknya pastikan dulu bahwa vaksin nya benar2 aman..


Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor

Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor

Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor

Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
0 0
0
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 08:41
prank lagi...hahahhahahaemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
lupis.manis. memberi reputasi
1 0
1
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 08:43
Harap tenang klean semwa emoticon-Christmas
Kemaren MUI sudah meninjau dan mencatat apa saja bahan2 vaksin kopit19, cara bikin nya klo ndak keliru nantik aken dijelasken ke IDI, karena perwakilan kitak cuman samar2 denger. Yak gan emoticon-Bingung semoga kitak bisa sembuh dan di ridhoi oleh yg maha kuase.
0 0
0
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 09:01
Saatnya menunda Pesta akhir Tahun dan Tahun Baru..

emoticon-Traveller
profile-picture
JustMe10 memberi reputasi
1 0
1
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 09:10
nopember siap2 suntik lu bong
abis suntik jilat lg ya
0 0
0
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 09:14
Kalau dilihat lihat sih,

negara yang dah kerjasama,
berniat jadi produsen vaksin,
ramai ramai bikin berita batal beli vaksin ini itu.
emoticon-Big Grin
0 0
0
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 09:38



出事?中共专家吁普通民众暂不接种国产疫苗
Something happened? CCP experts urge ordinary people not to receive domestic vaccines for the time being

中国新冠病毒疫苗尚在实验阶段既已大规模投入使用,官方也一直为国产疫苗鼓吹叫好,但日前有中共专家突然称,目前疫苗的有效性和保护效果还不明确,建议普通民众暂不接种,引发外界更大担忧。


21日,中国疾病预防控制中心首席流行病学专家吴尊友出席东南科技论坛,并做了题为“新冠疫情形势与防控策略”的专题报告。


吴尊友指出,目前,中国新冠肺炎疫苗还未完成三期临床试验,“在疫苗的有效性和保护效果还不是特别明确的情况下,普通民众暂时可以不必考虑接种疫苗”。


他还表示,“即使三期临床试验结果出来了,也是一个阶段性的结果,不能百分百保证绝对安全。”


陆媒对国产疫苗一直是报喜不报忧,即便是报道吴尊友上述表态时,也不忘加上一句“连日来,有关国产新冠疫苗的好消息持续刷屏”,在这样的舆论环境下,突然有内部专家出来说,疫苗非绝对安全,建议普通民众暂不接种,更让外界担心是否国产疫苗出了大问题。


其实,此前就已接连传出中国有“受试者”在注射疫苗后出现嗜睡、乏力、头晕、发烧等症状,但在中共国务院联防联控机制10月20日的记者会上,中共科技部社会发展科技司副司长田保国称,任何疫苗在研发试验或上市后发生不良反应都是有可能发生的,目前接到的报告都是轻度的,“初步显示了(疫苗)良好的安全性”。


对比之下,美国生物技术企业莫德纳公司在发现5名测试志愿者,接种疫苗后出现了持续一天的乏力、发烧、头疼等症状后,便谨慎的放慢了脚步。


20日的记者会上,官方还公布称,迄今中国已有约6万人接受了测试接种,并称未来还将进一步扩大。


中国的做法引来外界担忧,约翰斯·霍普金斯大学卫生安全中心资深学者阿梅什·阿达利亚医生(Dr. Amesh A. Adalja)曾对美国之音表示,在没有完成第三期大规模试验之前,如果广泛推出实验性疫苗,“可能会出现安全或疗效信号的风险,并可能污染其它研发中的疫苗。”“因为第三期临床试验能够提供重要的信息,这也是必须进行第三期测试的原因。如果只在少数人身上测试疫苗,很难确切地知道疫苗的工作效果情况。”


澳洲新南威尔士大学学者麦金塔(Raina MacIntyre)也表示,不建议在临床试验前紧急使用疫苗。过往也曾因为疫苗有缺陷而出现严重问题,像是2017年,注射赛诺菲登革热疫苗的儿童,被感染后病情更加严重。


香港(专题)大学李嘉诚医学院生物化学系教授金冬雁也忧心地指出,疫苗还没有完成三期试验,如果情况危急可以使用,但现在中国疫情并不危急,不符合使用条件,反而会把中国的药品和疫苗审查制度推翻。


据悉,自今年9月以来,浙江省已有超过74万人接种了中国科兴生物的疫苗。巴西有9000名志愿者接受同款疫苗测试,结果35%受试者出现副作用,该国已声明拒用。
https://6do.news/article/3318462-61

emoticon-Traveller
profile-picture
Adieet memberi reputasi
0 1
-1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 10:25
Suh .. gw walo ada vaksin keluar ...g mw vaksin dulu .. tunggu efek ke orang2 dulu. Dipercobaan brazil udh ada yg meninggal.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 11:25
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
0 0
0
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 11:29
apapun urusannya, appaun kerjannya serahken ke perdana menteri multifungsi kitak kitak lord luhut emoticon-Big Grin
0 0
0
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 11:54
Fucksin

Mw aja diperbudak sm elit global

Swedia skrg udah normal kayak biasa, no masker no lockdown

Presiden Brazil juga menolak vaksin vaksin dan masker
0 0
0
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 16:34
heleh berita vaksin keluar november buat nina bobokin masyarakat aja..
dari dulu kerja pemerintah sini kan gtu.......
ane ada gk ada vaksin nggk terlalu ngaruh penting jaga kesehatan diri sendiri....
0 0
0
Antara Jokowi, Luhut, dan Vaksin Corona yang Molor
24-10-2020 17:07
Lebih baik menunggu sampe bener2 vaksinnya lolos uji klinis dan aman baru deh diedarkan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia