News
Batal
KATEGORI
link has been copied
264
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f92796e337f934a3642c21f/serangan-teror-di-paris-picu-diskusi-soal-islam-di-prancis
Teror pemenggalan kepala seorang guru di Paris menghidupkan kembali diskursus tentang wujud Islam yang berpatutan dengan nilai-nilai Prancis. Serangan itu kini ramai dikecam komunitas muslim, termasuk oleh al-Azhar Pernyataan kecaman itu dibacakan saat Syeikh al-Tayeb berpidato di hadapan pemuka agama Kristen, Yahudi dan Buddha, termasuk Paus Fransiskus dan Rabi Agung Prancis, Haim Korsia. Mereka
Lapor Hansip
23-10-2020 13:34

Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis

Teror pemenggalan kepala seorang guru di Paris menghidupkan kembali diskursus tentang wujud Islam yang berpatutan dengan nilai-nilai Prancis. Serangan itu kini ramai dikecam komunitas muslim, termasuk oleh al-Azhar

Pernyataan kecaman itu dibacakan saat Syeikh al-Tayeb berpidato di hadapan pemuka agama Kristen, Yahudi dan Buddha, termasuk Paus Fransiskus dan Rabi Agung Prancis, Haim Korsia. Mereka bertatap muka secara virtual di Bukit Capitolino, Roma, Italia, untuk sebuah deklarasi damai 

“Sebagai seorang muslim dan Syeikh al-Azhar, saya mendeklarasikan bahwa Islam, ajaran dan Rosulnya tidak bersalah atas kejahatan keji teroris,” kata al-Tayeb merujuk pada pemenggalan Samuel Paty, Jumat (16/10), pekan lalu. 

Namun dia juga mewanti-wanti terhadap ujaran yang merendahkan keyakinan orang lain. “Pada saat yang sama saya menekankan bahwa penghinaan agama dan serangan terhadap simbol-simbol sucinya di bawah bendera kebebasan berekspresi adalah standar ganda intelektual dan sebuah undangan terbuka terhadap kebencian,” tegas Syeikh al-Azhar itu. 

Samuel Paty yang berusia 47 tahun dibunuh oleh seorang pemuda 18 tahun asal Chechnya. Saat itu korban dalam perjalanan pulang usai mengajar di sebuah sekolah menengah pertama di Conflans-Sainte-Honorine, tidak jauh dari ibu kota Paris. Paty dianggap melecehkan Islam saat menunjukkan gambar karikatur Nabi Muhammad milik Charlie Hebdo kepada murid-muridnya. 
Pembunuhnya, Abdullakh Anzorov, lalu mengunggah foto jenazah korban di Twitter, sebelum kemudian tewas dalam baku tembak dengan polisi. Menteri Dalam Negeri Prancis, Gerald Darmanin, mengumumkan telah menangkap 16 orang, termasuk seorang ustad radikal dan empat anggota keluarga Anzorov. 

Menurut Darmanin, sang ustad dan ayah Abdullakh sebelumnya sudah menerbitkan fatwa mati terhadap korban.  

“Para teroris ini tidak mewakili agama yang dibawa Nabi Muhammad, serupa dengan teroris di Selandia Baru yang membunuh muslim di dalam masjid yang tidak mewakili agama Yesus,” kata Syeikh al-Tayeb. 

September silam Al-Azhar sendiri mengecam keputusan redaksi Charlie Hebdo dalam edisi khususnya menerbitkan ulang karikatur Nabi Muhammad. Edisi khusus itu diluncurkan pada pembukaan sidang serangan teror terhadap kantornya di Paris pada 2015 silam. 

Loyalitas seorang imam 
Bagi Hassan Chalghoumi, seorang imam di sebuah masjid di Drancy di tepi kota Paris, Samuel Paty adalah seorang “martir” bagi kebebasan berekspresi. Dia mengajak masjid-masjid di Prancis untuk menggelar doa bersama bagi sang guru pada ibadah Jumat di penghujung pekan. 
Hassan ditemui Reuters saat menyambangi lokasi kejadian sembari ditemani tokoh-tokoh Islam yang lain. Dia mengingatkan saatnya umat muslim di dunia menyadari bahaya ekstremisme agama. 

“Paty adalah martir bagi kebebasan berekspresi, dan seorang figur yang bijaksana dan mengajarkan toleransi, peradaban dan rasa saling hormat antara sesama,” tutur pria yang juga menjabat Imam Konferensi Prancis, sebuah forum gabungan pemuka Islam dari seluruh negeri. 
“Rektor-rektor masjid, para imam, orangtua, lembaga swadaya masyarakat, sadarlah, masa depan kita sedang dipertaruhkan,” imbuhnya. 

Hassan Chalghoumi adalah seorang figur kontroversial di kalangan muslim Prancis lantaran sering bersitegang dengan kaum ultra-konservatif. Rival terbesarnya adalah Abdelhakim Sefrioui, seorang imam radikal yang turut membuat video yang gencar menuduh Samuel Paty melakukan penistaan Islam. 


Sefrioui pernah disangka berusaha mendepak Chalghoumi dari masjidnya di Drancy. Sejak insiden itu, Chalghoumi mengaku mendapat ancaman pembunuhan dan sebabnya berada dalam perlindungan kepolisian. 

Chalghoumi termasuk kalangan imam yang loyal pada negara. Dia mengajak kaum muslim “mengakhiri diskursus viktimisasi. Kita semua punya hak yang sama di Prancis, seperti orang lain juga. Orangtua harus mengabarkan kepada anaknya semua hal-hal baik yang ada di republik ini.” 

“Islam Pencerahan” 
Figur serupa Chalghoumi menjadi aktor kunci dalam upaya pemerintah Prancis memerangi gagasan radikal di kalangan warga muslim. Konsepnya dijabarkan Presiden Emmanuel Macron sekitar dua pekan lalu, dalam sebuah pidato kenegaraan di Paris. 

Dia mengajak komunitas muslim untuk menjalankan ajaran Islam yang sesuai dengan “nilai-nilai republik.” Macron mengklaim pemerintah sudah duduk bersama lembaga-lembaga terbesar Islam di Prancis untuk merumuskan “Islam Pencerahan” yang bisa hidup “damai dengan republik.” 

Dalam pidatonya itu sang presiden menjelaskan secara detail kebijakan yang akan atau sudah diambil. Selain mengadakan program pelatihan imam, pemerintah juga akan menggiatkan penegakan hukum terhadap sekolah rumah dan membatasi pengaruh negara asing terhadap warga muslim Prancis. 

Pidato Macron mengundang kritik dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Dalam pesan video untuk KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Rabu (21/10), dia menyebut konsep Islam Prancis yang digagas Macron sebagai upaya mendeskreditkan Islam. 

“Mereka yang terganggu oleh kebangkitan Islam menyerang agama kita dengan menggunakan krisis yang mereka ciptakan sendiri,” kata Erdogan. Diskursus keagamaan yang sedang digulirkan pemerintah Prancis menurutnya bersifat “anti-Islam”. 

“Kebijakan antimuslim adalah alat yang paling menguntungkan bagi politisi-politisi barat untuk menyembunyikan kegagalan mereka,” pungkas presiden Turki itu. 

Macron dikabarkan kini berada di bawah tekanan partai-partai oposisi. Pemimpin partai populis kanan, Marine Le Pen, yang diprediksi bakal kembali bersaing dalam Pemilu Kepresidenan 2022, mendesak pemerintah di Paris menerapkan UU Darurat Perang dan menghentikan arus migrasi. 
Kedua tokoh politik puncak Pranci itu, saat ini bersaing ketat di setiap jajak pendapat pemilu kepresidenan. 

Konsep Islam Prancis yang digagas pemerintah juga dinilai bermasalah, lantaran melanggar asas sekularisme yang melarang campurtangan negara terhadap agama. H. A. Hellyer, peneliti Timur Tengah Inggris, menilai diskursus tersebut bernilai politis. 

Dalam tulisan terbarunya untuk jurnal Foreign Policy, Hellyer menilai terobosan Macron untuk Islam moderat sebenarnya adalah upaya politik meredam manuver Le Pen yang gemar “menyalahkan kaum muslim untuk semua masalah di Prancis.”  

[url]https://www.dw.com/id/serangan-teror-di-paris-picu-diskusi-soal-islam-di-prancis/a-55347907 [/url]


Quote: “Sebagai seorang muslim dan Syeikh al-Azhar, saya mendeklarasikan bahwa Islam, ajaran dan Rosulnya tidak bersalah atas kejahatan keji teroris,” kata al-Tayeb merujuk pada pemenggalan Samuel Paty, Jumat (16/10), pekan lalu. 

bukan bagian dari kami ya akhi

Quote: 
Namun dia juga mewanti-wanti terhadap ujaran yang merendahkan keyakinan orang lain. “Pada saat yang sama saya menekankan bahwa penghinaan agama dan serangan terhadap simbol-simbol sucinya di bawah bendera kebebasan berekspresi adalah standar ganda intelektual dan sebuah undangan terbuka terhadap kebencian,” tegas Syeikh al-Azhar itu. 


tapi sudah sewajarnya si guru mendapatkan hukuman yg setimpal ya akhi

emoticon-Matabelo 



profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
9
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 13:40
Bunuh...

Penggal...

emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Skyland999 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 13:43
Kebanyakan diskusi juga percuma, kalo gak ada tindakan nyata. cuma OMDO.
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan dalamuka memberi reputasi
2 0
2
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 13:43
Manusia emang lebih menakutkan daripada hantu ato tuhan.. emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
guerudi dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 13:46
mantap sekali
di satu sisi
tidak mau mengakui bahwa ajaran agamanya
menghina nabi = hukuman mati
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
si wiskey pasti sedih membacanya

di lain pihak
mengakui bahwa kebebasan berekspresi bisa menjadi masalah jika ungkit2 tentang islam
sedangkan ayat ayatnya
berapa banyak yg ungkit agama lain?

apakah tidak boleh memilih pemimpin tidak seiman, itu tidak mengandung kebencian?
mgkn buat elu kaga, tapi jelas bagi orang lain

+ penembakan di selandia baru
itu jelas tidak berhubungan dengan kristen/katolik
wong pelaku tidak nembak sambil teriak haleluya kan?
dia nembak bukan untuk membela yesus
sedangkan pelaku pemenggalan di prancis jelas sedang membela nabi

apalagi menurut kepolisian
kejadian selandia baru lebih ke arah white supremacy kok

btw, siapa tu erdogan?
da bombardir armenia
skrg mau rusuhin prancis?
itu kebijakan negara orang lain, ngapain lu urus?

emoticon-Smilie
Diubah oleh pasti2periode
profile-picture
profile-picture
profile-picture
slider88 dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 104 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 104 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 13:54
lagi2 berita ttg juara bertahan biang troublemaker emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Crotaftermeting dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 13:56
ajaran damai kalo diskusi nggak pake otak, tapi pake golok
orang ngumat di sini aja pada dukung kekejian itu kok emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
demittampan dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 14:01
Kafir kejang2
Lagian demen amat sih ngurusin agama lain
Mending lu urus agama lu sendiri aja
Eropa bakalan dikuasai

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
karikai04 dan 8 lainnya memberi reputasi
1 8
-7
Lihat 52 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 52 balasan
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 14:03
Yang menggal bukan bagian dari kami emoticon-Mad

Tapi ingat, kalian jangan menyinggung kami, kalau menyinggung, wajar kami penggal emoticon-Mad





























































emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Crotaftermeting dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 14:06
Damai itu klo lu pecinta bool
profile-picture
andreas.tw memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 14:09
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 14:17
Tinggal nunggu berita,

Penganut Zoroaster Memenggal Kepala Dengan Meneriakkan "Ahura Mazda Maha Besar"

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 14:25

SOP RUTIN

Get ready. Here are the steps
1. He/they weren't really Muslim
2. This has nothing to do with Islam and he does not represent Islam
3. Claim to be the religion of peace
4. Claim it's blow back due to the west being in the Mideast then blame western foreign policy.
5. Claim the guy was mentally ill
6. Claim the guy was on drugs. Or he was gay. Therefore, he wasn't a real Muslim.
7. Say it is a "lone wolf attack'
8. Compare the death toll to other tragic events and minimize the significance of the deaths
9. Remind the citizens it's just part of living in a big city
10. Claim Christians do these things too and bring up the defensive inquisition
11. Misquote verse 5:32 of the Quran saying 'if you killed one person, it's as if you killed the whole of humanity' to pretend Islam prohibits killing non-believers
12. Call those who blame Muslims racist hateful Nazi bigots
13. Blame Trump
14. Blame Islamophobia
15. Blame Israel
16. Be concerned this will only empower the right
17. Change Facebook profile to flag of afflicted country
18. Fill media with tearful cartoons and sad characters.
19. Start # pray for xxxxxxx insert city
20. Politicians, media and victim’s families remind the citizens “We will not be afraid.”
21. Light some candles, hold a vigil and go on a peace march/ raise money for the dead
22. Claim Muslims are the real victims in this
23. Claim terrorism has nothing to do with immigration
24. Import more Muslim refugees
25. Wait for the next Islamic terrorist attack to happen
26. Go back to 1 - Repeat when needed
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dungdungprets dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 14:27
astagfirullah lagi lagi ulah oknum
emoticon-Marah
0 0
0
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 15:14
Quote:penghinaan agama dan serangan terhadap simbol-simbol sucinya di bawah bendera kebebasan berekspresi adalah standar ganda intelektual dan sebuah undangan terbuka terhadap kebencian

Itu dikatakan melulu terhadap agamanya atau semua agama ? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan salvation101 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 15:30
Astajim, Islam haram utk di diskusikan oleh tapir ya akhi emoticon-Kagets
Diubah oleh royais
0 0
0
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 15:30
Makanya jangan coba-coba kau bermain api 🔥

Charlie Hebdo anjing ini sudah diperingatkan oleh muslim seluruh dunia, tetapi anjing anjing ini tidak menghiraukan sejak penyerangan kantor mereka 2015 lalu

Islam itu tegas bukan keras
Pelajaran buat kalian kafir kafir harbi !!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Crotaftermeting dan 12 lainnya memberi reputasi
3 10
-7
Lihat 32 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 32 balasan
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 15:32
Awas digorok jugaemoticon-Big Grin
profile-picture
mijon.akua memberi reputasi
1 0
1
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 15:36
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Secara fundamental,
ajaran Islam tidak kompatibel dengan budaya Barat.
Jadi tidak heran ada clash. Dan ketika di bawa sampai ke tingkat ekstrim muncul yang begini seperti di Perancis atau yang begono seperti di N.Z.

Tinggal mana yang mau berubah,
fundamentalismenya dikurangi
atau kebebasan berekspresi ala barat nya yang dikurangi.

Tapi konon katanya ada pepatah "di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung"
entah berlaku universal atau tidak emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Serangan Teror di Paris Picu Diskusi Soal Islam di Prancis
23-10-2020 15:44
Emg begitu SOP nyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Crotaftermeting dan trimusketeers memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Berita dan Politik
net-tv-digugat-pailit
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia