News
Batal
KATEGORI
link has been copied
49
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9265832637723017038320/16-anggota-dipecat-karena-lgbt-tni-kecolongan-saat-proses-penerimaan-calon
Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kamar Militer MA Mayor Jenderal (Purn) Burhan Dahlan mengungkap adanya fenomena Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) dalam institusi TNI. Terkait hal ini, Mahkamah Agung sudah mengadili 16 personel TNI yang kini sudah dipecat. Pengamat Militer Universitas Padjajaran, Muradi sangat menyayangkan kasus ini. Dia melihat, sebenarnya fenomena ini bisa dicegah jik
Lapor Hansip
23-10-2020 12:09

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kamar Militer MA Mayor Jenderal (Purn) Burhan Dahlan mengungkap adanya fenomena Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) dalam institusi TNI. Terkait hal ini, Mahkamah Agung sudah mengadili 16 personel TNI yang kini sudah dipecat.

Pengamat Militer Universitas Padjajaran, Muradi sangat menyayangkan kasus ini. Dia melihat, sebenarnya fenomena ini bisa dicegah jika TNI lebih cermat dan teliti saat proses awal penerimaan calon anggota TNI. Menurutnya, ada tiga penyebab orientasi seksual seseorang berbeda.

“Apakah institusi TNI bermasalah atau kecolongan? Mungkin karena gini, ada beberapa penyebab orang menjadi LGBT. Yang pertama karena bawaan gen, ada orang yang gennya ganda, misalnya XXY atau XYY. Biasanya itu penyebab yang pertama. Nah saat tes kesehatan waktu penerimaan mungkin seadanya,” kata Muradi saat dihubungi merdeka.com, Kamis (22/10).

Penentuan jenis kelamin manusia memang ditentukan oleh kromosom seks yang diturunkan dari induknya. Pria memiliki kromosom seks “XY”, dimana kariotipe pria normal adalah 22A+XY. Sedangkan wanita memiliki kromosom seks “XX”, sehingga kariotipe wanita normal adalah 22A+XX.

Singkatnya menurut Muradi, perilaku seseorang yang LGBT akan sudah terlihat sejak dia mengikuti tes penerimaan awal. Mulai dari tes kesehatan hingga tes fisik. Sehingga menurutnya, perlu ada suatu tes yang bisa menunjukkan bahwa calon anggota TNI tersebut LGBT atau tidak. Oleh sebab itu, tahap pendaftaran dan penerimaan menurutnya sangatlah penting.

“Cek kesehatan di awal itu penting soalnya kalau gen kan memang kelihatan dari awal. Misalnya si A orientasi seksualnya berbeda, kita kan bisa lihat. Ya memang ada yang tidak kelihatan sih, cuma kalau dilakukan tes yang detail soal ini, kan jadi terlihat,” ujar Muradi.

Penyebab kedua, kata Muradi, yakni karena faktor lingkungan atau pergaulan. Dia menjelaskan, pengaruh pergaulan tersebut bukan hanya berasal dari lingkungan internal TNI saja. Muradi mengatakan, para anggota TNI yang masih lajang, tidak selalu berada di barak, mereka juga kerap kali berinteraksi dengan pihak-pihak luar saat tugas, hari libur, dan sebagainya. Begitu pula dengan anggota TNI yang sudah tidak tinggal di barak. Sehingga hal tersebut menurutnya tidak menutup kemungkinan menjadi alasan mengapa ada anggota TNI LGBT.

“Yang kedua karena pergaulan. Baik itu internal ataupun dari luar. Misalnya dia sehari-hari di barak atau di asrama, tapi di luar itu, mereka juga berinteraksi dengan orang-orang lain yang punya orientasi seksual berbeda,” kata dia.

Penyebab ketiga, kata Muradi, yakni karena adanya trauma akibat perundungan yang dihadapi selama masa pendidikan yang cukup lama. Muradi mengakui selama masa pendidikan TNI memang kerap terjadi perundungan. Baik itu perundungan dalam bentuk kekerasan fisik, seksual maupun hanya dipermalukan atau dicemooh.

“Mohon maaf ya, bisa jadi dia trauma karena dirundung. Bukan hanya karena dirundung seks atau kekerasan saja, sekadar dipertontonkan bisa membuat trauma. Psikologis seseorang kan berbeda levelnya,” katanya.

Perlu Pengawasan

Oleh sebab itu, menurutnya institusi TNI perlu melakukan pengawasan dan mendalami hal ini sejak proses pendidikan. Namun menurutnya, yang terpenting adalah pengawasan saat proses penerimaan.

“Seharusnya kan sudah bisa dilihat kalau ada kecenderungan perilaku LGBT saat pendidikan. Jadi tim dari TNI harus melakukan pengawasan, tapi bukan sampai ke level orientasi seksnya karena itu terlalu personal. Harusnya sih dari awal,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Kamar Militer MA Mayor Jenderal (Purn) Burhan Dahlan pun mengakui bahwa kasus LGBT yang baru dia ungkap ini berbeda dengan kasus LGBT yang pernah ia tangani di tahun 2008. Pada saat ini, kata Burhan, alasannya karena pergaulan. Seperti apa yang dikatakan oleh Muradi. Bahkan, para anggota TNI LGBT tersebut mengaku sudah membuat grup LGBT, yang mana dipimpin seorang sersan dan anggotanya ada yang berpangkat letnan kolonel (letkol).

"Mereka menyampaikan kepada saya, sudah ada kelompok-kelompok baru, kelompok persatuan LGBT TNI-Polri. Pimpinannya sersan anggotanya ada yang letkol. Ini unik, tapi memang ini kenyataan," ujar Burhan dalam kegiatan Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial pada IV Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia yang disiarkan di kanal Youtube MA, (15/10).

Reporter: Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka.com

https://m.liputan6.com/news/read/438...adline_click_1


Obat penawar super manjur...

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:10
Emangnya orientasi sex di tes pas masuk tni? emoticon-Cape d...
0 0
0
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:12
semakin banyak aja yes
profile-picture
Spriggan13 memberi reputasi
1 0
1
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:17
XXY XYY sudah pst gay?
0 0
0
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:18
wah kudu hati hati kalau ada teman baru
profile-picture
si.dolan memberi reputasi
1 0
1
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:19
Tambahan...

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?

emoticon-Jempol
Diubah oleh Spriggan13
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:29
Bisa jadi saat test sudah ketahuan tapi hasil test tiba-tiba berubah saat uang berbicara
0 0
0
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:35
muke gile bray emoticon-Hammer2

dulu gw pernah latihan bela diri bersama ama tni, ada salah satu teknik kuncian yg anunya nempel di pantat bangke emoticon-Hammer2

GIF
Diubah oleh Betjanda
profile-picture
profile-picture
dnaltalf dan Spriggan13 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:42
Ngetes org gay apa kaga kek gmn si bro? Gue psikotes d RS 2x pas pemberkasan PNS ga ada bahas2 gay
Diubah oleh PneumonoCyclone
profile-picture
rp.1000000 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:45
makanya pas penerimaan, sediain tante-tante dan peria elmen di sana buat tes remas ngatjeng.emoticon-Ngakak

setelah issue lgbt lewat, bikin lagi issu lain semisal tentara harus hapal manual book.
profile-picture
profile-picture
balineseryuu dan .Kadrun.Onta. memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:48
Gak kebayang ada satu homo dlm satu barak pas malem-malem dipeluk-peluk gitu emoticon-Takut trus paling parah bisa hap punya kita.

emoticon-Betty emoticon-Betty
Udh pas dipecat tentara kok model beginian, pdhl kan dlu pernah ada acara tv Be A Man yg ngembali'in cwok melambai jd cowok tulen ala-ala militer.
profile-picture
fan.kui memberi reputasi
1 0
1
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:51
Lingkungan yang gak ada ceweknya jadi berubah deh orientasi sex nya

Bayangin aja mandi bareng, tidur bareng, makan bareng ketemu lu lagi lu lagi
profile-picture
balineseryuu memberi reputasi
1 0
1
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:53
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
Diubah oleh .Kadrun.Onta.
profile-picture
maspimang memberi reputasi
1 0
1
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:54
Kan ada tu tes yg dipegang alat kelamin sama lawan jenis bisa berdiri g. Bahaya homo itu, mereka mainya ajak biar membernya tambah banyak.
0 0
0
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 12:59
Dalam perengkutan tni, polri bahkan asn pun sampe saat inu memang tidak ada sistem yang mendeteksi lgbt

Jadi bukan institusi yang salah, tapi salahkan sistem perengkutan yang tidak sempurna
0 0
0
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 13:02
di ujian masuk
suruh nonton gambar/video gay
kalo ngaceng = ga lolos
emoticon-Cool
0 0
0
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 13:02
cewek di pict pertama mantap gan ......... emoticon-Ngacir
profile-picture
Spriggan13 memberi reputasi
1 0
1
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 13:15
16 anggota yg dipecat itu emang udah ada bukti ya? Mcm hasil visum ato gimana.
Takutnya isu2 seperti ini lama-lama bisa dipake buat jatuhin sesama anggota di tubuh TNI/Polri.
0 0
0
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 13:24
cara ngetesnya gimana? di kasi cewe bugil di depan gitu yaa waktu tes? kalo ngaceng berarti normal
kalo kagak berarti lgbt emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 13:37
Ane jg sama gan, nanya nya apa bisa ditest ? yg kedua juga apa hrs dibatasi pergaulannya ? emoticon-cystg nah yg ketiga mgk ini peran dr TNI nya buat melawan perudungan yg mengakibatkan trauma itu. 1-2 absurd, 3 yah mgk bisa. emoticon-Entahlah
Kl di militer ada LGBT apakah menggangu tugas nya? Membela negara dari musuh luar dan dalam?emoticon-No Sara Please Tp kl sudah jd peraturan nya ya mo apa lagi ya. emoticon-Hansip
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
0 1
-1
16 Anggota Dipecat karena LGBT, TNI Kecolongan Saat Proses Penerimaan Calon?
23-10-2020 13:40
Ngilangin yang bawaan gen gimana tuh?
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Berita dan Politik
net-tv-digugat-pailit
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia