Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
123
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f91af505cf6c43649379329/termasuk-indonesia-inilah-7-negara-yang-merdeka-setelah-perang-dunia-kedua-berakhir
Perang dunia kedua memang menjadi salah satu catatan terkelam dalam sejarah peradaban manusia. Peperangan besar yang melibatkan banyak negara itu telah membawa pengaruh yang besar bagi dunia.
Lapor Hansip
22-10-2020 23:12

Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Perang dunia kedua memang menjadi salah satu catatan terkelam dalam sejarah peradaban manusia. Peperangan besar yang melibatkan banyak negara itu telah membawa pengaruh yang besar bagi dunia. Selain munculnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setelah Perang Dunia II (PD2) ada juga hal-hal lainnya seperti Amerika Serikat terlibat perang dingin dengan Uni Soviet hingga pecahnya Korea menjadi dua bagian. Pengaruh lainnya adalah beberapa negara justru menjadi merdeka setelah berakhirnya PD2.

Ya, kemunculan beberapa negara merdeka adalah salah satu sejarah yang terjadi ketika PD2 usai pada tahun 1945 ketika Jerman menyerah usai diserang Uni Soviet dan Jepang yang dibom atom oleh sekutu. Setidaknya ada tujuh negara yang kemudian merdeka setelah PD2. Negara mana sajah itu?

Quote:1. Filipina
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
Negara kepuluan di Asia Tenggara ini dijajah oleh Amerika Serikat sebelum Perang Dunia II. Kemudian pada 1934 AS membentuk The Tydings–McDuffie Act yaitu sebuah commonwealth masa peralihan sebelum Filipina benar-benar merdeka dan itu berlangsung selama dua belas tahun setelah PD2 berakhir, AS menepati janjinya dan Filipina merdeka pada tanggal 4 Juni 1946 dan yang menjadi presiden pertamanya adalah Manuel Roxas Acuna.


Quote:2. Indonesia
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
Rasanya untuk yang satu ini tidak usah dijelaskan panjang lebar lagi karena toh agan sendiri sudah sering mendengar sejarah kemerdekaan Indonesia. Namun yang jelas Indonesia adalah salah satu negara pertama yang merdeka setelah Perang Dunia II berakhir dan bahkan hanya selang beberapa hati setelah Jepang menyerah kepada sekutu. 17 Agustus 1945 menjadi hari yang besar bagi bangsa ini. Meski demikian terjadi rentetan perang kemerdekaan hingga tahun 1949 saat Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia.


Quote:3. China
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
Daratan China dulunya berbentuk dinasti monari namun semuanya runtuh saat peperangan terjadi. Setelah Perang Dunia II China menjadi salah satu negara yang besar. Terjadi sebuah konflik antara komunis dan nasionalis yang berlangsung pada tahun 1946. Namun komunis berhasil menang dan menyingkirkan kubu nasionalis hingga ke Taiwan. Secara resmi Republik Rakyat China berdiri pada 1 Oktober 1949 dengan Mao Zedong sebagai presiden pertamanya.


Quote:3. Pakistan
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
Ya, Pakistan adalah pecahan dari India yang merdeka pada 15 Agustus 1947. Meski telah merdeka, Pakistan masih saja dirundung kekacauan seperti hubungan yang panas dengan India hingga sekarang, dll. Selain itu terjadi masalah antara Pakistan Timur dan Pakistan Barat di mana Pakistan Timur merasa tidak puas dengan kondisi yang ada. Hal itu membuat Pakistan Timur mendirikan negara Bangladesh pada tahun 1971.


Quote:4. Malaysia
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
Berbeda dengan Indonesia yang merdeka lewat cara perjuangan, Malaysia merdeka lewat pemberian yang cuma-cuma. Selepas PD2, Inggris kembali menduduki Malaysia namun beberapa waktu kemudian mementuk Union of Malaya. Pemerintah Inggris dan Malaya mengadakan perundingan yang akhirnya terjadi kesepakatan berupa pengakuan kemerdekaan dan pada 31 Agustus 1957 berdiri Perserikatan Malaya. Pada tahun 1965 Singapura memisahkan diri dari Malaysia dan menjadi negara berdaulat.


Quote:5. Myanmar (Burma)
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
Seperti kebanyakan negara lainnya di Asia pada PD2, Myanmar diduduki oleh Jepang dan setelah Jepang pergi karena kalah dalan peperangan, Myanmar diduduki oleh Inggris. Namun setelah rentetan perjuangan yang dilakukan para tokoh nasional Myanmar, terjadi perundingan pada tahun 1947 dan hasilnya Inggris menjanjikan kemerdekaan setahun lagi. Pada 4 Januari 1948 Myanmar resmi menjadi negara yang berdaulat.


Quote:6. India
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
India ratusan tahun dijajah oleh Inggris dan nampaknya perlawanan dengan cara peperangan sangat sulit untuk berhasil. Pasca PD2 India berusaha untuk merdeka dengan cara tanpa kekerasan dan salah satunya dilakukan oleh Mahatma Gandhi. Perundingan terjadi pada tahun 1947 dan Inggris berjanji akan memberikan kemerdekaan setahun lagi. Namun kemerdekaan itu dipercepat disertai pecahnya Pakistan. India merdeka pada tanggal 15 Agustus 1947.


Quote:7. Korea Selatan
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
Perlu diketahui jika Korsel dan Korut masih bersatu sebagai sebuah negara seteleh merdeka pada 15 Agustus 1945 di mana negara ini terbebas dari penjajahan Jepang. Namun baru tiga tahun kemudian tepatnya pada 1948 pemerintahan nasional dibentuk. Inilah yang menjadi awal perpecahan Korea yaitu pro Moskow dan pro Amerika. Presiden pertama Korea yang terpilih adalah Syngman Rhee dan kemudian konflik terjadi dan terbentuklah Korea Utara dengan presiden pertamanya, Kim Il Sung.


Nah, gan. Itu dia pembahasannya. Negara lainnya ada apa saja ya? Coba agan sebutin. emoticon-Big Grin

Quote:Referensi:

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Deco...zation_of_Asia

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Nati...n_Day_of_Korea
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuf2210 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
24-10-2020 16:39
Semoga juga bisa ikutan maju kek Korea Selatan deh ini Indonesia
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan dhikapradana memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
24-10-2020 16:52
Pasca PD II emang kaya momentum buat memerdekakan diri ya. Termasuk pecahnya Korea emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:06
Kebanyakan negara Asia yah yg kena jajahan Inggris Ama jepang 😁, tapi berkat mereka negara nya bisa merdeka dan lepas dari penjajahan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:06
nice thread.

nongki dulu di pejwan.
emoticon-Cool
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:07
Meski begitu Belanda baru mengakui tanggal kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 pada 16 Agustus 2005, sehari sebelum peringatan 60 tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia, oleh Menteri Luar Negeri Belanda Bernard Rudolf Bot
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:12
Ternyata berpengaruh besar juga ya PD2 bagi negara negara yang bisa dibilang ga ikut di PD2
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:26
Nice info gan.. baru tau ane.. tapi yang no 2 ane inget gan haha
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:28
wah korsel juga baru merdeka tahun 1948 yah..
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:32
Masih belum merdeka
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:32
Nasib korea mmg mnyedihkan, gan.... Di obok2 ama kaum komunis moscow n beijing.... Berakibat trpisah jd 2 negara yg saling mmbunuh sampe skrg..... India, pakis jg bgitu, tp berpisah gara2 ulah mreka sendiri, gan.... emoticon-Frown
Diubah oleh yoseful
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:33
Oalah ane baru tau kalo Pakistan itu pecahan dari India
0 0
0
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:40
Vietnam ganemoticon-Cool
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:42
si malay dapat give away emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:43
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang negara yang merdeka setelah perang dunia ke-2.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:44
Kalo yg negara negara afrika ada gak? Kan pas konfrensi AA dulu pada ngikut kan?
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:48
Ngeri ya jepang negara gak begjtu besar jajahannya dimana aja
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 13:50
Malaysia give away, inget give away
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 14:00
malaysia ama filipina negara give away ya ternyata.. wkwkwk
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Termasuk Indonesia, Inilah 7 Negara Yang Merdeka Setelah Perang Dunia Kedua Berakhir
25-10-2020 14:06
Korsel jd nergara yg majunya sngat pesat..

Ane gemboked dlu gan..
Diubah oleh aremdaun
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia