News
Batal
KATEGORI
link has been copied
289
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f91a37a8d9b1770381bc534/antisipasi-banjir-anies-minta-camat-dan-lurah-punya-alat-ukur-hujan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap agar para camat dan lurah se Jakarta Selatan memiliki alat ukur untuk mengetahui volume air hujan yang turun, sehingga dapat menjadi peringatan dini akan adanya banjir.
Lapor Hansip
22-10-2020 22:21

Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan

Past Hot Thread
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan



SuaraJakarta.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap agar para camat dan lurah se Jakarta Selatan memiliki alat ukur untuk mengetahui volume air hujan yang turun, sehingga dapat menjadi peringatan dini akan adanya banjir.

"Alat ukur itu, dapat menjadi tolak ukur volume air hujan yang berintensitas tinggi. Supaya tahu betul volume air hujan yang turun, sehingga bisa memprediksi," kata Anies saat bersama camat dan lurah seluruh wilayah Jakarta Selatan, di Kantor Kecamatan Pancoran, membahas penanganan banjir, Kamis (22/10/2020).

Anies menuturkan, jika curah hujan di atas 150 mm, sudah sangat lebat, semua aparat harus bersiaga. Dia meminta ambang batas air itu harus dikampanyekan.

Anies menyebut, di wilayah Jakarta Selatan, Kecamatan Kebayoran Lama menjadi salah satu kecamatan yang telah memasang alat ukur curah hujan atau ombrometer di setiap kelurahannya.

Secara teknis, alat ukur curah hujan ini bekerja apabila hujan turun. Air hujan akan mengisi bejana yang terdapat dalam ombrometer. Satuan yang digunakan adalah milimeter (mm) dengan ketelitian pembacaan sampai 0,1 mm.

Oleh karena itu, kata Anies, upaya ini merupakan langkah kongkret bagi para lurah dan camat untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di wilayahnya masing-masing terutama masalah banjir.

Menurut Anies, masalah banjir di Ibu Kota sudah menahun sehingga harus menjadi perhatian penuh sehingga bisa diantisipasi saat musim penghujan datang. Salah satu caranya dengan mengetahui berapa volume air hujan yang turun.

"Air hujan yang bisa ditampung di drainase kita itu 150 mm, kalau di atas 150 mm maka banjir," ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan tersebut menganalogikan daya tampung saluran air yang ada dengan segelas air yang memiliki daya tampung 200 mm, tapi kalau terus dituangkan air sebanyak satu liter, maka isi air dalam gelas akan tumpah keluar.

Seperti itu pulalah banjir yang terjadi karena air yang masuk ke saluran air melebihi daya tampungnya.

"Karenanya, aparat kelurahan dan kecamatan dapat mengetahui betul volume air hujan yang turun sehingga bisa memprediksi apakah akan terjadi banjir atau atau tidak," demikian Anies. ( Antara )


https://jakarta.suara.com/read/2020/...hujan?page=all


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 12
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
22-10-2020 23:26
Solusinya out of the box sekali, bener-bener gubernur rasa-rasa eh rasa presiden maksudnya, cocok gantiin posisi said iqbal nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
22-10-2020 23:27
Pernah debat pas jkw maju pilkada sama om yv jd lurah sampe didelcont sama dia
emoticon-Leh Uga
Ga tau skg dia senang apa kaga dibawah anies
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
22-10-2020 23:27
ga usah diukur....diliatin pake mata telanjang juga udah ketauan...makanya ada yg namanya banjir semata kaki, banjir sedengkul...banjir seatap rumah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
22-10-2020 23:27
OMDOMETER alat ukur bacot doang kerja kaga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fias17 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
22-10-2020 23:33
tuh kali diberesin, balikin ke ukuran normalnya. pindahin yang tinggal di pinggir kali ke tempat lain. mau tidak mau, tega tidak tega ya harus dilakukan jika inign jakarta bisa berkurang dampak banjirnya.

jangan sibuk dengan teori dan istilah melulu deh. implementasinya yang penting. gak usah banyak omong.

jangan masyarakat diminta berkorban dalam setiap musibah banjir.

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
22-10-2020 23:43
Alat ukur? Ane punya penggaris ni wan, bisa dipake gak?....

emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
22-10-2020 23:44
Secara teknis, alat ukur curah hujan ini bekerja apabila hujan turun. Air hujan akan mengisi bejana yang terdapat dalam ombrometer.

kalo pake ikan tombro gak bisa ya, disuruh handstand ikannya pake mulut trus diukur dari mulut ke ekor berapa mm Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan

Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
22-10-2020 23:46
Kok gini amat ya gubernurnya? Gue pengen liat muka orang yg milih dia..
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
22-10-2020 23:56
gimana kalo sediain alat buat ngukur kedalaman otak lo!! semua ide lu soalnya ga ada yg pake otak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 00:00
Bisa aja nih nyari celah proyekannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 00:01
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Jakarta telah melakukan kesalahan fatal...emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 00:01
The logic of PhD of abud
profile-picture
profile-picture
sorken dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 00:25
Ya tuhan, jkt kebanjiran tiap tahun malah beli alat ukur walaupun diukur tetep banjir.
Berikutnya timbangan aeer
Memang bener lg cr sampingan poyek.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fias17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 00:27
Kalo dendam ya gini
Bersebrang terus

Yg dukung ,masih punya logika ga emoticon-Busa


Apa susahnya
Kerahin pasukan oren biru kya dl sibuk keruk sampah di got ,kali yg udah dangkal

Lanjutin normalisasi
Sodetan
Siapkan pompa aktif salurin ke gorong2

Kan enak ,kalo udah jadi ,jika tetap banjir bisa jadi tameng tuh program yg sebelumnya ,tetap ga ampuh ,kalo sukses kurangin titik banjir dari era sebelumnya ,citra naik, jgn statement ngaco trs atau keluarin tameng

Banyak titik banjir yg diperkampungan tuh karena jalur parit nya di semen beton ke egoisan yg punya lahan , yg seharus nya ga boleh di beton ,semen ,karena jalur air parit kecil ke lanjutan alur nya




Kemarin sedia perahu karet ,sekarang ini
Cari cuan nya cerdik sekali emoticon-Recommended Sellerl
Diubah oleh gikogaza
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 00:30
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fias17 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 00:35
C Anies masih begini udah kesalip ma wakilnya.. Masih nonsense bae emoticon-Wakaka
profile-picture
sorken memberi reputasi
1 0
1
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 00:48
suka2 lu lah bangsaad
profile-picture
profile-picture
akumidtorc dan sorken memberi reputasi
2 0
2
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 01:10
Nanti juga camat dan lurah disuruh beli peralatan menyelam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sorken dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 01:11
Idenya ga ada yg bagus klo soal.banjir emoticon-Cape d...
profile-picture
sorken memberi reputasi
1 0
1
Antisipasi Banjir, Anies Minta Camat dan Lurah Punya Alat Ukur Hujan
23-10-2020 01:17
Sungguh cerdas gubernur Jakarta rakyatnya pasti bangga dan untungnya bukan gubernur saya
profile-picture
profile-picture
sorken dan samsol... memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia