Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
364
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f913afbdbf76447192962be/mengenal-ponten-tanda-tangan-sejuta-guru-warisan-kolonial-belanda
Ngomong-ngomong Agan dan Sista di sini pasti mengenal tanda ponten, kan? Iya, tanda ponten itu. Nah, di sini ane jadi nostalgia nih. Mungkin juga Agan dan Sista ikut bernostalgia atau mungkin masih dihadapkan pada tanda ponten ini.
Lapor Hansip
22-10-2020 14:55

Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Tanda "Ponten" warisan dari kolonial Belanda untuk dunia pendidikan

Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda


Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang Agan dan Sista di therad ane kali ini


Hallo, Sahabat Kaskus! Semoga hari ini selalu diberi kebahagiaan lahir dan batin, ya. Aamiin.

Ngomong-ngomong Agan dan Sista di sini pasti mengenal tanda ponten, kan? Iya, tanda ponten itu. Nah, di sini ane jadi nostalgia nih. Mungkin juga Agan dan Sista ikut bernostalgia atau mungkin masih dihadapkan pada tanda ponten ini. Misalkan dari sahabat kaskus yang berprofesi sebagai pengajar atau juga yang masih pelajar. Pasti deh, gak asing dengan tanda ponten ini.

Dokpri


Tanda "Ponten" adalah tanda yang fungsinya mirip dengan centang yang artinya adalah "semua sudah benar" atau sudah dicek dan sesuai dengan yang diinginkan. Biasanya sih tanda ini akrab di sekolah saat guru telah mengecek tugas kita.

Dokpri


Selain saat masih bersekolah, ane juga ingat ketika bekerja pada sebuah pabrik saat mengecek hasil produksi. Barang yang baik dan bagus akan dikasih tanda ponten ini atau tanda centang. Ini sih pengalaman ane saat masih akrab dengan tanda ini ya, GanSist. Apakah di antara GanSist ada yang sama dengan pengalaman ane ini?

Saat mengingat masa sekolah pun juga begitu. Saat pembagian hasil ujian pasti terlihat tuh barisan tanda ponten bercampur dengan tanda silang. Ish! Jadi ketauan nih kalo ts kurang cetar di sekolah.

Tanda ponten yang terlihat sangat khas, unik dan sederhana ini rupanya bernilai sejarah lho, GanSist. Yaitu sebagai warisan kolonial Belanda di dunia pendidikan. Di Indonesia tanda ini dikenal dengan istilah "Ponten" dalam bahasa Belanda "Goedkeuringskrul" atau biasa hanya disingkat "krul" saja.

Faktanya tanda ponten ini, ternyata hanya bisa dikenali oleh negara-negara bekas penjajahan Belanda. Jadi, kalo bukan koloninya tidak mungkin akan mengenal dan mengerti maksud tanda ponten ini, GanSist.

Masyarakat bekas koloni Belanda seperti Afrika Selatan, Curacao, Suriname, Sint Maarten, serta Carribean Netherlands masih menggunakan tanda ponten alias krul ini, GanSist.

Menurut wikipedia tanda ponten ini muncul dan dikenal pada awal abad ke-19. Bahkan sejarawan menyebut jika simbol ponten ini merupakan turunan dari huruf "G" dari kata "Goed" atau "Gezien" yang artinya bagus atau sudah di cek

Nah, gimana GanSist? Selama ini kita kepikiran gak sih mengenai tanda ponten ini?

Yuk, yang masih berhadapan dengan tanda ponten ini semangat untuk membubuhkannya atau memburunya. Jangan kayak ane, semasa sekolah ya, GanSist!

Cukup sekian thread ane kali ini semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan jejak cinta berupa cendol, rate dan koment ya!

Terima kasih, sampai jumpa lagi di thread ane selanjutnya dan wassalam


Sumber: Opini pribadi dan referensi di sini

Gambar : Dokpri dan di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ca0396 dan 97 lainnya memberi reputasi
98
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 14:56
Pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iyusard dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 14:56
Singgah Agan dan Sista
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 15:13
Quote:Original Posted By miniadila
Pejwan


Quote:Original Posted By miniadila
Singgah Agan dan Sista


Paraf namanya kali yaaaah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 15:17
Oh. Jd ini arti kata ponten
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 15:24
Ingat ini dulu pas SD dapat tanda ponten dari guru di buku PR emoticon-Ngakak
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 15:43
Ponten nyuwun rongewu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 16:07
Waaah... Ane baru tauk nih... Mantap...
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 16:09
Wogh baru tau padahal sering pake ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 16:26
Di Sunda bilangnya Peunteun. Maksudnya diberi nilai.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bolapantai dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 16:48
Wah, dpt ilmu baru nih, makasih threadnya sis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 16:51
Jaman dulu seneng bener kalo dapet tanda kayak ginih emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 16:58
Baru tau sejarahnya.... Thanks ts...
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 17:07
dulu waktu sd kalo di ponten guru senang banget...
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 17:15
Hahahah dulu gua dapet bgtuan udh seneng vrohh
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 17:16
Serokel di tempatku😂
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 17:42
Quote:Original Posted By miniadila
Pejwan


Quote:Original Posted By mamaproduktif
Paraf namanya kali yaaaah


Quote:Original Posted By akuanaksaleh
Oh. Jd ini arti kata ponten


Quote:Original Posted By haroldjordan
Ingat ini dulu pas SD dapat tanda ponten dari guru di buku PR emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By .Vandisk
Ponten nyuwun rongewu


Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Waaah... Ane baru tauk nih... Mantap...
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda


Quote:Original Posted By indra.blora
Wogh baru tau padahal sering pake ini


Quote:Original Posted By furqonxp
Di Sunda bilangnya Peunteun. Maksudnya diberi nilai.


Quote:Original Posted By dalledalminto
Wah, dpt ilmu baru nih, makasih threadnya sis


Quote:Original Posted By langkasenenge
Jaman dulu seneng bener kalo dapet tanda kayak ginih emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By cungkringoke
Baru tau sejarahnya.... Thanks ts...


Quote:Original Posted By wincdma
dulu waktu sd kalo di ponten guru senang banget...


Quote:Original Posted By ondapriatna
Hahahah dulu gua dapet bgtuan udh seneng vrohh


Quote:Original Posted By alunaziya
Serokel di tempatku😂


Kuot yang ade di pejwan ah


Ponten entuh jadi sebuah tanda kalau jawabannya benar ya kak.. maksudnya? Hehehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 17:46
Quote:Original Posted By delia.adel
Kuot yang ade di pejwan ah


Ponten entuh jadi sebuah tanda kalau jawabannya benar ya kak.. maksudnya? Hehehehe


Yha bijitulah maksudnya emoticon-nulisah
profile-picture
profile-picture
miniadila dan delia.adel memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 17:53
Ponten apanya punten?emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 18:16
gpp sih asal jangan pake logonya si perusahaan sepatu nike, nanti dituntut hak cipta emoticon-Hammer
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mengenal Ponten, Tanda Tangan Sejuta Guru Warisan Kolonial Belanda
22-10-2020 18:31
oh gituuu ternyata
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia