Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f8fb4829775135b415508d7/kisah-inspiratif-belajar-nasionalisme-dan-patriotisme-dari-tukang-becak
Hari Senin 19 Oktober 2020, lima orang tukang becak sedang berkumpul di simpang empat kantor Pegadaian, Bangil, Kabupaten Pasuruan. Berkumpulnya mereka disana bukan untuk menunggu penumpang, melainkan untuk mengganti bendera merah putih yang sudah terlihat usang dan robek.
Lapor Hansip
21-10-2020 11:09

Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hari Senin 19 Oktober 2020, lima orang tukang becak sedang berkumpul di simpang empat kantor Pegadaian, Bangil, Kabupaten Pasuruan. Berkumpulnya mereka disana bukan untuk menunggu penumpang, melainkan untuk mengganti bendera merah putih yang sudah terlihat usang dan robek.

Kebetulan ada warga sekitar yang melintas disekitar lokasi dan mendekati mereka, ia pun mendokumentasikan kegiatan tersebut dan mengunggahnya di media sosial facebook. Sontak aksi tukang becak ini menjadi viral dan mendapat banyak apresiasi dari warganet.


Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak

Saat mengganti bendera yang usang dan robek.

Sumber Ilustrasi Foto


Video tersebut diunggah oleh Henry Sulfianto. Terdapat dua video yang diunggah pada pukul 22.00, Senin (19/10/2020). Masing-masing berdurasi 52 detik dan 32 detik "Simbol NKRI terkoyak. Abang becak urunan ganti bendera," tulis Henry pada unggahannya, dikutip dari jatimnow.com, Selasa (20/10/2020).


Ketika ditanya mengapa mereka melakukan aksi tersebut, salah satu dari tukang becak itu berkat begini "Saya ini melihat bendera begini kok tega-teganya ya mas. Saya sebagai penerus bangsa kok gak tega. Berarti kita tidak menghormati pahlawan dulu mas. Setiap hari lewat sini saya terenyuh melihat jasa pahlawan kita," Jawab pria yang bernama Bambang Harianto dalam video tersebut.

Bendera tersebut kemungkinan dipasang saat memasuki bulan Agustus, namun sepertinya lupa untuk dilepas. Terkena terpaan panas dan hujan membuat warnanya memudar, terpaan angin juga membuat bendera kebanggaan kita ini robek.


Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak

Sumber Ilustrasi Foto


Para bapak-bapak tukang becak yang lewat daerah tersebut setiap hari pun mengaku miris melihat keadaan tersebut, apalagi posisinya pas dipinggir jalan utama Suarabaya-Pasuruan yang ramai oleh aktifitas masyarakat.

Awalnya mereka menunggu pihak yang berwenang untuk mengganti bendera tersebut, setelah lewat beberapa hari bendera tersebut tak kunjung diganti. Berangkat dari hal itu, mereka pun akhirnya berinisiatif mengganti bendera tersebut dengan yang baru.


Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak

Sumber Ilustrasi Foto

"Saya sebagai warga negara, melihat bendera seperti itu tidak tega. Kita sebagai generasi penerus ini harus menghargai jasa para pahlawan yang dulu berjuang," tutur Pak Bambang dalam video tersebut.

Untuk mengganti bendera tersebut, mereka patungan dari hasil menarik becak. Dimana para bapak tukang becak membeli bendera baru tersebut dengan seharga Rp 30 ribu "Ini kita urunan (patungan) pak. Kita beli bendera ini Rp 30 ribu. Kita tukang becak ini miris melihat bendera negara seperti itu," tambah Pak Dowi.



Mendapat Penghargaan dari Ketua DPRD dan Kapolres Pasuruan

Dikutip dari jatimnow.com (20/10/2020), ketika video itu sudah viral, hal ini lantas membuat Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan memberi apresiasi kepada para bapak-bapak tukang becak.

"Saya mengapresiasi rasa nasionalisme dan patriotisme bapak-bapak penarik becak ini," Jelas Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan saat menghampiri kelima tukang becak di pangkalan becak Stasiun Bangil pada hari Selasa kemarin. Para bapak tukang becak pun mendapat bingkisan sekaligus apresiasis yang tinggi dari wakil rakyat tersebut.


Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak

Dikunjungi Ketua DPRD.

Sumber Ilustrasi Foto


Dikutip dari jatimnow.com (20/10/2020), selang beberapa jam kemudian kelima tukang becak tersebut juga mendapat apresiasi dan penghargaan dari Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan.

"Sebagai dan mewakili negara, saya Kapolres Pasuruan sangat apresiatif dengan rasa nasionalisme dari bapak-bapak semua. Terus dipupuk dan ditularkan pada semua orang serta anak cucu akan rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air," ujar Rofiq saat menemui para tukang becak tersebut.

Nama kelima tukang becak tersebut yang biasa mangkal di pangkalan becak Stasiun Bangil adalah Suroso (65), Timbul (54), Bambang Harianto (60), Dowi (55) dan Samsul atau Panjul (39).


Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak

Penghargaan dari Pak Kapolres.

Sumber Ilustrasi Foto


Mungkin harganya memang cuma 30 ribu, dan itu hanya bendera replika yang biasa dipasang menjelang perayaan 17-an. Namun begitu ia tetap lah menjadi simbol negara ini, sebagai bendera kebesaran bangsa Indonesia, ada banyak nyawa yang dikorbankan sebelum akhirnya "merah-putih" benar-benar bisa terpasang tegak di ujung tiang.

Kita memang tidak ikut berjuang berkorban nyawa dan harta untuk meraih kemerdekaan, namun sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutunya kita ikut menjaga kemerdekaan bangsa ini dengan cara sederhana sesuai kemampuan kita.


Demikian kisah inspiratif kali ini gan sist, semoga bisa mengobarkan serta membangkitkan kembali jiwa patriotisme serta nasionalisme kita semua di era modern ini. Sampai jumpa lagi, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer



Terimakasih untuk bapak tukang becak yang sudah mengingatkan kami betapa pentingnya kita menghormati simbol dan lambang negara ini, agar kita semua senantiasa selalu mengingat perjuangan para pahlawan untuk membuat Indonesia merasakan kemerdekaannya.

Bapak-bapak semua adalah nasionalis yang sebenarnya di era modern ini, dibandingkan mereka yang cuma mengaku-ngaku nasionalis karena ada maunya.
emoticon-I Love Indonesia



Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukhorigan dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 11:10
Komentar para juragan, ada yang mau menambahkan ?


Quote:Original Posted By ardian76
Siyap Ndan emoticon-army



Jejak dulu emoticon-terimakasih


Quote:Original Posted By indrag057
Nah lho, harusnya ada yang merasa malu kalau lihat yang begini. Tukang becak aja bisa akur dan bekerjasama demi bangsa dan negara, lha kok yang "disana" malah pada ndak bisa bersatu dan bekerjasama


Quote:Original Posted By dieq41
Gagal Pertamax emoticon-Malu

Wiih, terharu...nasionalismenya nyata emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By Ahong79
salam nasionalis emoticon-Wakaka emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By togoggodot


Quote:Original Posted By nowbitool
Seringkali masyarakat kecil begini yg peduli lingkungan emoticon-Recommended Seller

tapi sialnya masyarakat kecil begini juga yg gampang di hasut dan sasaran awal dalam politik emoticon-Turut Berduka


Quote:Original Posted By jlamp
Mantap Pak... Nasionalisme anda sangat hebat..
mudah mudahan menginspirasi yang lain.
emoticon-I Love Indonesia

Jadi inget tokoh parpol pas kampanye yang nyaru jadi tukang becak..
Hehehehe emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By jagotorpedo
terima kasih buat Polres sama DPRD yg sudah mengapresiasi...

tapi...
adakah rasa malu dari kedua instansi, biar gak "keduluan" sama kang becak?

Polres sama DPRD upacara tiap senin, apakah hanya sekedar rutinitas & seremonial..??

sementara para kang becak sudah "menyadarkan" kita semua soal nasionalisme & patriotisme..


Quote:Original Posted By TuanLi
rakyat memperjuangkan kemerdekaan, pejabat korup menikmati kemerdekaan. MERDEKA !


Quote:Original Posted By pannotia.server
Mantap betul nih para sepuh kita... emoticon-Merdeka


Quote:Original Posted By jagotorpedo
kalo ngomong tema ini gw selalu teringat sekitar 2016an...

waktu itu veteran dapat undangan ikut upacara 17 Agustus tingkat Kabupaten. pulangnya direncanakan bawa bingkisan sembako dari Dinas Sosial setempat.

pas dibuka, ternyata yg beras ada kutunya. mata mbah veteran sampai berkaca-kacaemoticon-Berduka (S)

menurutnya, para veteran rela ikut upacara 17an tanpa dikasi bingkisan, daripada dikasi tapi gak layak seperti itu, kesannya menghina.

kalo yg ini kenangan 2015
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak


Quote:Original Posted By akutenshi
wahhh mantab
ini nih yang namanya menjaga harkat martabat


Quote:Original Posted By ressive
Wih mantaps bapak2 ini memang, patut ditiru generasi muda


Quote:Original Posted By coens1982
Ternyata digaji negara gak menjamin rasa nasionalisme nya lebih tinggi daripada rakyat biasa yang untuk makan aja susahemoticon-No Hope

Respect untuk abang abang becak yang punya rasa nasionalisme dan kepedulian yang tinggi emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By ojo.kondor
Lah ini.... Rasa nasionalisme yg patut ditiru emoticon-Jempol


Quote:Original Posted By archangela13
Warbiyasak sih ini, semoga masih banyak yang begini ya


Quote:Original Posted By secondstriker06
Wah keren sih emang kalo begitu tuh datengnya dari hati, bukan cuma buat konten aja wkwk


Quote:Original Posted By anti.liberal
Menurut gua mah nasionalisme terlalu rumit dan ribet.

Intinya mah yang penting elu jangan nyusahin hidup orang lain. Dah paling bener tuh.

Gak usah lah doktrin nasionalisme terlalu ribet.


Quote:Original Posted By sammyceng
karena para tukang becak itu ngga sibuk nyalahin sana sini , dia perbuat buat apa yang dia bisa perbuat untuk bangsa ini

“Ask not what your country can do for you – ask what you can do for your country,” JFK


Quote:Original Posted By vixitev
Inspiratif kalau demikian gan, sehingga bisa menjadikan berita untuk orang lain. Kepahlawanan di negeri ini tentu saja harus didongkrak lagi agar berjuang menegakkan keadilan. Dan bukan untuk menegakkan kedholiman terhadap rakyat.


Quote:Original Posted By nirankara
wuihhhh keren yang dilakukan 😁
adakah Para Petinggi Negeri ini juga masih mempunyai keprihatinan yang sama terhadap simbol-simbol lain seperti kesejahteraan masyarakat nya 😔


Quote:Original Posted By mingkki
Pengen balik 20 taun lalu biar upacara lagi emoticon-Tepuk Tangan


Quote:Original Posted By presidenjancuk
dari sekian banyak hanya mereka yang terpanggil ibu Pertiwi


Quote:Original Posted By binoht
Kayak begini patut d conton semangatnya sama anak bangsa :bangsa


Quote:Original Posted By sunshii32
Waa bapak becaknya keren keren niih.. 💚💚


Quote:Original Posted By doobey
salut ama bapak bapak ini.. walopun terkesan sepele tapi apa yg mereka lakukan memiliki makna yg sangat dalam..


Quote:Original Posted By diandraps
keren sih ini.. bisa sepeka itu. kalo kita kita mah kan boro2 yak


Quote:Original Posted By circlove
Semua harus berawal dr kesadaran sendiri


Quote:Original Posted By Zedcool
Kita anak muda jadi malu dengan semangat nasionalisme Bapak2 itu....



emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By plencingbakmi
Benar benar patur di contoh ini bapak tukang becak. Jiwa nasionalisme nya sangat itu. Cara pribadi menghargai para jasa pahlawan. Semoga ada yg sdar akan arti bendera merah putih dan melakukan tindakan seperti bapak ini.


Quote:Original Posted By lunar1980
tapi memang hati ini sedih jika melihat kondisi begini.
tidak usah jauh-jauh. beberapa kali event nasional kita diwajibkan mengibarkan bendera (setengah tiang, ataupun full). sudah beberapa kali saya melihat di komplek saya sedikit yang mengibarkan (tetangga depan, kanan dan kiri saya pun tidak mengibarkan). cuma ada beberapa warga yang memang profesinya sebagai aparat (TNI Polri PNS).
saya tetap mengibarkan bendera (ga ngurus saya, patokan saya adalah kalender dan informasi dari radio), walau hati ini terasa sepi. seperti orang terasing....
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coens1982 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 11:12
Siyap Ndan emoticon-army



Jejak dulu :terimakasih
Diubah oleh ardian76
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 11:40
Nah lho, harusnya ada yang merasa malu kalau lihat yang begini. Tukang becak aja bisa akur dan bekerjasama demi bangsa dan negara, lha kok yang "disana" malah pada ndak bisa bersatu dan bekerjasama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 11:41
Gagal Pertamax emoticon-Malu

Wiih, terharu...nasionalismenya nyata emoticon-2 Jempol
Diubah oleh dieq41
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 12:01
salam nasionalis emoticon-Wakaka emoticon-2 Jempol
Diubah oleh Ahong79
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 12:08
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 12:09
Seringkali masyarakat kecil begini yg peduli lingkungan emoticon-Recommended Seller

tapi sialnya masyarakat kecil begini juga yg gampang di hasut dan sasaran awal dalam politik emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 12:32
Mantap Pak... Nasionalisme anda sangat hebat..
mudah mudahan menginspirasi yang lain.
emoticon-I Love Indonesia

Jadi inget tokoh parpol pas kampanye yang nyaru jadi tukang becak..
Hehehehe emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 13:00
terima kasih buat Polres sama DPRD yg sudah mengapresiasi...

tapi...
adakah rasa malu dari kedua instansi, biar gak "keduluan" sama kang becak?

Polres sama DPRD upacara tiap senin, apakah hanya sekedar rutinitas & seremonial..??

sementara para kang becak sudah "menyadarkan" kita semua soal nasionalisme & patriotisme..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 13:03
rakyat memperjuangkan kemerdekaan, pejabat korup menikmati kemerdekaan. MERDEKA !
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 14:26
Mantap betul nih para sepuh kita... emoticon-Merdeka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 15:07
kalo ngomong tema ini gw selalu teringat sekitar 2016an...

waktu itu veteran dapat undangan ikut upacara 17 Agustus tingkat Kabupaten. pulangnya direncanakan bawa bingkisan sembako dari Dinas Sosial setempat.

pas dibuka, ternyata yg beras ada kutunya. mata mbah veteran sampai berkaca-kacaemoticon-Berduka (S)

menurutnya, para veteran rela ikut upacara 17an tanpa dikasi bingkisan, daripada dikasi tapi gak layak seperti itu, kesannya menghina.

kalo yg ini kenangan 2015
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
Diubah oleh jagotorpedo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 15:13
wahhh mantab
ini nih yang namanya menjaga harkat martabat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 18:11
Wih mantaps bapak2 ini memang, patut ditiru generasi muda
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 18:28
Ternyata digaji negara gak menjamin rasa nasionalisme nya lebih tinggi daripada rakyat biasa yang untuk makan aja susahemoticon-No Hope

Respect untuk abang abang becak yang punya rasa nasionalisme dan kepedulian yang tinggi emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 19:02
Lah ini.... Rasa nasionalisme yg patut ditiru emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 19:13
Warbiyasak sih ini, semoga masih banyak yang begini ya
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 19:45
Wah keren sih emang kalo begitu tuh datengnya dari hati, bukan cuma buat konten aja wkwk
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 19:52
Menurut gua mah nasionalisme terlalu rumit dan ribet.

Intinya mah yang penting elu jangan nyusahin hidup orang lain. Dah paling bener tuh.

Gak usah lah doktrin nasionalisme terlalu ribet.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kisah Inspiratif: Belajar Nasionalisme dan Patriotisme Dari Tukang Becak
21-10-2020 22:08
Quote:Original Posted By ardian76
Siyap Ndan emoticon-army



Jejak dulu emoticon-terimakasih


semoga bisa menginspirasi gan emoticon-Salaman




Quote:Original Posted By indrag057
Nah lho, harusnya ada yang merasa malu kalau lihat yang begini. Tukang becak aja bisa akur dan bekerjasama demi bangsa dan negara, lha kok yang "disana" malah pada ndak bisa bersatu dan bekerjasama


aneh memang gan, yang punya kekuasaan kadang malah saling menjatuhkan emoticon-Ngacir



Quote:Original Posted By dieq41
Gagal Pertamax emoticon-Malu

Wiih, terharu...nasionalismenya nyata emoticon-2 Jempol


sudah updet belum gan emoticon-Peace

semoga bisa menginspirasi emoticon-Salaman



Quote:Original Posted By Ahong79
salam nasionalis emoticon-Wakaka emoticon-2 Jempol


salam balik gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Quote:Original Posted By togoggodot


Mantap emoticon-I Love Indonesia



Quote:Original Posted By nowbitool
Seringkali masyarakat kecil begini yg peduli lingkungan emoticon-Recommended Seller

tapi sialnya masyarakat kecil begini juga yg gampang di hasut dan sasaran awal dalam politik emoticon-Turut Berduka


betul gan, kesadaran berpolitik masyarakat kita memang masih agak kurang kalau menurut ane




Quote:Original Posted By jlamp
Mantap Pak... Nasionalisme anda sangat hebat..
mudah mudahan menginspirasi yang lain.
emoticon-I Love Indonesia

Jadi inget tokoh parpol pas kampanye yang nyaru jadi tukang becak..
Hehehehe emoticon-Big Grin


wahh ati2 gan, jangan sebut merek emoticon-Big Grin




Quote:Original Posted By jagotorpedo
terima kasih buat Polres sama DPRD yg sudah mengapresiasi...

tapi...
adakah rasa malu dari kedua instansi, biar gak "keduluan" sama kang becak?

Polres sama DPRD upacara tiap senin, apakah hanya sekedar rutinitas & seremonial..??

sementara para kang becak sudah "menyadarkan" kita semua soal nasionalisme & patriotisme..


mak jleb sekali gan, coba berpikir positif dulu.

dpr: WFH
polisi: menilang yang gak pakai masker, jadilah tukang becak kebagian ganti bendera emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia